Jaringan Komputer Adalah : Pengertian, Fungsi, Macam, dan Topologi

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Jaringan Komputer Adalah : Pengertian, Fungsi, Macam, dan Topologi – Jaringan atau network pastinya sudah tidak asing lagi didengar, karena hal ini selalu dilibatkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti jaringan komputer dan internet. Meskipun sudah sangat familiar, ternyata masih banyak orang yang kebingungan bagaimana menjelaskan apa itu jaringan.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai beberapa hal seputar jaringan. Apalagi hal ini erat kaitannya dengan perkembangan teknologi yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan di era modern saat ini. Jadi akan dijelaskan mengenai apa itu jaringan, fungsi atau manfaat jaringan, macam jaringan, dan topologinya.

Jaringan Komputer Adalah : Pengertian, Fungsi, Macam, dan Topologi

Jaringan Komputer Adalah : Pengertian, Fungsi, Macam, dan Topologi

Apa Itu Jaringan Komputer?

Dalam segala jenis aktivitas pekerjaan, sepertinya sudah melibatkan jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang terhubung satu sama lain lewat media komunikasi dan transmisi sehingga dapat berbagi hardware komputer dan data aplikasi.

Sebenarnya pengertian jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai sebuah kumpulan terminal komunikasi dari dua komputer atau lebih yang terhubung satu sama lain. Jaringan dibangun dengan tujuan supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter atau pengirim bisa sampai kepada receiver atau penerima dengan akurat.

Adanya jaringan komputer maka dapat memungkinkan para pengguna bisa melakukan komunikasi dengan mudah satu sama lain. Lebih dari itu, jaringan komputer ini juga dibutuhkan untuk melakukan integrasi data antar komputer client sehingga dihasilkan data yang relevan.

Jaringan komputer dibangun dengan cara mengombinasikan hardware dan software. Pada setiap komputer memiliki sebuah kartu jaringan, lalu dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai media transmisi data. Selain itu juga terdapat software yang membentuk jaringan sederhana.

Fungsi-Fungsi Jaringan

Fungsi-Fungsi Jaringanpengertian jaringan, jaringan internet, contoh jaringan, fungsi jaringan, topologi jaringan

Adapun fungsi jaringan komputer dan internet secara umum dalam melakukan tugas-tugas antara lain yaitu sebagai berikut.

1. Transfer Data Lebih Cepat

Perlu diketahui bahwa adanya jaringan komputer memudahkan setiap orang untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dengan cepat dan efisien. Data yang dikirim pun dalam bentuk soft file sehingga jauh lebih praktis.

2. Memudahkan Berhubungan Dengan Orang Lain

Selain itu, adanya jaringan komputer juga membantu setiap orang untuk membangun hubungan dengan orang lain. Saat ini, membangun relasi semakin mudah dengan adanya komputer, bahkan hubungan antar negara sekalipun.

3. Mengirimkan Berbagai Format File

Ada berbagai jenis format file mulai dari teks, audio, gambar, dan video. Dengan adanya jaringan komputer maka pengguna dapat mengirimkan berbagai format file tersebut dengan mudah bahkan secara real time sekalipun.

4. Mudah Mengakses Informasi

Setiap harinya pasti selalu ada update informasi dan berita seputar berbagai bidang kehidupan. Saat ini setiap orang mudah untuk mengakses informasi atau berita up to date dengan bantuan komputer dan internet.

5. Mudah Mengakses File Sendiri dan Milik Orang Lain

Perlu diketahui bahwa dengan adanya jaringan komputer maka setiap orang lebih mudah untuk mengakses berbagai file yang dimiliki. Bahkan dengan bantuan jaringan internet, file orang lain pun mudah untuk diakses dan disebarluaskan.

Baca Juga : Tips Mudah Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula

Jenis – Jenisnya

Ada cukup banyak contoh jaringan komputer yang perlu diketahui. Berikut ini merupakan macam-macam jaringan komputer adalah.

1. PAN

Personal Area Network merupakan jenis jaringan yang cakupan wilayahnya kecil misalnya di rumah dan di kantor. Umumnya PAN digunakan untuk kebutuhan internet dan printer jadi tidak membutuhkan resource besar dalam penggunaannya.

2. LAN

Local Area Network merupakan jaringan yang berfungsi menghubungkan perangkat jaringan pada sebuah kondisi jangkauan yang kecil. Contoh dari pengaplikasian jaringan LAN yaitu pada sistem jaringan di kantor, sekolah, dan rumah.

Bahkan banyak orang yang menggunakan konektivitas khusus untuk ethernet dan token ring. Jaringan ini juga memiliki wireless dengan menggunakan Wi-Fi atau disebut WLAN.

3. CAN

Campus Area Network dapat dikatakan sebuah jaringan yang mempunyai kemiripan dengan MAN, tetapi ruang lingkupnya terbatas yaitu ruang lingkup akademisi atau kampus. Penggunaan jaringan ini sering untuk kebutuhan praktek laboratorium, pembaruan kelas, email, dan kebutuhan akademis lainnya.

