course-net
Search
Close this search box.

Home >

Kotlin Adalah : Pengertian , Download & Fungsinya

Friday, 22 March 2024 3:48 PM

Kotlin Adalah ? Panduan & Download Link Kotlin

Kotlin Adalah : Pengertian , Download & Fungsinya – Apa itu Kotlin program? Kotlin adalah sebuah jenis bahasa pemrograman yang terbilang baru, dan mungkin belum banyak programer yang mengetahui bahasa pemrograman yang satu ini. Selain itu, bahasa pemrograman ini juga menjadi saingan dari Java, sebuah bahasa pemrograman yang memang sudah sangat terkenal, dan sudah banyak penggunanya.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai penggunaan dari bahasa pemrograman Kotlin.

Kotlin Adalah ? Panduan & Download Link Kotlin

Apa Itu Kotlin?

Kotlin Adalah ? Panduan & Download Link Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh JetBrains yang dapat difungsikan untuk pembuatan aplikasi iOS, Android, desktop, web, dan server. Kotlin dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk pengembangan aplikasi Android. Maka dari itu, Kotlin juga dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk menggantikan Java.

Ini bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan aplikasi android, selain itu menjadi bahasa pemrograman yang menjadi alternatif juga. Jika dibandingkan dengan Java, bahasa pemrograman ini bisa terbilang lebih mudah untuk ditulis, serta mudah dipahami, dengan user interface yang lebih mudah, serta tidak sulit untuk dipelajari, dan dipetakan.

Ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Java, seperti lebih mudah dibaca dan ditulis, memiliki fitur seperti type inference dan null safety yang membuat kode lebih aman, dan dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi multiplatform. Selain itu juga memiliki beberapa fitur yang tidak ditemukan dalam Java seperti extension function, data class, dan coroutines.

Tools ini sangat berguna dalam pengembangan aplikasi Android, karena itu dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk menggantikan Java, namun tidak terbatas untuk mengembangkan aplikasi android, tetapi juga banyak aplikasi, program, dan software yang bisa dikembangkan menggunakan Kotlin ini, sehingga menjadi amat fleksibel.

Kotlin juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS, desktop, web, dan server. Fitur yang ditawarkan Kotlin seperti type inference, null safety, extension function, data class, dan coroutines membuat kode lebih aman dan mudah dibaca dan ditulis. Ada banyak lagi software dan program yang bisa ditulis menggunakan Kotlin, namun tentunya ada beberapa kekurangan didalamnya.

Kotlin vs Java

Secara keseluruhan, Kotlin adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh JetBrains yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android, iOS, desktop, web, dan server. Kotlin itu sendiri belum lama dikembangkan, dan masih terbilang berupa bahasa pemrograman yang baru jika dibandingkan dengan Java.

Tools ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Java, seperti lebih mudah dibaca dan ditulis, fitur seperti type inference dan null safety yang membuat kode lebih aman, dan dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi multiplatform.

Kotlin dan Java adalah dua bahasa pemrograman yang kegunaannya adalah untuk pengembangan aplikasi Android. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Java

Java adalah bahasa pemrograman untuk pengembangan aplikasi Android sejak platform ini pertama kali diluncurkan. Java telah teruji dan digunakan dalam jangka waktu yang lama, sehingga memiliki dukungan yang luas dari komunitas dan ekosistem yang kuat. Ini juga memiliki dokumentasi dan sumber daya yang lengkap yang dapat digunakan untuk belajar dan mengembangkan aplikasi.

Java itu sendiri adalah sebuah bahasa pemrograman yang sudah lama, dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang menjadi fondasi bagi platform android, bahkan sebelum android menjadi populer, sudah banyak aplikasi, dan software yang menggunakan bahasa Java.

Kotlin

Kotlin, di sisi lain, dikembangkan oleh JetBrains dan dirilis pada tahun 2016. Kotlin ditujukan untuk menyediakan solusi yang lebih modern dan efisien dibandingkan dengan Java. Kotlin memiliki fitur seperti type inference, null safety, extension function, data class, dan coroutines yang tidak ditemukan dalam Java.

Kotlin juga memiliki sintaks yang lebih ringkas dan mudah dibaca, sehingga membuat kode lebih mudah dikelola dan dikembangkan. Tidak seperti Java yang terkadang menjadi susah untuk dibaca, atau fitur dan interfacenya yang kurang dimengerti oleh para developer pemula.

Secara keseluruhan, Kotlin dan Java memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Java memiliki dukungan yang luas dari komunitas dan ekosistem yang kuat, serta dokumentasi dan sumber daya yang lengkap.

Kedua bahasa ini dapat digunakan bersama-sama, karena Kotlin dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk menggantikan Java dalam pengembangan aplikasi Android.

Kenapa Menggunakan Kotlin?

Sebelum para developer memutuskan menggunakan bahasa Kotlin, mereka tentu memiliki beberapa alasan kuat yang membuat mereka memutuskan menggunakan Kotlin dalam pembangunan aplikasinya. Di bawah ini terdapat beberapa alasan mengapa Kotlin populer digunakan.

