course-net
Search
Close this search box.

Category /

Syslog Server: Pengertian, Kegunaan dan Cara Installnya

Thursday, 27 October 2022

Syslog Server: Pengertian, Kegunaan dan Cara Installnya

Apa itu syslog server? Mungkin hanya sebagian kecil orang saja yang dapat mengetahuinya. Syslog server adalah sebuah server yang digunakan untuk menyimpan data syslog dari berbagai macam perangkat komputer serta jaringan yang terpusat. Server ini harus memiliki ketersediaan tinggi untuk dapat melayani penyimpanan setiap komputer jaringan.

Kegunaan Syslog pada Linux

Syslog Server: Pengertian, Kegunaan dan Cara Installnya

Setelah mengetahui pengertiannya, maka kita perlu juga mengetahui kegunaan syslog, dimana kegunaan server ini ialah sebagai log untuk melacak serta mencatat pesan sistem. Semua aplikasi yang menggunakan server ini untuk mengekspor semua pesan kesalahan ke file yang di direktori. Server ini menggunakan suatu model client server, dimana klien yang mengirimkan sebuah pesan sedangkan server syslog yang menerima pesan tersebut.

Syslog merupakan sebuah singkatan dari kata system logging protocol yang merupakan protokol standar yang dapat digunakan untuk mengirim log sistem atau pesan peristiwa ke server tertentu.

Cara MengInstall Syslog pada Linux

Cara yang digunakan untuk mengInstall nya pada Linux cukup mudah, yaitu dengan:

  1. Memeriksa versi sistem operasi pada sebuah sistem
  2. Lalu Install syslog pada Ubuntu
  3. Setelah selesai mengInstall, maka periksa versi nya
  4. Pastikan bahwa server yang kita Install benar dan bisa digunakan dengan baik.

Server Syslog Terbaik untuk Windows

Syslog merupakan standar yang independen dari sebuah sistem operasi, berikut ini ialah beberapa server yang berjalan di lingkungan Windows, diantaranya ialah:

  • Kiwi solarwinds

Kiwi SolarWinds merupakan sebuah server syslog yang bisa digunakan pada Windows secara gratis, server ini digunakan untuk memantau sampai dengan lima perangkat. Paket ini berfungsi untuk mengumpulkan pesan yang mengikuti SNMP serta data. Server akan menuliskan sebuah pesan ke file seta menampilkan nya pada penampil antarmuka utilitas.

Kita bisa mendapatkan pilihan yang akan menyebabkan kondisi server terbuka file baru. Server ini nantinya akan mengelola sebuah penyimpanan file dalam direktori sebagai nama yang bermakna, sehingga akan memudahkan kita dalam pencarian melalui arsip yang ada di pesan kita.

  • Sistem paessler PRTG

Server selanjutnya ialah PRTG, yang merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk memantau infrastruktur secara komprehensif. Elemen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari sebuah sensor, kita tidak perlu menyalakan semua sensor yang ada, kit bisa menyesuaikan monitor untuk bisa fokus pada salah satu bidang kita saja. Sistem dari server ini mencangkup suatu sensor yang dilengkapi dengan tampilan, laporan serta prosedur yang digunakan untuk memproses data yang telah ditulis sebelumnya.

  • Emas WhatsUp

WhatsUp gold juga merupakan sebuah sistem pemantau jaringan serta produsen nya yang bisa diakses secara gratis pada sistem operasi yang berbasis Windows. Server ini akan mengatur file-file ke dalam struktur direktori yang akan memudahkan kita dalam pencarian kumpulan data.

Dengan menggunakan server WhatsUp kita juga dapat menentukan pembagian data antar file yang dibagi berdasarkan pada tingkat peringatan, data, dan sumber.

  • Sistem fastvue

Server selanjutnya yang bisa digunakan pada sistem operasi berbasis Windows adalah Fastvue. Fastvue merupakan server yang tidak hanya digunakan untuk membuat file, akan tetapi juga bisa digunakan untuk menjaga file tersebut. Server akan memantau ukuran dari tiap file log kita, selain itu juga untuk melaporkan nya ketika ukuran tersebut sewaktu-waktu berubah.

