course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Apa Itu Net Framework : Definisi , Pengertian & Contohnya

Thursday, 22 December 2022 11:03 AM

Apa Itu Net Framework : Definisi , Pengertian & Contohnya

Apa Itu Net Framework : Definisi , Pengertian & Contohnya – Net framework merupakan salah satu istilah yang umum terdengar di dalam Ilmu komputer. Software satu ini mempunyai peran penting untuk menjalankan aplikasi pada perangkat yang memakai sistem Operasi Windows. Meski cukup jarang terdengar, namun software yang satu ini tergolong sebagai elemen yang sangat penting di pengoperasian suatu perangkat.

Hal ini karena supaya aplikasi bisa berjalan dengan baik, sehingga setiap komputer yang menggunakan Sistem Operasi Windows membutuhkan software tersebut. Software satu ini tidak seperti PHP Framework yang sudah lebih sering didengar oleh sebagian besar masyarakat sehingga Anda harus mempelajarinya. Supaya Anda lebih memahami tentang net framework, fungsi, cara kerja dan cara installnya bisa simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Net Framework? Net Framework Adalah

Apa Itu Net Framework? Net Framework Adalah

Net framework adalah jenis software di Microsoft yang memberikan berbagai layanan untuk aplikasi yang sedang berjalan pada sistem operasi Windows. Biasanya software ini mempunyai pesan yang penting sehingga sejumlah aplikasi tidak bisa berjalan apabila tidak memilikinya. Software ini umumnya berjalan di sistem operasi Windows yang telah terintegrasi secara default.

Di sebuah komputer biasanya memiliki sejumlah versi software yang satu ini. Itulah sebabnya jangan heran apabila Anda menemukan software ini di berbagai versi yang tersedia. Contohnya adalah untuk Windows 10 lebih cocok menggunakan versi net framework 3.5. Software satu ini juga dapat mengurasi error pada saat pemrograman serta meningkatkan produktivitas memakai pendekatan secara modular saat mendesain software.

Fungsi Utama Net Framework

Software satu ini memiliki fungsi utama untuk penerjemah serta pengeksekusian aplikasi supaya dapat berjalan di sistem operasi Windows dengan baik. Di beberapa kasus, Anda diwajibkan untuk instalasi software ini dahulu sebelum menjalankan aplikasi tersebut dengan baik. Nah, beberapa fungsi atau kegunaan dari software satu ini adalah:

  1. Untuk Pemasangan Aplikasi Komersial

Salah satu fungsi dari software satu ini adalah untuk proses pemasangan aplikasi pihak ketiga yang bergantung dengan software satu ini supaya bisa mendukung fungsi utamanya. Contoh aplikasi-aplikasinya adalah Microsoft Security Essentials, Paypal dan sejumlah permainan dari pihak ketiga lainnya.

Dengan menggunakan software satu ini, maka proses instalasi aplikasi berjalan dengan baik. Aplikasi tersebut dapat digunakan dengan mudah dan semakin cepat di perangkat Anda.

  1. Memudahkan Update

Fungsi net framework berikutnya adalah untuk memudahkan update aplikasi. Setelah instalasi berhasil, maka sistem operasi Windows diperbaharui otomatis oleh Microsoft Update. Versi software yang di instal pada perangkat Anda harus selalu di update ke versi terbaru agar bisa digunakan dengan baik.

Cara Kerja Net Framework

Cara Kerja Net Framework

Bagi Anda yang ingin tahu seperti cara kerja dari software satu ini harus simak penjelasannya dengan baik. Umumnya sistem operasi Windows sudah dilengkapi dengan software ini, meskipun tidak semuanya aktif secara langsung serta bisa digunakan. Itulah sebabnya, ada sejumlah kasus, Anda harus instal atau aktifkan software ini secara manual.