  • Dapat mengatasi null: alasan pertama karena Kotlin dapat mengatasi null. Hal ini sekaligus menjadi perbedaan Kotlin VS Java. Karena di Java apabila terdapat null maka dapat menyebabkan eror. Namun, pada Kotlin kamu dapat mencegahnya dengan menambahkan operator pada variabel yang mungkin null.
  • Lebih ringkas: perbedaan Kotlin dengan Java berikutnya terletak pada boilerplate, pada Java kamu harus menulis boilerplate, atau bagian kode  yang ditulis berulang. Hal ini akan memakan lebih banyak waktu. Sedangkan pada Kotlin kamu tidak perlu menuliskannya. Selain itu, kamu juga memiliki opsi mengonversi file Java menjadi Kotlin dengan mudah.
  • Tidak ada overhead runtime: meskipun Kotlin memiliki fitur yang lebih banyak dibanding Java, namun pada Kotlin tidak ada overhead runtime hal tersebut membuat performa Kotlin tetap stabil.
  • Komunitas besar: Kotlin memiliki komunitas yang cukup besar karena banyak developer yang menggunakan bahasa tersebut. Dengan demikian apabila kamu mendapatkan kendala, maka kamu bisa langsung menanyakan pada developer yang terdapat di komunitas tersebut.
  • Fleksibel atau multiplatform: Kotlin tidak hanya mendukung pembuatan aplikasi Android saja, tetapi juga aplikasi pada platform lain tanpa ada kendala yang berarti.
  • Didukung Google: setelah diresmikan pada tahun 2017, bahasa Kotlin didukung oleh Google mulai dari fitur, kinerjanya, hingga keamanan sistem.
  • Mudah dipelajari: aturan penulisan kode yang ringkas membuat Kotlin lebih mudah dipelajari, di tambah saat ini sudah banyak tersedia kursus online gratis untuk mempelajari bahasa ini.

Fitur-Fitur Kotlin

Sebelum memutuskan belajar Kotlin untuk pembuatan aplikasi, sebaiknya kamu mengetahui apa saja fitur-fitur yang terdapat pada bahasa ini. Berikut beberapa fitur Kotlin yang akan kamu temui.

  • Lambda expression: lambda expression adalah sebuah fungsi anonymous. Fungsi ini dapat digunakan sebagai argument function.
  • String templates: merupakan string literal berisi expression yang sebelumnya sudah disematkan dan dapat digunakan.
  • Operator overloading: digunakan untuk mendeklarasikan kata kunci khusus operator sekaligus dapat digunakan sesuai fungsi yang ditulis.

Keunggulan dan Kekurangan Kotlin

Keunggulan dan Kekurangan Kotlin

Selain itu, terdapat beberapa fitur modern lainnya, serta dengan dukungan dan kompatibilitas dari Google. Namun juga, terdapat beberapa kekurangan dari Kotlin itu sendiri yang perlu dipertimbangkan.

Nah, berikut ini apa saja keuntungan dan kekurangan dari Kotlin? Jika Anda mempertimbangkan untuk mempelajari Java, Kotlin, atau programming lainnya, maka Anda sudah datang di tempat yang tepat.

Keuntungan Menggunakan Kotlin Adalah:

Ringkas

Sintaks yang lebih ringkas dan mudah dibaca: Kotlin memiliki sintaks yang lebih ringkas dan mudah dibaca dibandingkan dengan Java, sehingga membuat kode lebih mudah dikelola dan dikembangkan.

Type inference dan null safety

Kotlin memiliki fitur seperti type inference dan null safety yang membuat kode lebih aman dan tidak rentan terhadap kesalahan.

Fitur modern

Ini memiliki fitur seperti extension function, data class, dan coroutines yang tidak ditemukan dalam Java.

Multiplatform

Kotlin dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi multiplatform seperti Android, iOS, desktop, web, dan server.

Dukungan dari Google

Google telah mensponsori Kotlin dan menyatakan bahwa Kotlin adalah bahasa pemrograman resmi untuk mengembangkan aplikasi Android.

Kekurangan Menggunakan Kotlin Adalah:

Belajar Kurva

Kotlin memiliki beberapa fitur yang tidak ditemukan dalam Java, sehingga dapat memerlukan waktu untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan bahasa baru.

Dukungan yang lebih rendah

Kotlin masih baru dan tidak sepopuler Java, sehingga dukungan komunitas dan dokumentasi mungkin lebih rendah dibandingkan dengan Java.

Jumlah dari developer yang belum banyak

Hal ini dikarenakan platform ini masih terbilang baru, jika dibandingkan dengan platform pengembang dan programing lain seperti Java.

Jika Anda ingin mempelajari bahasa pemrograman lainnya mulai dari Kotlin dan Java, C, C++, Python dan lainnya, maka Anda bisa langsung ikuti kelas IT di Course-Net ya! Anda akan dibimbing tutor kelas dunia lho!

Kursus IT di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Di Course-Net kamu Belajar Langsung Oleh Coach Praktisi Aktif Berpengalaman

Play Video about kursus IT

Tertarik mau berkarir dibidang IT? Tapi Ga punya SKill IT? Atau Karir IT kamu stuck gini gini aja ?Tenang, Kamu akan dibimbing langsung oleh Coach Praktisi Aktif Kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU LIHAT PROGRAM KURSUS DI COURSE-NET

Yuk, Akselerasi Karir IT mu untuk berkarir dengan apa yang kamu mau. Eiits jangan lupa, Berkarir di bidang IT bisa GAJI 2 Digit Loh, Ga percaya ? Yuk Daftar Sekarang Di Course-Net Indonesia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang IT? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?