course-net
Search
Close this search box.

Belajar Python Untuk Pemula

Minet

March 22, 2024

Belajar Python Untuk Pemula

Belajar Python Untuk Pemula – Untuk masyarakat yang ingin menjadi seorang programmer wajib untuk menguasai bahasa pemrograman yang saat ini sedang populer di kalangan programmer dunia. Bahasa pemrograman yang harusnya dipelajari jumlahnya cukup banyak tapi khusus untuk pemula cukup belajar Python terlebih dahulu. Bahasa ini wajib dipelajari karena merupakan bahasa yang dibuat khusus untuk pemula yang sama sekali tidak mengetahui bahasa pemrograman.

Belajar Python tidak sama seperti belajar bahasa pemrograman lainnya karena mempelajari bahasa ini tidak membutuhkan waktu yang banyak. Untuk menguasai bahasa ini juga tidak memerlukan teknik khusus karena bahasa ini memiliki perintah yang ringkas sehingga mudah sekali dipahami dan juga ditulis. Kalau tertarik belajar bahasa pemrograman yang satu ini bisa baca terlebih dahulu ulasan berikut.

Pengertian Bahasa Python

Pengertian Bahasa Python

Sebelum belajar Python pemula ada baiknya untuk mengetahui dulu bahasa ini sebenarnya bahasa seperti apa. Bahasa Python menjadi salah satu bahasa pemrograman terbaik di dunia sebab bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, contohnya untuk membuat website, membuat aplikasi dan juga untuk menganalisa data. Banyaknya fungsi bahasa ini menjadikan bahasa Python menjadi salah satu bahasa terpopuler.

Sebelum bahasa Python terkenal seperti saat ini dulunya masih sangat jarang programmer yang menggunakan dikarenakan belum banyak yang mengenalkan dan belum banyak juga yang tahu kelebihan dari bahasa ini. Setelah banyak yang mencoba menggunakan dan sudah merasakan manfaat dari bahasa Python membuat bahasa ini menduduki posisi tiga besar rangking bahasa pemrograman paling banyak digunakan.

Mengapa Python Populer Digunakan untuk Data Analytics?

Python sangat populer di kalangan data analyst, data scientist, dan mereka yang baru mulai belajar coding. Python sering digunakan karena bersifat open-source, yang artinya bisa dipakai secara gratis oleh siapapun sesuai kebutuhan pengguna. Selain itu, python juga punya sintaks yang sederhana sehingga sangat beginner-friendly. Python juga mudah digunakan dan dimengerti karena terstruktur (structured programming), dan sangat dinamis.

Banyak orang yang mencoba untuk membuat function (blok kode terorganisasi) sendiri dan banyak yang mempublikasikannya untuk dipakai ulang. Dikarenakan Python adalah sebuah bahasa pemrograman, Python dituliskan melalui suatu aplikasi software bernama Integrated Development Environment (IDE).

IDE berfungsi sebagai perangkat terintegrasi yang memfasilitasi pengguna untuk membuat, mengedit, dan menguji kode dengan lebih efisien. Beberapa tools yang compatible dengan Python, di antaranya:

  • Jupyter Notebook
  • Google Colab
  • Spyder IDE (Anaconda)
  • Visual Studio Code (VS Code)

Python sebagai High-Level Programming Language

Selain itu, Python sendiri disebut high-level programming language dikarenakan bahasa yang digunakan dapat dengan mudah dimengerti oleh manusia dan dapat diinterpretasikan dengan mudah, walaupun ke pengguna yang mungkin awam dengan Python.

Berikut ini merupakan contoh sebuah program logika sederhana yang dibuat dengan Python:

Di dalam program tersebut, kita membuat sebuah variabel independen (variabel yang nilainya tidak tergantung pada variabel lain) bernama “variabel” yang bernilai 5. Lalu kita membuat logika sederhana, di mana apabila variabel tersebut bernilai lebih dari 3, maka Python akan mengeluarkan pernyataan “Variabel tersebut lebih dari 3”. Atau apabila tidak lebih dari 3, maka akan mengeluarkan pernyataan “Variabel tersebut kurang dari 3”.

Logika ini dapat dengan mudah diinterpretasikan dalam otak manusia walaupun tanpa dijalankan bahasa pemrograman sekalipun. Ini merupakan salah satu alasan mengapa Python disebut sebagai high-level programming language.

Kelebihan Bahasa Python

Bahasa pemrograman jenisnya memang tapi rata-rata programmer pemula lebih menyukai bahasa Python. Hal tersebut dikarenakan belajar Python tidak membuat bosan karena bahasa Python termasuk bahasa yang sangat tidak rumit.

