course-net
Search
Close this search box.

Looping Adalah: Jenis, Fungsi, dan Looping pada Phyton

Minet

November 29, 2023

looping adalah

Looping adalah pengulangan urutan perintah sampai kondisi tertentu dicapai. Kondisi tersebut bisa berupa memperoleh data, merubah data, mencapai nilai tertentu, dan sebagainya. Bayangkan jika tidak ada looping betapa merepotkannya harus mengulang kata yang sama hingga ribuan kali.

Apa Itu Looping?

while looping
source: geeksforgeeks

Pada dasarnya, looping adalah suatu hal yang wajib programmer kuasai. Sebab, looping sendiri layaknya jiwa dari suatu program. Berbagai algoritma sudah banyak yang menggunakan looping, misalnya Searching, Array, Sorting, dan sebagainya.

Katakanlah Anda sudah mampu memahami permasalahan if conditional (percabangan), namun itu saja belum cukup. Lalu, Anda memilih alternatif tertentu, namun alternatif tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan. 

Akhirnya Anda harus kembali pada langkah sebelumnya agar bisa mencari alternatif lain yang lebih tepat. Kondisi seperti di atas sangat membutuhkan proses pengulangan, yang mana bisanya disebut looping.

Jenis-Jenis Looping

Pemilihan jenis looping adalah bergantung pada preferensi programmer. Bisa juga berdasarkan tingkat permasalahan yang terjadi. Nah, berikut ini jenis-jenis looping yang bisa Anda gunakan.

1. While Loop

While loop merupakan jenis loop paling mudah untuk Anda gunakan. Secara umum, while looping adalah loop untuk melakukan eksekusi terhadap kode program berulang asalkan kondisi yang Anda tentukan benar.

while(condition is trye){

statements;

Barulah loop akan melakukan evaluasi sebelum masuk ke dalam pemrosesan. Namun hal ini hanyalah eksekusi saja, jika kondisinya benar maka hanya body dari loop yang bisa dilakukan eksekusi saja.

Sehingga mampu memberikan kendali jika body sudah Anda eksekusi dan memeriksanya jika kondisinya benar. Namun apabila kondisinya sudah tidak benar, body dari loop tidak bisa dilakukan eksekusi sama sekali.

2. Do While Loop

Do while looping adalah algoritma yang serupa dengan white loop. Letak perbedaannya hanya pada jarak eksekusi. Kode untuk perulangan sampai perintah yang ditentukan pada bentuk looping adalah sebagaimana berikut.

do{

statements

while(condition is true);

Kode tersebut menandakan bahwa Anda siap melakukan eksekusi pernyataan, paling tidak satu kali. Sekalipun kondisi menyatakan False sekalipun, Anda tetap bisa melakukan pengujian kondisi.

3. For Loop

For Loop memiliki struktur pengulangan yang akan mengulang eksekusi hanya sedikit baris kode. Hal ini karena mendasarkan pada perubahan dari isi variabel. Namun apabila isi dari variable itu sudah mencapai titik akhir, barulah pengulangan akan berhenti.

Biasanya, for loop akan digunakan untuk mengetahui tentang script yang harus Anda jalankan. Struktur pengulangannya mempunyai aturan penulisan, sebagaimana berikut.

for(initcounter;testcounter

statements for each

init counter adalah inisialisasi nilai penghitungan. Kemudian test counter akan dilakukan evaluasi tiap iterasi. Jika hasilnya True, maka loop tetap bisa berlanjut, sebaliknya jika False maka loop akan berakhir. Lalu, increment counter untuk meningkatkan nilai perhitungannya.

4. Foreach Loop

Foreach looping adalah jenis loop yang berguna jika Anda ingin melihat nilai Array. Selain itu, bisa juga untuk menunjukkan perulangan sesuai nomor indeksnya atau nilai Array. Berikut ini struktur penulisan dari foreach loop. 

foreach($arrayas$value){

statements

Algoritma looping adalah hal penting dalam pemrograman. Sebab, logika pemrograman adalah prinsip yang harus Anda terapkan dalam menginstruksikan komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Fungsi Looping

Pada dasarnya, fungsi looping dalam pemrograman adalah kode program untuk melakukan pengulangan. Fungsinya sangat penting untuk membuat perintah yang harus Anda jalankan secara berulang. Misalnya untuk perhitungan atau visualisasi pada berbagai variabel secara bersamaan.

Kondisi demikian bisa sangat merepotkan karena Anda harus mengulang suatu perintah berulang-ulang. Namun melalui looping ini cukup dengan mengatur statements berdasarkan hasil yang diinginkan.

