course-net
Search
Close this search box.

Android Developer Adalah : Pengertian, Tugas, dan Karirnya

Minet

January 4, 2023

Android Developer Adalah : Pengertian, Tugas, dan Karirnya

Android Developer Adalah : Pengertian, Tugas, dan Karirnya – Seiring dengan bertambahnya pengguna smartphone tentu saja banyak ruang pekerjaan jenis baru yang terbuka. Salah satu jenis pekerjaan tersebut adalah android developer. Untuk Anda yang memang gemar dengan dunia IT maka profesi tersebut merupakan salah satu impian.

Informasi lebih lanjut mengenai profesi tersebut, tugas, tanggung jawab, dan karirnya maka simak informasi lengkapnya berikut ini.

Mau Jadi Android Developer ? Yuk Simak Pengertian Android Developer & Aplikasi Apa Yang Cocok

Apa Itu Android Developer? Android Developer Adalah

Android Developer Adalah : Pengertian, Tugas, dan Karirnya

Profesi ini juga bisa disebut dengan software developer dan mempunyai spesialisasi guna merancang aplikasi pada marketplace Android.

Sederhananya pekerjaan ini yaitu membuat aplikasi entah itu game maupun aplikasi lainnya yang bisa dipakai pada smartphone ataupun tablet.

Seorang developer mampu bekerja in-house di dalam perusahaan besar maupun di app development agency. Untuk terjun ke dalam profesi ini setidaknya Anda harus mempunyai pengalaman dan pemahaman secara luas di dalam bahasa pemrograman.

Pengembangan yang dilakukan seorang developer tidak hanya merancang aplikasi saja akan tetapi juga harus siap dalam memperbaiki bug hingga testing reliability. Sebenarnya terdapat banyak pekerjaan yang berkaitan dengan developer seperti game atau website.

Keuntungan Menjadi Android Developer

Profesi tersebut saat ini memang sudah memiliki banyak keuntungan dan diantara beberapa keuntungan tadi sebagai berikut.

  • Kesempatan berkarir lebih luas karena profesi ini tidak hanya diperlukan di Indonesia saja melainkan juga luar negeri. Seperti yang Anda ketahui bahwa android developer banyak dibutuhkan terutama di luar negeri banyak yang menawarkan bayaran yang lumayan besar.
  • Gaji android developer tergolong besar karena memang skill dan pendapatan berbanding lurus. Bahkan di luar negeri gaji untuk profesi ini mencapai USD 89.000.
  • Tersedia banyak pilihan profesi di dalam dunia Android.
  • Android mengalami pertumbuhan secara stabil.
  • Karir di dalam Android terbilang matang.
  • Jam kerja tergolong bebas karena beberapa perusahaan bahkan membebaskan karyawannya supaya tidak bekerja dengan ketat. Bahkan tidak jarang perusahaan memperbolehkan karyawannya bekerja secara remote.
  • Keuntungan bekerja secara remote ini yaitu bisa dilakukan kapan pun sehingga waktu kerjanya bisa menjadi lebih fleksibel.

Tanggung Jawab Seorang Developer Android

Tugas utama dari seorang android developer yang harus dikerjakan berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  • Merancang serta membangun aplikasi bagi smartphone Android

Tugas ini bisa dikatakan adalah salah satu tugas yang mana memerlukan dedikasi hampir seluruh tenaga dan waktu dari seorang developer.

Ketika melakukan perancangan maka beberapa bahasa pemrograman yang digunakan semacam JavaScript, C / C++ ataupun tools lainnya yang dikuasai developer.

Saat menjalankan tugas maka developer akan dituntut untuk terus teliti serta mempunyai perhatian yang lebih kepada detail. Ketika terjadi sedikit kesalahan maka aplikasi tidak akan bisa berjalan serta harus mengulang lagi dari awal.

  • Berkolaborasi bersama tim lainnya

Saat menjalankan tugasnya maka seorang developer tidaklah bekerja secara individual melainkan dalam bentuk tim.

Contohnya begini developer akan bekerja sama dengan tim dari User Experience dan Product Developer guna merancang, menetapkan serta merancang fitur yang diinginkan user.

Melihat hal tersebut tentu saja seorang developer akan diminta untuk dapat bekerja sama di dalam tim serta mempunyai skill komunikasi yang bagus. Sudah bisa dipastikan jika skill komunikasi Anda kurang bagus akan sering terjadi miss komunikasi selama pengerjaan program.

