Home >

IT Security Adalah : Jenis, Ancaman, dan Skill yang Diperlukan

Friday, 27 October 2023 3:02 PM

IT Security

IT security adalah strategi keamanan siber yang bertujuan untuk mencegah akses tidak sah ke dalam komputer, jaringan, atau data. Tujuan utamanya yaitu untuk menjaga kerahasian seperti data dan informasi sensitif, serta memastikan bahwa sistem komputer beroperasi dengan aman.

IT Security memainkan peran penting di perusahaan karena data merupakan salah satu aset penting. Jika terkena serangan, maka perusahaan dapat mengalami kerugian dan bahkan bisa menjatuhkan reputasi.

Jenis-Jenis IT Security

IT security berkaitan dengan aspek perlindungan asik IT dari ancaman siber. Berikut ada beberapa jenis IT security yang dapat mengamankan sistem atau perangkat dari ancaman siber :

1. Network Security

Network security digunakan untuk mencegah akses tidak sah yang memasuki jaringan atau sistem. Keamanan ini melibatkan langkah untuk melindungi jaringan komputer dari ancaman dan serangan.

Jenis keamanan ini menggunakan firewall, pemisahan jaringan, dan kebijakan akses yang ketat. Tujuannya yaitu untuk mencegah peretas atau penjahat siber mengakses jaringan.

2. Endpoint Security

Endpoint security adalah perlindungan yang fokus pada perangkat akhir seperti ponsel, komputer, tablet dari ancaman siber seperti malware. Keamanan ini dapat mencegah perangkat Anda dalam mengakses jaringan berbahaya yang berpotensi menjadi ancaman.

Perlindungan yang digunakan yaitu menggunakan antivirus, dan firewall.

3. Application Security

Application security merupakan perlindungan untuk aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan oleh organisasi. Tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut bebas dari kerentanan atau celah yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat siber.

Dengan jenis keamanan ini, aplikasi ini diberi kode khusus agar dapat aman dan memastikan aplikasi ini tidak rentan terhadap serangan. Selain itu juga ada lapisan keamanan tambahan yang dapat mengidentifikasi kerentanan sehingga dapat diperbaiki.

4. Cloud Security

Cloud security berperan untuk melindungi data yang ada di cloud. Banyak orang yang menyimpan datanya di cloud, arrtinya pengguna terhubung ke internet dan tidak dilindungi oleh sistem keamanan tradisional. Karena itulah diperlukan solusi keamanan khusus cloud.

Jenis keamanan ini mencakup enkripsi data, manajemen akses, dan pemantauan keamanan cloud.

5. Identity Security

Identity security berperan untuk mengidentifikasi dan memverifikasi perangkat ataupun aplikasi. Tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa hanya pengguna sah yang dapat mengakses sistem dan data.

Ancaman IT Security

Ancaman IT security dapat muncul dalam berbagai varian. Berikut contoh ancaman terhadap IT security :

1. Malware

Malware adalah sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk masuk dan man merusak sistem komputer atau jaringan secara ilegal. Tujuannya yaitu untuk merusak atau mencuri data di perangkat yang disusupi.

Istilah malware diambil dari kata malicious yang artinya berniat jahat dan software artinya perangkat lunak. Malware mencakup virus, worm, ransomware, trojan, dan sebagainya.

2. Phising

Phising adalah serangan siber yang dirancang untuk mencuri data penggunai melalui pesan teks, email penipuan, atau situs web. Pengguna akan diperdaya oleh pelaku untuk mengunduh malware sehingga informasi pribadi mereka terekspos.

Penjahat siber biasanya menggunakan data tersebut untuk keuntungan finansial, seperti melihat nomor kartu kredit atau rekening bank. Namun ada juga yang menggunakannya untuk ancaman atau serangan terhadap seseorang atau suatu institusi. Modusnya yaitu mengancam untuk meminta uang tebusan, kalau tidak maka datanya akan disebar dan terekspos.

3. Man-in-the-Middle (MitM)

Serangan MitM adalah jenis serangan yang di mana seorang penyerang mencoba untuk menyusup diantara dia entitas yang berkomunikasi, seperti dua pengguna atau pengguna dengan server. Tujuannya yaitu untuk menginterupsi atau memanipulasi komunikasi mereka.

Penyerang yang menjadi ‘man-in-the-middle-‘ dapat mendengar, merekam, bahkan mengubah pesan yang dikirimkan satu sama lain. Biasanya kedua pihak tidak menyadari bahwa ada pihak ketiga diantara mereka yang terlibat dalam percakapan tersebut.

4. Distributed Denial of Service (DDoS)

DDoS adalah jenis serangan yang dapat menghambat situs web dengan melibatkan banyak perangkat untuk mengirim traffic berlebihn ke target web atau jaringan. Jaringan tersebut biasanya dikendalikan oleh penyerang, yang bertujuan untuk mengganggu server sehingga pengguna sah sulit untuk mengakses situs web atau jaringan tersebut.

Biasanya, serangan tersebut dilakukan untuk menimbulkan gangguan ketika ada penipuan atau serangan lain yang sedang dilakukan di web tersebut.

Skill yang Diperlukan Untuk Menjadi IT Security

Menjadi seorang IT Security bukanlah hal yang mudah. Anda harus memiliki beberapa skill atau keterampilan tertentu.

IT Security adalah pekerjaan yang bertanggung jawab atas keamanan server sebuah perusahaan. Karena itulah pekerjaan tersebut tidak dapat dilakukan tanpa adanya skill yang kuat.

Berikut beberapa skill yang harus Anda miliki untuk menjadi seorang IT Security :

  • Menguasai sistem database, jaringan, dan sistem.
  • Kemampuan analisis.
  • Pemahaman teknologi dan perkembangan keamanan IT.
  • Keterampilan penetration testing atau uji penetrasi.
  • Pemahaman ancaman seperti malware, phising, dan sebagainya.
  • Pengalaman dengan perangkat lunak antivirus dan manajemen proxy web.
  • Pemahaman keamanan aplikasi web seperti SQL Injection dan Cross-Site Scripting.

Kesimpulan

Perusahaan wajib melindungi data dan sistemnya dari berbagai ancaman siber. Biasanya, perusahaan akan menggabungkan beberapa lapisan keamanan untuk menciptakan pertahanan yang kokoh, seperti IT security.

Jika anda tertarik untuk mempelajari hal seputar IT terutama di bidang keamanan siber, Anda dapat mengikuti kursus cyber security di Course-Net. Anda akan mendapatkan materi yang terstruktur dan berkualitas dari Coach berpengalaman kelas dunia.

Tunggu apa lagi? Segera daftar hanya di Course-Net!

Kursus IT di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Di Course-Net kamu Belajar Langsung Oleh Coach Praktisi Aktif Berpengalaman

Play Video about kursus IT

Tertarik mau berkarir dibidang IT? Tapi Ga punya SKill IT? Atau Karir IT kamu stuck gini gini aja ?Tenang, Kamu akan dibimbing langsung oleh Coach Praktisi Aktif Kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU LIHAT PROGRAM KURSUS DI COURSE-NET

Yuk, Akselerasi Karir IT mu untuk berkarir dengan apa yang kamu mau. Eiits jangan lupa, Berkarir di bidang IT bisa GAJI 2 Digit Loh, Ga percaya ? Yuk Daftar Sekarang Di Course-Net Indonesia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang IT? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?