February 23, 2023

Pengertian Big Data ? Simak Penjelasannya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Pengertian Big Data : Definisi , Jenis & Contohnya – Ada yang pernah mendengar istilah big data? Di era digital dan modern seperti sekarang ini, berbagai istilah dan informasi menjadi semakin banyak dan terkadang membuat kalian menjadi bingung untuk membedakan mana informasi yang penting dan mana yang tidak.

Supaya tidak menjadi bingung, sebaiknya kalian mencari berbagai informasi melalui suatu website yang terpercaya seperti Course-Net. Selain mendapatkan berbagai informasi berguna, bahkan kalian bisa mempelajari banyak hal yang bisa mendatangkan manfaat untuk kalian juga loh.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan kepada kalian mengenai suatu istilah yang sering disebut sebagai big data. Simak baik – baik ya.

Pengertian Big Data ? Simak Penjelasannya

Definisi Big Data

Pengertian Big Data ? Simak Penjelasannya

Big data adalah sekumpulan dari berbagai data yang memiliki suatu ukuran atau volume yang besar. Data tersebut terdiri dari data yang terstruktur, tidak terstruktur, dan tidak terstruktur yang dapat dan selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Sekarang, kalian sudah tahu mengenai penjelasan umum dari apa itu big data bukan?

Karakteristik Big Data

Sekarang, kita akan masuk ke dalam penjelasan mengenai karakteristik big data, dan itu adalah:

  • Volume atau Jumlah

Yang pertama adalah volume atau jumlah. Karakteristik ini adalah suatu jumlah data yang dihasilkan dan disimpan dari data itu sendiri. Lalu, ukuran data akan menentukan nilai, kedalaman, serta apakah data tersebut adalah suatu data yang besar atau masih belum.

  • Variety

Karakteristik selanjutnya adalah berbagai jenis dan sifat dari suatu data. Yang nantinya akan membantu para pengguna yang sedang menganalisisnya, untuk dapat menggunakan hasil informasi dengan lebih efektif.

  • Velocity

Kecepatan suatu data yang berhasil dihasilkan dan diproses, dengan tujuan memenuhi tantangan serta tuntutan yang ada di dalam pengembangan dan pengembangan.

Contoh Big Data yang Bisa Kalian Temukan

Contoh Big Data yang Bisa Kalian Temukan

Sebenarnya, ada beberapa contoh big data yang sering kalian temukan loh. Tapi memang masih ada banyak sekali orang yang belum menyadarinya. Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa contoh yang bisa kalian temukan dengan mudah dari penggunaan data seperti ini.

Beberapa contoh tersebut antara lain:

  • Rekomendasi jalur yang harus kalian pilih saat menggunakan aplikasi penunjuk arah seperti Google maps. Rekomendasi jalur tersebut, merupakan hasil dari olahan data yang sangat besar dan rum IT loh.
  • Berbagai rekomendasi film yang bisa kalian tonton saat kalian sering menggunakan layanan penyedia jasa berbagai film. Begitu pula dengan berbagai rekomendasi musik yang kalian dapatkan dari aplikasi penyedianya.
  • Yang paling sering kalian temukan, adalah rekomendasi dari keyword yang kalian masukkan ke dalam kolom pencarian Google.
  • Kalian adalah seorang yang sering menggunakan media sosial? Kalau memang seperti itu pasti sering mendapatkan rekomendasi pertemanan juga bukan? Hal itu juga adalah salah satu contoh dari big data yang diterapkan ke dalam suatu aplikasi

Siapa yang menyangka bahwa berbagai contoh penerapan data berskala besar seperti itu bisa ditemukan dengan mudah dalam berbagai kegiatan yang kalian lakukan setiap harinya.