  • Bekerja menggunakan sumber data eksternal serta API

Untuk memperoleh data sebelum melakukan suatu perancangan aplikasi maka developer dituntut teliti serta menganalisis data yang diperoleh.

Pada poin ini tentu saja developer akan diminta untuk mempunyai skill critical thinking guna mengimplementasikan data ke dalam suatu proyek yang telah diberikan.

Jadi poin ketelitian dan kemampuan analisis merupakan dua hal yang tidak boleh terlewatkan. Ketika Anda tidak mampu menganalisis dan mengimplementasikannya maka membuat proyek tidak berjalan sesuai dengan tujuan awal.

  • Memperbaiki bug di dalam aplikasi

Ketika aplikasi yang telah selesai dirancang developer dilepaskan ke pasaran maka pekerjaan tidak otomatis berhenti namun akan terus berlanjut.

Saat proses eksekusinya terdapat masalah maupun bug yang dilaporkan oleh user. Tentunya para android developer haruslah siap memperbaiki serta menguji sebelum nantinya dikembalikan kepada publik.

  • Mencari, mengevaluasi serta mengimplementasi teknologi baru

Menjadi seorang developer tentunya Anda selalu dituntut supaya up-to-date pada banyak trend aplikasi smartphone. Hal ini mengingat zaman terus mengalami perubahan dan begitupun aplikasi yang ikut berubah guna memenuhi kebutuhan penggunanya.

Nantinya Anda diharuskan mengevaluasi tools baru guna mengimplementasikannya ke publik. Pada kasus ini maka developer diharuskan mempunyai skill di dalam beradaptasi dengan lingkungannya yang terus mengalami perubahan.

Baca Juga : Cara Membuat Aplikasi Android Terlengkap Untuk Pemula

Skill Wajib Pengembang Android

  • JAVA

JAVA merupakan bahasa pemrograman yang ada seperti Ruby dan JavaScript. Untuk JAVA umumnya berorientasi pada objek akan tetapi juga lebih ketat terhadap bagaimana cara menangani tipe data.

Bahasa pemrograman tersebut sangatlah penting dikarenakan untuk memastikan tidak terjadi suatu kesalahan di dalam hal-hal yang dicoba di dalam masing-masing komponen aplikasi.

  • Mengerti XML

Tentunya Anda tidak asing dengan namanya tanda kurung siku, </closing>, dan tag <opening>. XML tadi dibuat menggunakan standar yang menyandikan data pada aplikasi berbasis internet.

XML merupakan bahasa markup terstruktur dan berbagai banyak fitur serupa dengan HTML. Di dalam dunia Android, seorang developer memakai XML guna membuat tata letak yang fungsinya untuk definisi UI dasar di aplikasi Android.

  • Android SDK

SDK (Software Development Kit) merupakan model kode JAVA dan memberi pengembang akses pada fungsi perangkat seluler di akselerometer dan kamera. Salah satu komponen yang menjadi kunci dari Android SKD yaitu Pustaka atau gradle.

  • Android Studio

Pilihan IDE (Integrated Development Environment) bagi seorang developer yaitu Android Studio. Tersedia banyak kemampuan dan diharapkan melalui IDE yang memiliki fitur lengkap.

  • Berpengalaman memakai SQL

Hampir seluruh aplikasi Android perlu untuk menyimpan data di dalam banyak bentuk entah aplikasi itu sendiri maupun data pengguna.

Maka dari itu sebuah aplikasi perlu diintegrasikan bersama data base jadi developer bisa mengelola datanya.

Hal ini yang menyebabkan banyak perusahaan membutuhkan android developer berpengalaman SQL. Memiliki penguasaan pada sistem manajemen database dan bisa meningkatkan peluang supaya diterima bekerja.

  • Memahami pedoman desain material

Masing-masing aplikasi haruslah sesuai dengan pedoman tadi yang mencakup keseluruhan elemen penting di dalam aplikasi (penempatan elemen, transisi, corak, warna, dan lainnya).

  • Keahlian backend programming

Terdapat banyak bahasa pemrograman backend yang mana keseluruhannya berbeda seperti .Net, Node.js, Python, dan lainnya.

Karier Pengembang Android

Di dalam industri ini terdapat banyak tim yang diperlukan dalam membuat sistem agar berjalan dengan baik. Jadi bisa dikatakan android developer adalah bidang industri yang luas dan posisi yang ditawarkan yaitu.