Bentuk R loop bisa beragam seperti for loop, while loop, dan sebagainya. Bahasa R ini menyederhanakan bentuk-bentuk loop dengan cara menyediakan berbagai fungsi, misalnya apply(), tapply(), dan sebagainya. Jadi, loop sendiri jarang muncul pada kode R sehingga bahasa ini sering kali disebut loopless loop.

Apa Itu Looping pada Python?

Looping Python adalah instruksi berupa kode program yang dilakukan eksekusi berkali-kali. Hal ini bertujuan untuk memerintahkan komputer guna melakukan sesuatu berulang kali dengan jumlah tertentu. 

Hampir semua bahasa pemrograman menawarkan model struktur pengulangan ini, seperti PHP yang memiliki perintah while, for, dan foreach. Bahasa pemrograman Phyton sendiri juga memiliki model perulangan looping, diantaranya sebagai berikut.

1. While Loop

Di sini, while loop merupakan perulangan yang jumlahnya tidak dapat ditentukan atau uncountable. Model ini akan menjalankan baris kode dalam blok kode terus menerus selama mampu memenuhi ekspresi yang sudah Anda tentukan sebelumnya. 

While loop akan terus mengulangnya selama kondisinya True. Berikut ini syntax dasar yang terdapat pada while Phyton.

while loop_expression:

command_expression

loop_expression merupakan ekspresi yang hendak Anda uji menggunakan Phyton. Bisa berbentuk operator matematika, fungsi atau logika yang diakhiri tanda colon (:).

Kemudian command_expression merupakan kode perintah yang hendak Anda jalankan dalam pengujian ekspresi yang nilainya True. 

2. For Loop

Dalam bahasa pemrograman Phyton, pengulangan for mempunyai kemampuan dalam mengulangi item yang berasal dari urutan apa pun, misalnya string atau list. Hal ini berbeda dengan berbagai bahasa pemrograman lainnya. Berikut ini syntax dasar pada struktur for loop Phyton:

for index in range(jumlah_perulangan):

Sebagai contoh, Anda akan mengulang suatu perintah sebanyak 8 kali. Artinya Anda membuat syntax yaitu ulang = 8 lalu for in range(ulang):

3. Nested Loop

Nested loop merupakan loop yang memberikan izin penggunaan pada loop yang ada dalam loop. Hal ini akan berdampak terhadap penggunaan memori, sehingga Anda harus memastikan looping tidak mubazir. 

Logika Looping

Logika looping menjadi hal penting yang terbagi ke dalam dua kategori diantaranya entry controlled loop dan juga exit controlled loop. Berikut ini penjelasannya.

1. Entry Controlled Loop

Entry Controlled Loop adalah kondisi pengajuan yang dilakukan sebelum memasuki body. For Loop biasanya digunakan untuk jumlah iterasi yang sudah Anda ketahui sebelumnya.

2. Exit Controlled Loop

Exit Controlled Loop adalah kondisi pengujian ataupun evaluasi yang ada pada akhir body loop. Anda juga bisa menggunakan jenis ini ketika terdapat kode yang harus Anda eksekusi. Looping menjadi suatu hal yang penting dalam pemrograman.

Dalam looping PHP terdapat bagan yang terdiri dari simbol yang mana menjelaskan hubungan dan urutan proses yang terjadi dalam sistem. Urutan proses ini menggunakan anak panah agar dapat menunjukkan bagian aliran prosesnya. Sementara simbol lain digunakan untuk menjelaskan mengenai entitas kondisi dan proses yang ada dalam sistem.

Kesimpulan

Secara umum, looping menjadi hal penting yang harus ada dalam ISO (prosedur kerja). Sebab, bisa menjadi pedoman ketika Anda menjalankan suatu operasi. Berbeda dengan video looping adalah klip video pendek pada platform media sosial yang diputar berulang kali. 

Senada dengan hal ini, berbeda pula dengan looping email adalah kolaborasi antara email dan instant messenger melalui satu platform. Jadi, Anda bisa berbagi dan melakukan kolaborasi hanya dengan dari satu wadah saja.

Namun looping adalah hal yang wajib dikuasai oleh programmer, sehingga Anda harus mempelajarinya secara giat. Mempelajari semua sistem dalam pemrograman sangat penting untuk menjadi programmer profesional.

Caranya dengan mengikuti kursus yang memiliki couch kelas dunia seperti Course Net. Bahkan Anda bisa mendapatkan sertifikasi internasional untuk menunjang karier Anda di dunia programming.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print