Server penyimpan pesan dalam file ini akan diurutkan berdasarkan tanggal, opsi, serta untuk mempartisi data berdasarkan jenis perangkatnya. Dengan menggunakan Fastvue kita dapat melihat, mengurutkan, sampai dengan memfilter semua pesan yang telah diarsipkan dari file sehingga dapat dilakukan analisis dengan mudah.

Baca Juga : MariaDB Adalah : Pengertian, Fungsi, Dan Perbedaan Dengan MySQL

  • TFTPD32

Server lainnya yang juga bisa digunakan pada sistem operasi Windows secara gratis ialah TFTPD32. TFTPD32 merupakan sebuah server yang sangat dasar yang dibuat pada sistem Windows 32 bit. Selain itu, server ini merupakan sebuah protokol yang sangat tidak nyaman serta tidak boleh digunakan dengan menggunakan internet. Akan tetapi server ini merupakan suatu metode standar untuk dapat mentransfer file sistem kecil melalui sebuah jaringan pribadi.

Server Syslog Terbaik untuk Linux

Selain cocok digunakan pada Windows, ada juga server yang juga cocok digunakan untuk Linux. Adapun server terbaik untuk Linux, diantaranya ialah:

  • Icinga 2

Merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memantau sistem sumber terbuka di dunia. Server ini gratis dan merupakan versi terbaru nya sehingga disebut dengan Icinga 2. Dengan menggunakan server ini kita bisa menentukan jenis pesan yang terjebak, dengan menggunakan server ini kita juga bisa memuat pesan yang disimpan ke dalam penampil.

Sistem dari Icinga dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian pemrosesan yang bisa disebut dengan Icinga Core serta ujung depan yang biasa disebut dengan Web 2.0.

  • Syslog-NG

Server lainnya yang bisa digunakan pada Linux ialah syslog-NG. server ini bisa kita dapatkan secara gratis serta merupakan suatu proyek sumber terbuka. Server ini akan menyimpan beberapa pesan ke dalam file. Kita bisa memilih atau mendapatkan server ini untuk menyisipkan catatan ke dalam database SQL.

  • Logstash

Merupakan sistem yang open source yang bisa digunakan pada Linux secara gratis. Logstash merupakan kolektor yang berada di tumpukan, untuk dapat mendengar pesan serta menyimpannya. Jika kita menginginkan lebih banyak fungsionalitas kita bisa mengInstall Elasticsearch yang mana berfungsi untuk mengurutkan serta memfilter data untuk dilakukan analisis.

  • Graylog

Graylog merupakan sebuah manajer file log yang bisa berjalan pada Linux secara gratis. Akan tetapi versi ini memiliki keterbatasan dalam mengumpulkan data, dimana untuk per hari nya hanya bisa mengumpulkan 5 GB data saja. Graylog ini menggunakan basis browser sehingga menjadikan sistem operasi independen yang mudah untuk dilihat.

  • Lancar

Lancar juga merupakan salah satu jenis server yang bisa digunakan untuk Linux dan Mac OS secara gratis. Dengan menggunakan server ini kita perlu menambahkan plugin untuk bisa memperluas kemampuan dari alat ini. Akan tetapi, lancar sendiri hanyalah sebuah sistem yang digunakan untuk pengumpulan data, sehingga kita perlu menambahkan front end lainnya, seperti menambahkan Nagios untuk bisa mendapatkan analisis serta tampilan antarmuka untuk dapat memproses fluentd.

Cukup menarik bukan pembahasan terkait dengan server syslog ini, dengan mengetahui segala komponen yang ada di dalam perangkat maka kita dapat memperbaikinya dengan mudah jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan yang berkaitan dengan server.

Itu tadi beberapa informasi yang cukup lengkap dan menarik yang bisa kami sampaikan terkait dengan syslog. Segera ikuti kursus jaringan hanya di Course-Net.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!