4. MAN

Metropolitan Area Network merupakan jaringan yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer dan perangkat komputer lain di ruang lingkup kota dengan jaringan yang sama. Dibandingkan jaringan LAN, jenis ini memiliki cakupan yang lebih besar.

5. WAN

Kumpulan LAN yang tersebar berdasarkan geografis disebut dengan WAN (Wide Area Network). Jenis jaringan ini cenderung memanfaatkan teknologi x.25, ATM, dan frame relay untuk hubungan jarak yang cenderung lebih jauh.

6. Internet

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, bahwa internet merupakan jaringan komputer terbesar yang pernah ada. Perlu diketahui bahwa jangkauan atau ruang lingkup internet mencakup seluruh penjuru dunia sehingga siapa pun bisa mengakses informasi atau komunikasi jarak jauh. Perangkat yang digunakan antara lain komputer, smartphone, PC, tablet, TV, dan lain-lain.

7. VPN

Virtual Private Network menjadi solusi bagi para pengguna internet yang membutuhkan koneksi internet lebih aman. Pasalnya, PPN bisa membuat jalur yang aman untuk keperluan transmisi data. Bahkan saat ini ada berbagai platform yang menyediakan VPN gratis maupun premium.

Baca Juga : Anda Harus Siapkan Perangkat Ini untuk Membuat Jaringan Komputer

Mengenal Topologi

Berbicara mengenai jaringan komputer, tentu tidak lepas dari topologi. Topologi menjadi dasar bagi setiap teknisi jaringan untuk membangun jaringan skala kecil maupun besar. Ada beberapa topologi jaringan komputer yang perlu dipahami seperti beberapa topologi di bawah ini.

1. Bus

Bus merupakan topologi dengan kabel tunggal yang mana setiap server dan workstation saling terhubung. Kelebihannya yaitu saat mengembangkan workstation dan jaringan baru tidak akan mengganggu workstation lainnya. Namun kekurangannya yaitu saat kabel putus atau rusak akan terjadi gangguan di seluruh jaringan.

2. Ring

Topologi ring terbentuk saat setiap perangkat sudah terhubung sehingga memiliki pola lingkaran seperti cincin. Setiap workstation mendapatkan informasi dari sebuah perangkat ke perangkat yang lain.

Kelebihannya yaitu tidak terjadi tabrakan antar data. Namun kekurangannya yaitu apabila ada node yang bermasalah maka akan terjadi gangguan di keseluruhan jaringan.

3. Star

Topologi bintang atau star yaitu topologi di mana setiap workstation mempunyai jalur yang langsung terhubung lewat hub atau server.

Kelebihan topologi ini yaitu apabila terdapat workstation yang sedang gangguan maka hanya berdampak pada beberapa jaringan saja karena setiap workstation mempunyai jalur sendiri. Namun kelemahannya, topologi ini membutuhkan biaya besar karena perlu adanya sumber daya kabel yang cukup banyak.

4. Tree

Topologi tree adalah gabungan dari topologi bus dan star yang menyerupai akar pohon, sehingga hanya perangkat server saja yang bisa terhubung langsung ke bus pohon. Setiap server berfungsi sebagai akar pohon.

Kelebihan maupun kekurangan topologi ini sama halnya dengan topologi bus dan star. Hanya saja topologi ini merupakan hybrid sehingga mendukung perluasan jaringan lebih unggul.

5. Mesh

Topologi ini digunakan saat di mana tidak terdapat hubungan komunikasi terputus antar node pada jaringan komputer. Setiap perangkat terhubung langsung selama masih ada pada jaringan yang sama.

Kelebihan topologi ini yaitu komunikasi antar perangkat komputer lebih cepat dengan keamanan yang terjamin. Namun kekurangannya, topologi ini membutuhkan biaya besar untuk penyediaan kabel.

Demikianlah penjelasan mengenai jaringan komputer dan internet secara umum. Untuk memahami apa itu jaringan memang ada banyak hal yang harus diketahui seperti beberapa hal di atas. Bagi networks engineer tentu hal-hal tersebut harus dikuasai karena merupakan pengetahuan mendasar.

Mau Belajar Jaringan Komputer ? DIJAMIN BISA

Kamu mau belajar jaringan komputer ? Coba deh ikuti pelatihan CCNA di Course-Net. Kamu bisa mendapatkan promo setiap bulannya dengan mengisi form dibawah ini :

GARANSI 100% sampai bisa, Kamu bisa mendapatkan promo ini. PROMO TERBATAS untuk setiap 5 pendaftar pertama setiap bulannya. Dapatkan sertifikasi CCNA yang bisa kamu dapatkan di Course-Net.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

PROMO RAMADHAN
DISKON IDR 2.000.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 31 Maret 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo ramadhan

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !