course-net
Search
Close this search box.

Home >

Pelatihan Digital Marketing untuk Berbagai Bisnis: Tips Memilihnya

Wednesday, 22 November 2023 2:24 PM

pelatihan pemasaran digital marketing

Anda yang sedang memiliki bisnis sendiri atau bekerja di bidang pemasaran, mengikuti pelatihan digital marketing menjadi hal yang cukup penting. Kendati demikian, pemilihan tempat belajar pemasaran digital ini juga harus senantiasa diperhatikan.

Mengapa Harus Ikut Pelatihan Digital Marketing?

pelatihan pemasaran digital marketing adalah

Sejatinya, digital marketing bukanlah suatu ilmu yang dapat dipelajari dalam satu-dua malam saja. Meski demikian, ada banyak hal yang membuat Anda perlu mulai mempelajarinya secara intens, baik secara otodidak hingga melalui pelatihan atau bootcamp.

1. Ada banyak hal yang dapat dipelajari

Mengikuti pelatihan atau kursus digital marketing sejatinya memiliki banyak kegunaan dalam berbagai kesempatan. Hal ini karena topik yang akan dipelajari mencakup berbagai elemen penting dalam dunia pemasaran digital.

Adapun materi untuk pelatihan digital marketing yang sering kali ditemui seperti SEO dan SEM, HTML, hingga WordPress. Anda juga bisa mendapatkan materi tambahan seperti Joomla, Mobile Marketing, copywriting, bahkan berbagai analisis dan jenis pemasaran lainnya.

Meski terlihat begitu beragam, namun semua materi tersebut memang sangat relevan dengan apa yang nantinya dikerjakan oleh seorang digital marketer. Oleh karena itu, Anda wajib memahami dan akrab dengan berbagai konsep maupun terminology yang digunakan.

2. Digital marketing merupakan karier yang menjanjikan

Mengikuti pelatihan digital marketing menjadi pilihan cerdas dan tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan karier cemerlang. Saat ini, pertumbuhan dunia digital sudah begitu pesat, termasuk pemasaran. Dengan demikian, kebutuhan ahli di bidang tersebut semakin besar.

Ada banyak posisi yang berkaitan dengan dunia digital marketing, mulai dari copywriter, social media manager, SEO specialist, content marketing strategist, dan sebagainya. Gaji yang ditawarkan juga terbilang besar, bahkan bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Selain itu, tidak jarang pekerjaannya dilakukan secara remote serta dapat dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Jika Anda memiliki kemampuan serta ditambah sertifikasi dari lembaga terbaik, bukan tidak mungkin Anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan impian.

3. Membantu pengembangan dan branding bisnis

Bagi para pebisnis yang mengikuti pelatihan digital marketing gratis sekalipun pada dasarnya juga akan mendapatkan manfaat yang besar. Berbagai ilmu yang diperoleh akan sangat relevan dengan dunia bisnis sehingga dapat diaplikasikan secara langsung.

Bukan tidak mungkin jika pada akhirnya bisnis yang Anda jalankan akan semakin berkembang berkat hasil kursus digital marketing tersebut. Jangkauan target konsumen juga akan semakin luas dengan cara-cara pemasaran yang lebih efisien dan murah.

Baca Juga : 5 Contoh Penerapan Digital Marketing Di Indonesia

Tips Memilih Pelatihan Pemasaran Digital

Setelah mengetahui apa saja manfaat dan kegunaan mengikuti pelatihan pemasaran digital, ada baiknya jika Anda juga mengetahui bagaimana memilih tempat atau lembaga pelatihan yang tepat. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

1. Lakukan riset dan pilih pelatihan terpercaya

Langkah pertama sebelum menentukan pelatihan digital marketing tentu saja dengan melakukan riset dan mengecek mana saja lembaga pelatihan yang kredibel. Terlebih saat ini kursus IT dan digital marketing sudah menjamur, baik secara online maupun offline.

Cek saja review dari para peserta atau alumni pelatihan tersebut. Cermati juga pencapaian alumni yang sudah mengikuti pelatihan sehingga dapat menjadi pertimbangan. Jangan lupa juga untuk mengetahui track record dari lembaga kursus tersebut. 

2. Pastikan lokasi pelatihan terjangkau

Tips selanjutnya dalam memilih lembaga kursus digital marketing yakni memastikan lokasi yang mudah diketahui. Hal ini berlaku bagi Anda yang memilih kursus secara langsung (offline). Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan menjangkau tempat pelatihan tersebut.

Sebagai contoh jika Anda berdomisili di sekitaran Jabodetabek, lembaga pelatihan digital marketing Jakarta mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. Apabila kesulitan mengatur waktu kursus, Anda dapat memilih lembaga kursus dengan opsi pelatihan online.

3. Pahami metode belajar yang ditawarkan

Dalam memilih lembaga kursus hingga bootcamp digital marketing, sangat penting juga untuk memahami metode pembelajaran yang disediakan. Saat ini, sudah banyak lembaga yang menyelenggarakan pelatihan online dan tidak perlu melakukan tatap muka.

Jika Anda mengikuti pelatihan digital marketing secara online tersebut, cermati kembali waktu belajar yang ditawarkan apakah dilakukan secara langsung atau melalui video pembelajaran. Pembelajaran dengan rekaman video belajar bisa menjadi opsi buat Anda yang tidak banyak memiliki waktu luang sehingga dapat diulang beberapa kali.

Suatu kursus hingga bootcamp umumnya juga akan menyelenggarakan tugas atau project bagi para pesertanya sebagai pengayaan dari materi yang sudah dipelajari. Cermati kembali tugas yang akan diberikan apakah relevan atau tidak.

4. Cek materi dan kurikulum yang disediakan

Pastikan juga Anda telah mengetahui dan memahami materi pelatihan digital marketing apa saja yang tersedia. Tidak semua kursus atau bootcamp pemasaran digital memberikan kurikulum yang sama sehingga ada baiknya Anda cek satu persatu materi yang tersedia.

Cermati kembali apakah materi yang diajarkan sesuai dengan tujuan belajar Anda. Terlebih, materi digital marketing pada dasarnya sangat luas seperti mendalami tentang SEO, copywriting, media sosial, desain grafis, dan sebagainya.

5. Kenali mentor yang akan mengajar 

Selain materi dan kurikulum yang disediakan, Anda juga perlu mencermati siapa saja mentor atau pengajar yang disediakan oleh lembaga pelatihan digital marketing. Terlebih, kredibilitas dan kemampuan para mentor akan sangat mencerminkan kualitas dari bootcamp tersebut.

Pastikan Anda mengetahui siapa saja mentor yang tersedia, track record-nya, hingga latar belakang dan pengalaman mereka di bidang digital marketing. Anda juga dapat mencari tahu bagaimana cara mereka menyampaikan materi pembelajaran di berbagai sumber.

6. Menyediakan sertifikat resmi

Sertifikat dari lembaga kursus digital marketing juga termasuk penting untuk Anda ketahui. Jika lembaga tersebut menyediakan sertifikat resmi, Anda dapat memasukkannya ke dalam portofolio hingga resume untuk memulai karier di bidang digital marketing.

Buat para pebisnis atau pengelola UMKM, coba juga cari lembaga pelatihan digital marketing untuk UMKM dengan materi yang relevan. Adapun sertifikat yang nantinya didapatkan akan menjadi bukti dan portofolio untuk menarik minat para pelanggan.

7. Dapat disesuaikan dengan budget Anda

Saat mengikuti suatu bootcamp digital marketing berkualitas memang tidak selalu murah. Untuk itu, Anda perlu memastikan biaya yang harus dikeluarkan sebelum mendaftarkan diri. Lembaga kursus terbaik tentu akan memberi rincian biaya secara jelas dan transparan.

Selalu pilih lembaga kursus yang sesuai dengan budget Anda. Perlu diingat juga jika proses pembelajaran tidaklah sebentar dan membutuhkan minat yang tinggi untuk menyelesaikan semua materinya. Jadi, jangan sampai biaya besar yang Anda keluarkan untuk mengikuti pelatihan digital marketing malah terbuang sia-sia, ya!

Kini, tidak perlu lagi merasa bingung memilih kursus digital marketing yang cocok. Pilih saja CourseNet, layanan kursus IT dengan materi terlengkap namun dengan biaya yang sangat terjangkau. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda sekarang juga!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!