  • Mobile Architect
  • Mobile App Developer
  • Android Engineer
  • Mobile Lead Software Engineer
  • Mobile Developer
  • Android Mobile Developer
  • Mobile Embedded Software Engineer
  • Flutter Developer.

Apa Itu Flutter Developer?

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa salah satu karir dalam dunia pengembang Android ini adalah Flutter Development.

Flutter Developer merupakan IT Talent yang berguna membuat cross-platform applications memakai Flutter Framework dan aplikasi lintas platform dengan basis Coding Tunggal dan dapat beroperasi pada sistem Android, Windows, iOS, dan lainnya.

Dengan memakai bahasa program berupa Dart maka membuat Flutter Developer bisa membuat aplikasi mobile yang mempunyai scrolling responsif dan arsitektur lebih kreatif dan performanya tinggi memukau.

Pengembang juga bisa mengembangkan native application tanpa perlu coding rumit. Memakai skill coding yang handal serta didukung framework modern maka Flutter Developer akan dengan mudah dalam membuat aplikasi mobile berkriteria:

Desain estetika sehingga aplikasi yang dikembangkan menarik serta fungsionalnya tergolong lebih mudah.

Aplikasi lintas platform yang mana memakai satu kali coding bisa berguna pada perangkat web, desktop, dan mobile.

Kompilasi coding cepat yang mana developer bisa menghadirkan aplikasi yang dapat berfungsi pada seluruh perangkat di dalam waktu singkat memakai native development platform.

Basis coding tunggal yang mana aplikasi bisa menjangkau pengguna pada setiap layar di perangkat memakai OS berupa Web, Linux, macOS, Windows, iOS, dan Android.

Peran Flutter Developer Pada Perusahaan

Peran Flutter Developer Pada Perusahaan

Android developer jenis ini memiliki peluang besar untuk memperoleh peran yang tergolong lebih baik pada bidang teknologi. Flutter ini terkenal akan reputasi toolkit UI lintas platformnya serta ekosistem yang mengalami perkembangan terus menerus.

Bahkan untuk saat ini hampir setengah juta dari aplikasi memakai Flutter. Jadi peluang Flutter ini sangatlah besar sehingga Anda harus mempelajarinya.

Kenapa Harus Belajar Flutter

Umumnya Android memakai bahasa pemrograman berupa KOTLIN lalu IOS memakai bahasa pemrograman berupa Swift.

Jadi ketika Anda ingin membuat suatu aplikasi IOS dan Android maka wajib hukumnya merekrut 1 orang IOS Developer serta android developer 1 orang. Flutter ini merupakan teknologi yang bisa menghasilkan running dengan hybrid pada Android serta IOS dan ini akan membuat biaya lebih hemat.

Hal tersebutlah yang membuat Flutter Developer banyak dicari serta gajinya besar. Terlebih perusahaan startup akan terus bermunculan dan menawarkan gaji menggiurkan.

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bisa mengambil program di Course-Net yang nantinya Anda akan dibimbing untuk belajar step by step.

Pembelajaran dimulai dasar pemrograman memakai dart, koneksi dan perancangan database, sampai pada penggunaan framework Flutter serta cara upload ke Apps Store & Google Play Store. Sehingga nantinya Anda akan dapat menghasilkan aplikasi semacam Gojek, Tokopedia, dan lainnya.

Course-Net ini penggabungan antara materi dengan kasus yang ada secara real. Sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif sesuai keadaan sebenarnya.

Anda juga akan diajarkan bagaimana cara belajar strategi praktis di dalam membuat aplikasi yang Scalable, Reliable, dan Secure. Berbekal Kursus Flutter Developer dari Course-Net tentunya Anda akan lebih siap terjun di dunia kerja.

Mengingat karir di bidang ini akan menghasilkan gaji hingga puluhan juta. Bahkan coach yang ada benar-benar profesional dan memiliki sertifikasi internasional. Tidak hanya menyediakan pelatihan di bidang Flutter Developer saja namun pelatihan lain dibidang IT yang bisa Anda pilih.

Jadi itulah beberapa hal yang diketahui mengenai android developer secara lebih terperinci seperti pengertian android developer, dan jenjang karirnya. Jangan lupa untuk selalu mengupgrade skill dengan mengikuti pelatihan di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!