course-net
Search
Close this search box.

Home >

KOL Adalah: Definisi, Jenis, Tanggung Jawab serta Tips Memilihnya

Monday, 27 November 2023 1:51 PM

KOL adalah

Pemasaran secara digital atau dikenal dengan sebutan digital marketing menjadi salah satu jenis pemasaran yang saat ini umum digunakan oleh semua kalangan. Salah satu bentuk pemasaran digital yang banyak ditemukan dan dijumpai adalah pemasaran melalui media sosial.

Berbicara mengenai pemasaran melalui media sosial, KOL adalah salah satu istilah yang mungkin terdengar tidak asing di telinga setiap orang. Namun, bagi Anda yang belum memahami dengan jelas istilah tersebut, melalui pembahasan artikel berikut ini akan dijabarkan secara tuntas mengenai definisi, jenis, tanggung jawab beserta perbedaan mendasar di antara KOL dan influencer.

Definisi Key Opinion Leader atau KOL

Jika dijabarkan berdasarkan definisinya, KOL atau Key Opinion Leader merupakan seseorang atau individu yang memiliki kemampuan dalam aspek, bidang maupun industri tertentu. Bisa dikatakan jika Key Opinion Leader merupakan sosok yang ahli dan mempunyai kemampuan mumpuni dalam aspek, bidang maupun industri yang dikuasainya.

Selain itu, seorang Key Opinion Leader atau KOL adalah sosok yang memiliki pengaruh cukup besar dalam bidang yang ditekuninya. Pada intinya, setiap pendapat yang diutarakan oleh seorang Key Opinion umumnya selalu didengarkan dan juga dipercaya oleh masyarakat.

Key Opinion Leader juga memiliki istilah lain di mata masyarakat, mulai dari ahli, profesional, spesialis hingga pakar sekalipun. Singkat cerita, segala macam pendapat hingga produk-produk yang direkomendasikan oleh seorang Key Opinion Leader sudah pasti akan dipercaya secara penuh oleh masyarakat luas.

Tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap KOL adalah salah satu alasan jika pemasaran produk yang dilakukan oleh sebuah perusahaan biasanya melibatkan Key Opinion Leader. Apalagi jika produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut sesuai dengan bidang atau keahlian yang dimiliki oleh Key Opinion Leader tersebut.

Beberapa Jenis Key Opinion Leader atau KOL

Dilihat berdasarkan kuantitas pengikutnya, Key Opinion Leader atau KOL sendiri dibedakan menjadi beberapa Jenis. Jenis-jenis Key Opinion Leader tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Nano Influencer

Nano Influencer merupakan salah satu jenis Key Opinion Leader yang memiliki jumlah pengikut yang terhitung paling kecil. Kisaran pengikut Key Opinion Leader yang satu ini berada di kisaran 1000 hingga 10.000 pengikut saja di media sosial.

2. Micro Influencer

Berikutnya adalah jenis Key Opinion Leader yang disebut dengan nama Micro Influencer. Jenis yang satu ini memiliki besaran pengikut di atas Nano Influencer. Umumnya rentang pengikut dari Micro Influencer berada pada 10.000 hingga 50.000 pengikut.

3. Mid-Tier Influencer

Selanjutnya adalah ragam Key Opinion Leader dengan sebutan Mid-Ter Influencer. Sesuai dengan namanya, Key Opinion Leader berikut ini memiliki jumlah pengikut menengah. Total pengikutnya sendiri berada pada kisaran 50.000 sampai 500.000 pengikut.

4. Macro Influencer

Macro Influencer merupakan satu dari dua jenis Key Opinion Leader terakhir yang memiliki pengikut cukup banyak. Kisaran pengikut pada jenis Key Opinion Leader yang satu ini berkisar antara 500.000 hinga 100.000 pengikut.

5. Mega Influencer

Terakhir merupakan jenis Key Opinion Leader yang memiliki kuantitas atau jumlah pengikut yang paling banyak. Untuk Mega Influence sebagai Key Opinion Leader atau KOL adalah jenis yang memiliki lebih dari 1.000.000 pengikut.

Baca Juga : Konsep Marketing Mix : Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Anda

Tanggung Jawab dari Key Opinion Leader atau KOL

Sebagai seorang KOL, bekerja sama dengan KOL specialist adalah suatu hal yang tentu memberikan kemudahan dan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan juga efisien. Namun, sebenarnya apa saja tanggung jawab dari Key Opinion Leader? Temukan jawabannya dalam pembahasan di bawah ini.

1. Meningkatkan citra produk pada sebuah perusahaan

Tanggung jawab dari seorang Key Opinion Leader yang pertama adalah meningkatkan citra produk pada sebuah perusahaan atau bisnis. Dengan menggunakan sosok Key Opinion Leader dengan tepat, bukan tidak mungkin citra produk dari perusahaan tersebut dapat meningkat dengan signifikan.

2. Merekomendasikan produk kepada audiens

Selain itu, tanggung jawab selanjutnya dari Key Opinion Leader atau KOL adalah merekomendasikan produk pada sebuah perusahaan kepada masyarakat selaku audiens. Dalam hal ini, seorang Key Opinion Leader akan bekerja sama memasarkan produk-produk yang ditawarkan kepada masyarakat luas.

3. Memberikan pemahaman akan industri terkait

KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader yang juga bertanggung jawab dalam memberikan pemahaman kepada audiens akan industri terkait atau yang dikuasainya. Secara tidak langsung, adanya Key Opinion Leader membantu para audiens lebih memahami tren yang sedang berkembang dalam industri terkait serta cara menyikapinya.

4. Meningkatkan partisipasi masyarakat

Saat ini banyak sekali masyarakat yang menggunakan media sosial. Dengan kehadiran Key Opinion leader, diharapkan hal tersebut dapat menaikkan tingkat partisipasi dan keterlibatan masyarakat, terutama kalangan masyarakat pengguna media sosial.

5. Sebagai narasumber dengan informasi yang valid dan terpercaya

Terakhir, Key Opinion Leader juga memiliki tanggung jawab sebagai seorang narasumber dengan berbagai informasi yang dapat dipercaya oleh masyarakat, khususnya dalam bidang dan industri terkait yang dikuasainya.

Tips dalam Memilih Key Opinion Leader yang Sesuai

Bagi sebuah perusahaan atau bisnis, pemilihan Key Opinion Leader atau KOL adalah hal yang wajib diperhatikan. Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih Key Opinion Leader yang sesuai bagi perusahaan dan bisnis.

1. Usahakan memilih KOL sesuai dengan produk

Menggunakan KOL Management adalah hal yang akan sesuai dengan harapan apabila Anda memilih KOL yang sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Misalnya perusahaan Anda menjual peralatan memasak, sebisa mungkin pilihlah Key Opinion Leader yang expert di bidang kuliner seperti koki maupun chef.

2. Sesuaikan audiens dengan target pasar yang Anda incar

Selain menggunakan jasa KOL yang sesuai dengan produk yang ditawarkan, pastikan jika pengikut atau audiens atau pengikut yang dimiliki oleh Key Opinion Leader sesuai dan cocok dengan target pasar yang Anda incar, sehingga potensi produk Anda dikenal masyarakat luas semakin tinggi.

3. Periksa jumlah pengikut yang dimiliki

Selain itu, pastikan juga Key Opinion Leader yang hendak Anda gunakan jasanya memiliki pengikut yang cukup banyak. Dengan banyaknya pengikut yang dimiliki, bukan tidak mungkin produk yang Anda pasarkan dapat lebih mudah dikenali oleh masyarakat berkat bantuan KOL tersebut yang merekomendasikan produk pada perusahaan Anda.

Dapat disimpulkan jika kembang kol yang dimanfaatkan untuk menjadi sayuran adalah hal yang jelas berbeda dari KOL atau Key Opinion Leader. Pada intinya, KOL adalah salah satu langkah atau upaya yang tepat dalam memasarkan produk pada perusahaan atau bisnis yang Anda miliki. 

Selain pemahaman akan Key Opinion Leader, jika Anda ingin mempelajari berbagai hal yang berkaitan tentang pemasaran digital atau digital marketing maupun hal-hal yang lainnya seperti pengelolaan website, aplikasi dan sebagainya, kursus Digital Marketing di CourseNet bisa menjadi rekomendasi yang cocok untuk Anda.

Kursus Digital Marketing di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Digital Marketing

Play Video about kursus digital marketing

Tertarik mau berkarir dibidang digital marketing? Saatnya kamu ambil keputusan ini. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS DIGITAL MARKETING

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar digital marketing. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang digital marketing.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?