Net framework mempunyai 2 komponen utama, yaitu Common Language Runtime atau CLR dan Class Library. Kedua komponen ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Common Language Runtime (CLR)

Common Language Runtime berfungsi untuk memberikan sejumlah bahasa pemrograman dan juga libraries agar bekerja sama. Komponen satu ini juga dapat me-manage sistem service, seperti eksekusi mode, memori, verifikasi keamanan dan juga compiling mode. CLR terdiri dari sejumlah komponen lainnya yang mempunyai tugas berbeda-beda, seperti :

  • Just in Time Compiler

JIT berfungsi untuk melakukan konversi kode Intermediate Language (IL) ke bahasa mesin berdasarkan dengan arsitektur pada sistem operasi dan juga hardware yang mana aplikasi tersebut dijalankan.

  • Garbage Collector (GC)

Garbage Collector berfungsi untuk mengelola data-data di sebuah aplikasi yang tersimpan pada memori heap. Komponen ini biasanya akan menyimpan data-data yang masih dipakai pada aplikasi dan juga menghapus data-data yang sudah tidak terpakai lagi.

  1. Class Library

Class library merupakan komponen pada net framework berfungsi menyediakan kode pemrograman dasar yang sudah siap untuk dipakai. Jadi, hal ini akan mempercepat pekerjaan para developer.

Nah, jadi seperti itulah penjelasan mengenai cara kerja dari software satu ini yang bisa Anda pelajari. Bagi Anda yang ingin instal software ini bisa simak penjelasannya berikut ini.

Cara Download Net Framework

Cara download net framework dengan mudah bagi pemula adalah:

  1. Kunjungi Website Resmi Microsoft

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi website resmi Microsoft melalui komputer untuk download software ini. Seperti yang kita ketahui, software ini disediakan oleh layanan Microsoft sehingga cara untuk mendapatkannya harus mengunjungi website resmi mereka.

  1. Memilih Jenis Installer

Setelah Anda mengunjungi website resmi Microsoft bisa langsung klik versi yang tersedia, misalnya adalah net framework 4.5. Akan muncul halaman dimana Anda dapat memilih tipe software tersebut sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda ingin instal versi yang dibutuhkan agar bisa menjalankan aplikasi, maka harus memilih versi Runtime.

 

  1. Proses Download

Setelah Anda klik link tersebut, kemudian akan muncul halaman baru. Biasanya baik versi online atau offline dapat memberikan Anda file .exe yang akan Anda gunakan untuk instal net framework.

Perbedaan ukuran file download online installer hanya beberapa mb saja, sedangkan di versi offline installer ukurannya bisa sampai 100 MB. Meskipun begitu, versi online installer akan download selisih jumlah kekurangan filenya saat proses instalasi nantinya.

  1. Membuka File Installer dan Lakukan Proses Install

Langkah berikutnya lagi adalah Anda harus membuka file yang sudah berhasil di download tadi. Tunggulah proses ekstrak file sampai selesai dan akan muncul window selanjutnya mengenai license.

Pastikan Anda centang di bagian “ I have read and accept the license terms” dan kemudian klik menu install. Biasanya bedanya versi online dan offline installer adalah ada dialog box yang muncul.

  1. Selesai

Nah, langkah terakhir adalah Anda tinggal menunggu proses instal sampai selesai. Sekarang Anda software net framework sudah berhasil Anda instal di komputer Anda.

Begitulah cara download atau instal software di komputer dengan baik dan benar. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah software tersebut tidak berhasil di instal bisa simak tipsnya di bawah ini:

  1. Mengunjungi halaman Microsoft Download Confirmation

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika tidak berhasil instal software tersebut di komputer adalah dengan cara mengunjungi halaman Microsoft Download Confirmation.

  1. Buka setalah Berhasil di Unduh

Tips kedua adalah download versi framework yang Anda miliki dan bukalah setelah Anda sudah berhasil mengunduh filenya.

  1. Mengikuti Petunjuk Instalasi sampai Akhir

Tips ketiga adalah ikuti semua petunjuk instalasi sampai akhir dan nantinya proses penginstalan akan berhasil.

Biasanya penyebab tidak bis instal software tersebut adalah karena Anda menemukan halaman instal net framework Windows 7 dan seterusnya yang error. Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan versi software yang tepat sesuai dengan versi Windows yang digunakan di komputer.

