course-net
Search
Close this search box.

Home >

8 Cara Jadi Hacker yang Andal

Wednesday, 13 September 2023 3:10 PM

cara jadi hacker

Cara jadi hacker untuk pemula dapat Anda lakukan dengan mudah sekarang ini. Zaman sekarang banyak orang yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menjadi seorang hacker. Seiring perkembangan teknologi, kemampuan untuk menjadi hacker yang andal juga menjadi mudah karena didukung oleh teknologi digital yang memadai.

Teknologi informasi saat ini memang sudah mengalami banyak perkembangan pesat setelah adanya internet, sekarang mendengarkan radio ataupun menonton televisi dapat dilakukan di HP, laptop maupun tablet selama ada internet. Membaca berita terkini juga dapat dilakukan hanya melalui HP dan penyebaran informasinya menyebar sangat cepat ke seluruh dunia.

Apa Itu Hacker?

Sebelum belajar cara jadi hacker, Anda perlu mengetahui arti dari hacker itu sendiri. Hacker yaitu orang yang ahli dalam pemrograman dan mampu meretas sistem keamanan atau memperbaiki sistem yang berhubungan dengan pemrograman. Pandangan tentang hacker tidak selalu negatif, karena seorang hacker juga dapat mengatasi masalah teknis yang berhubungan dengan pemrograman suatu perusahaan misalnya. 

Belajar jadi hacker otodidak dapat dilakukan sendiri selama Anda mempunyai teknologi digital dan mau belajar mengenai pemrograman. Ada juga kursus yang menawarkan pelatihan tentang hacking, salah satunya yaitu Course-Net selain belajar tentang cyber security, di sini juga terdapat banyak pelatihan IT lainnya yang menarik untuk Anda ikuti.

Tentunya banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika bergabung dengan kursus kami dan telah terbukti selama 3 tahun berturut-turut menjadi tempat pelatihan IT di Indonesia yang meraih penghargaan internasional.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Hacker?

Cara jadi hacker yang andal bisa dilakukan dengan cara belajar di internet tentang programing atau Anda bisa mengikuti kursus ke lembaga pelatihan yang menyediakan kursus tersebut. Berikut ini cara menjadi hacker untuk pemula menjadi hacker andal :

1. Memahami teknologi digital

Sebelum Anda belajar jadi hacker mulai dari nol, ada baiknya Anda juga memahami teknologi digital yang akan digunakan untuk belajar. Jika menggunakan komputer atau laptop, Anda harus memahami dasar dari komputer atau laptop itu sendiri serta fungsi dari setiap komponen yang ada di perangkat teknologi digital tersebut. Pahami juga cara kerja dari komputer atau laptop yang akan Anda gunakan.

2. Mempelajari bahasa pemrograman

Belajar bahasa pemrograman sangat penting untuk cara jadi hacker pemula karena tidak bisa dilakukan secara instan untuk menjadi hacker yang andal. Mempelajari bahasa pemrograman salah satu syarat menjadi seorang hacker. Contoh bahasa pemrograman yaitu JavaScript, Python, PHP, dan sebagainya.

3. Memahami Linux

Cara jadi hacker selanjutnya yaitu memahami Linux, Linux merupakan sistem operasi yang tidak berbayar di komputer dan biasanya digunakan oleh programmer. Penggunaan Linux sendiri mudah digunakan dan Linux dibuat oleh suatu komunitas pengembang. Anda harus mempelajari kelebihan dan kekurangan Linux serta fungsi Linux itu sendiri sebelum menggunakannya.

4. Belajar jaringan komputer

Mempelajari jaringan komputer merupakan salah satu cara jadi hacker handal. Jaringan komputer sangat rentan untuk diretas ataupun terkena virus, Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja jaringan komputer. 

5. Mengikuti pelatihan hacking

Walaupun tutorial jadi hacker dapat dengan mudah ditemukan di internet, akan tetapi mengikuti pelatihan hacking akan membuat Anda menjadi hacker yang andal dan tentunya menambah wawasan. Pilihlah lembaga pelatihan yang terpercaya dan mempunyai mentor yang profesional di bidangnya seperti pelatihan di Course-Net. Pelatih di lembaga tersebut memiliki sertifikat internasional yang siap mengajarkan Anda hingga mahir dengan satu kali membayar pelatihan.

6. Dapat memperbaiki komputer

Jika terjadi kerusakan pada komputer Anda, sebagai seorang hacker harusnya dapat memperbaiki komputernya sendiri. Jadi hacker harus mengetahui teknik hacking dan cara menggunakannya agar bisa meretas sistem.

7. Privasi kehidupan pribadi

Salah satu cara jadi hacker selanjutnya yaitu tidak pernah memposting tentang kehidupan pribadi melalui sosial media ataupun posting hal yang berkaitan dengan diri Anda dan keluarga Anda. Identitas Anda jangan sampai diketahui oleh orang lain jika ingin menjadi hacker yang andal. Akan menjadi masalah yang berbahaya jika ada yang mengetahui identitas Anda sebagai seorang hacker.

8. Sering mengikuti komunitas hacker

Dengan mengikuti komunitas maka akan lebih banyak ilmu hacking yang akan didapatkan, karena sesama hacker biasanya saling berbagi pengalaman. Ilmu hacking juga akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman, suatu saat Anda juga bisa jadi hacker id.

Baca Juga : Bug Bounty : Pengertian & Cara Cuan Para Hacker, Berminat ?

Bagaimana Cara Menjadi Hacker CMD?

Perlu Anda ketahui untuk menjadi hacker yaitu arti dari CMD. CMD merupakan suatu aplikasi di sistem operasi Microsoft Windows yang berfungsi untuk menjalankan perintah seperti memanage file dan sebagainya. Cara jadi hacker CMD bisa dilakukan dengan mudah yaitu:

  • Untuk langkah awal Anda dapat klik run di keyboard lalu ketik CMD kemudian klik enter. Kemudian ketik judul yang Anda inginkan dan klik enter.
  • Mengganti warna tulisan CMD lalu klik enter. Angka 2 yaitu warna hijau, angka 4 merah dan B itu warna biru. Setelah itu pilih start dan klik enter.

Website juga dapat diretas dengan menggunakan CMD, selain itu juga CMD dapat digunakan untuk hack password WiFi. Terdapat banyak sekali kode CMD hacker yang perlu Anda pelajari jika ingin menjadi hacker yang andal. Kode CMD tersebut antara lain Nsloopkup, Ping, ARP, Netstat, Route dan sebagainya.

Jenis-jenis Hacker yang Perlu Anda Ketahui

Selain cara jadi hacker, Anda juga harus mengetahui jenis hacker yang ada agar kemampuan hacking Anda semakin andal. Tipe serangan hacker juga berbeda-beda, berikut ini merupakan jenis-jenis hacker yang ada saat ini:

  1. Black hat yaitu bisa disebut sebagai hacker jahat yang sering meretas sistem informasi untuk melakukan tindakan kriminal. Hacker jenis ini perlu diwaspadai karena dapat mencuri data pribadi maupun sistem keamanan perusahaan dan merupakan tindakan ilegal.
  2. Grey hat yaitu hacker yang melakukan tindakannya dengan cara mencari celah sistem keamanan lalu meminta bayaran kepada pemiliknya untuk memperbaiki sistem tersebut. Ada juga yang meretas sistem keamanan untuk mendapat pengakuan orang lain.
  3. White hat yaitu hacker yang melakukan tindakannya secara legal dan bekerja di sebuah perusahaan dengan tujuan untuk melindungi sistem keamanan dari perusahaan tersebut. Sebelum melakukan tindakan peretasan tersebut, hacker jenis ini akan meminta izin terlebih dahulu untuk masuk ke sistem tersebut.
  4. Blue hat yaitu hacker yang melakukan tindakannya dengan motif balas dendam. Biasanya mereka melakukan tindakan ini tanpa meminta imbalan uang namun hanya menyalurkan rasa balas dendam.

Inilah cara jadi hacker yang perlu Anda ketahui untuk menjadi hacker yang andal. Anda dapat mengikuti kursus di Course-Net karena terdapat banyak sekali kursus IT dan hacking dengan mentor yang berpengalaman tentunya. Setelah mengikuti kursus Anda akan mendapatkan sertifikat dan tentunya akan menambah skill yang bermanfaat untuk Anda.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!