course-net
Search
Close this search box.

Email Marketing Adalah : Keuntungan dan Strategi Dalam Digital Marketing

Minet

May 9, 2023

Email Marketing Adalah : Keuntungan dan Strategi Dalam Digital Marketing

Email Marketing Adalah : Keuntungan dan Strategi Dalam Digital Marketing – Email marketing menjadi salah satu media komunikasi antara brand atau perusahaan dan konsumen. Email marketing ini bukan menjadi media baru tetapi menjadi salah satu strategi pemasaran yang sudah cukup lama dan dinilai cukup efektif.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan strategi Marketing dengan menggunakan email marketing ini simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Email Marketing Adalah ? Yuk Simak Cara Jitu & Pengguaanya

Apa Itu Email Marketing?

Email Marketing Adalah : Keuntungan dan Strategi Dalam Digital Marketing

Email marketing adalah strategi pemasaran yang bisa membuat konsumen mendapatkan promosi produk diskon ataupun program lainnya ditawarkan melalui email. Email marketing juga menjadi salah satu cara untuk mengedukasi audience terkait dengan nilai brand, mendorong pembelian atau tindakan spesifikasi, serta menjaga hubungan baik dengan audience.

Jika pemanfaatannya dilakukan dan dengan benar maka email marketing ini akan sangat membantu untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Email marketing ini berisikan pesan komersial dan bukan termasuk spam. Tetapi juga bukan merupakan email personal seperti yang dikirim kepada teman. Strategi pemasaran Ini pertama kali diluncurkan pada 1978.

Agar lebih mudah untuk memahami terkait dengan email marketing ini, berikut merupakan beberapa contoh email marketing yang dikirimkan oleh sebuah brand untuk tujuan marketing.

  • Email yang dikirimkan plafon travel yang berisikan penawaran promo 5% untuk pembelian tiket pesawat untuk mudik lebaran
  • E commerce yang menjadi tempat Anda biasa berbelanja mengirimkan email terkait event yang sedang berjalan
  • Salah satu bank yang Anda pakai mengirim email penawaran kartu kredit dengan banyak keuntungan

Beberapa contoh tersebut tentu sudah banyak Anda dapatkan melalui berbagai brand perusahaan. Agar lebih memahaminya lagi Anda bisa mengecek email masuk untuk mengetahui jenis email marketing tersebut.

Keuntungan Email Marketing

Email Marketing Adalah : Keuntungan dan Strategi Dalam Digital Marketing

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan email marketing maka Anda juga harus paham keuntungan dari penggunaan email marketing ini. Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan Imam marketing sudah ada sejak 1978 atau usianya sudah lebih dari 40 tahun.

Meskipun demikian strategi marketing dengan menggunakan email marketing ini tidak pernah usang. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkan strategi marketing melalui email marketing ini.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan email marketing.

1. Meningkatkan brand awareness

Keuntungan pertama yang akan didapatkan jika menggunakan email marketing ini untuk dibagikan kepada pelanggan yaitu meningkatkan kesadaran atau awareness pelanggan pada brand atau produk yang dimiliki.

Selain itu juga bisa meningkatkan layanan dan membantu untuk menjaga nama baik perusahaan sehingga brand atau perusahaan tersebut tetap diingat.

Brand yang ada miliki bisa menjadi pilihan utama untuk para pelanggan ketika membutuhkan produk ataupun layanan yang selama ini ditawarkan.

2. Mudah digunakan

Email marketing adalah ini sangat mudah untuk digunakan. Bahkan Anda tidak perlu merancang sendiri karena sudah banyak perusahaan ataupun jasa digital marketing yang saat ini siap untuk membantu. Harga untuk layanan yang diberikan juga relatif terjangkau.

Sehingga anda tidak lagi perlu mempersiapkan konten yang ingin dibagikan pada pelanggan melalui alamat email.

3. Meningkatkan kepercayaan serta loyalitas pelanggan

Setelah memahami pengertian email marketing, Anda juga harus paham keuntungan selanjutnya yaitu bisa meningkatkan kepercayaan serta loyalitas pelanggan. Selain bisa meningkatkan brand awareness, kepercayaan serta loyalitas pelanggan juga bisa meningkat dengan strategi ini.

Agar bisa mencapai tujuan tersebut Jangan hanya mengirimkan pesan terkait dengan penawaran produk dan sejenis. Buatlah jadwal pengiriman konten seperti buletin yang bisa ditulis dengan baik dan juga menarik.

Pilihlah konten yang disukai oleh pelanggan ataupun calon pelanggan Anda. Email ini akan membantu mereka untuk bisa mengenal serta mempercayai bisnisnya Anda miliki.

4. Dapat menyesuaikan segmentasi pasar

Berbagai email marketing templates bisa disesuaikan dengan segmentasi pasar yang ada. Pelanggan bisa diklasifikasikan berdasarkan minat, perilaku, dan juga demografinya. Apabila Anda sudah memiliki data segmentasi maka Anda hanya perlu memilih mengirimkan email pada kelompok mana.

Pemilihan segmentasi ini akan memudahkan untuk menentukan jenis konten yang nantinya akan dikirimkan kepada pelanggan. Selain itu dengan adanya pembelian segmentasi akan membantu untuk meningkatkan efektivitas dari strategi marketing yang dilakukan.

5. Mudah diukur

Keuntungan dari menggunakan email marketing tools yaitu mudah diukur. Hal ini dikarenakan akan ada laporan untuk setiap email yang dikirimkan pada pelanggan atau calon pelanggan. Laporan tersebut berisikan angka rasio email dibuka, rasio email tidak terkirim rasio klik serta penayangan dan rasio konversinya.

Data tersebut menjadi tolak ukur untuk dapat mengetahui keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan. Selain itu data tersebut juga bisa dijadikan acuan untuk bahan evaluasi. Tentu saja untuk perbaikan agar hasilnya jadi lebih maksimal di masa mendatang.

Strategi Penerapannya

Dalam email marketing Anda harus melakukannya berdasarkan dengan strategi yang sudah disusun sebelumnya. Tanpa adanya strategi maka penggunaan email marketing ini tidak akan maksimal. Penggunaan email marketing untuk memasarkan produk menjadi salah satu hal yang penting dan menjadi bagian dari strategi marketing.

Agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal melalui strategi Marketing ini maka Anda perlu menerapkan beberapa langkah-langkah di bawah ini.

1. Mengenal kebiasaan calon pelanggan

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu mengenal kebiasaan dari calon pelanggan terlebih dahulu. Jika Anda sudah mengetahui kebiasaan dan juga suara dari calon pelanggan maka Anda bisa memilih konten yang sekiranya cocok untuk dibagikan pada calon pelanggan tersebut.

2. Melakukan pencarian data bisnis sejenis

Strategi selanjutnya dilakukan kreatif dengan mencari data bisnis yang sejenis dengan bisnis yang Anda jalankan. Berapa banyak pendapatan yang mereka hasilkan melalui strategi digital email marketing ini. Setelah itu maka Anda harus menetapkan target untuk bisnis Anda sendiri.

3. Buatlah kelompok pelanggan

Apabila Anda sudah memiliki data daripada pelanggan maka Anda harus membuat ke dalam beberapa kelompok yang berbeda. Anda bisa memilah berdasarkan minat, lokasi, serta usia.

4. Jenis campaign yang ingin dibagikan

Selanjutnya harus diperhatikan yaitu jenis campaign yang akan dibagikan. Selain jenisnya dan juga harus memperhatikan terkait dengan jadwal pengiriman. Pastikan bahwa Anda membuat jadwal yang sesuai dan bisa efektif.

5. Lakukan evaluasi

Setelah Anda mengirimkan email pemasaran tersebut kepada calon pelanggan maka Anda juga harus melakukan evaluasi. Data yang sudah dihasilkan harus dievaluasi di akhir bulan dan lakukan pengukuran hasil dari email pemasaran yang sudah dikirimkan.

Jika hasilnya kurang maksimal maka Anda harus mencari cara bagaimana bulan kemudian hasilnya bisa maksimal. Jika memang hasilnya sudah baik maka Anda harus mempertahankannya agar hasilnya tetap seperti itu.

Email marketing menjadi salah satu yang bisa Anda lakukan terutama untuk mempraktikkan strategi agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Email marketing sendiri juga bisa sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness.

Itulah beberapa informasi yang harus Anda perhatikan dan coba terapkan untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengasah kemampuan melalui Course-Net untuk bisa mahir digital marketing.Segera hubungi kami untuk mengikuti kursus digital marketing yang bersertifikat.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!