course-net
Search
Close this search box.

Home >

Jenis-jenis Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Tuesday, 12 December 2023 2:05 PM

jenis jenis jaringan komputer

Jenis jenis jaringan komputer terdiri dari 10 dan salah satunya yang paling populer adalah LAN. Jaringan komputer memungkinkan user mendapatkan sinyal dan mengakses sejumlah situs bahkan mengirimkan file jarak jauh dengan mudah. 

Memahami jenis jenis jaringan komputer sangat penting supaya mengetahui perbedaannya secara lengkap. Nah, di bawah ini merupakan jenis-jenis jaringan komputer secara lengkap. 

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Ada beberapa jenis jaringan komputer yang umum didengar, seperti LAN, WAN dan MAN. Nah, ada beberapa jenis dari jaringan komputer lainnya yang tersedia dengan fungsi yang berbeda-beda:

1. LAN

LAN atau Local Area Network adalah jenis jaringan yang bisa menghubungkan suatu perangkat dengan jarak yang berdekatan serta memakai kabel untuk alat saluran yang utama. Local Area Network umumnya kerap dipakai untuk menyambungkan sejumlah jenis perangkat di suatu rumah maupun beberapa komputer yang terkoneksi dengan memakai kabel, akan tetapi masih berada di satu atap. 

LAN pun kerap dimanfaatkan di warnet untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya dalam satu server. Pada suatu ruangan, Local Area Network bisa menghubungkan sejumlah perangkat pada satu komputer, printer atau server dan yang lainnya. Salah satu jaringan komputer dimana server melayani permintaan client adalah LAN. 

2. WAN

WAN atau Wide Area Network merupakan jaringan yang bisa menghubungkan sejumlah perangkat komputer maupun sejumlah tipe jaringan yang berbeda, seperti LAN serta WLAN. Dengan jarak cukup jauh, Anda bisa menggunakan WAN bahkan antar negara. Data yang ada di suatu komputer yang ada di Indonesia dapat dengan mudah ditransfer ke komputer yang ada di negara lain dengan menggunakan jenis jaringan ini.

Penerapan WAN yang paling mudah adalah di jaringan internet yang sering dipakai saat ini. WAN bisa menghubungkan semua perangkat hanya memakai sebuah komputer maupun server yang ada di negara tersebut. Jaringan komputer membutuhkan suatu metode untuk menghubungkan perangkat tersebut yang bernama topologi jaringan komputer. 

Nah, berikut ini jenis topologi jaringan komputer, kecuali topologi circle sebab jenis-jenis topologi jaringan komputer yang umum digunakan adalah topologi bus, ring, mesh, star, tree, linier, peer to peer dan hybrid. 

3. MAN

Jaringan komputer selanjutnya yaitu MAN atau Metropolitan Area Network merupakan jenis jaringan yang bisa dipakai untuk menghubungkan sejumlah komputer atau perangkat lainnya ke satu area pada sebuah kota. Jaringan yang ada di jangkauan tersebut memang lebih besar dibandingkan dengan LAN jadi dimanfaatkan untuk menghubungkan sejumlah komputer di suatu lembaga dengan lembaga lainnya pada suatu wilayah administratif. 

4. WLAN

WLAN atau Wireless Local Area Network merupakan jenis jaringan yang tak membutuhkan kabel untuk menyambungkan beberapa perangkat. Adanya teknologi wireless, misalnya WiFi dan Wireless Local Area Network mempunyai fungsi yang sama seperti LAN. Jaringan ini bisa menyambungkan sebuah komputer, printer, server dan perangkat lainnya dalam jangkauan kecil. 

Untuk contoh penggunaan jaringan WLAN adalah menghubungkan sejumlah macam perangkat dari beberapa rumah yang ada di suatu area dengan lingkup kecil atau blok komplek memakai satu jaringan WiFI. Perlu Anda pahami, perangkat yang memakai jaringan WLAN harus dibekali dukungan teknologi WiFi terlebih dahulu. 

5. PAN

PAN atau Personal Area Network merupakan jenis jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sejumlah perlengkapan elektronik milik pribadi yang bisa dikelola pemiliknya. Contoh penggunaan PAN yang umum ditemukan adalah menghubungkan printer dengan komputer atau perangkat komputer dengan speaker yang berbasis bluetooth. 

Biasanya jaringan komputer akan membutuhkan kabel dan pastinya ada kabel khusus untuk jaringan komputer. Berikut yang bukan merupakan jenis kabel untuk jaringan komputer adalah kabel listrik atau BNC. Umumnya kabel listrik hanya dipakai untuk kehidupan sehari-hari sehingga tidak bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dengan perangkat lainnya. 

6. SAN

SAN atau Storage Area Network merupakan jenis jaringan yang bisa mengoneksikan komputer dengan berbagai media pada penyimpanan dengan kemampuan yang tinggi pada suatu server. Suatu perangkat dapat mengakses jaringan SAN dan mengambil data yang terdapat di dalamnya bila sudah terkoneksi dengan server untuk jembatan di media penyimpanan itu.

7. CAN

CAN atau Campus/corporate Area Network adalah jaringan yang menghubungkan sejumlah perangkat serta komputer pada suatu instalasi pendidikan, seperti kampus, sekolah, institut dan sebagainya. Campus/corporate Area Network juga berfungsi untuk menghubungkan sejumlah perangkat yang berada di satu bangunan pada suatu perusahaan yang mempunyai banyak ruangan di dalamnya. 

Pada bidang sekolah atau pendidikan, CAN bisa dipakai untuk memudahkan proses administrasi serta akademik di suatu lembaga pendidikan, seperti input performa peserta didik, memproses nilai dan yang lainnya. 

8. VPN

Jaringan komputer berikutnya yaitu VPN atau Private Network, yang merupakan jaringan yang umum dimanfaatkan untuk membuat suatu kegiatan internet bagi user jadi lebih aman dan tidak dapat dilacak. Adanya VPN memungkinkan koneksi internet dari user bisa terhubung ke suatu jaringan pribadi yang sudah dimiliki suatu server atau perusahaan. 

9. EPN

EPN atau Enterpise Private Network adalah jaringan yang bermanfaat untuk menyambungkan sejumlah perangkat, komputer storage dan lainnya di dalam suatu perusahaan. Enterpise Private Network memiliki kelebihan, di mana dilihat dari segi keamanannya yang bagus jadi jaringan ini sering dipakai oleh sejumlah perusahaan yang kerap menyimpan banyak data penting di dalamnya. 

Contoh penggunaan EPN yaitu mengoneksikan jaringan di suatu perusahaan cabang melalui kantor pusat dan transfer data dari arab bangunan pada suatu kelas atau ruangan ke bangunan lain tanpa perlu memakai jaringan internet dan yang lainnya. 

10. Internet

Internet adalah jaringan komputer yang terbesar dan pernah diciptakan manusia saat ini. Siapa saja bisa mengakses internet untuk mendapatkan sumber informasi di sejumlah perangkat komputer. Contohnya seperti smartphone, TV, laptop, tablet, PC dan yang lainnya. Bahkan ruang lingkup internet bisa mencakup seluruh dunia. 

11. POLAN

Terakhir adalah POLAN atau Passive Optical Local Area termasuk alternatif jaringan Local Area Network. Passive Optical Local Area menggunakan kabel fibel optik supaya bisa melancarkan semua proses transmisi dari sejumlah perangkat. Kabel tersebut juga memiliki kelebihan performa yang baik dan cepat untuk meminimalisir data dari satu perangkat pada perangkat lainnya. 

Umumnya jaringan ini juga digunakan dalam menyambungkan fiber optik pada router device jadi jaringan internet yang disalurkan pada gadget yang ada di sekitarnya dengan jaringan WLAN yang tersedia. 

Topologi jaringan komputer adalah metode yang dipakai untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya. Berikut ini jenis topologi jaringan komputer kecuali wireless. Wireless adalah suatu teknologi komunikasi tanpa kabel (nirkabel) yang memungkinkan mengirimkan data tanpa menggunakan kabel fisik.

Nah, itulah penjelasan mengenai jenis jenis jaringan komputer yang perlu diperhatikan. Berbicara tentang jaringan komputer ada beberapa jenis topologi jaringan komputer. Bagi Anda yang ingin mengikuti kursus networking atau jaringan komputer bisa daftar di CourseNet.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!