course-net
Search
Close this search box.

Cara Install Python di Berbagai Macam Sistem Operasi

Minet

December 13, 2022

Cara Install Python di Berbagai Macam Sistem Operasi

Cara Install Python di Berbagai Macam Sistem Operasi – Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang saat ini sering sekali digunakan oleh program asal Indonesia maupun luar negeri. Bahasa ini tidak hanya digunakan oleh programmer saja, tetapi para praktisi data juga memanfaatkan bahasa yang satu ini. Untuk bisa menggunakan memakai bahasa ini wajib untuk install Python terlebih dahulu di perangkat yang akan digunakan.

Untuk yang pertama kali akan menginstal pastinya akan sering mengalami permasalahan karena instalasi bahasa ini tidak sama dengan menginstal aplikasi yang umumnya digunakan di komputer maupun di Android. Kalau memang tertarik untuk memakai bahasa ini sebaiknya baca dulu ulasan berikut ini mengenai tata cara instalasi Python yang baik dan benar.

Cara Install Python di Berbagai Macam Sistem Operasi

Cara Install Python di Berbagai Macam Sistem Operasi

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python?

Bahasa Python pertama kali dibuat di tahun 1990 dan pencipta bahasa ini bernama Guido Van Rossum. ini termasuk bahasa yang sangat mudah untuk digunakan dan juga sangat fleksibel sehingga bisa dipakai oleh programmer ataupun masyarakat yang bergerak di bidang IT untuk mengolah data dan juga mendeploy model ke dalam situs.

Bahasa ini juga termasuk menjadi bahasa pemrograman tingkat tinggi yang maksudnya adalah bahasa Python dibuat semirip mungkin dengan bahasa manusia sehingga kalau dipelajari tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk menguasainya. Untuk install Python juga tidak terlalu sulit karena bahasa ini bisa digunakan di berbagai macam sistem operasi yang saat ini digunakan.

Bahasa ini menggunakan paradigma pemrograman berorientasi objek yang artinya adalah perintah bahasa ini disusun dari objek-objek kecil yang mempunyai karakteristik dan juga atribut sendiri. Objek-objek tersebut bisa berupa kumpulan berapa variabel yang diisi berbagai macam tipe data. Pengguna bahasa ini diizinkan untuk mengubah tipe data yang ada di variabel tanpa harus mengalami eror.

Cara Download Bahasa Python

Install Pip In Python tidak menjadi hal yang sulit untuk dilakukan apabila pengguna sudah mendownload bahasa ini terlebih dahulu. Kalau ingin mendownload sebaiknya pilih terlebih dahulu versi bahasa yang akan diunduh agar nantinya saat sudah mengunjungi situs tidak menghabiskan banyak waktu untuk memilih versi yang tepat.

Untuk saat ini sudah ada beberapa versi yang dapat diunduh dan diantaranya adalah Python 2 dan juga Python 3. Dari kedua versi tersebut yang paling sering di download adalah versi 3 karena dirasa lebih canggih dan juga mempunyai banyak fitur baru. Sebelum install Python baiknya pelajari dulu tata cara download Python berikut ini.

  • Buka aplikasi browser di komputer atau di laptop
  • Setelah itu tinggal kunjungi website resmi Python
  • Kalau sudah masuk di halaman awal website langsung pilih menu download yang tersedia di halaman tersebut
  • Download Python sesuai dengan sistem operasi yang digunakan dan klik link di versi Python yang diinginkan
  • Secara otomatis file bahasa ini akan langsung di download

Agar nantinya proses download tidak mengalami masalah sebaiknya saat proses tersebut sedang berlangsung jangan gunakan internet untuk melakukan browsing ataupun streaming film. Biasanya file terdownload hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja jadi tunggu dengan sabar.

Baca Juga : Belajar Coding: Pengertian, Fungsi, Jenis, Profesi dan Prospek Gajinya

Cara Instal Python di Berbagai Jenis OS

Cara Instal Python di Berbagai Jenis OS 

Bahasa pemrograman Python pertama kali dikenalkan di tahun 1991 oleh seorang programmer asal negara Belanda. Sampai saat ini masih banyak sekali programmer yang menggunakan bahasa Python dikarenakan memiliki keunggulan dan jarang sekali ditemukan kekurangan setiap menggunakan Python.

