course-net
Search
Close this search box.

Home >

8 Contoh Penerapan Machine Learning Pada Kehidupan Sehari Hari

Wednesday, 22 May 2024 1:43 PM

8 Contoh Penerapan Machine Learning Pada Kehidupan Sehari Hari

Pembelajaran mesin atau machine learning termasuk cabang kecerdasan buatan yang berkembang pesat. Berikut ini akan dibahas mengenai contoh penerapan machine learning pada kehidupan sehari hari.

Dimana penggunaan machine learning sudah mulai banyak digunakan. Sebelum membahas contoh machine learning dalam kehidupan sehari-hari, kita akan menjelaskan tentang manfaat dari machine learning. Simak artikelnya dibawah ini!

Apa Saja Manfaat dari Machine Learning?

Apa Saja Manfaat dari Machine Learning?
Source: DataScientest

Teknologi machine learning memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Konsep pembelajaran ini dapat membantu memecahkan masalah hingga membuat dunia menjadi lebih baik.
Secara umum, manfaat yang dapat dirasakan dalam penggunaan machine learning antara lain adalah:

1. Mempermudah Pekerjaan Manusia

Teknologi machine learning dibuat layaknya manusia. Artinya, dapat membantu setiap pekerjaan manusia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Hal ini didukung dengan cara berpikir teknologi persis dengan perilaku manusia.

Tak heran perkembangan teknologi kecerdasan buatan ini banyak diterapkan pada posisi-posisi pekerjaan tertentu untuk menggantikan peran manusia secara langsung.

Contohnya hadirnya layanan chatbox dengan yang didukung oleh fitur machine learning ini dapat menggantikan peran costumer service dalam sebuah perusahaan dalam menjawab pertanyaan yang bersifat umum.

2. Bermanfaat untuk Bidang Industri

Perkembangan teknologi digital saat ini telah merambah dalam berbagai bidang industri termasuk teknologi machine learning. Hal ini meningkatkan kesadaran para stakeholder pentingnya penggunaan teknologi untuk mengelola data dalam jumlah besar dan banyak guna sebagai dasar dalam mengambil keputusan.

Data yang berhasil dikelola menggunakan teknologi digital tidak dapat diubah dengan menggunakan cara yang sama. Oleh karena itu, hadirnya teknologi machine ini menjadi jawaban bagi setiap industri dalam menumbuhkan dan mengembangkan perusahaan.

Ambil kesempatan belajar machiner learning di Course-Net dengan Coach Praktisi Aktif, Kelas TERBATAS!

3. Terdapat Sistem Pintar Otomatis

Sistem kerja dari teknologi kecerdasan buatan mesin pembelajaran bekerja secara otomatis. Melalui sistem pembelajaran yang dilakukan, nantinya akan membuat mesin ini mengambil keputusan secara otomatis melalui berbagai klasifikasi dan prediksi.

Meskipun demikian, sebagai praktisi data tentunya Anda harus memperhatikan tingkat akurasi yang dimiliki oleh mesin tersebut. Di mana akurasi ini berbanding lurus dengan kualitas yang dihasilkan yaitu semakin tinggi akurasi maka akan semakin bagus hasilnya. Dengan begitu, tentunya Anda tidak harus langsung percaya dengan hasil akurasi yang rendah karena cenderung memiliki kesalahan yang besar.

4. Mampu Mengumpulkan Informasi secara Realtime

Melalui machine learning pelaku bisnis dapat memperoleh insight secara langsung. Insight ini akan membantu Anda dalam memahami pasar dengan baik, apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan apa yang dicari oleh pelanggan yang mana akan memberikan dampak positif pada perkembangan bisnis.

5. Memprediksi Keberlangsungan Bisnis Perusahaan

Persaingan bisnis yang ketat tidak bisa dihindari oleh pelaku bisnis. Apalagi jika industri tersebut bergerak pada industri yang sama. Untuk dapat bersaing dengan kompetitor, pelaku bisnis harus mampu dalam membenahi diri. Bahkan, dengan cara tersebut maka Anda dapat mengungguli kompetitor bisnis yang ada.

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan machine learning ini dapat membantu pelaku bisnis dalam memprediksi banyaknya customer yang churn dan mengetahui penyebabnya, melihat karakteristik customer dengan melakukan segmentasi dan membuat prediksi dalam mengembangkan bisnis.

Manfaat tersebut secara mudah Anda rasakan apabila mengenal contoh penerapan machine learning pada kehidupan sehari hari. Penerapan cabang teknologi kecerdasan buatan dengan tepat maka akan membantu segala permasalahan di dunia ini.

Baca Juga: 10 Fungsi Metode Linear Regresssion Pada Machine Learning

Apa Saja Contoh Penerapan Machine Learning pada Kehidupan Sehari-hari?

