Cara Membuat Aplikasi Android Terlengkap Untuk Pemula

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Cara Membuat Aplikasi Android Terlengkap Untuk Pemula – Saat ini peralatan komunikasi sudah semakin canggih. Ada banyak sekali aplikasi yang ditawarkan di Android market dari mulai yang gratis sampai dengan berbayar.

Apabila Anda masih tidak kuat dengan software yang dibangun oleh vendor hal ini bisa mendorong dalam penambahan aplikasi yang dijalankan di sistem operasi Android dengan cara membuat aplikasi yang sederhana di Android.

Cara Membuat Aplikasi Android Terlengkap

Untuk dapat menambahkan aplikasi berbasis Android tentu tidak mudah terutama jika aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan PC. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara membuat aplikasi Android Anda harus paham terlebih dahulu tips dan juga cara untuk membuat aplikasi Android tersebut bagi pemula.

Cara Membuat Aplikasi Android Terlengkap Untuk Pemula

Tips Membuat Aplikasi Bagi Pemula

Semakin umum penggunaan dari smartphone membuat preferensi online semakin bergeser. Bahkan saat ini Android juga sudah bisa mendominasi pasar seluler.

Banyaknya penggunaan Android sangat berpengaruh dengan Google App Store selaku tempat penggunaan Android dapat menginstal aplikasi. Banyak pengembang yang kini memilih untuk memasarkan aplikasi bagi pengguna Android.

Aplikasi untuk penggunaan Android ini bisa memberikan pengalaman optimal di berbagai perangkat Android sehingga tak masalah apabila Anda menggunakan smartphone merk apa pun.

Jika Anda ingin menjadi seorang pengembang Android maka ada beberapa hal penting yang perlu diingat untuk dapat meningkatkan peluang keberhasilan diri. Salah satunya dengan memahami cara membuat aplikasi android.

Tak ada masalah Apabila Anda ingin membuat sebuah project sendiri ataupun bekerja untuk sebuah perusahaan. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam pengembangan aplikasi di Android. Agar bisa meluncurkan aplikasi di Android Anda tidak bisa asal membuat tanpa melakukan riset mendalam terlebih lagi riset untuk kebutuhan dari pelanggan.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus diperhatikan untuk membuat aplikasi Android yang bisa dengan mudah dipelajari oleh pemula.

1. Mengenal tren pasar aplikasi yang terbaru

Tips pertama yang harus diperhatikan yaitu sebagai calon pengembang yang baik Anda harus mengenal tren pasar aplikasi yang terbaru saat ini. Inti dari pembuatan Aplikasi yaitu untuk mempermudah berbagai kebutuhan yang saat ini kebutuhan tersebut akan terus melebar sesuai dengan perkembangan tren dan zaman saat ini.

Perkembangan teknologi yang sudah semakin maju membuat pengembang juga harus jeli untuk melihat kebutuhan dan juga peluang demi dapat terluncurnya aplikasi seluler yang bisa berguna serta yang bisa mengikuti tren.

2. Memanfaatkan alat serta Kerangka kerja pengembangan

Dalam pengembangan sebuah aplikasi tentu Anda juga harus memanfaatkan alat dan juga Kerangka kerja yang ada. Ada banyak hal yang harus dibangun dalam sebuah aplikasi termasuk salah satu di antaranya yaitu mengisi berdasarkan dengan pedoman dari Google yang resmi.

Hal ini termasuk dengan menggunakan kerangka kerja yang tepat untuk dapat melakukan uji coba dan membangun serta memelihara aplikasi.

Dengan adanya bantuan alat tersebut akan mempermudah untuk menambahkan fitur ke dalamnya tanpa harus menuliskan kembali kode tambahan serta dapat digunakan untuk meringkas pengujian dan pemeliharaan aplikasi.

3.Mendengarkan kebutuhan dari pengguna

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah aplikasi yaitu mendengarkan kebutuhan dari pengguna. Cara membuat aplikasi android tentu saja Anda tidak boleh sembarangan meluncurkan sebuah aplikasi.

