course-net
Search
Close this search box.

8 Cara Jadi Hacker Dari Nol Untuk Pemula Sampai Mahir

Minet

November 28, 2023

Cara Jadi Hacker , Berikut Adalah Tipsnya

Cara Jadi Hacker , Berikut Adalah Tipsnya – Hacker merupakan seorang yang memiliki kemampuan untuk dapat menemukan celah keamanan pada suatu komputer ataupun jaringan. Tak sedikit yang menganggap bahwa hacker itu negatif, hingga bahkan beranggapan menjurus pada tindak kejahatan.

Faktanya apabila ditelisik lebih dalam hacker juga ada sisi baiknya. Cara jadi hacker memerlukan kemampuan terkait dengan IT yang sangat mendalam. Seorang hacker bertugas untuk menganalisa security system serta mengidentifikasi celah dari keamanan software sehingga kekurangannya dapat diperbaiki.

Hal itulah yang membuat profesi hacker banyak dibutuhkan. Jadi tidak semua hacker itu melakukan tindak kejahatan. Selengkapnya mengenai hacker dan tips untuk menjadi hacker akan dibahas di bawah ini!

Cara Jadi Hacker , Berikut Adalah Tipsnya

Apa itu Hacker?

Hacker atau peretas adalah salah satu profesi yang ada karena kemajuan teknologi. Hacker ini merupakan orang yang menciptakan jejaring internet. Jika ditinjau dari sejarahnya ada dua definisi dari hacker yang sangat berbeda.

Pertama yaitu hacker merupakan ahli pemrograman yang hadir sebelum internet banyak dikenal oleh masyarakat luas. Kedua yaitu hacker merupakan sebuah profesi yang hadir setelah internet dan juga website diluncurkan.

Kemampuan yang dimiliki oleh hacker ini bisa membuatnya untuk memblokir akses ke suatu sistem, dapat mengumpulkan informasi yang sensitif bahkan juga bisa untuk memperoleh akses suatu komputer. Konotasi negatif yang melekat pada hacker ini memang sangat kuat.

berita pembobolan hacker
berita pembobolan hacker

Tipe hacker

Jenis Dan Tingkatan Hacker

Sebelum mengetahui cara jadi hacker Anda juga perlu paham tipe-tipe dari hacker. Berikut ini merupakan beberapa tipe hacker yang harus Anda ketahui.

  • Black hat
    merupakan hacker yang berniat jahat yang memanfaatkan kelemahan dari sistem untuk kepentingannya sendiri salah satunya yaitu untuk mendapat uang atau keuntungan.
  • White hat
    dikenal dengan etikal hacker yaitu mencari celah security system untuk dapat diperbaiki agar nantinya tidak disalahgunakan kembali oleh pihak lain.
  • Green hat
    merupakan hacker pemula yang masih belajar tentang hacking
  • Grey Hat
    merupakan hacker yang ada di antara black serta white. Jenis hacker ini biasanya menawarkan perbaikan sebuah sistem ke suatu institusi dengan mendapatkan imbalan uang.
  • Blue hat
    merupakan hacker yang melakukan aksinya karena balas dendam baik itu untuk target institusi, pemerintah, individu, ataupun partai politik.
  • Red hat
    merupakan hacker yang menghindari ataupun membalas serangan dari black hat.

Walaupun ada banyak sekali jenis hacker tetapi sebaiknya Anda belajar sebagai seorang white hat yang lebih aman dan memiliki peluang karier yang tidak terbatas.

8 Cara Menjadi Hacker Dari Nol Untuk Pemula

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara jadi hacker berikut ini merupakan beberapa tips yang harus dilakukan!

1. Mempelajari Linux

Pertama apabila ingin menjadi seorang hacker maka Anda harus mempelajari Linux. Linux ini menjadi langkah awal dan tak boleh untuk dilewatkan. Hal ini dikarenakan sistem operasi Linux ini memiliki banyak sekali tools untuk melakukan hacking.

Ketersediaan tools yang ada pada Linux ini membuat hacking jadi lebih mudah dibandingkan jika melakukannya di Windows. Tak heran apabila Linux ini sering kali digunakan oleh hacker-hacker profesional.

2. Belajar Jadi hacker Anonymous

Sebagai seorang hacker tentu apa yang Anda lakukan akan bersinggungan dengan keamanan dan juga hukum. Oleh karena itu ada perlu belajar dengan baik untuk bisa menyembunyikan informasi ataupun data pribadi agar dapat melindungi diri sendiri.

Jadilah hacker Anonymous untuk bisa dapat membantu melindungi diri. Kau ini membantu untuk mengurangi kemungkinan black hat hacker ataupun orang jahat lain untuk dapat menemukan jenjang pribadi Anda. Hal ini juga bisa membantu untuk menyembunyikan data pribadi sehingga tidak disalahgunakan.

3. Mempelajari bahasa C

Cara jadi hacker selanjutnya yang harus dilakukan yaitu dengan mempelajari bahasa C. Program yang akan sering digunakan yaitu Linux sehingga Anda harus mempelajari bahasa pemrograman C. Bahasa inilah yang digunakan sebagai basis dari pengembangan Linux.

Bahasa C dikenal pula menjadi bahasa Ibu ataupun cikal bakal dari bahasa pemrograman. Jika Anda sudah mampu menguasai bahasa C ini maka akan lebih fleksibel untuk mengotak-atik tools serta open source program yang ada di Linux. Sangat menarik bukan?

