course-net
Search
Close this search box.

Home >

Ini Dia Perusahaan Yang Paling Banyak Cari Profesi Data Science

Tuesday, 27 February 2024 11:37 AM

Banyak perusahaan yang saat ini mencari profesional data science untuk membantu mereka mengambil keputusan berdasarkan analisis data. seperti big company yang menjadi perusahaan impian bagi banyak orang.

Ini Dia Perusahaan Yang Paling Banyak Cari Profesi Data Science

Perusahaan Internasional

Google LLC

google
source: spientrealtynews

Google adalah perusahaan teknologi Amerika yang didirikan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa pascasarjana di Universitas Stanford. selalu dianggap sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Awalnya dimulai sebagai mesin pencari yang revolusioner, namun seiring berjalannya waktu, perusahaan ini telah berkembang dengan menawarkan berbagai layanan dan produk di berbagai bidang. 

Yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Dengan algoritma pencarian tingkat lanjut, Google memberikan hasil pencarian yang relevan dan akurat kepada pengguna di seluruh dunia. Google Cloud Platform (GCP) menyediakan layanan komputasi awan, termasuk komputasi awan, penyimpanan data, dan layanan kecerdasan buatan. Ini membantu perusahaan dan pengembang menyimpan, mengelola, dan menganalisis data secara efisien.

Google mengembangkan sistem operasi seluler Android, yang digunakan oleh banyak produsen ponsel pintar di seluruh dunia. Android adalah sistem operasi ponsel pintar paling populer di dunia. Google menawarkan berbagai layanan dan aplikasi, termasuk Gmail (layanan email), Google Maps (peta dan navigasi), Google Drive (penyimpanan file cloud), Google Docs (pengolahan kata), dan banyak lagi.

Layanan periklanan online yang memungkinkan pengiklan mempublikasikan iklan mereka di hasil pencarian Google dan di situs web mitra. Google memiliki YouTube, platform berbagi video terbesar di dunia. YouTube menawarkan berbagai jenis konten video termasuk vlog, musik, dan pembelajaran online. Peramban web yang dikembangkan oleh Google. Chrome adalah salah satu browser paling populer dan banyak digunakan di dunia.

Google sangat aktif dalam penelitian dan pengembangan kecerdasan buatan. Proyek seperti Google Brain dan TensorFlow, sebuah framework pembelajaran mesin, menunjukkan komitmen perusahaan dalam mengembangkan teknologi AI. Google juga terlibat dalam proyek inovatif lainnya, seperti mobil tanpa pengemudi (Waymo), proyek balon internet (Project Loon), dan proyek perawatan kesehatan (Verily Life Sciences).

Baca juga: Anda Harus Tahu Profesi Data Science Digaji Dua Digit

Apple Inc.

apple
source: iifeng

Apple Inc. adalah perusahaan teknologi Amerika yang didirikan pada tahun 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Apple telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia dan terkenal dengan produk-produk inovatif dan desainnya yang penuh gaya. DariApple menggunakan ilmu data dalam berbagai aspek bisnisnya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, memahami tren pasar, meningkatkan keamanan, dan mendorong inovasi. 

Dari apple ini mengumpulkan dan menganalisis data pengguna dari produknya seperti iPhone, iPad, dan Mac.Data ini membantu Apple memahami perilaku, preferensi, dan kebutuhan pengguna. Analisis pengguna membantu Apple meningkatkan antarmuka pengguna, mempersonalisasi rekomendasi konten, dan meningkatkan fungsionalitas produknya. Ilmu data digunakan untuk menganalisis pola lalu lintas dan mengidentifikasi perilaku aneh yang dapat mengindikasikan aktivitas mencurigakan di ekosistem Apple. 

Apple menggunakan ilmu data untuk memahami cara pengguna berinteraksi dengan perangkat dan aplikasi mereka. Hal ini membantu mengembangkan fitur-fitur baru dan peningkatan yang dapat meningkatkan produktivitas. Analisis data juga digunakan untuk memprediksi masalah perangkat keras dan perangkat lunak sehingga Apple dapat secara proaktif melakukan pemeliharaan atau perbaikan. Apple menggunakan ilmu data untuk mengoptimalkan rantai pasokannya. Hal ini mencakup pemantauan dan analisis data pada setiap tahap produksi, distribusi, dan manajemen inventaris. Analisis data membantu Apple mengambil keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan efisiensi dan menghindari kekurangan atau kelebihan stok.

Microsoft 

microsoft
source: lamanfo

Microsoft adalah perusahaan teknologi multinasional yang berkantor pusat di Redmond, Washington, AS. Didirikan pada tahun 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen, Microsoft telah berkembang menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Microsoft terkenal dengan produknya seperti sistem operasi Windows, rangkaian perangkat lunak Office, dan berbagai layanan komputasi awan, termasuk Azure.

Tahun demi tahun, Microsoft menjadi salah satu perusahaan di dunia yang secara rutin menerbitkan lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi di bidang ilmu data seperti ilmu data, analisis data, dan kecerdasan buatan. Hal ini menempatkan Microsoft di urutan teratas dalam daftar perusahaan impian para ilmuwan data. Peluang besar untuk bekerja di perusahaan ini adalah Microsoft memiliki berbagai departemen data science yang fokus pada proyek dan produk. 

Baca Juga: Data Science Training: Pengertian, Proses dan Penerapannya

Perusahaan Nasional

PT Goto Gojek Tokopedia

gojek
source: pelita

Gojek, sebuah perusahaan teknologi Indonesia, sangat bergantung pada ilmu data untuk meningkatkan layanan, mengoptimalkan operasional, dan memberikan solusi yang lebih baik kepada penggunanya. Banyak aspek keterlibatan Gojek dalam ilmu data. Gojek menggunakan ilmu data untuk menerapkan algoritma penetapan harga dinamis yang dikenal sebagai “surge pricing.” Algoritma ini memperhitungkan penawaran dan permintaan secara real-time untuk menentukan harga yang sesuai untuk layanan tersebut.

Untuk layanan seperti Go Ride (layanan ojek online) dan GoCar (layanan taksi online), Gojek menggunakan ilmu data untuk mengoptimalkan rute perjalanan dan memperkirakan waktu perjalanan. Hal ini membantu pengemudi dan penumpang mencapai tujuan mereka secara efisien. Pemahaman Pengguna Gojek mengumpulkan dan menganalisis data pengguna untuk memahami perilaku pengguna, preferensi, dan kebutuhan mereka. Data ini membantu Gojek meningkatkan pengalaman pengguna, memberikan rekomendasi yang lebih baik, dan menyediakan layanan yang lebih personal.

Data science digunakan untuk menganalisis pola permintaan pengguna pada waktu tertentu dan di lokasi tertentu. Ini membantu Gojek dalam merencanakan penempatan sumber daya, seperti pengemudi, untuk mengatasi lonjakan permintaan. Gojek mengoptimalkan rantai pasokan mereka menggunakan data science. Hal ini mencakup pengelolaan inventaris untuk menjamin ketersediaan sepeda motor atau mobil, pemetaan lokasi strategis, dan perencanaan logistik. Data Science dirancang untuk memantau dan mendeteksi aktivitas mencurigakan di platform Gojek, seperti penipuan atau aktivitas ilegal. Sistem keamanan ini biasanya juga mencakup verifikasi identitas pengguna menggunakan teknologi biometrik atau verifikasi dua faktor. 

Gojek menggunakan ilmu data untuk memahami reaksi pengguna terhadap promosi dan penawaran. Analisis ini membantu mereka mengoptimalkan strategi pemasaran dan menawarkan penawaran yang lebih relevan. Data Science membantu Gojek mengidentifikasi peluang pasar baru dan mengembangkan produk atau layanan baru yang memenuhi kebutuhan pengguna.

Kesimpulan 

Itulah beberapa perusahaan baik skala internasional maupun nasional yang paling banyak dicari seorang data science. Anda bisa membuka kesempatan diri anda dengan mengikuti kelas Data Science yang ada pada Course net dengan meningkatkan skill dan portfolio yang menarik anda akan mendapatkan perusahaan impian anda.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!