Menurut riset yang baru-baru ini dilakukan, bahasa Python menduduki peringkat ke-3 dengan persentase pengguna sebesar 48%. Pihak yang memakai bahasa ini bukan hanya masyarakat umum saja, tetapi banyak sekali perusahaan besar yang sudah memanfaatkan bahasa ini untuk membuat aplikasi ataupun mengembangkan website.

Kalau baru pertama kali mau mencoba bahasa ini sebaiknya pahami terlebih dahulu tata cara yang benar install Python PIP. Untuk cara instalasi tidak terlalu sulit tergantung dari sistem operasi yang digunakan dan untuk mengetahui cara tersebut seperti apa bisa lihat penjelasan berikut ini.

1. MacOS

MacOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Apple Inc yang menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Untuk yang menggunakan perangkat Apple alat tertarik dengan bahasa ini sebaiknya baca ulasan mengenai langkah install Python berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu download terlebih dahulu versi Python yang cocok dengan versi MacOS yang dipakai.
  • Setelah file berhasil di download langsung klik kanan dan pilih menu open.
  • Pengguna selanjutnya memilih menu continue untuk melanjutkan tahapan berikutnya yang dimulai dari introduction sampai dengan installation tipe.
  • Pengguna selanjutnya masukkan password user komputer apabila saat instalasi diminta memasukkan password tersebut.
  • Kalau instalasi sudah berhasil nantinya akan muncul pemberitahuan yang berisikan informasi instalasi telah selesai atau berhasil.

Setelah mempraktikkan langkah-langkah install Python yang jelaskan tadi bisa langsung mencoba memakai Python dengan memanfaatkan command prompt. Kalau setelah dicoba ternyata berhasil berarti proses instalasi sukses dan bisa langsung memakai bahasa yang satu ini untuk berbagai macam kebutuhan.

2. Windows

Windows adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft dan menjadi salah satu pesaing berat sistem operasi MacOS. Python install Windows tidak jauh berbeda dengan install di MacOS jadi kalau ingin menginstal di sistem ini tidak akan mengalami masalah. Untuk yang ingin mencoba bisa langsung baca penjelasan singkat install Python on Windows di bawah ini.

  • Pertama buka terlebih dahulu website resmi Python untuk mendownload file bahasa pemrograman tersebut.
  • Setelah file berhasil di download langsung saja klik dua kali di file tersebut.
  • Setelah itu langsung pilih menu install for all user’s agar nantinya dapat digunakan semua user yang ada di laptop maupun di komputer.
  • Lakukan konfigurasi Python supaya nantinya dapat dikenali oleh sistem operasi dengan versi yang sudah diinstal.
  • Selanjutnya pilih menu install now dan kalau berhasil proses ini nantinya muncul tulisan setup was Successful.

Untuk melakukan uji coba bisa dengan cara menjalankan command prompt (CMD) dan ketik Python agar bisa masuk ke dalam mode Python. Selain menggunakan cara tersebut bisa juga dengan memakai Python Shell dan klik kanan pilih run as administrator di Python Shell. Setelah mengikuti langkah instal Python on Windows di atas tadi tidak akan mengalami permasalahan saat menggunakan Python.

3. Linux

Sistem operasi ini tidak sepopuler Windows tapi ada yang menggunakan meskipun jumlah penggunanya tidak terlalu banyak. Meskipun Linux tidak terlalu populer bukan berarti sistem operasi ini tidak bagus karena Linux termasuk sistem operasi yang tangguh dan juga stabil dan jarang terkena serangan virus. Cara untuk install Python Windows dan juga Linux sangatlah berbeda, kalau di Linux tata caranya seperti di bawah ini.

  • Pertama download dulu development package yang diperlukan untuk membangun bahasa Python.
  • Selanjutnya download file instalasi Python versi terbaru di situs resmi.
  • Kalau nantinya muncul dialog box setelah mendownload pilih saja menu simpan.
  • Setelah file didapatkan langsung saja double klik di file tersebut dan kemudian ekstrak file.
  • Lakukan konfigurasi script dan jalankan di terminal.
  • Tunggu sampai instalasi selesai.

