course-net
Search
Close this search box.

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Topologinya

Minet

December 12, 2023

pengertian jaringan komputer

Pengertian jaringan komputer yaitu 2 atau lebih jaringan yang terhubung satu dengan lainnya dan berfungsi untuk berbagi data. Di suatu jaringan dibangun menggunakan antara konfigurasi software dan hardware yang berguna untuk menciptakan suatu sistem yang mampu bekerja dengan maksimal. 

Agar bisa membuat suatu jaringan, router dan switch memakai sejumlah protokol serta algoritma yang berguna untuk menukarkan informasi serta membawa data pada titik akhir sesuai keinginan. Nah, di bawah ini merupakan penjelasan selengkapnya mengenai pengertian jaringan komputer menurut sejumlah para ahli, manfaat dan topologinya.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Selain sudah jelaskan pengertian jaringan komputer secara umum, kali ini juga akan membahasa pengertiannya dari beberapa para ahli, yaitu:

1. Madcom

Jaringan komputer ialah sekumpulan komputer lengkap dengan semua peralatan yang menunjangnya yang dapa saling berhubungan dan terkoneksi. 

2. Dede Sopandi 

Jaringan komputer ialah sekumpulan komputer secara terpisah, namun terhubung satu dengan lainnya untuk melakukan tugasnya. 

3. Berdasarkan Ensiklopedia Britannica 

Pengertian jaringan komputer adalah 2 atau lebih komputer yang saling terhubung satu dengan lainnya dengan tujuan komunikasi data yang secara elektronik. Jaringan ini mempunyai fungsi utama untuk menghubungkan serta perangkat komunikasi dalam bentuk fisik. 

4. Melwin Syafrizal 

Jaringan komputer ialah hubungan interkoneksi yang memakai media kabel maupun tanpa kabel antara 2 komputer atau lebih dan saling terhubung satu dengan lainnya. 

5. GreeksforGeeks 

Jaringan komputer ialah suatu sistem yang menghubungkan sejumlah komputer independen dan berguna untuk berbagai data maupun informasi hingga sumber daya. 

Kemudian jaringan internet merupakan suatu jaringan yang terhubung secara elektronik dengan komputer serta komputer di seluruh dunia. Nah, seperti itulah pengertian jaringan komputer dan internet secara umum dan menurut para ahli. 

Manfaat Jaringan Komputer

Setelah Anda memahami pengertian jaringan komputer, kita akan membahas juga tentang sejumlah alasan mengapa jaringan komputer banyak dipakai di dalam dunia bisnis dengan skala besar. Jaringan komputer memiliki berbagai manfaatnya bagi pengguna, seperti:

1. Memudakan Berkomunikasi Jarak Jauh

Dengan adanya jaringan internet yang telah Anda manfaatkan hingga saat ini yang merupakan jaringan komputer berskala global akan memudahkan komunikasi jarak jauh. Anda bisa merasakan salah satu manfaatnya yang cukup besar seperti sekarang ini sebab bisa berkomunikasi dengan orang lain yang berada di tempat lain, bahkan di seluruh dunia. 

Sebelum adanya jaringan komputer dan internet, komunikasi jarak jauh termasuk kemewahan untuk beberapa kalangan tertentu saja. Nah, dengan adanya jaringan komputer, semua masyarakat bisa berkomunikasi dengan mudah dan bisa dilakukan kapan saja. 

2. Meningkatkan Keamanan dan Manajemen Data

Jaringan komputer mampu meningkatkan keamanan data dari terjadinya kerusakan hingga pencurian data. Cara penyimpanan data di sebuah jaringan server yang memakai sistem pencadangan otomatis memungkinkan untuk mengurangi terjadinya risiko kehilangan data pribadi atau suatu perusahaan yang sangat penting. 

Dengan adanya sistem manajemen database, seperti MongoDB, SQL dan MySQL bisa juga Anda manfaatkan untuk meningkatkan kinerja dari efisiensi suatu jaringan komputer agar memberikan keamanan dan mengatur data. Setelah jelaskan pengertian dari jaringan komputer, Anda akan tahu betapa pentingnya jaringan komputer ini untuk keamanan dan manajemen data. 

3. Memungkinkan Mengakses Data secara Remote

Keberadaan jaringan komputer memungkinkan setiap masyarakat bisa mengakses data-data mereka yang penting tanpa perlu membawa penyimpanan dengan bentuk fisik seperti hard disk atau flash drive. Apabila jaringan komputer terhubung dengan internet, maka Anda bisa mendapatkan beragam cara agar bisa mengakses data-data tersebut dari mana saja. 

