course-net
Search
Close this search box.

Home >

Sertifikasi CCNA Untuk Profesi Network Engineer

Monday, 22 August 2022 9:02 AM

Sertifikasi CCNA Untuk Profesi Network Engineer

Sertifikasi CCNA atau CCNA Certifications untuk Profesi seorang Network Engineer – Perlu kalian ketahui bahwa CCNA ( Cisco Certification Network Associate ) merupakan sertifikasi yang bisa kita tempuh yaitu CompTia, LPI(linux), Juniper, Microsoft dan MikroTik.

Apa Itu Sertifikasi CCNA ?

CCNA merupakan singkatan dari Cisco Certified Network Associate yang merupakan sertifikasi teknologi informasi (TI) tingkat pemula yang dikeluarkan oleh perusahaan perangkat keras jaringan Cisco. CCNA dirancang untuk memvalidasi pengetahuan anda tentang konsep jaringan dasar yang sering diminta dalam peran jaringan di posisi IT.

Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu anda perhatikan apabila ingin mendapatkan sertifikasi CCNA :

  • Untuk mendapatkan sertifikasi CCNA anda harus lulus satu ujian , 200 – 301 CCNA.
  • Mengambil ujian CCNA biaya $300, Ditambah pajak
  • Tidak ada persyaratan untuk mengikuti ujian , tetapi pelatihan dan beberapa pengalaman dengan jaringan komputer direkomendasikan.
  • CCN itu adalah sertifikat IT yang sering diminta, Dengan lebih 9000 lowongan pekerjaan

Maanfaat Memiliki Sertifikat CCNA ?

Sertifikasi CCNA Untuk Profesi Network Engineer
Sumber: cisco.com

Sertifikasi CCNA membuktikan bahwa perkambangan di dunia IT selalu berkembang. Dan Certification CCNA ini bisa membantu anda untuk membangun suatu karir khususnya di posisi Network Engineer. Dalam memiliki sertifikat CCNA anda akan mempelajari beberapa keterampilan yang bisa anda kuasi seperti :

  • Membuat struktur LAN sederhana, Serta melakukan konfigurasi dasar untuk router dan switch. Serta anda mampu untuk menerapkan SKEMA dengan pengalamatan IPv4 dan IPv6.
  • Melakukan konfigurasi router, scale dan perangkat akhir untuk menyediakan sumber daya jaringan lokal dan jarak jauh untuk mengaktifkan konektifitas ujung ke ujung antar perangkat jarak jauh.
  • Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan amsalah menggunakan peralatan nyata dan Cisco Packet Tracer.
  • Mampu mengkonfigurasikan dan atasi masalah konektivitas jaringan kecil menggunakan praktik terbaik keamanan.

Berapa Gaji Yang Bisa peroleh dengan sertifikasi CCNA ?

Sertifikasi CCNA dapat berguna dalam mendapatkan posisi jaringan tingkat pemula dan tingkat yang lebih tinggi. BErikut ini beberapa pekerjaan yang dapat meminta sertifikasi CCNA dan berapa banyak yang mereka hasilkan di rata rata AS.

Posisi Gaji (rata-rata AS)
spesialis dukungan TI $53,051
Spesialis jaringan $64.430
Administrator jaringan $69.243
Insinyur jaringan $85.822
Insinyur jaringan senior $116,165

*Semua data gaji bersumber dari Glassdoor per Mei 2022

Apa yang ada di ujian CCNA?

Ujian CCNA 200-301 memakan waktu 120 menit dan ditawarkan dalam bahasa Inggris dan Jepang.

Ujian CCNA dibagi sebagai berikut:

  • Dasar-dasar jaringan (20%): Komponen jaringan seperti router, sakelar, dan titik akses; arsitektur topologi jaringan; antarmuka fisik dan jenis kabel; konfigurasi IPv4 dan IPv6; parameter IP; dasar-dasar nirkabel, virtualisasi, dan switching
  • Akses jaringan (20%): Mengonfigurasi dan memverifikasi VLAN, konektivitas interswitch, protokol penemuan Layer 2, dan EtherChannel; Operasi Protokol Pohon Rentang Cepat; Arsitektur nirkabel Cisco, mode AP, komponen WLAN fisik, koneksi akses manajemen AP dan WLC, dan akses LAN nirkabel
  • Konektivitas IP (25%): Tabel perutean; pengambilan keputusan router; mengonfigurasi dan memverifikasi perutean statis IPv4 dan IPv6 dan OSPFv2 area tunggal; protokol redundansi hop pertama
  • Layanan IP (10%): Konfigurasi dan verifikasi NAT dan NTP; menjelaskan fitur DHCP, DNS, SNMP, dan syslog; perilaku per-hop; menggunakan SSH; menggambarkan TFTP/FTP
  • Dasar-dasar keamanan (15%): Konsep keamanan seperti ancaman dan mitigasi, kontrol akses fisik; kebijakan kata sandi; daftar kontrol akses; Fitur keamanan lapisan 2; protokol keamanan nirkabel
  • Otomatisasi dan kemampuan program (10%): Membandingkan jaringan tradisional dengan jaringan berbasis pengontrol; konsep otomatisasi; menafsirkan data JSON

Bagaimana Mendapatkan Sertifikat CCNA ?

Buat kamu yang berprofesi tentang jaringan komputer, Tentunya hal ini tidak akan menjadi sebuah masalah dengan bahasa ini. Namun untuk yang tidak memiliki latar belakang di dunia IT pastinya akan mengalami suatu kesulitan.

Anda tertarik untuk mendapatkan CCNA Certification ? Mau tau Caranya ?

Kamu bisa menikmati beberapa pelatihan CCNA yang ada di indonesia. Pada tahun 2011 sertifikasi Cisco mengeluarkan program sertifikasi untuk entry level. Ini bisa menjadi solusi untuk anda yang ingin mendapatkan sertifikat CCNA. Ikuti kursus CCNA bersama COURSE-NET isi form dibawah ini untuk mendapatkan promo terbaik.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Sampai bertemu di KELAS , segera daftarkan diri anda di kursus CCNA. Sertifikat CCNA sangat membantu anda untuk melebarkan peluang diterima di perusahaan IT Network besar. Sertifikat ini sangat krusial dalam mencari kerja, Memang sertifikat ini tidak diwajibkan, namun perusahaan perusahaan besar umumnya akan lebih percaya kepada orang yang memiliki sertifikat ini.

Kursus CCNA di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Data Science

Play Video about kursus jaringan

Tertarik mau berkarir dibidang network engineer? Saatnya kamu ambil keputusan untuk belajar jaringan. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus CCNA yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS CCNA

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar networking. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang jaringan komputer.

Artikel Terkait

kelas ip address
Networking
Minet Course-Net

Pengertian dan Pembagian Kelas IP Address

IP Address adalah identitas suatu komputer di dalam jaringan komputer atau internet dengan memiliki kelas ip address. Pembagian kelas ini dilakukan untuk memudahkan pendistribusian pendaftaran

Read More »

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Networking? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?