course-net
Search
Close this search box.

Home >

Network Security: Pengertian, Jenis Dan Tips Menerapkannya

Monday, 25 December 2023 1:00 PM

network security

Network security merupakan sistem keamanan yang bertugas mengidentifikasi dan juga mencegah akses yang tanpa izin di sebuah jaringan. Sistem ini digunakan agar nantinya bisa mencegah akses penyusupan di sistem jaringan yang dapat membuat sistem keamanan jaringan menjadi rusak. Sistem keamanan jaringan ini memiliki berbagai macam jenis dan untuk tahu semua jenis sistem ini bisa baca penjelasan berikut.

Apa Itu Network Security?

Network security adalah sebuah sistem keamanan yang dapat mengidentifikasi dan juga mencegah serangan maupun ancaman yang dapat merusak sistem keamanan baik secara fisik maupun secara logic. Jaringan komputer yang dapat dilindungi sistem ini meliputi semua perangkat yang terhubung dalam sebuah sistem jaringan.

Contohnya perangkat keras seperti server, router juga switch. Sistem ini akan melindungi perangkat-perangkat tersebut dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin merusak perangkat keras untuk nantinya mengambil data penting yang tersimpan atau yang dibagikan melalui perangkat keras. Hampir semua perusahaan yang menggunakan sistem jaringan komputer pasti menggunakan sistem keamanan ini.

Jenis-Jenis Keamanan Jaringan 

Setelah mengetahui apa itu network security? Selanjutnya tinggal mengenal jenis-jenis sistem keamanan ini agar nantinya saat akan menggunakan sistem ini sudah mengetahui jenis sistem yang paling cocok untuk digunakan. Untuk jenisnya sendiri sangat bervariasi dan berikut penjelasan lengkapnya.

Antivirus dan Antimalware 

Malware adalah jenis virus yang cukup berbahaya karena mampu merusak sistem jaringan komputer. Apabila virus ini sudah masuk ke jaringan perangkat nantinya jaringan akan mengalami kerusakan dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa membuat jaringan kembali ke kondisi semula. Waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan ini bisa berminggu-minggu.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan dikarenakan virus maka perlu menggunakan software antimalware atau anti virus yang dapat mencegah masuknya virus berbahaya. Software ini juga bisa digunakan untuk scanning file yang tersimpan di perangkat secara keseluruhan untuk mengetahui file yang tersimpan terserang virus atau tidak. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini tidak perlu memasukkan network security key.

Email Security

Email adalah salah satu media yang paling sering digunakan hacker untuk menyerang sebuah sistem. Ada banyak hacker yang memanfaatkan email untuk melakukan pencurian informasi-informasi penting dan melakukan eksploitasi data. Email juga dimanfaatkan beberapa pihak untuk membagikan file-file berbahaya yang bisa merusak perangkat jaringan.

Agar nantinya data-data tidak hilang atau dicuri melalui email sebaiknya gunakan network security. Meskipun ada fitur keamanan yang ada di email tapi harus juga menggunakan aplikasi tambahan agar sistem keamanan menjadi lebih baik. Dengan menggunakan pelindung email ini nantinya email spam yang berisi ancaman serangan siber bisa dicegah.

Firewall

Sebelum menggunakan aplikasi keamanan jaringan ini harus mengetahui dulu arti enter the network security key yang artinya adalah sebuah kata sandi yang dimasukkan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan. Kode ini biasanya dicuri hacker untuk merusak firewall yang berfungsi menjadi dinding penghalang atau pelindung antara jaringan eksternal dan jaringan internal.

Penghalang ini nantinya bisa menjaga koneksi tetap aman sebelum akhirnya dialihkan ke jaringan eksternal. Pengguna yang memakai firewall juga bisa menolak izin atau membatasi akses jaringan di aplikasi lain dan juga bisa memblokir situs yang berbahaya.

Website Security

Jenis security network yang satu ini merupakan sistem keamanan yang bisa menjaga gateway website dan juga cloud computing jangan sangat baik. Biasanya pengguna yang memanfaatkan sistem ini ingin mencegah pengguna lain agar tidak mengakses website-website yang berbahaya. Kalau ada pengguna yang ingin mengakses website yang dirasa berbahaya biasanya akan muncul peringatan yang menolak akses website tersebut.

Selain bisa melindungi perangkat komputer dari website berbahaya ternyata sistem keamanan ini juga mampu melindungi website agar tidak diserang oleh hacker yang menginginkan data-data penting yang tersimpan di website. Kalau ingin memanfaatkan sistem ini dengan baik sebaiknya ikuti pelatihan IT network security di CourseNet.

VPN

Virtual Private Network atau VPN merupakan sebuah sistem keamanan yang dapat melindungi data pribadi selama pengguna berselancar di dunia maya. Untuk bisa memakai sistem keamanan ini tidak perlu enter the network security key karena VPN bisa langsung digunakan setelah pengguna mendownload dan menginstal aplikasi VPN.

Cara kerja VPN sangatlah sederhana yaitu mengenkripsi sambungan dari titik akhir dengan jaringan yang terhubung melalui koneksi internet. Pengguna yang menggunakan VPN selain tidak ingin datanya dicuri juga ingin bisa mengakses website-website yang diblokir dengan memanfaatkan server luar negeri.

Application Security

Network security jenis ini sangat bermanfaat untuk perusahaan yang membuat aplikasi. Banyak developer menggunakan sistem ini karena aplikasi yang baru diluncurkan sangat rentan di hack atau disusupi hacker. Sistem ini bukan hanya melindungi aplikasi dari serangan yang bisa merusak aplikasi saja tetapi juga bisa melindungi data pengguna aplikasi.

Untuk bisa memaksimalkan sistem keamanan ini maka perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu enter network security. Enter the network security key artinya memasukkan kata sandi atau password agar nantinya perangkat yang digunakan bisa terhubung langsung dengan sistem. Dengan menggunakan password yang rumit nantinya sistem keamanan aplikasi menjadi lebih bagus sehingga tidak mudah disusupi.

Network Segmentation

Network security ini juga termasuk yang paling sering digunakan karena terbukti mampu melindungi jaringan komputer dengan sangat baik. Hal tersebut dikarenakan sistem keamanan ini akan membagi jaringan ke beberapa segmen, setiap segmen mempunyai tugas sebagai pemilik jaringan sehingga sulit sekali untuk dihack.

Pembagian jaringan di sistem ini dibedakan berdasarkan lokasi, peran dan juga alamat IP. Pengguna nantinya bisa memperoleh tingkat akses jaringan sesuai dengan segmentasi yang sudah dibuat. Dengan menggunakan sistem ini nantinya sistem bisa aman dikarenakan perangkat mencurigakan yang mengakses sistem bisa langsung dicegah agar tidak masuk.

Tips Menerapkan Keamanan Jaringan

Kalau ingin memakai network security maka perlu maka perlu melakukan beberapa hal terlebih dahulu, seperti mematikan fitur interface router. Fitur ini harus dimatikan agar kebocoran akses keluar sistem jaringan bisa dicegah. Penyusup atau hacker akan lebih mudah masuk ke sistem router dan merusak sistem jika fitur ini keadaannya masih aktif. 

Langkah lain yang perlu dilakukan adalah menggunakan antivirus. Penggunaan software anti-virus menjadi hal yang sangat penting karena sekarang mulai banyak virus-virus berbahaya yang dapat merusak data atau bisa juga menghilangkan data penting. Agar data tidak terserang virus gunakan software antivirus versi terbaru.

Langkah yang terakhir untuk menerapkan dan meningkatkan network security yaitu dengan mengganti alamat SSID. Identitas atau alamat SSID sebaiknya jangan dibuat sama dengan nama bisnis atau lokasi bisnis yang dijalani karena peretas akan sangat mudah melacak SSID yang digunakan untuk nantinya menyerang sistem jaringan yang digunakan.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!