Adapun contoh penerapan machine learning pada kehidupan yang bisa dirasakan adalah:

1. Sektor Kesehatan

Sektor kesehatan
Source: Whiteboard

Kontribusi teknologi machine learning dalam sektor kesehatan cukup bervariasi. Sebagai contohnya, pemanfaatan jaringan saraf berulang (RNN) guna mendeteksi serangan jantung. Menurut penelitian, mesin ini memiliki akurasi yang tinggi dalam mendeteksi penyakit jantung dengan menggabungkan fitur statis dan temporal. Selain itu, dalam sektor kesehatan machine learning digunakan untuk memprediksi usia biologis dari seseorang yang didasarkan pada data aktivitas dan gaya hidup.

Baca Juga: 4 Pendekatan Machine Learning untuk Bisnis Anda

2. Sektor Pertanian yang Efisien

Sektor Pertanian yang Efisien
Source: DQlab

Sektor pertanian mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas secara efektif dan efisien. Pada sebuah proyek yang dipimpin oleh Omdena dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran mesin dapat memprediksi hasil panen dari sebuah citra satelit.

Dengan begitu, petani dapat mengambil keputusan yang tepat untuk menghindari kerugian yang besar dari masalah yang ditimbulkan.

3. Keamanan Masyarakat

Keamanan Masyarakat
Source: Jawapos

Machine learning dapat diterapkan dalam menjaga keamanan masyarakat. Bentuk keamanan masyarakat yang dilakukan melalui teknologi ini yaitu meningkatkan keselamatan masyarakat dengan mencegah tindakan mitigasi dan kejahatan.

Melalui peta yang berhasil dibuat menggunakan machine learning ini, Anda mampu mendeteksi area-area yang rentan terhadap kejahatan seperti pelecehan seksual dengan menargetkannya secara efektif.

4. Perlindungan Lingkungan Berkelanjutan

Lingkungan machine learning
Source: Vecteezy

Contoh penerapan machine learning pada kehidupan sehari hari dapat meningkatkan perlindungan lingkungan berkelanjutan yaitu proyek Green Horizon IBM. Melalui algoritma machine learning, Anda dapat menemukan tingkat polusi yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan mengambil data dari berbagai sumber terpercaya.

5. Pendeteksi Wajah

Pendeteksi Wajah
Source: JKT Gadget

Penerapan machine learning sebagai pendeteksi wajah juga dapat meningkatkan keamanan dengan memanfaatkan kamera pengintai guna melacak tindakan kejahatan dan terorisme. Kegunaan secara real dari teknologi ini dapat diambil contoh dari proyek identifikasi visi computer bagi anak-anak kekurangan gizi dengan memprediksi tinggi badan anak-anak tersebut.

6. Prediksi Waktu Perjalanan

Prediksi Waktu Perjalanan
Source: Latvijas

Aplikasi machine learning seperti Google Maps dapat digunakan untuk memprediksi waktu perjalanan secara akurat. Biasanya, platform Google Maps akan membantu pengguna dalam menemukan rute tercepat untuk mencapai lokasi tujuan tertentu.

Algoritma yang digunakan dalam machine learning pada Google Maps mampu memperkirakan waktu perjalanan secara akurat, memberikan informasi kemacetan dan kecelakaan dalam perjalanan hingga menghemat waktu yang dapat meningkatkan produktivitas Anda.

7. Asisten Cerdas

Asisten Cerdas
Source: Medium

Beberapa aplikasi yang masuk dalam kategori asisten cerdas antara lain adalah Siri, Google Assistant dan juga Alexa. Ketiga aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu kehidupan sehari-hari.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, aplikasi asisten cerdas dapat membantu Anda dalam memeriksa cuaca, mengatur pengingat, mengoperasikan smartphone hingga melakukan perintah pada perangkat lainnya. Hal ini tentu akan membawa manfaat sosial yang cukup besar termasuk bagi para penyandang disabilitas fisik dan penglihatan.

8. Keamanan Dunia Maya

keamanan data
Source: OpenText

Penerapan machine learning ternyata mampu menjamin keamanan di dunia maya. Ancaman siber pada jejaring sosial dapat menyebabkan dampak yang cukup negatif dalam kehidupan. Mulai dari ancaman terhadap pencurian data pribadi hingga kasus penipuan yang merugikan.

Seperti pada aplikasi Palpay dan Galpay, penerapan machine learning bertujuan untuk melacak transaksi dengan membedakan transaksi asli dan palsu. Dengan begitu, teknologi mesin pembelajaran ini dapat mencegah tindakan kriminal di dunia maya.

Machine learning adalah kunci dalam merambah dunia digital. Melalui contoh penerapan machine learning pada kehidupan sehari hari di atas maka Anda dapat membuat dunia menjadi lebih mudah.

Tertarik belajar Machine Learning? Di Course-Net menyediakan program training machine learning yang bisa kamu ikuti. Course-Net dipercaya lebih dari 469 Corporate Client.

Artikel Terkait

Mari Mengenal Karakteristik Big Data!
Data Science
Minet Course-Net

Mengenal Karakteristik Big Data!

Mengenal Karakteristik Big Data! – itu berukuran sangat besar, variatif, memiliki laju pertumbuhan yang cepat, dan sebagian besar tidak terstruktur dengan baik. Secara garis besar,

Read More »

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Data Scientist? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?