Jaringan Internet Adalah : Fungsi dan Jenis Koneksi Internet

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Jaringan Internet Adalah : Fungsi dan Jenis Koneksi Internet – Saat ini kebutuhan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk seluruh kalangan masyarakat. Internet menjadi kebutuhan yang penting didalam masyarakat. Bahkan Anda juga bisa mengetahui bahwa saat ini hampir semua kegiatan manusia selalu dilakukan dengan melibatkan internet di dalamnya.

Jaringan Internet Adalah ? Mari Mengenal Jaringan

Mengenal Apa Itu Jaringan Internet dan Fungsi yang Dimilikinya

Jaringan internet adalah sebuah jaringan komunikasi yang berlaku secara menyeluruh dimana memiliki penggunaan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan jaringan komputer yang ada di seluruh bagian dunia. Untuk mengenal apa itu jaringan internet, terlebih dahulu Anda harus mengetahui pengertian dari internet yang merupakan singkatan dari Interconnected Network.

Dengan internet ini Anda bisa mendapatkan peluang untuk berkomunikasi, saling berbagi informasi dan melakukan hal lainnya yang bisa dilakukan dengan semua jenis dan tipe komputer yang berlokasi di seluruh dunia dengan memakai metode komunikasi seperti satelit, telepon dan lain sebagainya.

Secara umum, internet adalah sebuah konsep jaringan yang beroperasi dengan sangat luas yang bahkan penggunaannya bisa berlaku hingga skala internasional. Disamping itu, penggunaan internet akan melibatkan secara langsung aneka jenis komputer dan topologi jaringan yang berbeda sehingga perlu dipahami dan dipelajari dengan optimal.

Pengguna internet akan membutuhkan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite untuk melakukan pengaturan dan integrasi sekaligus menghubungkan antar jaringan komputer. Lalu untuk jaringan internet bisa berarti proses atau cara yang digunakan untuk menghubungkan rangkaian internet sekaligus untuk menerapkan aturan yang berlaku di dalamnya.

Agar supaya bisa menggunakannya dengan baik dan benar, juga penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi fungsi dari internet.

Bahwa secara umum, jaringan untuk internet yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia mempunyai beragam fungsi penting untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi sarana komunikasi

Diantara bukti bahwa penggunaan internet merupakan satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Kita adalah semakin maraknya keberadaan aplikasi chatting, situs media sosial dan lain sebagainya yang dibuat untuk memberikan kemudahan bagi setiap orang yang ingin berkomunikasi dengan mudah, cepat dan memuaskan.

  1. Sarana mendapatkan informasi

Saat ini banyak yang berpendapat merupakan sebuah zaman dimana semua hal bersifat terbuka yang memiliki pengertian bahwa dengan adanya internet menjadikan semua orang bisa lebih mudah untuk mendapatkan aneka ragam informasi yang dibutuhkannya. Semua jenis informasi, baik yang terbaru ataupun edisi lama sekalipun bisa didapatkan dengan mudah hanya dalam hitungan menit tanpa kesulitan yang berarti.

  1. Menjadi sarana berbagi sumber daya

Di luar sana, ada banyak sekali sumber daya maupun data yang dimiliki oleh semua orang di seluruh dunia yang siap untuk dibagikan sesuai kebutuhan. Hal tersebut akan bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan memiliki manfaat untuk banyak orang hanya dengan memanfaatkan keberadaan internet yang tersedia. Adapun sumber daya maupun data yang saat ini cukup sering dibagikan di internet adalah seperti karya tulis, video, foto, desain, jurnal, atau makalah berbagai tema yang bermanfaat.

  1. Menjadi sarana akses berita

Banya sekali media online yang memberikan informasi dan peristiwa secara real time. Dan ini bisa dinikmati oleh masyarakat dengan memanfaatkan jaringan internet.

Baca Juga : Apa Itu Jaringan Komputer Cisco

Jenis Koneksi Internet yang Digunakan oleh Masyarakat Masa Kini

Jenis Koneksi Internet yang Digunakan oleh Masyarakat Masa Kini

Koneksi internet yang dipakai oleh masyarakat masa kini terdiri dari dua macam koneksi. Berikut adalah pembagian jenis koneksi internet dan penjelasan singkatnya.