Cara penyimpanan data seperti cloud hosting maupun remote dekstop yang bisa dipakai untuk mengakses file penting saat di tempat yang lain. Hal ini memungkinkan untuk perusahaan bisa mempekerjakan karyawan mereka secara remote. 

4. Menyediakan Jalur Baru untuk Membuat Konten Hiburan

Tanpa adanya jaringan komputer, website dari hiburan yang isinya jutaan konten, seperti Facebook, YouTube, Netflix dan lainnya tidak akan bisa terjadi. Selain itu, jaringan komputer juga memiliki peran yang penting dengan keberadaan perkembangan komunitas game online yang saat ini sedang banyak peminatnya. 

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai pengertian jaringan komputer dan manfaatnya. Khusus bagi Anda yang tertarik ikut kursus jaringan komputer bisa memulainya di CourseNet. 

Topologi Jaringan Komputer

Pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu metode maupun cara yang dipakai supaya bisa menghubungkan 1 komputer dengan komputer yang lainnya. jaringan yang dipakai untuk menghubungkan antar komputer yaitu menggunakan kabel maupun nirkabel

Topologi jaringan komputer memiliki fungsi untuk mengetahui seperti apa setiap komputer maupun host pada jaringan komputer bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Nah, ada beberapa jenis topologi jaringan komputer, yaitu:

1. Topologi Bus

Topologi bus adalah jenis topologi yang cukup sederhana. Biasanya topologi jaringan ini bisa dilakukan di instalasi jaringan yang berbasis kabel coaxial. Konektor yang dipakai adalah terminator, BNC dan TBNC. 

Kelebihan jenis topologi bus adalah bisa menambahkan client maupun workstation baru dengan mudah. Selain itu, biaya instalasinya juga terbilang murah sebab kabel yang dipakai sedikit. 

2. Topologi Ring

Topologi ring adalah jenis topologi yang kerap disebut juga dengan cincin, yaitu topologi jaringan yang dipakai dengan tujuan untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer yang lainnya dalam satu rangkaian dengan bentuk melingkar. Seperti yang kita ketahui dari pengertian jaringan komputer, yang mana jaringan tersebut berfungsi untuk menghubungkan antar komputer menggunakan suatu rangkaian. 

Jenis topologi satu ini biasanya memakai LAN card supaya setiap komputer terkoneksi. Kelebihan topologi ring adalah biaya instalasinya murah, performa koneksi bagus, proses instalasi dan konfigurasi mudah dan juga implementasinya juga mudah dilakukan. 

3. Topologi Star

Topologi star adalah jenis topologi jaringan yang bentuknya bintang, yang mana memakai hub untuk koneksi antar client. Jaringan star kerap dipakai saat ini sebab mempunyai banyak kelebihannya. 

Kelebihannya adalah jaringan ini bisa berjalan dengan baik meskipun salah satu komputer client terjadi masalah, tingkat keamanan data baik, fleksibel dan pengguna bisa mendeteksi masalah pada jaringan dengan mudah. 

4. Topologi Mesh

Topologi mesh adalah jenis topologi yang dipakai untuk rute yang lebih banyak. Jenis topologi satu ini memakai kabel tunggal jadi proses pengiriman datanya lebih cepat tanpa perlu melalui hub maupun switch

Kelebihan topologi mesh adalah security data sangat baik, bandwidth limit besar dan tidak ada tabrakan arus data sebab jalur pengirimannya sangat banyak. 

5. Topologi Tree

Topologi tree adalah jenis topologi hasil gabungan dari topologi bus dengan star. Biasanya, jenis topologi yang satu ini dipakai untuk terkoneksi dari hirarki dengan pusat secara berbeda-beda. Kelebihan topologi tree adalah mudah dikembangkan jadi topologi jaringan yang lebih luas dan susunan topologi tersebut terpusat hirarki jadi pengaturan datanya lebih mudah. 

6. Topologi Linier

Topologi linier adalah jenis topologi yang sering juga disebut dengan topologi bus berurut. Jenis topologi yang satu ini hanya memakai satu kabel utama untuk jadi konektor setiap titik sambungan di setiap komputer. Kelebihan topologi linier adalah mudah dikembangkan, tata letaknya sederhana, penggunaan kabel sedikit dan tidak memerlukan kendali sentral. 

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!