Selain itu, bahasa ini juga memiliki banyak sekali kelebihan yang tidak mungkin akan dirasakan atau ditemukan apabila memakai bahasa lainnya. Untuk tahu apa saja kelebihannya bisa baca terlebih dahulu ulasan berikut.

1. Mudah Dipelajari

Seperti yang sudah dibahas tadi, Python merupakan bahasa tingkat tinggi yang memiliki sintaks sangat mirip dengan bahasa manusia. Karena adanya kemiripan tersebut yang membuat bahasa ini lebih mudah dipelajari oleh pemula sekalipun. Jika bahasa ini disandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain masih tetap lebih bagus bahasa Python karena perintah Python sangatlah simple.

Untuk programmer yang memiliki banyak sekali pengalaman pasti akan mengetahui perbedaan belajar bahasa Python dengan belajar bahasa lain seperti Java. Untuk menguasai bahasa ini tidak memerlukan waktu sampai bertahun-tahun, waktu yang dibutuhkan cukup beberapa bulan saja tergantung dari minat dan semangat yang mempelajari.

2. Gratis dan Open Source

Selain mudah dipelajari ternyata belajar Python tidak perlu mengeluarkan uang karena bahasa ini bisa digunakan secara gratis. Untuk memperoleh bahasa ini tidak perlu membeli akun premium ataupun membeli Diamond cukup download bahasa Python di website resmi. Semua tools dan juga library yang tersedia di bahasa ini bisa dipakai secara gratis.

Selain gratis, bahasa ini juga open source yang artinya bisa bebas digunakan baik untuk keperluan pribadi maupun komersial.

3. Multiplatform

Belajar bahasa pemrograman Python menjadi hal yang harus dilakukan karena Python merupakan bahasa multiplatform. Maksud multiplatform adalah pengguna bebas menggunakan bahasa ini di berbagai macam sistem operasi yang umumnya digunakan masyarakat. Contohnya sistem operasi Windows, MacOS dan juga Linux.

4. Mudah Diaplikasikan

Bahasa yang ini juga berbeda dengan bahasa pemrograman yang umumnya digunakan dan perbedaannya terletak pada pengaplikasian bahasa ini. Kalau Python dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai macam produk, baik itu aplikasi situs, aplikasi mobile dan juga aplikasi desktop. Karena kemudahan tersebutlah yang membuat banyak perusahaan besar pengembang aplikasi selalu memilih memakai Python.

5. Dukung IoT

Bahasa ini selain punya kelebihan yang sudah disebutkan tadi ternyata juga mendukung ekosistem IoT atau Internet of Things dengan begitu baik. Internet of Things saat ini sangat sering diperbincangkan karena teknologi ini mampu menghubungkan benda-benda sekitar ke dalam sebuah jaringan yang nantinya saling terhubung. Karena sekarang banyak aplikasi yang menggunakan internet maka ada baiknya untuk belajar Python.

Ada banyak sekali board yang dapat dipakai di sistem IoT memakai bahasa ini sebagai basisnya, jadi kalau ingin menggunakan sudah pasti tidak akan mengalami masalah karena lengkapnya tools yang ada. Untuk contohnya ada banyak dan salah satunya adalah Raspberry Pi.

Baca juga : Cara Install Python di Berbagai Macam Sistem Operasi

Tips Mempelajari Bahasa Pemrograman Python

Tips Mempelajari Bahasa Pemrograman Python 

Belajar Python bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan karena bahasa pemrograman ini bukan termasuk bahasa pemrograman yang rumit. Untuk menguasai bahasa ini juga tidak memerlukan waktu yang banyak sehingga Siapa saja yang memiliki waktu luang dapat langsung mempelajarinya. Agar nantinya bisa cepat menguasai bahasa ini sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Pelajari Dulu Ilmu Dasar Bahasa Pemrograman 

Untuk pemula yang ingin belajar sebaiknya pahami pelajari terlebih dahulu ilmu dasar yang ada di bahasa pemrograman. Aspek yang harusnya dipelajari terlebih dahulu cukup banyak dan diantaranya adalah variabel, tipe data, fungsi input dan output, fungsi, perulangan percabangan atau struktur kondisi, objek dan kelas dan yang terakhir array.

Semua aspek yang sudah disebutkan tadi wajib untuk dipelajari terlebih dahulu sampai akhirnya memahami semua dasar-dasarnya. Kalau sudah memahami nantinya pemikiran mengenai programming akan terbentuk dan lebih mudah mempelajari bahasa ini.

  • Pelajari di Waktu Luang

Meskipun mempelajari bahasa ini terasa mudah bukan berarti pemula bisa mempelajarinya kapan saja karena untuk dapat cepat memahami dan menguasai harus mempelajarinya di waktu yang luang. Kalau mempelajari di sela-sela kegiatan nantinya akan sulit memahami ilmu dasar bahasa ini dikarenakan saat belajar harus fokus tanpa adanya gangguan apa pun.

Setelah membaca materi sebaiknya langsung praktikkan semua materi yang dipelajari agar nantinya lebih mengingat materi yang sudah dibaca atau dipelajari. Jika mengikuti tata cara belajar yang ini pasti akan cepat mahir.

  • Belajar Bahasa Inggris

Saat ini sudah banyak tutorial piton yang berbahasa Indonesia sehingga tidak terlalu sulit untuk belajar dikarenakan perbedaan bahasa sudah tidak ada lagi. Meskipun begitu tetap harus mempelajari bahasa Inggris karena semua sintaks dan juga library semuanya berbahasa Inggris jadi kalau tidak memahami bahasa Inggris akan sulit membuat program dengan sintaks yang ada.

Untuk yang kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan tidak perlu mengikuti les bahasa Inggris untuk bisa mengetahui arti istilah yang ada di bahasa Python. Pemula bisa memanfaatkan Google Translate untuk mengartikan semua istilah yang ada sehingga belajar Python tidak akan terasa sulit.

  • Membuat Program Sederhana

Setelah belajar Python dan memahami ilmu-ilmu dasar bisa langsung coba untuk membuat program dan program yang harus dibuat jangan yang rumit tapi buatlah program yang sederhana. Setiap kali mendapatkan ilmu baru wajib untuk membuat program sesuai dengan materi yang dipelajari agar nantinya tidak lupa akan materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

Memang untuk membuat program sederhana tidak begitu sulit tapi dampaknya begitu bagus apabila sering melakukan hal tersebut. Ada banyak sekali programmer profesional dulunya tidak langsung membuat program yang kompleks tapi buat program yang sederhana terlebih dahulu sampai tidak mengalami eror barulah mencoba membuat yang lebih kompleks.

  • Jangan Pernah Menyerah 

Kunci sukses belajar masa pemrograman adalah jangan pernah menyerah, ada banyak sekali pemula yang ingin menjadi programmer profesional tidak berhasil meraih cita-citanya dikarenakan selalu menyerah apabila menemukan masalah saat sedang belajar membuat program. Memang saat membuat program baik itu program sederhana maupun program kompleks sering sekali mengalami masalah, seperti program tidak berjalan karena eror.

Baca Juga : Cara Install Python di Berbagai Macam Sistem Operasi

Tipe Data Python Yang Harus Dipelajari

Tipe Data Python Yang Harus Dipelajari

Untuk dapat membuat program yang bisa berjalan dengan baik dengan bahasa ini maka perlu belajar Python tentang tipe data. Tanpa memahami dan menguasai tipe data yang ada akan sangat mustahil untuk bisa membuat program yang sederhana dengan menggunakan Python. Tipe data yang harusnya dipelajari tidak begitu banyak dan berikut daftarnya.

  • Integer 

Tipe data yang pertama ini digunakan untuk memasukkan nilai-nilai bilangan bulat, seperti usia, harga, suhu dan masih banyak yang lainnya. Untuk memeriksa nilai tersebut menggunakan fungsi Type(), contohnya type (usia).

  • Float

Tipe data ini digunakan khusus untuk memasukkan nilai bilangan desimal jadi bisa dikatakan kalau tipe data yang satu ini merupakan kebalikan dari tipe data integer. Untuk contoh pemakaiannya adalah berat = 40,17.

  • String

Tipe data yang ketiga ini dimanfaatkan untuk menampung nilai teks, seperti tanda baca, huruf dan juga karakter spesial. Tipe data ini memiliki ciri-ciri khusus yaitu diapit tanda petik satu atau petik dua. Contohnya adalah nama = “Kinza”.

  • Boolean 

Belajar Python juga perlu mempelajari tipe data boolean yang terakhir ini karena tipe data ini bisa diisi dua nilai yaitu True dan juga False. Untuk bisa menulis tipe data ini wajib untuk memakai huruf kapital di huruf pertama dan tidak boleh memakai tanda petik.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!