1.Koneksi internet dengan kabel

Bahwa ada jenis koneksi internet yang secara umum terbagi pada beberapa jenis yang terdiri dari:

  • Asymmetric Digital Subscriber Line atau ADSL

Pada saat Anda melakukan instalasi koneksi internet yang satu ini akan membutuhkan perangkat modem. Modem tersebut bisa memiliki kinerja pada frekuensi dari mulai 34 hingga 1.104 KHz secara maksimal yang mana untuk jenis koneksi ini menggunakan modem dengan frekuensi yang lebih tinggi.

Diketahui modem yang dipakai bisa memproduksi dua jenis frekuensi yaitu frekuensi tingkat tinggi yang berfungsi untuk melakukan pengiriman data dan tingkat rendah untuk melakukan pengiriman suara.

  • Public Switched Telephone Network atau Dial Up PSTN

Adalah jenis koneksi jaringan internet yang terhubung dengan menggunakan media kabel telepon. Tahu tidak, bahwa masih banyak masyarakan yang menggunakan koneksi jenis ini. Ada beberapa perangkat pendung yang digunakan seperti modem, telepon rumah dan perangkat komputer.

Koneksi internet jenis ini akan menghubungkan antara jalur PSTN dengan Internet Service Provider dengan menggunakan jaringan telepon. Namun jenis koneksi ini mempunyai kekurangan tersendiri yaitu hanya mempunyai kecepatan hingga 56 kbps saja. Bahkan tercatat pada beberapa koneksi hanya

mempunyai kecepatan jaringan yang sangat lambat yaitu sekitar 12 hingga 20 kbps saja setelah dilakukan tes jaringan internet.

  • Local Area Network atau LAN

Kemudian jenis koneksi internet yang ketiga adalah LAN yang bisa mencakup wilayah yang kecil atau terbatas dalam gambar jaringan internet. Untuk mendapatkan jenis koneksi ini Anda bisa menggunakan kabel dimana untuk satu komputer akan bisa terhubung dengan banyak komputer lainnya dengan mudah dan cepat. Komputer yang pertama akan bertindak sebagai server utama yang secara langsung terhubung pada jaringan internet.

Kemudian pada komputer lainnya yang terhubung dengan komputer server utama selanjutnya akan mampu untuk saling berkirim data secara otomatis setelah terhubung dengan Internet Service Provider yang memanfaatkan kabel LAN. Disamping memerlukan kabel untuk bisa menghubungkan antar komputer yang digunakan, untuk menggunakan jenis koneksi ini juga harus menyediakan kartu LAN. Untuk koneksi ini akan menggunakan jenis kabel UTP atau coaxial.

  • TV kabel

Jenis koneksi yang ke empat adalah TV kabel, yaitu koneksi yang bisa diperoleh dengan menyediakan perangkat berupa televisi yang terhubung dengan koneksi internet melalui kabel. pada saat ini semakin banyak masyarakat yang mempunyai saluran TV kabel atau yang umum disebut sebagai TV berlangganan yang memungkinkan Anda untuk bisa menikmati sajian tayangan televisi lokal Indonesia namun juga tayangan yang berasal dari siaran televisi luar negeri.

2. Jenis koneksi internet tanpa kabel atau wireless

Adalah jenis koneksi internet yang didapatkan tanpa harus menggunakan kabel. Adapun jenis koneksi internet tanpa kabel atau wireless diantaranya adalah sebagai berikut;

  • General Packet Radio Service atau GPRS

Jaringan ini menggunakan gelombang radio yang bisa memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dan komunikasi dengan suara yang bisa di sharing.

  • Wireless Fidelity atau WiFi

Merupakan jenis koneksi internet yang memakai frekuensi tinggi yang memiliki spektrum sekitar 2,4 GHz. Dengan menggunakan gelombang ini maka pengguna bisa memperoleh akses internet meski tanpa bantuan kabel.

  • Akses satelit

Jenis koneksi internet tanpa kabel yang digunakan dengan menggunakan satelit berupa parabola. Jenis ini memiliki akses yang sangat cepat dalam melakukan instalasi. Tapu untuk menggunakan jaringan jenis ini masih cukup mahal untuk biayanya.

Baca Juga : Routing Adalah : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Belajar Jaringan Internet & Komputer Di Course-Net

Ikuti kelas CCNA dan dapatkan sertifikasi internasional yang bisa didapatkan. Anda akan dibimbing hingga mahir dalam mengikuti pelatihan ini. Segera isi form pendaftaran yang tersedia dibawah ini untuk mengikuti kursus ccna.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !