iOS Developer : Pengertian, Tugas, Skill dan Salary

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Selain Android, Apple menjadi salah satu perusahaan yang selalu berinovasi menciptakan produk-produk baru. Dalam membangun dan mengelola produk-produk baru tersebut, kesuksesan Apple dalam berinovasi tidak lepas dari peran iOS developer untuk membuat berbagai aplikasi. Bahkan saat ini perkembangan iOS sangatlah cepat, selalu muncul versi terbaru Apple yang menawarkan fitur-fitur baru yang menarik.

Profesi sebagai developer pada perangkat milik perusahaan Apple tersebut saat ini sangat dibutuhkan, mengingat inovasi teknologi yang tidak dapat dihindari. Bahkan tidak sedikit orang yang kemudian menikmati karir pada bidang tersebut.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian, tugas dan tanggung jawab, skill, serta karir dan gaji dari seorang developer di perangkat buatan Apple ini.

Mengenal Definisi iOS-Developer

Mengenal Definisi iOS-Developer

iOS-developer adalah posisi seseorang dalam bidang pengembangan teknologi yang bertanggung jawab untuk membangun dan mengelola berbagai aplikasi dan software perangkat seluler yang menggunakan sistem operasi iOS Apple.

Untuk menjalani profesi pada bidang ini idealnya perlu menguasai bahasa pemrograman. Di mana yang paling sering digunakan dalam pengembangan platform tersebut yaitu Swift dan Objective-C. Para developer dituntut untuk mempunyai pengetahuan kuat seputar sistem operasi iOS serta bagaimana cara kerjanya pada ada berbagai perangkat keluaran Apple seperti iPad, iPhone, Apple TV, dan Apple Watch.

Apel merupakan perusahaan teknologi mendunia yang sangat besar sehingga aplikasi yang diciptakan pun tidaklah sembarangan. Dalam membangun dan mengelola aplikasi, para iOS developer diwajibkan bekerja sesuai dengan standar dan guideline yang telah ditentukan.

Meskipun saat ini pengguna Android masih terhitung lebih banyak dibandingkan pengguna iOS, tetapi permintaan developer untuk mengembangkan sistem iOS lebih tinggi daripada Android. Hal ini disebabkan karena beberapa tahun belakangan ini perkembangan aplikasi sangat pesat dan banyak aplikasi yang dapat diunduh gratis maupun berbayar bagi para pengguna iOS.

Pada tahun 2020, ada lebih dari 5 juta aplikasi yang tersedia pada App Store. Dengan demikian terbukti bahwa semakin hari pengguna Apple semakin meningkat jumlahnya.

Tugas Seorang iOS-Developer

Tugas Seorang iOS-Developer

Bagi yang ingin menjadi seorang developer untuk mengembangkan teknologi pada sistem iOS, maka perlu mengetahui beberapa tugas yang harus dilakukan. Adapun beberapa tugas iOS developer adalah sebagai berikut.

1. Membangun Aplikasi Pada Perangkat iOS Bersama Tim

Dapat dikatakan bahwa membangun atau menciptakan aplikasi menjadi tugas utama dari seorang developer. Proyek untuk membuat suatu aplikasi harus dikerjakan bersama dengan tim yang jumlahnya besar. Seorang developer juga harus berkoordinasi dengan sesama tim maupun departemen supaya meminimalisir kesalahan saat mengerjakan proyek.

2. Bekerja Dengan Sumber Data Eksternal dan API

Diharuskan bagi seorang developer pada sistem bios untuk memahami dan menguasai terkait penggunaan Application Programming Interface (API) sekaligus sumber data eksternal. Jika telah menguasai kedua hal tersebut, maka developer dapat dengan mudah untuk mengembangkan perangkat lunak. Hal ini juga akan sangat mempengaruhi performa dari aplikasi yang dibangun, sehingga menjadi aplikasi unggulan dari perangkat iOS.

3. Melakukan Pengujian Aplikasi Sebelum Rilis

Setelah membangun proyek suatu aplikasi, maka aplikasi tersebut tidak langsung diluncurkan. Seorang iOS developer juga bertugas untuk menguji aplikasi tersebut guna memastikan program dari aplikasi yang telah dibuat berjalan lancar dan sesuai kebutuhan para pengguna.

Untuk tahapan dari pengujian tersebut harus sesuai dengan standar perusahaan. Barulah jika sudah lolos pengujian, aplikasi akan diluncurkan atau dirilis di App Store.

4. Menciptakan Produk yang Inovatif

Tugas developer pada sistem iOS tidak hanya sekedar membuat aplikasi saja. Lebih jauh dari itu, aplikasi atau produk yang dibangun harus inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi.

Tentunya orang-orang yang bekerja dalam bidang ini bukan developer yang sembarangan, tetapi mereka memiliki kemampuan lebih untuk berinovasi. Misalnya untuk menciptakan inovasi aplikasi mobile seperti aplikasi edukasi, game, kesehatan, bisnis dan entrepreneur, dan lain-lain.

5. Memperbaiki Kesalahan pada Kode Program

Salah satu masalah yang sering kali terjadi pada kode program adalah bug. Ketika memasuki tahap pengembangan aplikasi, biasanya para developer akan menemukan kesalahan pada kode program. Oleh karena itu, mereka harus melakukan pengecekan error di setiap program sebelum masuk proses deploy, sehingga ketika aplikasi rilis tidak terjadi kesalahan.

Tanggung Jawab iOS-Developer

Tanggung Jawab iOS-Developer

Ada beberapa tanggung jawab lainnya yang harus dilakukan oleh seorang developer untuk sistem atau perangkat iOS ini. Beberapa tanggung jawab developer antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan pengujian terhadap kode guna meningkatkan kepercayaan, kegunaan, dan kekuatan dari aplikasi yang dibangun
  2. Mencari, mengimplementasi, dan mengevaluasi teknologi dalam hal pengembangannya supaya lebih efisien
  3. Merancang, menciptakan, dan mengembangkan fitur-fitur pada teknologi baru bersama dengan tim atau departemen lain
  4. Melakukan identifikasi dan perbaikan kesalahan yang terjadi pada kode program
  5. Menciptakan aplikasi sesuai permintaan pasar
  6. Memelihara sistem otomatis, penempatan, dan kualitas kode
  7. Bekerja dengan API dan sumber data eksternal

Skill yang Dibutuhkan Oleh iOS-Developer

Skill yang Dibutuhkan

Untuk menjadi seorang iOS developer maka harus memiliki skill tertentu. Jika memenuhi kualifikasi maka tidak menutup kemungkinan untuk menjadi seorang developer di perusahaan yang ternama ini.

Apalagi saat ini banyak dibuka lowongan kerja iOS developer untuk mengembangkan teknologi. Berikut ini yang merupakan beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang developer.

1. Memahami Cara Kerja iOS dan Mac OS X

Apple developer selalu dibutuhkan untuk menciptakan teknologi baru sehingga Apple dapat terus berinovasi. Untuk membangun dan mengembangkan teknologi baru, maka seorang developer harus mengetahui dasar terkait cara kerja pada semua perangkat Apple. Dengan menguasai hal-hal tersebut, maka seorang developer tentunya akan lebih mudah untuk menyesuaikan aplikasi yang diciptakan pada setiap perbedaan perangkat.

Developer wajib memiliki pengetahuan dasar terkait pengoperasian sistem iOS dan mempunyai perangkat Mac OS sendiri. Perlu diketahui bahwa 2 hal tersebut memiliki peran yang sangat penting, karena dalam menciptakan sebuah aplikasi mobile berbasis iOS, maka harus menggunakan perangkat Mac OS.

2. Memiliki Kemampuan Bahasa Pemrograman

Dalam dunia pengembangan teknologi, ada banyak sekali bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Dalam hal ini, sistem iOS menggunakan bahasa pemrograman Swift secara khusus. Jadi apabila ingin menjadi seorang developer iOS, harus paham dengan baik terkait dengan bahasa pemrograman Swift.

Pada dasarnya Swift adalah bahasa pemrograman Apple yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi mereka. Bahasa pemrograman Swift wajib dipelajari dan dikuasai bagi para developer iOS.

Selain Swift, ada beberapa tools, software, dan bahasa pemrograman lainnya seperti berikut ini.

  • Optionals
  • Basic syntax
  • Error handling
  • Control flow
  • Xcode IDE
  • Classes, inheritance, & initialization
  • Objective-C Interoperability
  • API
  • Git
  • Metal
  • Core Data Framework
  • Mengikuti Tren UX dan UI Terupdate

Menjadi seorang iOS developer tentu harus mengikuti perkembangan teknologi. Bahkan dapat dikatakan bahwa mereka yang memiliki profesi ini yaitu orang yang memiliki ketertarikan tinggi dalam pengembangan teknologi baru.

