Phising Adalah : Definisi, Jenis dan Cara Menghindarinya

Phising Adalah : Definisi, Jenis dan Cara Menghindarinya – Dunia maya menyediakan segala hal yang senantiasa dibutuhkan oleh manusia. Namun ternyata, dibalik manfaat yang ditawarkan dunia maya juga menawarkan sisi gelap yang menakutkan. Salah satunya berupa kejahatan Phising yang cukup membahayakan.

Phising adalah salah satu jenis kejahatan online yang kerap terjadi di dunia maya. Kerugian yang dirasakan oleh korban pun bukan hal main-main karena dapat berupa pencurian data-data penting. Bahkan yang lebih parah dapat berupa ancaman penipuan.

Phising Adalah : Definisi, Jenis dan Cara Menghindarinya

Mengenal Apa Itu Phising

Arti Phising adalah salah bentuk kejahatan yang dilakukan dengan penipuan untuk mendapatkan data incaran dari korban. Dalam hal ini korban akan dipaksa menyerahkan data-data penting seolah-olah memberikan secara sukarela. Di mana informasi penting tersebut akan disalahgunakan untuk melakukan kejahatan.

Umumnya data yang kerap kali diincar pada kejahatan Phising seperti data pribadi mulai dari nama, no KTP, usia, hingga alamat, data username beserta password suatu akun, hingga data terkait keuangan. Data-data itu merupakan data vital yang bias digunakan untuk mencuri uang dari korban. Sehingga kejahatan dunia maya ini begitu membahayakan.

Mengenal Jenis Phising yang Umum Terjadi

Mengenal Jenis Phising yang Umum Terjadi

Kejahatan Phising artinya memang kerap tidak disadari merupakan kejahatan bagi korban. Sehingga kita semua perlu mengerti apa saja jenis kejahatan yang kerap terjadi untuk mencegah dari penipuan dunia maya. Berikut contoh Phising yang kerap ditemukan:

1. Spear Phising

Jenis kejahatan yang pertama adalah spear Phising. Kejahatan ini dilakukan menggunakan email korban di mana akan dilakukan pengiriman secara massif. Jenis korbannya sudah ditentukan sedari awal, sehingga sudah jelas siapa saja daftar target yang akan diminta secara paksa data pribadinya.

Teknis kejahatan yang dilakukan pada korban secara terbidik ini biasanya dilakukan dengan dimulai pengintaian. Penjahat telah memiliki informasi terkait data diri, alamat, atau bahkan data keluarga korban. Sehingga korban tidak akan menyadari jika permintaan akses data tersebut merupakan tindakan kejahatan.

2. Email Phising

Kejahatan selanjutnya sering disebut email Phising. Kegiatan ini dilakukan menggunakan media email dalam mencari korbannya. Berbeda dengan jenis spear Phising, jenis kedua ini tidak memiliki bidikan target yang pasti, sehingga penyebaran email dilakukan secara acak begitu saja.

Dikarenakan target korban yang belum pasti pelaku biasanya akan melakukan pengiriman secara besar-besaran. Tidak heran jika jenis Phising ini diketahui sebagai jenis yang paling banyak dilakukan. Semakin banyak kasi dilakukan tentu akan berbanding lurus dengan korban yang ditimbulkan.

3. Web Phising

Seperti namanya, jenis kejahatan satu ini menggunakan media web Phising dalam mencari korban. Biasanya akan digunakan website palsu yang terlihat begitu persis dengan website tertentu. Nama domain akan dibuat sedemikian rupa dengan tingkat kemiripan yang sama.

Aksi tersebut dikenal sebagai spoofing. Domain yang digunakan begitu mirip sehingga orang biasanya akan sulit membedakan mana website asli dan mana yang palsu. Untuk itu, dalam melakukan selancar di dunia maya sangat dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi terutama pada website yang kerap meminta data pribadi.

Baca Juga : Web Phising dengan Informasi Gratisan Sebuah Produk Ternama

Tips Menghindari Kejahatan Phising Adalah

Tips Menghindari Kejahatan Phising Adalah

Kejahatan link Phising yang semakin menjamur tentu harus dibarengi dengan peningkatan kewaspadaan. Ada beberapa tips yang perlu diketahui agar dapat terhindar dari kejahatan. Berikut tips mudah hindari kejahatan Phising:

1. Cari Tahu Sebanyak-banyaknya Terkait Phising

Cara terbaik untuk menghindari dari Phising adalah dengan mengenal lebih dalam apa itu Phising. Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi terkait kejahatan ini. Semakin Anda mengetahui dan membaca, maka Anda akan semakin jeli dan meningkatkan kewaspadaan dini.

Sebagaimana teknologi, kejahatan juga senantiasa berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga jangan pernah puas dengan informasi terkait Phising yang Anda miliki. Selalu update perkembangan Phising dan modus serangan yang kerap dilakukan.

2. Selalu Perhatikan Setiap Link

Cara selanjutnya agar terhindar dari kejahatan ini adalah mawas diri terhadap persebaran link yang tidak pasti. Belum lagi saat ini banyak orang menyebarluaskan link tertentu dengan iming-imingan hadiah menarik. Sehingga Anda harus benar-benar memastikan setiap link yang diterima.

Link yang dibuat biasanya akan begitu mirip dengan link yang Anda cari. Sebelum klik suatu link akan lebih baik Anda mencari terlebih dahulu bagaimana reputasi dan review web tersebut. Jangan asal percaya form yang mencurigakan terlebih jika menawarkan iming-iming berupa hadiah setelah melakukan pengisian data.

3. Selalu Perhatikan Pengirim Email

Seperti diketahui kejahatan Phising dapat dilakukan menggunakan media email. Baik tertarget atau pun tidak, Anda dapat memilih untuk tidak menjadi korbannya jika jeli dan waspada. Selalu perhatikan nama pengirim email, alamat email, subyek hingga body email yang dikirimkan.

Bila perlu selalu lakukan konfirmasi jika email tersebut mengatasnamakan rekan kerja atau keluarga Anda bila dirasa pesan yang diberikan begitu mencurigakan. Selain itu, selalu tolak email yang berbau permintaan data diri dan yang berhubungan dengan akun serta keuangan.

4. Keamanan Website

Cara lain yang harus dilakukan untuk terhindar dari kejahatan adalah memeriksa keamanan website yang dikunjungi. Selalu lakukan transaksi pada website dengan tipe keamanan SSL. Terlebih jika berhubungan degan keuangan dan data diri.

Cara mudah untuk mengetahui jenis keamanan SSL suatu website adalah dengan hadirnya ikon gembok pada pojok kiri link website yang Anda kunjungi. Dengan website yang aman, maka akan mengurangi risiko Anda sebagai korban kejahatan dunia maya.

5. Selalu Update Browsermu

Browser menjadi pintu pertama setiap kejahatan di dunia maya. Sehingga lindungi pintumu agar dapat melindungi data pribadimu. Selalu lakukan update browser secara berkala sesuai jadwalnya.

Pasalnya, browser yang diupdate akan memiliki fitur yang lebih tinggi dari browser sebelumnya. Fitur yang ditawarkan ini tentunya terkait celah keamanan pada saat berselancar. Cara mudahnya adalah cukup nyalakan fitur update otomatis agar Anda tidak sering terlewat untuk update browser.

6. Selalu Terapkan Kata Waspada

Cara di atas todak akan berhasil jika Anda tidak menerapkan sifat waspada dan curiga. Mulai sekarang Anda harus curiga jika ada suatu website atau pun email yang meminta data pribadi namun bukan berasal dari laman resmi. Selalu pastikan bahwa Anda mengisi data pribadi sesuai dengan kebutuhan transaksi.

7. Cek Akun Online Rutin

Akun apapun itu juga dapat menjadi celah terjadinya kejahatan dunia maya. Pada saat melakukan browsing biasanya Anda akan menggunakan akun yang Anda miliki. Setelah selesai melakukannya, maka hapuslah riwayat dan beberapa data akun di dalamnya.

Pasalnya, di dalam akun tersebut tersimpan jutaan informasi berharga terkait data diri. Cara yang lebih pasti untuk mengamankan akun lainnya adalah dengan melakukan perubahan password secara berkala. Sehingga akun yang menempel pada browser akan keluar dengan sendirinya.

Baca Juga : 3 Tips Meningkatkan Cyber Security yang Lebih Baik

Mengetahui informasi terkait kejahatan dunia maya akan memudahkan Anda untuk dapat terhindar dari jebakan Phising. Update terus informasi Anda untuk membentengi diri dan memberikan perlindungan diri. Selalu terapkan waspada dan kehati-hatian saat berselancar di dunia maya.

Mau Kehindar Dari Serangan Phising ? Yuk Belajar Cyber Security

Kamu resah dengan adanya serangan phising ? Yuk jaga keamanan data anda yang bisa anda pelajari. Ikuti beberapa pelatihan kursus cyber security ethical hacker yang bisa anda ikuti.  Anda bisa mengisi form dibawah ini untuk mengikuti kursus pelatihan hacker.

Semoga artikel yang kami jelaskan bisa membantu anda, Serta memberikan kemudahan kepada anda dalam mendapatkan informasi IT yang tersedia di Blog Course-net.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo end of year

    Artikel Rekomendasi