course-net
Search
Close this search box.

Contoh Algoritma dan Penggunaannya dalam Hidup Sehari-hari

Minet

December 7, 2023

Contoh Algoritma dan Penggunaannya dalam Hidup Sehari-hari

Contoh Algoritma dan Penggunaannya dalam Hidup Sehari-hari – Anda yang sedang belajar atau membuat program tentu akan sangat akrab dengan algoritma. Terlebih, algoritma merupakan upaya pemecahan masalah secara sistematis. Meskipun akrab digunakan dalam dunia komputer, namun contoh algoritma dapat kita temukan dalam aktivitas sehari-hari, lho!

Contoh Algoritma Yang Bisa Kamu Terapkan

Algoritma dalam Kehidupan Sehari-hari

Membiasakan diri untuk menggunakan pola pikir algoritma sudah pasti akan membuat seseorang menjadi terlatih berpikir secara kritis dan terukur sistematis. Terlebih, pola pikir seperti ini juga dapat meningkatkan proses analisis guna menghindarkan diri dari kesalahan.

Algoritma juga menjadi salah satu panduan untuk membuat langkah sistematis sehingga dapat memperkecil error. Untuk semakin meningkatkan pemahaman terhadap algoritma, berikut beberapa contoh algoritma yang bisa Anda temukan, terutama dalam hidup dan aktivitas sehari-hari.

1. Membuat mie instan goreng

Siapa nih yang suka membuat mie instan? Nah, tanpa disadari, jika kita melakukan langkah-langkah atau petunjuk yang sesuai, maka tandanya kita sudah menggunakan langkah-langkah dan pemikiran algoritma. Berikut algoritma yang biasa digunakan dalam proses pembuatan mie instan goreng.

  • Buka kemasan mie
  • Seduh dengan air panas di panci
  • Diamkan selama beberapa menit sampai mie mengembang
  • Sembari menunggu, tuangkan semua bumbu ke piring
  • Jika mie sudah matang, tiriskan air
  • Campurkan bumbu dengan mie goreng
  • Taburkan bawang goreng
  • Setelah merata, mie siap disantap

2. Komplain ke customer service e-commerce

Sebagai pengguna laman atau aplikasi e-commerce, tentunya wajar kalau Anda akan melakukan komplain apabila ada hal-hal yang mengganggu atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Berikut contoh algoritma dalam kehidupan sehari hari yang terjadi apabila ada seorang pelanggan yang komplain ke channel customer service dalam sebuah e-commerce.

  • Memastikan masalah yang Anda hadapi
  • Menghubungi pihak customer service melalui channel yang disediakan (telepon, chat)
  • Tim CS akan merespon keluhan pelanggan
  • Jika dibutuhkan, Anda akan diminta untuk melakukan pengecekan ulang dari masalah yang dikomplain
  • Tidak jarang, ditawarkan juga sejumlah kompensasi sesuai dengan ketentuan e-commerce

3. Proses audit perusahaan

Audit merupakan hal yang wajar dan lazim dilakukan dalam suatu perusahaan. Tujuannya tentu saja untuk memeriksa kelengkapan, ketepatan, hingga berbagai hal yang berkaitan dengan operasional perusahaan. Ada berbagai macam audit yang kerap dilakukan, namun jika dituliskan dalam bentuk algoritma, berikut contoh alur yang dapat digunakan.

  • Penjadwalan audit oleh pemilik perusahaan
  • Melakukan audit pada bagian atau divisi yang dibutuhkan
  • Apabila cocok atau sesuai, hasil audit akan dikirimkan
  • Jika tidak cocok, akan dilakukan sistem koreksi sebelum pengiriman ulang
  • Setelah selesai, dilakukan perbaruan jadwal audit berikutnya

4. Algoritma Membuat Kopi

Membuat kopi adalah hal yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari. Tujuan tentu saja untuk membuat kita lebih fokus dalam melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Algoritma tersebut berisi panduan, mulai membuka kemasan kopi, kemudian menyeduh air, lalu mencampurkan gula, hingga menuangkan air panas. Setelah itu semua tercampur rata, kopi siap dihidangkan. Sebelum di santap harus diaduk terlebih dahulu.

5. Algoritma Memasak Nasi

Memasak nasi menjadi hal yang di lakukan oleh setiap orang. Tujuan dari memasak nasi adalah untuk mendapatkan asupan konsumsi dari untuk kebutuhan tubuh. Sebelum mulai memasak nasi, cuci beras dan siapkan penanak nasinya. Setelah diberikan air yang cukup lalu letakkan pada magicom dan tutup, lalu pilih atau memasak. Jangan lupa tekan tombol cook, biarkan nasi masak dengan sendirinya sampai muncul tombol warm.

Algoritma Flowchart

Penggunaan contoh algoritma flowchart juga menjadi salah satu penyajian struktur yang dapat disajikan secara sistematis. Penggambarannya dilakukan menggunakan langkah-langkah atau prosedur menggunakan simbol tertentu.

1. Pengertian

Flowchart merupakan penggambaran sistematis mengenai langkah-langkah atau urutan prosedur menggunakan beberapa simbol. Jika sebelumnya dilakukan penjabaran langkah-langkah menggunakan urutan kata-kata, maka flowchart bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menunjukkan langkah-langkah secara lebih mudah dibaca.

Dalam pembuatannya, flowchart program tidak memerlukan rumus atau patokan yang benar-benar mutlak. Terlebih, flowchart merupakan penggambaran hasil pemikiran seseorang dalam menganalisis suatu masalah yang akan diubah menjadi suatu program komputer.

Umumnya, flowchart disusun sebagai contoh algoritma adalah yang dapat membantu programmer untuk memecahkan masalah dalam segmen yang lebih kecil. Simbol dalam flowchart juga memiliki fungsi tersendiri guna mendesain dan merepresentasikan suatu program.

2. Komponen flowchart

Jika Anda pernah melihat sebuah flowchart, dapat diketahui jika ada beberapa simbol dan komponen yang sering digunakan. Mulai dari simbol oval, belah ketupat, jajar genjang, dan sebagainya. Bukan tanpa alasan, semuanya memiliki arti tersendiri. Berikut beberapa komponen flowchart yang biasa digunakan.

Komponen flowchart

3. Contoh flowchart

Gambar di atas merupakan salah satu contoh algoritma flowchart yang bisa digunakan untuk sejumlah situasi, termasuk dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya, seseorang akan menggunakan deskripsi terlebih dahulu sebelum membuat flowchart, gunanya tentu saja untuk memudahkan pengaturan flowchart. Dari gambar di atas, berikut contoh flowchart untuk melihat cara menyalakan komputer.

Contoh flowchart

Algoritma Pseudocode

Penyajian contoh algoritma dengan pseudocode menggunakan kode yang tampilannya mirip dengan bahasa pemrograman. Dengan kata lain, bentuknya tidak sama dengan flowchart di atas, bahkan menggunakan bahasa yang sifatnya lebih umum dan mudah dipahami.

1. Pengertian Pseudocode

Secara umum, pseudocode merupakan kode yang ditulis menggunakan algoritma, namun tidak terbatas dan terikat oleh sebuah bahasa pemrograman. Jenis algoritma ini masuk ke dalam bahasa tiruan yang mirip dengan pemrograman sehingga cocok dipelajari bagi Anda yang ingin menjadi seorang programmer.

Adapun tujuan dari penulisan pseudocode yakni untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan suatu masalah yang sedang dihadapi, terlebih jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman, pseudocode disusun dengan notasi yang sistematis. Berikut cara penulisan contoh algoritma pseudocode yang seringkali digunakan.

Judul
{Berisi Judul Algoritma}
Deskripsi
{Berisi Deklarasi Variabel atau Konstantan}
Implementasi
{Berisi Inti Algoritma}

2. Cara dan Contoh Penulisan Pseudocode

Penulisan pseudocode harus diawali dengan judul, lalu diisi dengan deskripsi atau deklarasi yang mencakup variabel dan konstanta. Pada bagian akhir, isi dengan implementasi yang berisi inti dari penulisan algoritma tersebut.

  • Bagian judul
    Bagian ini senantiasa diawali dengan kata “program” yang kemudian diikuti oleh nama algoritma. Umumnya, nama algoritma terdiri dari satu kata sehingga jika ada dua kata atau lebih disatukan (spasi ditiadakan)
  • Bagian deklarasi
    Bagian ini dipakai untuk mendefinisikan variabel yang dimiliki oleh sebuah algoritma. Dalam pemrograman komputer sendiri ada beberapa variabel seperti bilangan bulat, desimal, pecahan, dan sebagainya.
  • Bagian isi
    Sesuai namanya, bagian ini merupakan inti utama jalannya suatu algoritma. Terdiri dari kumpulan perintah yang berupa runtutan, kondisional, hingga perulangan untuk berbagai kepentingan.

Itulah beberapa hal terkait pengertian dan contoh algoritma yang perlu dipahami jika Anda ingin menjadi seorang programmer atau bahkan untuk keperluan logika sehari-hari. Nah, jika tertarik dengan algoritma dan ingin mendalaminya lebih jauh, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencari kursus algoritma terbaik.

Platform Course-Net menjadi salah satu program kursus pemrograman dan komputer paling banyak direkomendasikan. Segera registrasi pada program yang Anda inginkan, dan jadilah profesional pada bidang yang Anda geluti tersebut!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print