Developer iOS harus selalu mengikuti tren UX dan UI terbaru untuk kemudian diaplikasikan pada setiap produk yang diciptakan. Hal ini bertujuan supaya perangkat lunak atau aplikasi yang dibangun dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Apa lagi UX dan UI ini merupakan teknologi seputar desain di mana para pengguna biasanya akan tertarik untuk menggunakan aplikasi dengan tampilan yang memiliki desain menarik dan tidak biasa. Aplikasi yang memiliki tampilan dengan komposisi seimbang, mudah digunakan dan interaktif merupakan aplikasi yang selalu dicari-cari oleh para pengguna Apple.

3. Mahir dalam Penggunaan Software dan Tools

Untuk menjadi seorang Apple developer tentu harus menguasai penggunaan software dan tools. Adapun beberapa software dan tools yang sangat dibutuhkan dalam mengembangkan aplikasi iOS antara lain adalah Git, Metal, xCode IDE, dan lain sebagainya. Dengan demikian maka seorang developer akan lebih mudah untuk menciptakan produk baru bagi perangkat iOS.

4. Memiliki Verifikasi Keanggotaan Sebagai Developer

Seperti yang telah diketahui bahwa Apple merupakan perusahaan besar yang sudah mendunia. Kesuksesan Apple dalam bidang teknologi tentu tidak lepas dari peran para developer di dalamnya. Oleh karena itu, mereka yang bekerja di sini harus mempunyai akun yang sudah terverifikasi sebagai developer Apple. Opsi ini menjadi sangat penting jika ingin membuat dan mengelola aplikasi untuk dirilis di app store.

5. Spatial Reasoning

Menjadi seorang iOS developer, harus memiliki kemampuan untuk berpikir tiga dimensi sehingga dapat memvisualisasikan relasi spasial pada sebuah objek. Artinya, ketika seorang developer membuat rancangan interface seperti Apple TV, iPhone, dan sejenisnya, ia harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh para pengguna iOS.

Jenjang Karir dan Gaji Developer iOS

Jenjang Karir dan Gaji

Apakah benar bahwa seorang iOS developer gaji yang dihasilkan tinggi dan bagaimana jenjang karirnya? Jenjang karir pada developer iOS ada tiga level, yaitu junior, middle, dan senior.

1. Junior Developer

Junior developer adalah developer yang kerjanya didampingi oleh developer lain yang telah berpengalaman. Meskipun telah menjadi developer, tetapi tahapannya masih membutuhkan banyak belajar dari pengalaman melewati trial and error. Di tahap ini mereka akan mendapatkan berbagai tantangan untuk mengasah skill.

2. Middle Developer

Setingkat lebih tinggi dari Junior developer, middle developer sudah mulai menangani proyek yang tidak sederhana. Tugas yang dikerjakan pun jauh lebih kompleks dibandingkan level junior. Pada proses pengerjaan, ada banyak project yang dikerjakan secara individu.

3. Senior Developer

Jika seseorang berada di level senior, maka proyek yang dikerjakan pun jauh lebih sulit. Mereka menggunakan tools dan software yang kompleks dengan bahasa program yang sangat beragam. Selain merancang aplikasi, senior developer juga melakukan pengujian terhadap kode masalah keamanan, dan integrasi API.

Secara umum, gaji iOS developer di Indonesia rata-rata adalah 9,6 juta per bulan. Nominal gaji tersebut terbilang lebih tinggi dibandingkan Android developer yang berkisar 5,8 juta per bulan. Untuk developer iOS di luar negeri, terutama negara-negara maju tentu gajinya jauh lebih tinggi lagi, bahkan bisa mencapai ratusan juta per bulan.

Sebenarnya gaji developer iOS juga tergantung pada posisi, karena senioritas diberlakukan dalam hal ini. Semakin berpengalaman seorang developer, maka proyek yang digarap pun semakin rumit, sehingga gajinya pun semakin tinggi.

Demikianlah penjelasan mengenai iOS developer yang menciptakan dan mengembangkan aplikasi dan produk terbaru di perusahaan Apple. Lowongan developer ini selalu dibutuhkan karena perkembangan teknologi pasti akan selalu terjadi.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !