course-net
Search
Close this search box.

Digital Security Adalah : Jenis dan Cara Menjaga Keamanan Digital

Minet

October 24, 2023

Digital Security Adalah

Di era digital ini, banyak orang yang mulai bergantung pada teknologi seperti internet. Seiring dengan banyaknya pengguna internet, banyak penjahat siber yang beraksi untuk melakukan kejahatan. Digital security adalah solusi untuk menghindari ancaman atau serangan siber.

Apa itu Digital Security?

Digital security adalah praktik yang berkaitan dengan perlindungan informasi atau data digital dari ancaman atau serangan siber. Serangan tersebut dapat merusak ataupun mengakses data secara tidak sah.

Tujuan dari digital security adalah untuk melindungi data dan kerahasiaan informasi yang ada di komputer sehingga aman terlindungi dari serangan. Selain itu, digital security juga dapat memastikan bahwa sistem dan jaringan komputer beroperasi dengan aman.

Untuk menghindari serangan dan ancaman siber, Anda membutuhkan digital security yang sempurna dan andal.

Jenis-Jenis Digital Security

Ada berbagai jenis digital security yang dapat membantu melindungi komputer Anda. Berikut beberapa jenis digital security yang dapat Anda gunakan :

1. Firewall

Firewall adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melindungi sistem atau jaringan komputer dari aktivitas berbahaya. Selain itu, firewall dapat memantau traffic web, menjaga dari akses tidak sah, serta memfilter traffic data yang masuk dan keluar dari jaringan komputer.

Jenis digital security ini sudah ada sejak dulu dan digunakan bertahun-tahun. Firewall terus berinovasi dan menciptakan versi terbaru yang berguna untuk menghindari serangan siber.

2. Antivirus

Antivirus adalah perangkat lunak yang dapat mendeteksi dan membersihkan malware dari sistem komputer yang menyebar menjadi virus. Malware merupakan perangkat lunak jahat yang dapat merusak sistem hingga mencuri data pribadi Anda. Contoh malware yaitu virus, worm, spyware, trojan, dan masih banyak lagi.

Anda dapat memilih antivirus yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi keamanan Anda. Antivirus juga harus diperbarui secara berkala untuk menjaga perangkat Anda dari ancaman siber.

3. Proxy

Proxy adalah alat keamanan digital yang berfungsi untuk sebagai perantara untuk menghubungkan pengguna dan server tujuan seperti internet. Sistemnya yaitu pengguna mengirim permintaan ke server proxy, lalu proxy akan meneruskan permintaan tersebut ke server tujuan.

Proxy dapat memblokir situs web berbahaya dengan menggunakan sistem autentikasi yang dapat mengontrol akses dan memantau pengguna.

4. Software Pemantauan Jarak Jauh

Software ini memungkinkan tim keamanan data untuk mengumpulkan informasi, mendiagnosis masalah, serta mengawasi aplikasi dan hardware dari lokasi jarak jauh. Dengan adanya software ini, administrator dapat merasakan fleksibilitas untuk memecahkan masalah apa saja kapan pun dan di mana pun.

5. Vulnerability Scanner

Vulnerability Scanner dapat mendeteksi, mengevaluasi, dan mengelola semua titik lemah dalam sistem organisasi Anda. Alat ini tidak hanya mengidentifikasi kelemahan, namun juga memprioritaskan untuk membantu Anda dalam mengatur tindakan pencegahan.

Biasanya alat ini digunakan oleh tim keamanan IT untuk aplikasi web dan sistem internal.

Cara Menjaga Keamanan Digital

Di zaman ini, orang semakin bergantung pada teknologi digital. Karena itulah menjaga keamanan digital merupakan hal yang sangat penting.

Berikut ada beberapa cara untuk menjaga keamanan digital :

1. Jangan Sembarangan Mengklik Link atau File

Jika ada link atau file yang mencurigakan, Anda tidak boleh mengkliknya. Link tersebut dapat memancing anda untuk mengungkapkan informasi pribadi, bahkan juga bisa mengarahkan Anda ke website berbahaya atau jebakan yang merugikan.

Sebelum mengklik link atau file, Anda harus memeriksa siapa pengirimnya dan pastikan berasal dari sumber yang terpercaya. Anda juga harus memeriksa URL dan alamat email pengirim.

2. Lindungi Perangkat Yang Digunakan

Untuk menjaga perangkat dari kejahatan, Anda harus memasang proteksi untuk semua perangkat yang digunakan. Anda dapat menggunakan digital security yang telah disebutkan sebelumnya.

Salah satu jenis digital security yang dapat Anda gunakan adalah antivirus. Perangkat lunak tersebut dapat melindungi Anda dari marlware berbahaya yang dapat merusak atau mencuri data Anda. Jangan lupa untuk selalu perbarui antivirus secara berkala agar komputer tetap terus terlindungi secara maksimal.

3. Buat Kata Sandi yang Kuat dan Unik

Anda dapat membuat kata sandi yang kuat sehingga penjahat siber sulit untuk menebak kata sandi Anda. Sebisa mungkin setiap akun online diberi kata sandi yang berbeda. Anda dapat menggunakan campuran huruf, angka, dan karakter khusus untuk menghasilkan kata sandi yang unik dan kuat.

Jika ingin lebih aman lagi, Anda disarankan untuk mengganti password setiap akun secara berkala. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mengurangi risiko peretasan atau pencurian data. Semisal password tersebut bocor, Anda tidak perlu khawatir karena selalu menggantinya secara rutin.

4. Menerapkan Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Autentikasi dua faktor merupakan jenis keamanan yang menggunakan proses verifikasi ganda saat mengakses sebuah akun. Dengan menggunakan 2FA, data akan memiliki tambahan lapisan keamanan.

Meskipun orang mengetahui password Anda, namun akan ada proses autentikasi berikutnya. Contohnya seperti mengklik notifikasi di HP untuk mengkonfirmasi apakah yang memasuki akun tersebut memiliki akses atau tidak. Dengan mengaktifkan autentikasi 2 faktor, penjahat siber pun akan lebih sulit untuk membobol akses ke akun Anda.

2FA dapat mencegah penjahat siber untuk mengakses data digital dan juga serangan phising.

5. Backup Data

Melakukan backup data secara teratur merupakan hal yang penting. Data merupakan aset yang sangat penting. Jika terkena serangan siber dan data tersebut rusak atau hilang, Anda memiliki data cadangan dan dapat memulihkan data tersebut dengan mudah.

Anda dapat menggunakan penyimpanan eksternal seperti harddisk atau juga menggunakan Cloud.

Kesimpulan

Itulah ulasan terkait digital security atau keamanan digital. Digital security adalah salah satu hal yang penting dalam menjaga keamanan data dan sistem komputer.

Jika Anda tertarik dengan digital security atau seputar keamanan siber, Anda dapat mengikuti kursus Cyber Security di Course-Net. Mulai karier di bidang cyber security dengan gaji hingga puluhan juta rupiah!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!