Untuk yang sudah menyelesaikan proses Python Ubuntu install bisa langsung melakukan pengecekan dengan cara menuliskan Python3-version yang ada di terminal Linux. Jika ternyata setelah dicoba berhasil bisa langsung digunakan bahasa tersebut.

Cara Menggunakan Bahasa Python

Setelah menyelesaikan semua langkah-langkah install Python lanjut dengan belajar menggunakan Python. Untuk menggunakan bahasa ini tidak terlalu sulit dikarenakan Python sudah menyediakan teks editor bawaan yang bernama IDLE.

Dengan adanya teks editor tersebut jadi tidak perlu lagi memasang atau menginstal teks editor lainnya. Menggunakan teks editor bawaan Python sangatlah mudah dan berikut caranya.

  • Pertama terlebih dahulu Python
  • Setelah itu klik menu file dan pilih menu new file agar dapat membuat program sederhana
  • Sebelum menuliskan program sebaiknya pengguna harus menyimpan file baru terlebih dahulu dengan cara klik menu file dan pilih menu save.
  • Kalau sudah tinggal tuliskan saja sintaks Python yang diinginkan
  • Setelah sintaks tersebut sudah ditulis lanjut jalankan program dengan mengklik menu Run dan pilih menu run module
  • Jika berhasil nantinya akan muncul tampilan sesuai dengan sintaks yang ditulis kalau tidak berarti terdapat eror pada program yang ditulis dan cukup lakukan revisi agar tidak lagi eror

Kalau sudah mencoba melakukan itu semua dan sudah berhasil berarti install Python ini sudah berjalan dengan benar dan bisa dibuat untuk membuat program-program baru atau untuk membuat aplikasi-aplikasi.

Fungsi Utama Bahasa Python

Setelah mempelajari cara install Python juga perlu mempelajari Apa saja fungsi bahasa ini agar nantinya bisa memanfaatkan bahasa ini secara maksimal. Bahasa ini terkenal sebagai bahasa multifungsi dan penjelasan mengenai fungsi bahasa ini sebagai berikut.

  • Membangun Aplikasi Mobile, Desktop dan Web

Fungsi pertama bahasa ini yaitu untuk membangun aplikasi berbasis desktop, website dan juga mobile. Untuk bisa menciptakan aplikasi-aplikasi tersebut dibutuhkan framework tambahan, untuk mendapatkan framework tersebut tidak terlalu sulit dikarenakan ada banyak sekali Python framework yang bisa digunakan. Untuk merasakan fungsi ini wajib install Python terlebih dahulu di perangkat.

  • Mengolah Data

Bahasa Python juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan data. Dengan bahasa ini nantinya dapat membersihkan, mengekstraksi dan juga memvisualisasikan data dengan sangat mudah.

Proses pengolahan data tersebut bisa dilakukan apabila memakai library khusus data science yang sudah tersedia di bahasa Python. Agar bisa menggunakan library tersebut segera install Python.

  • Menganalisa Data

Fungsi ini masih ada hubungannya dengan data science yaitu berkaitan dengan proses analisis data. Bahasa ini memungkinkan seseorang bisa menganalisa data yang telah diekstrak menjadi informasi yang lebih bermanfaat. Untuk bisa menganalisis juga perlu memanfaatkan library yang ada di bahasa pemrograman ini.

  • Membangun Machine Learning

Fungsi terakhir yaitu dapat dipakai untuk membangun machine learning, machine tersebut merupakan sistem yang dirancang sedemikian rupa agar nantinya bisa berjalan dengan sendiri tanpa harus di program berulang-ulang. Fungsi ini bisa dirasakan apabila library sudah ada yang bisa diperoleh melalui install Python.

Mau belajar Python ? Ikuti Kelas Data Science Sekarang

ikuti kelas data science khusus di Course-net. Dapatkan promo menarik setiap bulannya untuk mengikuti kelas python di Course-Net. Isi data diri anda dibawah ini :

Daftarkan diri anda di kursus data science sekarang juga, Promo terbatas.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!