course-net
Search
Close this search box.

Home >

5 Rekomendasi Belajar Coding dari Nol Tanpa Basic IT

Wednesday, 5 June 2024 10:38 AM

5 Rekomendasi Belajar Coding dari Nol Tanpa Basic IT

Kemampuan coding sangat dibutuhkan dalam dunia IT apalagi tidak banyak orang yang memiliki skill ini. Bagi Anda yang ingin belajar coding dari nol, tidak perlu khawatir bahkan meskipun Anda tidak memiliki basic IT. Saya memberikan 5 rekomendasi belajar coding dari nol tanpa basic IT dengan mudah dan cepat.

Untuk belajar coding pun tidak harus menggunakan device berupa PC atau laptop, karena kini terdapat berbagai aplikasi belajar coding untuk pemula yang dapat dipasang di ponsel.

Pengertian Coding

Sederhananya, coding merupakan proses penulisan instruksi menggunakan script dalam bahasa pemrograman yang dipahami dan dijalankan tugasnya oleh komputer. Instruksi atau perintah itu disebut dengan kode sehingga komputer dapat melakukan berbagai tugas mulai dari mengontrol hardware, melakukan komunikasi dengan sistem lain dan lain sebagainya.

Dalam menguasai skill coding, penting untuk memahami bahasa pemrograman untuk membuat perangkat lunak misalnya JavaScript, Python, C++ dan lain sebagainya. Pada pemrograman tersebut berisi kumpulan instruksi, sintaks dan aturan yang dipakai developer dalam menulis kode.

Rekomendasi Belajar Coding Dari 0

Beberapa aplikasi belajar coding di HP berikut ini telah saya buktikan kemudahannya sehingga cocok untuk Anda para pemula yang ingin belajar coding dari nol. Berikut ini merupakan 5 rekomendasi belajar coding dari nol tanpa basic IT.

1. Course-Net

Course-Net merupakan tempat pelatihan yang tepat buat kamu yang mau belajar coding. Dibimbing coach praktisi aktif kelas dunia yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Anda akan belajar coding dengan based on experience dan bisa diterapkan di tempat kerja anda.

Pastinya Course-Net sudah di percaya lebih dari 469 Corporate Client. Sertifikat Course-Net sudah di akui perusahaan besar? Ga percaya Segera buktikan kelas coding di course-net.

2. Programming Hub

Aplikasi Programming Hub merupakan aplikasi belajar coding yang memiliki lebih dari 20 bahasa pemrograman. Terdapat berbagai materi untuk bahasa pemrograman di aplikasi ini mulai dari JavaScript, Python, HTML dan C++.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan wadah belajar kombinasi teknik Kolb yang mengutamakan pengalaman dan wawasan dari para ekspert. Hal ini juga didukung dengan adanya penelitian yang dapat memastikan Anda telah belajar coding secara menyeluruh.

3. Sololearn

Seperti halnya namanya, Sololearn merupakan aplikasi yang cukup populer untuk orang-orang yang ingin belajar coding sendiri atau solo. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu Anda dapat menggunakan bahasa pemrograman sesuai yang Anda kuasai karena di sini terdapat berbagai bahasa pemrograman.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai materi yang mudah dipahami mulai dari pengenalan bahasa pemrograman yang bervariasi, tiga langkah-langkah coding secara mudah. Selain itu, dengan aplikasi Sololearn pun Anda dapat memperoleh pembelajaran kombinasi teori dan latihan sehingga dapat melakukan praktik langsung dari ponsel sendiri.

Aplikasi ini menawarkan tantangan, kuis dan pembelajaran peer-to-peer yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan keterampilan coding. Pada akhir pembelajaran, Anda akan memperoleh sertifikat sebagai tanda bahwa Anda telah berhasil menyelesaikan latihan dan pembelajaran bahasa pemrograman pilihan.

4. ITBox

Apakah Anda merupakan pemula yang ingin belajar coding dan ingin didampingi oleh mentor? Jangan khawatir, salah satu dari 5 rekomendasi belajar coding dari nol tanpa basic IT yaitu IT Box. Aplikasi ini menyediakan mentor ahli yang dapat mengajar Anda dalam melalui proses pembelajaran menyeluruh. Selain itu, di sini juga terdapat forum diskusi untuk para penggunanya yang ingin bertukar informasi dan pengalaman.

IT Box memiliki fitur yang dapat mengakses materi secara gratis menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam mempelajari bahasa pemrograman dan latihan coding dari awal.
Pada akhir pembelajaran, Anda akan mendapatkan sertifikat kredibel yang dapat digunakan untuk meniti karier di dunia kerja profesional bidang IT.