Meluncurkan sebuah aplikasi berarti Anda membuatnya berguna dan juga aplikasi tersebut bisa memberikan Anda pemasukan. Oleh karena itulah Anda harus dan wajib mendengarkan pendapat serta kebutuhan dari pengguna yang merupakan target dari aplikasi yang akan Anda buat.

Hal ini juga merupakan cara yang terbaik untuk dapat kepercayaan dan juga loyalitas dari penggunanya yang bisa dibangun bersamaan dengan berkembangnya aplikasi. Selain itu Anda juga wajib untuk memperhatikan komentar yang diberikan oleh pengguna.

Komentar tersebut dapat digunakan untuk penyesuaian serta penawaran produk yang di depannya bisa diperbaiki dan lebih baik lagi.

4.Dapat mengikuti pedoman desain Android

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan untuk cara membuat aplikasi android yaitu pembuatan sebuah aplikasi yaitu bisa mengikuti pedoman desain dari Android.

Google bisa membantu untuk pengembangan dalam pembuatan aplikasi seluler yang tangguh dengan cara merekomendasikannya untuk dapat mengikuti Android desain guideline yaitu pedoman desain untuk Android.

Pengembangan tersebut secara berkala dapat diperbaharui untuk pembuatan desain UI dan UX dari aplikasi seluler jadi lebih menarik serta intuitif.

5. Memastikan keamanan dari aplikasi

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu Anda perlu memastikan keamanan dari aplikasi. Pengguna yang sudah mengunduh aplikasi tersebut pasti membukanya di perangkat seluler yang mereka miliki dan menganggap bahwa keamanan aplikasi sudah ada di dalamnya.

Tetapi untuk pengguna juga harus berpikir sebelumnya ya itu sebelum pengguna mengunduh aplikasi tersebut karena selalu ada celah untuk kebocoran data di dalamnya.

Oleh karena itu pengembang juga harus menyematkan fitur keamanan yang sangat kuat di dalam aplikasi tersebut untuk dapat menjaga keamanan dari data pengguna meskipun terjadi pelanggaran data dan juga serangan malware.

Pastikan untuk terus melakukan pengujian keamanan dari aplikasi untuk dapat menemukan celah yang bisa membuat aplikasi tersebut rentan terserang malware yang dapat menyusup ke aplikasi.

6. Perancangan UI yang cepat dan juga responsif

Tips selanjutnya harus dilakukan cara membuat aplikasi yang baik yaitu harus melakukan perancangan UI dengan cepat dan juga responsif. Ada sejumlah pelajar yang menunjukkan pengguna modern dapat memutus aplikasi dan juga memberikan rating dan review yang buruk pada aplikasi seluler apabila aplikasi tersebut lambat dan tidak bekerja secara responsif.

Oleh karena itu sebagai seorang pengembang harus bisa mempelajari cara untuk membuat UI atau user interface aplikasi yang bisa dibuka dengan cepat bahkan tidak hanya itu tetapi juga bisa sangat responsif sehingga pengguna akan puas dengan aplikasi.

Baca Juga : Cara Membuat Aplikasi Android Ternyata Mudah

Aplikasi kompatibel di berbagai perangkat Android

Tips yang harus diperhatikan dalam memahami cara membuat aplikasi Android yaitu harus membuat aplikasi yang kompatibel dengan berbagai perangkat yang ada. Peningkatan bisa stabil Jika dilihat dari jumlah pengguna aplikasi tersebut.

Oleh karena itulah pengguna bisa segera mencari aplikasi yang kompatibel dengan perangkat yang dimiliki. Sebagai seorang pengembang tentu Anda perlu membuat aplikasi Android yang bisa kompatibel dengan perangkat.

