course-net
Search
Close this search box.

Home >

Jaringan Internet Adalah : Fungsi dan Jenis Koneksi Internet

Friday, 23 February 2024 11:36 AM

Jaringan Internet Adalah : Fungsi dan Jenis Koneksi Internet

Jaringan Internet Adalah : Fungsi dan Jenis Koneksi Internet – Saat ini kebutuhan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk seluruh kalangan masyarakat. Internet menjadi kebutuhan yang penting didalam masyarakat. Bahkan Anda juga bisa mengetahui bahwa saat ini hampir semua kegiatan manusia selalu dilakukan dengan melibatkan internet di dalamnya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Setelah paham pengertian internet secara umum, mari mengetahui pengertian internet menurut para ahli. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pengertian Internet Menurut KBBI

Menurut KBBI atau PUEBI, internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

2. Pengertian Internet Menurut Onno W. Purbo

Onno W. Purbo yang dikenal sebagai tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi mengartikan internet sebagai media yang memungkinkan sebuah proses komunikasi yang bisa berjalan secara efisien dengan tersambungnya perangkat ke beragam aplikasi. Internet dipakai untuk mengefisiensikan proses komunikasi yang disambungkan lewat berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, dan email.

3. Pengertian Internet Menurut Drew Heywood

Drew Heywood (1996) dalam Konsep dan Penerapan Microsoft TCP/IP (diterjemahkan oleh Daniel M.W.), internet merupakan istilah teknologi yang muncul pada akhir 60-an, yaitu saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan suatu standar baru untuk melakukan komunikasi Internetworking.

Standar baru ini merupakan standar yang bisa menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer kontraktor militer, organisasi penelitian atau juga yang ilmiah seperti pada universitas. Jaringan ini harus kuat, aman, serta tahan kerusakan sehingga mampu untuk dioperasikan pada kondisi minimum jika terjadi bencana maupun perang.

Mengenal Apa Itu Jaringan Internet dan Fungsi yang Dimilikinya

Jaringan internet adalah sebuah jaringan komunikasi yang berlaku secara menyeluruh dimana memiliki penggunaan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan jaringan komputer yang ada di seluruh bagian dunia. Untuk mengenal apa itu jaringan internet, terlebih dahulu Anda harus mengetahui pengertian dari internet yang merupakan singkatan dari Interconnected Network.

Dengan internet ini Anda bisa mendapatkan peluang untuk berkomunikasi, saling berbagi informasi dan melakukan hal lainnya yang bisa dilakukan dengan semua jenis dan tipe komputer yang berlokasi di seluruh dunia dengan memakai metode komunikasi seperti satelit, telepon dan lain sebagainya.

Secara umum, internet adalah sebuah konsep jaringan yang beroperasi dengan sangat luas yang bahkan penggunaannya bisa berlaku hingga skala internasional. Disamping itu, penggunaan internet akan melibatkan secara langsung aneka jenis komputer dan topologi jaringan yang berbeda sehingga perlu dipahami dan dipelajari dengan optimal.

Pengguna internet akan membutuhkan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite untuk melakukan pengaturan dan integrasi. Sekaligus menghubungkan antar jaringan komputer. Lalu untuk jaringan internet bisa berarti proses atau cara yang digunakan untuk menghubungkan rangkaian internet sekaligus untuk menerapkan aturan yang berlaku di dalamnya.

Agar supaya bisa menggunakannya dengan baik dan benar, juga penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi fungsi dari internet.

Bahwa secara umum, jaringan untuk internet yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia mempunyai beragam fungsi penting untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi sarana komunikasi

Diantara bukti bahwa penggunaan internet merupakan satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Kita adalah semakin maraknya keberadaan aplikasi chatting, situs media sosial dan lain sebagainya yang dibuat untuk memberikan kemudahan bagi setiap orang yang ingin berkomunikasi dengan mudah, cepat dan memuaskan.

  1. Sarana mendapatkan informasi

Saat ini banyak yang berpendapat merupakan sebuah zaman dimana semua hal bersifat terbuka yang memiliki pengertian bahwa dengan adanya internet menjadikan semua orang bisa lebih mudah untuk mendapatkan aneka ragam informasi yang dibutuhkannya. Semua jenis informasi, baik yang terbaru ataupun edisi lama sekalipun bisa didapatkan dengan mudah hanya dalam hitungan menit tanpa kesulitan yang berarti.

  1. Menjadi sarana berbagi sumber daya

Di luar sana, ada banyak sekali sumber daya maupun data yang dimiliki oleh semua orang di seluruh dunia yang siap untuk dibagikan sesuai kebutuhan. Hal tersebut akan bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan memiliki manfaat untuk banyak orang hanya dengan memanfaatkan keberadaan internet yang tersedia. Adapun sumber daya maupun data yang saat ini cukup sering dibagikan di internet adalah seperti karya tulis, video, foto, desain, jurnal, atau makalah berbagai tema yang bermanfaat.

  1. Menjadi sarana akses berita

Banya sekali media online yang memberikan informasi dan peristiwa secara real time. Dan ini bisa dinikmati oleh masyarakat dengan memanfaatkan jaringan internet.

Baca Juga : Apa Itu Jaringan Komputer Cisco

Manfaat dari Jaringan Internet

Jaringan internet memang memiliki fungsi yang beragam bagi kehidupan manusia. Tak hanya itu, jaringan internet juga memberikan banyak manfaat untuk khalayak luas karena kehadirannya. Adapun beberapa manfaat dari hadirnya jaringan internet ini adalah:

  1. Setiap orang yang memiliki akses pada jaringan internet dapat bertukar informasi dengan semua individu lain yang juga terhubung pada internet yang berada di seluruh penjuru dunia.
  2. Pengguna internet dapat berkomunikasi secara jarak jauh tanpa harus bertemu atau bertatap muka.
  3. Pengguna internet dapat melakukan transaksi pembelian atau penjualan melalui situs online seperti e-commerce dan melakukan pembayaran melalui m-banking.
  4. Kita dapat mengakses berbagai jenis literatur atau modul pembelajaran dari situs dan website pendidikan yang ada di internet.
  5. Dapat membantu untuk mencari informasi di situs atau website mengenai sesuatu yang tidak dapat ditemukan dalam sebuah buku.
  6. Mampu menciptakan berbagai jenis inovasi kreatif dalam berbagai bidang dengan memanfaatkan secara maksimal jaringan internet.
  7. Membantu kita dalam melakukan pekerjaan dari jarak jauh atau remote.
  8. Dapat membantu pelaku bisnis untuk menjalankan usaha atau bisnisnya tanpa harus mempunyai gerai atau toko, karena dapat membuat toko secara online.
  9. Mampu memaksimalkan komunikasi antar instansi dan masyarakat, seperti pemerintah dan rakyat terutama pada daerah-daerah yang sulit untuk dijangkau dengan transportasi.

Dampak dari Penggunaan Jaringan Internet

Pada penjelasan sebelumnya, kita telah mengetahui pengertian jaringan internet, pengertian menurut para ahli, sejarah, hingga fungsi dan manfaat dari jaringan internet itu sendiri. Namun, kehadiran internet tidak selalu memberikan dampak yang baik bagi penggunanya. Karena ternyata, ada beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari adanya jaringan internet ini.

Dampak dari penggunaan internet yang kurang baik ini bisa dirasakan dari munculnya beberapa fenomena berikut, yakni:

  1. Adanya kemudahan akses untuk konten yang berbau pornografi.
  2. Munculnya potensi cyber crime atau kejahatan online yang dapat menimpa setiap pengguna jaringan internet jika tidak menggunakan internet dengan baik dan bijak.
  3. Adanya bahaya pencurian data pribadi dari internet atau dikenal dengan istilah phising.
  4. Adanya akses untuk bisa memasuki jaringan komputer dari negara lain yang bertujuan untuk kejahatan, seperti memata-matai atau pencurian data.
  5. Adanya potensi untuk memalsukan data-data yang tidak sesuai atau tidak benar. Hal ini dikenal dengan istilah data forgery.
  6. Munculnya kejahatan berupa pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang berupa pembajakan atas karya orang lain. Ini disebut juga dengan offense against intellectual property.
  7. Adanya potensi kejahatan untuk mendapatkan informasi rahasia atau informasi pribadi secara ilegal. Ini juga dikenal dengan istilah infringements of privacy.

Jenis Koneksi Internet yang Digunakan oleh Masyarakat Masa Kini

Jenis Koneksi Internet yang Digunakan oleh Masyarakat Masa Kini

Koneksi internet yang dipakai oleh masyarakat masa kini terdiri dari dua macam koneksi. Berikut adalah pembagian jenis koneksi internet dan penjelasan singkatnya.

1.Koneksi internet dengan kabel

Bahwa ada jenis koneksi internet yang secara umum terbagi pada beberapa jenis yang terdiri dari:

  • Asymmetric Digital Subscriber Line atau ADSL

Pada saat Anda melakukan instalasi koneksi internet yang satu ini akan membutuhkan perangkat modem. Modem tersebut bisa memiliki kinerja pada frekuensi dari mulai 34 hingga 1.104 KHz secara maksimal yang mana untuk jenis koneksi ini menggunakan modem dengan frekuensi yang lebih tinggi.

Diketahui modem yang dipakai bisa memproduksi dua jenis frekuensi yaitu frekuensi tingkat tinggi yang berfungsi untuk melakukan pengiriman data dan tingkat rendah untuk melakukan pengiriman suara.

  • Public Switched Telephone Network atau Dial Up PSTN

Adalah jenis koneksi jaringan internet yang terhubung dengan menggunakan media kabel telepon. Tahu tidak, bahwa masih banyak masyarakan yang menggunakan koneksi jenis ini. Ada beberapa perangkat pendung yang digunakan seperti modem, telepon rumah dan perangkat komputer.

Koneksi internet jenis ini akan menghubungkan antara jalur PSTN dengan Internet Service Provider dengan menggunakan jaringan telepon. Namun jenis koneksi ini mempunyai kekurangan tersendiri yaitu hanya mempunyai kecepatan hingga 56 kbps saja. Bahkan tercatat pada beberapa koneksi hanya

mempunyai kecepatan jaringan yang sangat lambat yaitu sekitar 12 hingga 20 kbps saja setelah dilakukan tes jaringan internet.

  • Local Area Network atau LAN

Kemudian jenis koneksi internet yang ketiga adalah LAN yang bisa mencakup wilayah yang kecil atau terbatas dalam gambar jaringan internet. Untuk mendapatkan jenis koneksi ini Anda bisa menggunakan kabel dimana untuk satu komputer akan bisa terhubung dengan banyak komputer lainnya dengan mudah dan cepat. Komputer yang pertama akan bertindak sebagai server utama yang secara langsung terhubung pada jaringan internet.

Kemudian pada komputer lainnya yang terhubung dengan komputer server utama selanjutnya akan mampu untuk saling berkirim data secara otomatis setelah terhubung dengan Internet Service Provider yang memanfaatkan kabel LAN. Disamping memerlukan kabel untuk bisa menghubungkan antar komputer yang digunakan, untuk menggunakan jenis koneksi ini juga harus menyediakan kartu LAN. Untuk koneksi ini akan menggunakan jenis kabel UTP atau coaxial.

  • TV kabel

Jenis koneksi yang ke empat adalah TV kabel, yaitu koneksi yang bisa diperoleh dengan menyediakan perangkat berupa televisi. Mampu terhubung dengan koneksi internet melalui kabel. pada saat ini semakin banyak masyarakat yang mempunyai saluran TV kabel atau yang umum disebut sebagai TV berlangganan. Yang memungkinkan Anda untuk bisa menikmati sajian tayangan televisi lokal Indonesia namun juga tayangan yang berasal dari siaran televisi luar negeri.

2. Jenis koneksi internet tanpa kabel atau wireless

Adalah jenis koneksi internet yang didapatkan tanpa harus menggunakan kabel. Adapun jenis koneksi internet tanpa kabel atau wireless diantaranya adalah sebagai berikut;

  • General Packet Radio Service atau GPRS

Jaringan ini menggunakan gelombang radio yang bisa memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dan komunikasi dengan suara yang bisa di sharing.

  • Wireless Fidelity atau WiFi

Merupakan jenis koneksi internet yang memakai frekuensi tinggi yang memiliki spektrum sekitar 2,4 GHz. Dengan menggunakan gelombang ini maka pengguna bisa memperoleh akses internet meski tanpa bantuan kabel.

  • Akses satelit

Jenis koneksi internet tanpa kabel yang digunakan dengan menggunakan satelit berupa parabola. Jenis ini memiliki akses yang sangat cepat dalam melakukan instalasi. Tapu untuk menggunakan jaringan jenis ini masih cukup mahal untuk biayanya.

Baca Juga : Routing Adalah : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Belajar Jaringan Internet & Komputer Di Course-Net

Ikuti kelas CCNA dan dapatkan sertifikasi internasional yang bisa didapatkan. Anda akan dibimbing hingga mahir dalam mengikuti pelatihan ini. Segera isi form pendaftaran yang tersedia dibawah ini untuk mengikuti kursus ccna.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Networking? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?