course-net
Search
Close this search box.

Home >

Apa Itu Semantic SEO ? Pengertian, Manfaat & Cara Optimalisasi Konten

Tuesday, 11 June 2024 10:04 AM

apa itu semantic seo

Semantik SEO dipahami sebagai sebuah proses untuk memberi lebih banyak konteks dan kedalaman tematik dalam sebuah konten website. Metode ini akan membuat pengguna bisa membantu Google dalam memahami konten yang dimiliki pengguna dengan lebih baik. Dengan begitu Anda telah membantu Google dalam menilai konten yang berkualitas dan menghasilkan peringkat yang tinggi pada SERP.

Apa Itu SEO Semantic

Apa Itu Semantic SEO ? Pengertian, Manfaat & Cara Optimalisasi Konten

Di tahun sebelumnya, Google dan banyak mesin pencari mainstream lainnya mulai mengembangkan sistem mereka menggunakan kecerdasan buatan. Memperbaiki pemrosesan bahasa alami dan memahami tujuan pengguna serta makna dari suatu query. Pada akhirnya membuat mereka mulai menggunakan sistem kerja dengan konsep dan entitas alih-alih melakukan analisis terhadap pertanyaan dalam laman web berdasar kata kunci yang diinput.

Pada saat mesin pencarian sudah semakin berkembang dan bisa melakukan eksplorasi lebih luas terhadap arti sebenarnya di balik susunan kata, maka pembuat konten tak hanya bisa membuat halaman web, akan tetapi juga bisa membuat deskripsi dengan data yang terbuka, tertaut, sekaligus menerapkan teknologi website semantik.

Saat ini SEO bisa mempelajari skema di dalam konteks Semantik SEO dan juga mempelajari skema yang sedang berkembang. Misalkan menampilkan rating dalam hasil penelusuran produk yang akan meningkatkan jumlah klik dan kunjungan pelanggan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi SEO Tools Free yang Bisa Digunakan Untuk SEO Performance

Manfaat SEO Semantic

Bagi setiap orang yang memanfaatkan teknologi semantik akan bisa mengembangkan strategi SEO Semantik dan memperoleh keuntungan yang besar. Menurut riset yang dibagikan, Anda bisa melihat bahwa data yang ditampilkan secara terstruktur akan lebih menarik dari segi perspektif digital marketing.
Sebagai contoh, pada saat analisa website yang fokus pada desain freeyork.org, Anda bisa menemukan adanya peningkatan metric setelah tiga bulan memakai data secara terstruktur dari sebuah web:

  • Lebih dari 12% merupakan pengguna baru
  • Lebih dari 18% mengalami peningkatan traffic pengguna organik
  • Lebih dari 2,4X mengalami peningkatan pada tampilan halaman
  • Peningkatan durasi tiap sesi hingga lebih dari 13%

SEO Semantik terjadi saat ini dan di tempat ini, maka memahami perubahan dan peluang yang ada akan memberikan Anda pemikiran baru tentang pendekatan yang bisa meningkatkan optimasi mesin pencarian. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan bisnis Anda secara signifikan dan eksponensial.

Mesin pencarian tidak hanya bisa memahami konten yang Anda buat dengan baik, lebih dari itu, Anda juga bisa memberikan info yang lebih relevan pada pengguna lain sehingga membuat mereka lebih mungkin menjadi pelanggan tetap Anda. Keuntungan strategis tentu bisa didapat dengan mudah dan membuat Anda beberapa langkah lebih maju dari kompetitor Anda.

Cara Optimalisasi Konten untuk Semantic SEO

Anda sudah membaca ulasan di atas bahwa Semantik SEO meningkatkan kemungkinan konten Anda jadi lebih menarik, lebih mudah ditemukan, dan tentunya lebih mudah dipahami karena memiliki informasi yang sangat relevan dengan target audiens Anda. Dalam hal ini, maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan halaman website Anda pada SEO Semantik.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah memahami intensi pencarian. Apakah topic yang banyak dicari oleh pengguna dan bagaimana alat pencarian bisa memahami query pencarian tersebut. Pada saat Anda mengawalinya dengan suatu topik, Anda bisa menemukan maksudnya berdasarkan pada entitas, tingkat persaingan, dan tingkat pencarian.

Langkah selanjutnya adalah cari tahu entitas serta topik yang sedang jadi fokus utama pada query pencarian terkait, kemudian apa konsep relevan yang ditambahkan, juga peluang apa saja yang tersedia untuk menghasilkan data yang terstruktur.

Langkah ketiga, perlu bagi Anda untuk optimalisasi konten yang mencakupi topik tersebut. Lalu Anda sebutkan entitas tersebut di dalam halaman, selain itu Anda juga perlu temukan tautan internal. Setelah itu, bisa menambah markup pada halaman. Di sini Anda bisa tambahkan info terstruktur terkait entitas Anda dan data yang terstruktur yang mungkin Anda punya.

Langkah terakhir, Anda perlu pastikan ada tag judul dan judul yang menarik menggunakan gambar dan teks alternatif. Semua itu akan memainkan peran yang penting pada SEO tradisional. Agar Anda bisa lebih optimal dalam meningkatkan konten Anda, sangat penting untuk mempelajari SEO Semantik, sehingga visibilitas dan lalu lintas konten Anda di Google semakin baik.

Mengenal Peta Topik

Dalam Semantik SEO terdapat peta topik yang penting untuk dipelajari. Ini karena kita menyadari bahwa Web dan SEO sudah berubah jadi semakin semantic sebagai akibat dari evolusi mesin pencarian yang bergerak ke arah untuk membaca konten dalam website.

Ini tentu akan mempengaruhi cara pengguna dalam membuat konten, terlebih saat pemilik konten ingin konten mereka ada di peringkat atas dalam hasil pencarian. Maka bisa disimpulkan bahwa ini bukan lagi tentang kaitan halaman web dengan kata kunci, tetapi lebih pada hubungannya.

Ini akan berhubungan dengan gagasan intertwingularitas yang mana segala hal dalam alam semesta ini memiliki hubungan yang mendalam. Kemudian berdasar pada hubungan antara maksud dan pencarian, mesin pencarian akan lebih condong mencari konten pada positioning yang mengejar vector maknanya.

Dari situ, yang bisa dilakukan pengguna adalah merancang arsitektur yang membantu mesin pencari mudah memahami relasi antara banyak konsep dan ide, maka intinya adalah penyusunan peta topik. Peta topik akan membantu pengguna dalam menulis dan menyusun konten mereka. Mempelajari penyusunan peta topik akan memperbesar peluang konten Anda ditemukan oleh Google dan jenis mesin pencari lain.

Di dalam Semantik SEO, secara umum, peta topik adalah sebuah visualisasi konsep yang saling berhubungan. Dengan memulai dari sebuah topik, maka Anda bisa melihat semua entitas yang berhubungan dengan topik yang Anda cari. Dengan cara ini Anda bisa melihat entitas, ide, dan konsep yang masuk dalam cakupan web Anda dengan lebih jelas.

Jika Anda sudah tahu konten apa yang akan Anda buat dan bagaimana Anda membuatnya, maka Anda bisa meningkatkan peluang dengan mudah. Model konten jadi hal yang penting dalam SEO. Hal ini bisa menjadikan konten Anda mudah dimengerti oleh mesin pencari juga oleh target audiens Anda.

Model konten akan menyoroti konten yang Anda buat dengan hubungan yang mendasar, dengan begitu mesin pencarian akan mudah mengenali konten Anda di antara ratusan bahkan ribuan konten lain. Konten Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang sedang mencari info relevan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Berkarir Jadi SEO Specialist ? Simak Tips & Cara Berkarir Di Bidang SEO

Peluang Makin Besar

Saat Anda memiliki model konten yang kaya dengan data yang terstruktur, maka makin besar peluang Anda dalam mengincar target audiens yang tepat dan memang tertarik dengan konten dan bisnis Anda. Anda bisa menemukan banyak info terkait SEO dan hubungan yang sangat relevan dengan penerapan Semantik SEO yang baik dan benar dengan mengikuti kursus SEO di CourseNet. Semoga dengan ulasan ini, Anda bisa mengembangkan bisnis hingga mendunia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?