4. Mempelajari bahasa pemrograman lain

Cara jadi hacker selanjutnya yaitu dengan mempelajari bahasa pemrograman lain. Selain bahasa pemrograman C sebagai seorang hacker Anda juga harus menguasai bahasa pemrograman lainnya. Bahasa C memang sangat sulit untuk dipelajari dan pada umumnya tidak digunakan seperti bahasa pemrograman lainnya.

Potensi untuk bisa belajar hacking tentu juga terbatas. Oleh karena itulah belajar bahasa pemrograman lainnya menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Kesempatan untuk bisa melakukan praktik hacking pun menjadi lebih luas.

Tidak perlu bingung, berikut ini ada beberapa bahasa programming untuk dapat dipilih dan dipelajari di Course-Net.

  • SQL, menjadi bahasa favorit untuk hacker pemula sebab menyimpan banyak informasi penting pada suatu perusahaan ataupun organisasi. Selain itu juga banyak pemahaman seutuhnya mengenai SQL dapat membantu untuk melawan serangan database.
  • Phyton, merupakan dasar pemrograman yang juga banyak dipelajari dan banyak digunakan karena sering kali dipakai untuk scripting program hacking, mengoptimasi program hacking, serta testing.
  • Java, bahasa pemrograman ini juga merupakan bahasa yang wajib untuk dikuasai pada saat Anda berminat menjadi seorang hacker khusus untuk aplikasi mobile.

5. Paham konsep jaringan

Cara jadi hacker selanjutnya yaitu dengan paham konsep jaringan. Dengan memahami jaringan dari konsep, cara kerja, hingga bagaimana pembuatan jaringan akan membentuk Anda menjadi seorang hacker.

Tak hanya sebatas itu saja Anda juga dapat memahami jenis dari jaringan serta protokolnya. Anda juga bisa mengetahui sisi yang rentan untuk dimanfaatkan oleh hacker

Cara yang paling mudah dalam belajar jaringan yaitu dengan memulai pengaturan koneksi jaringan rumah sendiri. Berikutnya barulah Anda mengekspor lebih dalam mengenai penggunaan untuk analisa jaringan.

6. Eksplor Deep serta Dark Web

Sebelum mengeksplor dan mengakses deep serta dark web Anda harus tahu terlebih dahulu segala sesuatunya yang ada di dalamnya. Setelah itu lakukan persiapan dengan memasang VPN, menggunakan TOR browser, menggunakan TAILS dan juga menerapkan tips agar identitas Anda aman.

7. Memahami kriptografi

Cara jadi hacker selanjutnya yaitu Anda harus memahami kriptografi. Kriptografi ini menjadi cara mengamankan informasi menggunakan sejumlah kode ataupun sandi. Cara ini banyak dipakai untuk platform online terutama untuk bisa menyimpan dan juga mengirim informasi sensitif.

Semua data dengan penyimpanan di internet akan sengaja untuk diubah bentuk menjadi beberapa susunan kode sehingga tidak mudah untuk dibaca.

Hanya password dan kunci tertentu yang bisa membukanya. Sebagai seorang kriptografer tugas utamanya yaitu untuk menemukan cara paling aman sehingga data tersebut bisa ter-enkripsi dengan aman. Selain itu seorang kriptografer juga harus mencari cara sehingga dapat melakukan decrypt dengan aman.

8. Perbanyak Jam terbang

Cara jadi hacker selanjutnya yaitu dengan memperbanyak jam terbang. Jangan mudah berpuas diri dan tetap memperbanyak jam terbang dengan mengeksplor berbagai platform.

Apa Perbedaan Hacker & Cracker Beserta Contohnya

Hacker:

  • Niat
    Hacker biasanya merujuk pada individu atau kelompok yang memiliki keahlian tinggi dalam bidang komputer dan sistem, dan mereka menggunakan pengetahuan mereka untuk eksplorasi dan pemahaman yang lebih dalam terhadap teknologi.
  • Tujuan Positif
    Sebagian besar hacker memiliki niat positif, seperti mengidentifikasi kelemahan keamanan sistem untuk membantu perbaikan (ethical hacking), mengembangkan perangkat lunak, atau menyumbangkan pengetahuan mereka kepada komunitas.
  • Contoh Kasus
    Seorang ahli keamanan komputer yang mencoba menembus keamanan sistem perusahaan untuk menemukan celah dan membantu memperbaiki kelemahan tersebut.

Cracker:

  • Niat
    Cracker, atau sering disebut “black hat,” memiliki niat yang merugikan. Mereka menggunakan keahlian komputer mereka untuk merusak atau mengeksploitasi sistem dengan tujuan merusak atau mencuri informasi.
  • Tujuan Negatif
    Cracker cenderung terlibat dalam aktivitas ilegal, seperti meretas basis data, mencuri informasi pribadi, atau mengeksploitasi kerentanan keamanan tanpa izin.
  • Contoh Kasus
    Seorang cracker yang mencoba meretas sistem perbankan untuk mencuri informasi rekening dan mengakses dana tanpa izin.

Kamu Mau Jadi Tipe Hacker Yang Mana ?

Nah kalo minet menyarankan kamu untuk jadi Ethical Hacker nih. Ethical Hacker adalah Ahli keamanan komputer yang bekerja untuk melindungi sistem dengan mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan keamanan. Course-Net sebagai salah satu lembaga kursus hacker di indonesia, menyediakan pelatihan kursus CEH yang bisa anda ikutin, Kamu juga pastinya akan mendapatkan sertifikasi cyber security. Itulah beberapa yang harus dilakukan untuk kursus jadi hacker dan tips menjadi hacker. Selamat mencoba!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print