course-net
Search
Close this search box.

4 Jenis Ancaman Cyber Terkini

Minet

February 9, 2021

4 Jenis Ancaman Cyber Terkini | Belajar CEH

4 Jenis Ancaman Cyber Terkini – Hampir seluruh orang di dunia beranggapan bahwa internet adalah sumber pengetahuan yang begitu hebat. Informasi apa pun bisa didapatkan dengan mengakses internet tanpa terbatas ruang dan waktu.

Tak hanya itu, jalur komunikasi pun terbuka amat lebar. Namun perlu diingat, semakin luas akses yang kita buka, maka semakin besar juga usaha kita harus memperhatikan keamanannya, mengingat perilaku peselancar internet yang bebas dan banyak macam.

Kini, ancaman serta serangan tak hanya terjadi secara offline atau langsung menyentuh diri kita, tetapi juga maraknya saling menyerang di dunia siber / secara online. Ada pun empat jenis ancaman siber berdasarkan modus operasi pelaksanaannya berikut ini.

4 Jenis Ancaman Cyber Terkini

1. Cyber Espionage

Jenis ancaman siber ini, pelaku akan melakukan kegiatan memantau secara intensif sasarannya memanfaatkan jaringan komputer yang dimasuki pelaku tanpa diketahui sasarannya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi terbaru dan sewaktu-waktu mencuri dokumen rahasia penting milik sasarannya. Misalnya, terjadi pada kasus persaingan bisnis untuk mencuri data-data milik pesaingnya.

2. Cyber Warfare

Ancaman dengan memanfaatkan teknologi internet yang satu ini, dilakukan dengan cara pelaku masuk ke dalam sistem sasarannya kemudian mengacak-acak sistem dan juga semua data yang ada di dalamnya. Ancaman siber warfare ini pernah memakan korban jiwa juga. Bagaimana bisa ? Hal ini ditunjukkan peristiwa yang dilakukan oleh Israel untuk menyerang Iran. Israel memanfaatkan virus jaringan untuk merusak teknologi listrik tenaga nuklir milik Iran, yang semestinya masih dalam fase uji coba.

3. Cyber Crime

Ancaman siber ini berupa kejahatan yang melawanggar peraturan hukum dan biasanya sasaran kejahatan adalah perorangan. Kasus pelaku kejahatan siber antara lain penipuan dalam transaksi jual beli online,  penipuan credit card, menculik seseorang dengan memalsukan identitas di depan sasarannya, menyebarkan virus (bisa berupa hyperlink atau dokumen) ke dalam jaringan sehingga sistem lumpuh dan data dapat dicuri serta terkadang disalahgunakan, dan kasus lainnya.

4. Cyber Terrorism

Ancaman terencana ini bertujuan untuk mengganggu keamanan sosial, politik, dan ekonomi yang berdampak buruk besar pada rakyat sipil suatu negara sasaran melalui kekuatan teknologi internet. Misalnya seperti menyerang website resmi pemerintah, melakukan sadap jaringan komunikasi strategis politik, mencuri sumber data elektronik perbankan, dan sebagainya.

Apakah Anda sudah siap menghadapi ancaman siber terkini ?

jenis ancaman cyber security, ancaman cyber warfare, ancaman cyber security, ancaman cyber security dan solusinya, peta ancaman serangan cyber live, ancaman pidana cyber crime, ancaman cyberbullying atau pesan mengintimidasi dalam dunia digital disebut, ancaman cyberbullying atau pesan, peta ancaman cyber, ancaman cyber media, peta ancaman siber langsung, jenis ancaman cyber, ancaman siber di indonesia, ancaman cyber crime di indonesia, ancaman cyber crime, contoh ancaman cyber crime, ciri ciri ancaman cyber crime, cara mengatasi ancaman cyber crime, cyber crime ancaman di bidang, ancaman cyberbullying atau pesan mengintimidasi dalam dunia digital disebut sebagai, bentuk ancaman cyber, bahaya ancaman cyber, ancaman siber adalah, ancaman siber yang terjadi di indonesia saat ini, ancaman siber terhadap keselamatan negara, ancaman siber terbesar, kejahatan siber ancaman tersebut berdimensi dalam bidang, ancaman serangan siber, peta ancaman serangan siber langsung, punca ancaman jenayah siber sukar dibanteras, sejarah ancaman siber, ancaman siber pdf, ancaman siber pemerintah, pengertian ancaman siber, ancaman penjenayah siber, ancaman jenayah siber pengajian am, punca ancaman siber, ancaman jenayah siber kepada negara, ancaman siber menggugat keselamatan negara, ancaman siber malaysia, maksud ancaman siber, ancaman siber di malaysia, ancaman siber dalam malaysia, menangani ancaman siber, ancaman keamanan siber, ancaman keselamatan siber, artikel ancaman keselamatan siber, ancaman dan kebimbangan siber, kesan ancaman siber, ancaman jenayah siber dalam kepesatan teknologi maklumat, jenis ancaman siber, ancaman jenayah siber, ancaman siber indonesia, elak ancaman siber, definisi ancaman siber, kesan ancaman buli siber di media sosial kepada remaja, ancaman siber cyber security, contoh ancaman siber, ancaman buli siber, kesan ancaman buli siber kepada remaja, bentuk ancaman siber, berita ancaman siber, kesan ancaman buli siber, rumusan ancaman buli siber, ancaman siber artikel, akibat ancaman siber, ancaman cyber, ancaman cyberbullying atau pesan yang mengintimidasi warga digital lain dalam dunia digital disebut, ancaman siber, ancaman siber 2020, ancaman siber menurut mcdonnell dan sayers, ancaman siber 2021, ancaman siber 2019,
Jika belum maka Anda perlu mencari tahu bagaimana mengatasi serangan siber yang telah marak terjadi akhir-akhir ini. Salah satunya dengan mengikuti kursus Hacker di Course-Net. Anda akan diajarkan banyak hal mengenai cyber security hingga bagaimana meretas sebuah sistem.

Pelajari 4 Jenis Ancaman Cyber Terkini | Belajar CEH

Meretas yang kami maksud bukan untuk menyerang kompetitor yah, melainkan untuk menemukan celah pada sistem sebelum diretas oleh orang lain. Berminat untuk mempelajari cyber security lebih dalam lagi? Hubungi tim kami untuk info lebih lanjut.
Klik WA

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!