1. Lakukan pengujian aplikasi menyeluruh

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu Anda harus melakukan pengujian aplikasi secara menyeluruh dan terus menerus. Pengujian aplikasi ini tentu akan menghabiskan waktu dan juga tenaga yang ekstra tetapi bisa membuat aplikasi Android yang sempurna.

Meskipun harus melakukan pengujian tetapi ini bisa untuk mengidentifikasi serta memperbaiki kekurangan dari aplikasi yang Anda miliki. Perlu dilakukan pengujian dengan menggunakan alat uji khusus untuk melakukan pengujian yang berulang kali pada berbagai lingkungan.

Untuk dapat membuat aplikasi ada beberapa cara membuat aplikasi di Android yang harus dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat aplikasi.

Cara Membuat Aplikasi di Android Yang Bisa Diterapkan

Dalam pembuatan aplikasi untuk Android Anda bahkan bisa membuatnya tanpa menggunakan coding. Berikut ini merupakan cara membuat aplikasi Android tanpa coding yang bahkan bisa dilakukan oleh pengembang pemula yang bisa dilakukan melalui web app AppsGeyser.

Layanan ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan web app yang bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Kunjungi AppsGeyser , Klik create New
  • Setelah itu Anda bisa memilih template aplikasi yang diinginkan sebagai contoh Anda ingin membuat sebuah web app
  • Lalu setelah itu Anda bisa memasukkan halaman website yang dimiliki dan tekan Go
  • Scroll ke bagian bawah untuk dapat memilih warna tema dari aplikasi setelah itu klik next dan lanjutkan
  • Kemudian cara membuat aplikasi android selanjutnya yaitu Anda bisa menghentikan nama aplikasi lalu klik next
  • Setelah itu Anda bisa memasukkan deskripsi dari aplikasi yang sedang Anda buat tersebut
  • Pilihlah icon aplikasi yang tersedia atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan Photoshop
  • Klik create untuk dapat membuat aplikasi lalu Anda hanya perlu log in ke website tersebut
  • Setelah itu Anda bisa mempublish aplikasi tersebut pada Google Play Store dan bisa diunduh secara langsung

Baca Juga : Daftar Aplikasi Android Karya Anak Indonesia

Mudah Bukan Membuat Aplikasi

Pada saat Anda membuat aplikasi tentu Anda juga harus memperhatikan pemilihan template yang sesuai.

Cara membuat aplikasi Android memang bisa dilakukan dengan mudah bahkan bisa untuk pemula sekalipun. Dalam pembuatan aplikasi Android ini sebagai seorang pemula Anda juga harus memperhatikan template yang digunakan. Template yang digunakan ini akan mempengaruhi fitur yang ada di dalam sebuah aplikasi.

Selain itu pemilihan platform untuk pengembangan aplikasi juga sangat penting untuk diperhatikan. Saat ini sudah banyak sekali bermunculan platform dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi yang memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Tentunya selain platform yang paling utama untuk diperhatikan yaitu tujuan dari pembuatan aplikasi. Dengan memiliki tujuan dalam pembuatan aplikasi akan memudahkan Anda untuk bisa mengembangkan ke arah mana aplikasi tersebut.

Tujuan ini juga harus mengacu pada kebutuhan pelanggan sesuai dengan yang harus diperhatikan pada tips di atas. Jangan lupa untuk terus melakukan riset untuk pengembangan aplikasi. Gunakan permasalahan dari penggunaan aplikasi untuk dapat mengembangkan aplikasi yang Anda miliki.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dan cara membuat aplikasi Android dengan begitu mudah bahkan untuk pemula.

Mau Belajar Aplikasi Mobile ?

Nah kesempatan buat kamu yang mau mengikuti pelatihan aplikasi mobile, bisa mengikuti kursus yang tersedia di Course-Net. kamu bisa mengikuti belajar flutter di kursus course-net sekarang juga. Isi Form data diri anda sekarang juga.

Segera ikuti pelatihan yang tersedia di Course-Net, daftarkan diri anda seakrang juga.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !