course-net
Search
Close this search box.

Home >

Buyer Persona Adalah : Pengertian, Fungsi Dan Manfaatnya

Monday, 20 November 2023 8:25 PM

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Buyer Persona

Buyer persona adalah citra imajiner yang diciptakan konsumen ideal dari suatu produk atau jasa. Dalam dunia bisnis, buyer persona digunakan untuk memahami bagaimana karakteristik konsumen yang hendak Anda sasar melalui gambarannya sendiri. Hal ini membantu bisnis bisa berempati terhadap konsumen.

Buyer Persona Adalah : Pengertian, Fungsi Dan Manfaatnya

Buyer Persona Adalah ? Simak Penjelasan Lengkapnya

Pada dasarnya, buyer persona adalah orang-orang fiktif dibuat dengan sengaja menggunakan karakteristik tertentu. Sehingga dapat mewujudkan siapa saja konsumen terbaik yang ada dalam bisnis Anda. Termasuk di dalamnya bagaimana sifatnya, bagaimana wajahnya, dan bagaimana cara mengambil keputusan.

Seseorang bisa menciptakan konsumen-konsumen bayangan. Kemudian menempatkan Anda sebagai pebisnis yang memahami detail produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk mewujudkannya, Anda harus berimajinasi lalu menuliskannya.

Dengan memahami bagaimana kondisi konsumen, maka pebisnis bisa memahami langkah apa saja yang harus Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk memasarkan atau menjual produk agar lebih tepat sasaran.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Buyer Persona

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Buyer Persona

Saat perusahaan ingin memahami kebutuhan konsumen, maka mereka bisa mengembangkan produk atau layanan lebih relevan bagi pelanggan. Dalam menciptakan buyer persona berikut adalah yang perlu diperhatikan.

Identifikasi Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

Ketika Anda ingin membangun buyer persona maka perusahaan wajib meneliti bagaimana kebutuhan konsumen. Informasi ini bisa Anda peroleh dari berbagai sumber, misalnya wawancara, survei, dan observasi terhadap perilaku konsumen. Melalui informasi ini, perusahaan bisa mengidentifikasi kebutuhan konsumen untuk mengembangkan solusi tepat.

Pahami Konsumen untuk Mengambil Keputusan

Buyer persona adalah imajiner untuk membantu perusahaan dalam memahami bagaimana proses untuk pengambilan keputusan dari konsumen. Dengan cara ini, konsumen bisa memutuskan untuk membeli ataupun tidak membeli produk. Kemudian perusahaan bisa menentukan bagaimana strategi pemasaran secara tepat agar bisa mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli.

Mengembangkan Produk

Sebagai konsumen, buyer persona adalah elemen penting yang membantu perusahaan dalam mengembangkan produk secara tepat. Melalui pemahaman tentang kebutuhan konsumen, maka perusahaan bisa menciptakan produk relevan dan bermanfaat.

Strategi Tepat

Jika Anda memahami karakteristik dari perilaku konsumen, maka perusahaan bisa mengembangkan pesan-pesan pemasaran secara tepat. Selain itu, mampu menentukan saluran atau media pemasaran paling efektif.

Sehingga dapat meningkatkan efektivitas pemasaran sekaligus membantu perusahaan dalam mencapai tujuan. Ketika perusahaan memahami bagaimana konsep buyer persona, mereka wajib mengumpulkan informasi detail mengenai karakteristik dan perilaku dari konsumen.

Fungsi

Salah satu fungsi buyer persona adalah membantu Anda untuk mendapatkan wawasan konsumen. Namun sebenarnya fungsinya tidak hanya itu, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengembangan Produk

Buyer persona bisa Anda gunakan untuk membangun roadmaps produk. Hal ini membantu Anda dalam mengidentifikasi dan juga memprioritaskan perubahan penawaran berdasarkan apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Membangun Strategi Efektif

Saat Anda membuat strategi pemasaran, maka buyer persona membantu dalam memfokuskan upaya riset kata kunci. Nantinya akan digunakan menjadi referensi ketika membuat salinan. Mereka juga bisa membantu Anda dalam melakukan identifikasi kegiatan promosi.

Hubungan Pelanggan Potensial

Buyer persona ini bisa membantu tim penjualan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan potensial. Pemahaman mengenai prospek dan siap mengatasi permasalahan mereka, maka tim penjualan bisa bekerja secara efektif.

Melayani Pelanggan dengan Baik

Selain itu, tim dukungan pelanggan bisa memanfaatkan buyer persona untuk melayani bagaimana pelanggan Anda. Pelatihan mengenai cara mengetahui permasalahan ini, tim dukungan pelanggan bisa menunjukkan empati lebih banyak. Empati ini sangat membantu saat Anda berurusan dengan pelanggan yang sedang komplain.

Manfaat Buyer Persona

Buyer persona adalah cara mudah untuk menentukan strategi marketing yang efektif. Namun Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya secara lebih luas sebagaimana berikut ini.

Memahami Pelanggan

Manfaat buyer persona bagi sebuah bisnis adalah membantu Anda memahami pelanggan dengan cara yang lebih baik. Sebab, persona dari pembeli dapat menunjukkan bagaimana pelanggan yang sudah ada sekaligus calon pelanggan.

Data ini bisa memberikan informasi terhadap pelanggan dari bisnis Anda. Mulai dari hal-hal yang mereka sukai dan apa yang menjadi minatnya, kebiasaan, metode belanja, info demografis, permasalahan terkait produk, dan sebagainya.

Melalui informasi tersebut, brand Anda bisa terhubung lebih baik dengan pelanggan. Memahami pelanggan bisa menjadi target audiens yang bisa membantu Anda menciptakan produk agar lebih relevan dengan kebutuhan mereka.

Pemasaran Tersegmentasi

Selanjutnya, buyer persona juga bisa membuat strategi pemasaran menjadi lebih tersegmentasi. Sebab, mereka akan memberikan data akurat mengenai siapa target audiens dari brand Anda. Sehingga Anda bisa membuat konten pemasaran yang sesuai target audiens.

Katakanlah Anda mengirimkan konten yang sudah dipersonalisasi ke tiap pembeli, berkomunikasi menggunakan bahasa mereka, lalu mendistribusikan produk melalui saluran penjualan yang paling mereka sukai. Personalisasi mengarahkan pada hasil lebih baik serta mampu menciptakan hubungan untuk jangka panjang antara brand Anda dengan pelanggan.

Efisiensi Strategi Pemasaran

Buyer persona adalah cara untuk membuat strategi pemasaran lebih efektif kepada target audiens. Sehingga menjadikan kampanye Anda lebih efisien. Kampanye ini dapat Anda gunakan untuk menghemat uang, waktu, dan tenaga.

Sehingga persona pembeli mampu meminimalisir kampanye yang sekiranya akan sia-sia. Sebab, Anda terhindar dari berbagai risiko strategi pemasaran tanpa menjualnya. Saat strategi pemasaran yang Anda lakukan menyasar dari orang yang tepat, maka bentuk penjualan bisa mencapai berbagai target yang Anda harapkan.

Mengelompokkan Target Pasar

Selanjutnya, manfaat persona buyer adalah membantu dalam melakukan pengelompokan target pasar. Hal ini karena mereka memberikan data dan informasi yang Anda butuhkan mengenai basis pelanggan dari bisnis Anda.

Sehingga Anda dapat mengelompokkan tiap pelanggan melalui data-data diri mereka. Data inilah yang penting untuk menyusun strategi pemasaran secara efektif. Salah satu dari strategi pemasaran yang sering kali digunakan dari data tersebut merupakan email marketing.

Anda dapat menawarkan bisnis pada tiap pelanggan yang sudah mencantumkan data alamat email pelanggan ketika belanja pada toko online Anda. Lewat pesan-pesan yang sifatnya lebih personal, maka email marketing dapat menarik para calon pelanggan dalam melakukan pembelian.

Pengelompokan pelanggan dapat membantu Anda dalam membuat berbagai konten secara spesifik. Agar bisa memperoleh informasi ini, Anda harus menyediakan formulir mengenai data diri pada landing page toko online Anda.

Penawaran Lebih Kuat

Melalui persona pembeli, penawaran bisnis yang Anda lakukan semakin kuat. Hal ini penting untuk bisnis Anda karena bisa menjadi bagian untuk strategi bisnis pemasaran.

Pelanggan yang sudah berinteraksi terhadap produk Anda dan memiliki keterlibatan bersama dengan brand dalam beberapa waktu. Sehingga bisa dikatakan jika data Anda sangat akurat. Informasi ini tentu saja lebih berguna daripada membuat asumsi saja.

Sudah jelas bukan buyer persona adalah cara untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran. Namun untuk memahami digital marketing secara lebih maksimal, paling tidak mengikuti kursus pada lembaga yang tersertifikasi. CourseNet memiliki couch kelas dunia untuk meningkatkan spesialisasi karier. Mau berkarir menjadi digital marketer dengan gaji puluhan juta rupiah, Ikuti bootcamp digital marketing hanya di Course-Net.

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Digital Marketing

Play Video about kursus digital marketing

Tertarik mau berkarir dibidang digital marketing? Saatnya kamu ambil keputusan ini. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS DIGITAL MARKETING

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar digital marketing. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang digital marketing.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?