Apa Itu Kelebihan dan Kekurangan Memakai Net Framework

Kelebihan-kelebihan menggunakan software ini adalah:

  1. Bisa Dijalankan di Berbagai Platform

Salah satu kelebihan dari software ini adalah memungkinkan untuk membuat program yang bisa dijalankan di berbagai platform. Kode library yang dipakai adalah open-source sehingga bisa semakin canggih.

  1. Bisa Mengunggah Aplikasi di Berbagai Platform

Software ini selain bisa dijalankan di berbagai platform, namun juga dapat mengunggah aplikasinya di berbagai platform. Salah satu tool yang tersedia adalah Visual Studio Tool yang bermanfaat untuk developer

  1. Memiliki Fitur Monitoring dan Checking Otomatis

Kelebihan dari net framework berikutnya adalah memiliki fitur monitoring dan checking otomatis. Terlebih lagi jika ada kesalahan saat menulis kode, padahal Anda sudah ahli dan untuk menghindari hal ini sudah ada fitur monitoring dan checking otomatis tersebut di sana.

  1. Kode Pemrograman Mudah Diubah

Dengan menggunakan software ini, maka dapat memudahkan para developer dalam mengubah kode pemrograman tanpa perlu mengulang dari awal lagi. Itulah sebabnya akan memberikan kemudahan dalam pengerjaannya. Kode yang ditulis juga lebih mudah dipelihara serta terhindar dari bugs.

  1. Kontrol UI Lebih Canggih

Kelebihan dari software ini yang perlu Anda ketahui berikutnya adalah memiliki tampilan dan kontrol UI yang lebih canggih. Contohnya adalah control drag-and-drop yang bisa memudahkan serta menghemat waktu developer. Terlebih lagi software ini memiliki tool yang open-source, jadi memiliki daya tarik tersendiri bagi para developer.

Seperti itu beberapa contoh kelebihan-kelebihan menggunakan software ini yang harus Anda ketahui. Penggunaan software ini juga memiliki kekurangannya, seperti:

  1. Program Update dapat Bermasalah

Kekurangan penggunaan software ini adalah saat update maupun pembaruan kerap terjadi masalah apabila sistem update membuat sistem di versi sebelumnya tidak dapat bekerja. Itulah sebabnya akan terus menyesuaikan berdasarkan dengan sistem versi yang terbaru saat ini. Anda juga harus menyesuaikan versinya, seperti net framework 4.0 cocok untuk Windows XP dan sebagainya.

  1. Ketergantungan Kepada Supplier

Adanya ketergantungan kepada supplier karena software ini diproduksi oleh Microsoft. Alhasil, developer tidak mempunyai kendali penuh kepada aplikasi yang telah dibuat dan wajib mematuhi kebijakan yang ada di Microsoft.

  1. Biaya Lisensi Mahal

Meski software ini open-source, namun untuk proyek-proyek yang besar dan kompleks dikenakan lisensi yang cukup mahal. Microsoft juga menawarkan fitur yang bisa memudahkan pekerjaan dengan penawaran harga yang mahal juga. Contohnya adalah fitur Visual Studio IDE dengan biaya $539 per tahun.

  1. Kecepatan Terbatas

Kecepatan pada runtime bisa berkurang jadi 40 sampai 50%, bahkan saat menjalankan algoritma perhitungan murni. Angka ini tidak sedikit, namun jika pertumbuhan secara konstan pada performa model yang baru akan bisa diatasi.

  1. Membutuhkan RAM Besar

Software ini membutuhkan RAM yang besar karena biasanya program .NET berukuran kecil dan saat diluncurkan akan terjadi peningkatan berat sampai 20 MB. Hal ini juga tergantung dengan versi framework yang dibutuhkan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu net framework, fungsi, cara kerja dan panduan instal softwarenya dengan baik dan mudah. Semoga artikel Course-Net dapat membantu anda menemukan informasi terbaik.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!