course-net
Search
Close this search box.

Home >

5 Alasan Kenapa Anda Harus Memiliki Sertifikat CCNA

Wednesday, 15 November 2023 5:19 PM

CCNA

Saat ingin memulai karier atau menekuni suatu profesi, sertifikasi merupakan salah satu nilai plus atau bukti bahwa Anda berkualifikasi untuk pekerjaan tersebut. Dengan adanya sertifikasi, Anda bisa membuktikan bahwa Anda mampu untuk menyelesaikan berbagai ujian dan menjadi orang yang kompeten. Jika ingin menjadi seorang Network Engineer, maka Anda membutuhkan sertifikat bernama CCNA.

Mengenal CCNA

Cisco Certification Network Associate atau biasa disebut CCNA adalah sertifikasi IT dari Cisco Systems. Program sertifikasi industri jaringan komputer tersebut dibuat oleh Cisco System, perusahan yang saat ini menjadi standar teknologi jaringan komputer di dunia.

Cisco mengeluarkan sertifikasi ini di tahun 1998. Hingga saat ini, orang yang memegang sertifikat cisco CCNA dianggap mampu untuk mengelola jaringan level medium-high skala enterprise. Lulusan sertifikasi ini juga dapat memperoleh banyak peluang karier terutama di bidang IT.

Di era perkembangan digital seperti sekarang ini, pekerjaan di bidang IT akan sangat dibutuhkan dan prospek kerjanya pun luas. Meskipun persaingan akan semakin komptetitif, dengan memiliki sertifikat CCNA Anda dapat memperoleh kepercayaan perusahaan-perusahaan besar.

Kenapa Anda Harus Memiliki Sertifikat CCNA

Ada banyak manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan memiliki sertifikat CCNA. Selain menjadi seorang IT profesional, berikut beberapa alasan kenapa Anda harus mengikuti sertifikasi ini :

1. Memperluas Peluang Karier

Dengan memiliki sertifikat ini, Anda dapat membuka peluang karier yang lebih luas dan juga mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan. Anda akan dipercaya untuk pekerjaan tingkat lanjut dengan tanggung jawab yang lebih besar.

Selain itu, Anda juga dapat berpeluang untuk diterima di perusahaan besar. Mengikuti sertifikasi ini bukanlah hal yang mudah. Karena itulah jika Anda memiliki sertifikat CCNA, perusahaan akan percaya bahwa Anda adalah orang yang kompeten dan berkualifikasi.

2. Menambah Pengetahuan

Dengan mengikuti sertifikasi, pastinya Anda juga akan menambah pengetahuan di bidang IT terutama networking atau jaringan komputer. Pengetahuan ini tentunya diperlukan untuk menyelesaikan jobdesk penerapan serta pemeliharaan networking di perusahaan besar.

Anda akan diajarkan mulai dari dasar jaringan komputer, switching, routing, layanan IP, dan masih banyak lagi. Namun, routing dan switchin adalah materi dasar yang wajib dipelajari dan tidak dapat dilupakan.

Routing adalah pemilihan arah lalu lintas antar jaringan komputer, sedangkan switching menerima data, memproses, dan mengirimkannya kembali ke jaringan.

3. Telah Disertifikasi Oleh Networking Leader

Meskipun masih banyak sertifikasi lain, namun sertifikasi Cisco saat ini merupakan prioritas. Hal ini terbukti pada persyaratan lamaran kerja sebagai Network Engineer, umumnya perusahaan memberikan persyaratan bahwa kandidat harus memiliki sertifikat CCNA.

Sertifikasi ini sudah diakui kualitasnya dan lulusannya banyak dicari. Lulusan CCNA tidak hanya menguasai peangkat Cisco saja, melainkan perangkat lain. Hal tersebut dikarenakan materi yang diberikan di sertifikasi tersebut sudah disusun secara sistematis dan distandarkan agar konsepnya terpakai di perangkat selain Cisco.

4. Pengetahuan Dasar Yang Solid dan Mudah Didapat

Saat terjun ke dunia IT Networking yang benar-benar nyata dan komplek, Anda tidak akan kesulitan menghadapinya. Dalam belajar CCNA, banyak faktor yang bisa mengatasi berbagai permasalahan tersebut :

  • Anda bisa menemukan buku dengan kualitas terbaik karena Cisco memiliki laman Ciscopress sebagai laman resourcenya.
  • Cisco memiliki halaman dokumentasi yang sangat lengkap mulai dari dokumentasi perangkat hingga prototokol yang digunakan. Sedangkan, tidak semua vendor menyediakan halaman dokumentasi yang lengkap.
  • Banyak komunitas yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan suatu permasalahan terhadap produk yang digunakan. Cisco memiliki portal khusus untuk belajar yaitu learningnetwork.cisco.com

Karena sertifikasi ini memiliki banyak sekali keunggulan, Anda dapat dengan menemukan lembaga-lembaga training CCNA di Indonesia.

5. Berpeluang Untuk Bekerja di Cisco

Dengan memiliki sertifikat Cisco, Anda bisa memiliki peluang yang besar untuk bekerja di perusahaan Cisco sendiri. Perusahaan Cisco adalah perusahaan teknologi yang sejak lama unggul di bidang internet dan telekomunikasi dunia. Banyak orang yang bermimpi dan sangat ingin bekerja di Cisco.

Jika Anda telah memiliki pengetahuan dan keahlian tentang Networking serta Cybersecurity, ditambah jika memiliki sertifikasi yang langsung diakui Cisco, Anda bisa saja memiliki peluang untuk dilirik oleh para rekruter Cisco.

Jenjang Sertifikat Cisco

Sertifikasi Cisco secara umum terbagi menjadi 3 level, yaitu Associate, Professional, dan Expert. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Associate Level

Sertifikat keahlian jaringan komputer dari Cisco untuk level associate atau pemula adalah Cisco Certification Network Associate. Orang yang memiliki sertifikat ini dapat merancang, membangun, dan melakukan maintenance sistem LAN/WAN hingga 100 perangkat.

Jika sudah memiliki sertifikat ini, Anda dapat melanjutkan sertifikasi Cisco selanjutnya yaitu CCNA yang terfokus ke salah satu spesialisasi jaringan komputer seperti Telepresence, Security, dan Wireless.

2. Professional Level

CCNP atau Cisco Certified Network Professional adalah sertifikasi keahlian jaringan komputer dari Cisco untuk level professional. Dengan memiliki sertifikasi ini, Anda membuktikan bahwa Anda memiliki keahlian di level profesional.

Orang yang memiliki sertifikat ini dapat mendesain, membangun, dan melakukan maintenance hingga 500 perangkat. Untuk mengikuti sertifikasi ini, Anda sudah harus memiliki sertifikat CCNA. Selain CCNP, masih ada berbagai jenjang lain di level professional seperti CCDP, CCIP, CCSP, dan CCVP.

3. Expert Level

Sertifikat keahlian jaringan komputer dari Cisco untuk level expert atau sertifikasi paling akhir adalah Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE). Orang yang memiliki sertifikat ini pasti akan dikenal sebagai ahli di bidang Networking.

Untuk mendapatkan sertifikat ini, Anda harus mengikuti ujian tulis dan praktik yang pastinya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Rekomendasi Kursus CCNA No. 1 di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang Networking Engineer dan ingin memulai karier di bidang tersebut, pastinya Anda harus mengikuti pelatihan dan sertifikasi khusus. Sertifikasi CCNA dapat membantu Anda dalam memperluas peluang Anda untuk berkarier di bidang Networking dan di terima di perusahaan besar.

Untuk itu, Anda mengikuti kursus CCNA terbaik yaitu hanya di Course-Net. Sebaiknya Anda memilih tempat yang berkualitas dan terpercaya karena untuk mempelajari sesuatu, tentunya harus dengan bimbingan Coach yang tepat.

Melalui bimbingan Coach kelas dunia yang ada di Course-Net, Anda akan mempelajari mulai dari dasar pemahaman jaringan computer, pengenalan perangkat, cara IP subnetting yang cepat, melakukan Optimasi Network dengan Teknik Routing, Switching dan Wireless Configuration yang tepat, serta membangun network dengan skala besar hingga ribuan user.

Awali karier Anda menjadi Network Engineer dengan Course-Net!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!