5. Dcoder

Aplikasi Dcoder menjadi salah satu 5 rekomendasi belajar coding dari nol tanpa basic IT yang dapat digunakan melalui ponsel seluler untuk Anda yang ingin belajar coding dengan mudah dan cepat. Melalui aplikasi ini, Anda dapat belajar banyak bahasa pemrograman karena terdapat 33 bahasa pemrograman yang dilengkapi dengan berita pengembangan aplikasi.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai fitur materi dan latihan coding menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Misalnya Java, HTML, C, C++, PHP, Python dan lain sebagainya.
Pada aplikasi ini, Anda juga dapat menjalankan syntax sehingga Anda dapat mengetahui benar atau salahnya. Proses belajar coding untuk Anda para pemula Melalui aplikasi ini dijamin mudah dan cepat.

6. Scratch Jr.

Tidak hanya orang dewasa, ternyata banyak anak-anak yang tertarik untuk belajar coding. Aplikasi Scratch Jr. merupakan aplikasi belajar coding terbaik untuk anak-anak usia 5-7 tahun. Uniknya dari aplikasi ini yaitu menggunakan desain visual yang menarik dan interaktif sehingga sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang menarik sehingga tidak membosankan untuk anak-anak. Bahkan anak-anak memperoleh kesempatan belajar lebih dini untuk meningkatkan skill di dunia pemrograman.

Tidak hanya belajar pemrograman, tetapi aplikasi ini juga memberi kesempatan kepada penggunanya untuk melatih kemampuan problem solving.

Belajar Coding Dasar untuk Pemula
Souce: Kariermu

Belajar Coding Dasar untuk Pemula

Selain 5 rekomendasi belajar coding dari nol tanpa basic IT di atas, beberapa hal di bawah ini wajib Anda ketahui ketika belajar coding dasar, karena dengan mengetahui beberapa hal berikut ini Anda lebih mudah dalam proses memahami coding. Berikut ini merupakan beberapa materi dasar untuk pemula yang ingin belajar coding dari nol.

Syntax

Sintaks merupakan aturan yang mengatur format dan struktur bahasa pemrograman sehingga dapat menentukan bagaimana pernyataan harus ditulis sehingga dapat dijalankan.

Kesalahan sintaksis terjadi saat kode melanggar aturan yang menyebabkan kegagalan dalam eksekusi. Misalnya pada JavaScript, untuk mengakhiri pernyataan menggunakan titik koma. Jika lupa menyertakannya, maka akan menemui kesalahan sintaksis.

Variabel

Variabel merupakan wadah untuk menyimpan nilai suatu program yang dapat diakses di seluruh program. Untuk menentukan tipe data pada variabel maka perlu diberi tipe seperti integer, string atau boolean. Misal, x = 10, artinya x merupakan variable.

Algoritma

Algoritma merupakan prosedur untuk memecahkan masalah sehingga dapat merancang sekaligus mengimplementasikan solusi software. Algoritma ditulis menggunakan berbagai bahasa pemrograman untuk menggambarkan logika suatu program.

Struktur Data

Struktur data merupakan cara untuk mengatur dan menyimpan data pada suatu program. Hal ini termasuk mendefinisikan format serta tata letak data pada memori yang menentukan bagaimana data tersebut diakses dan diubah. Misalnya struktur data termasuk array, trees dan linked link.

Perulangan

Loop merupakan konstruksi pemrograman sehingga bagian kode dapat diulang beberapa kali karena dengan mengulangi kumpulan data maka kondisi tertentu dapat terpenuhi. Misalnya perulangan while, for, do-while.

Percabangan

Cabang merupakan konstruksi pemrograman sehingga aliran eksekusi dapat dialihkan sesuai dengan kondisi. Hal ini digunakan untuk mengontrol aliran program, misalnya pernyataan if, switch dan operator ternary.

Kesimpulan

Untuk lebih memudahkan Anda dalam belajar coding, Anda dapat bergabung dalam kelas kursus coding di CourseNet. Di sini Anda akan dibimbing langsung oleh coach kelas dunia untuk menjadi seorang ahli bidang IT.

Anda juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan di akhir pembelajaran yang dapat Anda gunakan untuk berkarier di dunia IT. Jangan khawatir meski Anda tidak memiliki kemampuan basic IT, karena Anda akan dibimbing dari nol sampai mahir. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda sekarang juga!

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Full Stack Web Developer ? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?