Manfaat Pengertian yang Bisa Didapatkan dari Big Data Adalah

Karena hal ini berkaitan dengan kumpulan data yang sangat banyak, pastinya akan memberikan banyak manfaat bagi orang – orang yang membutuhkannya. Terlebih lagi para pemilik perusahaan besar, organisasi, atau instansi. Agar lebih jelas, simak manfaat yang bisa diberikan dari kumpulan data satu ini:

  1. Mempermudah untuk Pengambilan Keputusan

Berbagai hasil analisis yang didapatkan melalui sekumpulan data yang besar, pasti akan sangat membantu berbagai perusahaan untuk menentukan suatu keputusan terbaik. Tentu saja karena didasari oleh berbagai data yang ada, keputusan tersebut pastinya memiliki keakuratan yang tinggi.

  1. Penentuan Strategi Marketing Menjadi Lebih Mudah

Saat pengambilan keputusan lebih mudah untuk dilakukan, tentu saja strategi marketing juga akan ikut menjadi mudah untuk diputuskan. Berbagai data pasar dan konsumen yang didapatkan, bisa menghasilkan strategi marketing yang efisien.

  1. Penyebab Masaklah Lebih Cepat Ditemukan

Ketika ada masalah yang menimpa suatu perusahaan atau instansi, dengan menganalisis berbagai data yang ada, pasti akan lebih cepat untuk menemukan sumber dari masalah tersebut. Bahkan, analisis yang dilakukan itu juga bisa membantu perusahaan untuk mencegah suatu masalah agar tidak menimpa perusahaan tersebut.

  1. Lebih Mengenal Para Pelanggan dengan Lebih Baik

Melalui analisis data yang dilakukan, kalian juga akan mendapatkan banyak informasi dari para pelanggan. Tentu saja hal itu bisa kalian gunakan untuk mengenali mereka dengan lebih baik lagi. Selain itu, berbagai alasan para pelanggan membeli produk kalian, juga bisa dijadikan dasar untuk memperbaiki produksi.

  1. Pengembangan Produk

Seperti yang kami sebutkan tadi, bahwa hasil analisis big data bisa digunakan untuk mengembangkan produk yang kalian miliki. Tentu saja pengembangan tersebut harus berdasarkan dari minat para pelanggan yang sebelumnya telah kalian analisis.

Alasan Mengapa Big Data Penting Adalah

Setelah memahami pengertian big data, contoh, dan juga manfaat, kalian juga harus tahu alasan mengapa kumpulan data yang besar sangat penting bagi suatu perusahaan atau suatu instansi. Alasan tersebut ialah:

  • Dapat Menghemat Biaya

Dengan berbagai data yang tersedia, tentu saja berbagai informasi penting bisa kalian dapatkan sangatlah banyak. Hal ini juga bisa membantu perusahaan mengeluarkan uang operasional sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga menjadi lebih hemat.

  • Menghemat Waktu

Selain biaya, waktu yang dikeluarkan juga pasti akan menjadi lebih efisien. Kalau sudah seperti ini, kalian tidak akan lagi membuang – buang waktu untuk berbagai hal yang tidak penting bagi perusahaan.

  • Memahami Kondisi Pasar yang Ada

Perusahaan akan sangat terbantu dengan berbagai data yang ada untuk menganalisis suatu pasar. Hal ini bisa juga memberikan mereka bantuan untuk menentukan strategi marketing apa yang kira – kira cocok untuk digunakan dalam kondisi pasar tersebut.

  • Membantu Memunculkan Inspirasi Untuk Inovasi Produk Terbaru

Bagi suatu perusahaan, inspirasi membuat produk terbaru adalah salah satu hal yang harus dipikirkan dengan sangat matang – matang. Hal itu agar pasar atau konsumen bisa menerimanya dan membuat produk baru tersebut tidak menjadi barang yang tidak laku.

Karena ada banyak data mulai dari keluhan serta keinginan para pelanggan, akhirnya bisa membantu banyak perusahaan untuk memberikan ide baru dalam inovasi produk yang ada atau untuk membuat suatu produk yang baru lagi.

Kami rasa berbagai penjelasan mengenai kumpulan data dalam jumlah besar kali ini sudah cukup sampai di sini saja. Kami juga yakin bahwa sudah ada banyak dari kalian yang sudah mengerti mengenai pengertian, contoh, manfaat, serta alasan pentingnya dari data bagi perusahaan, instansi, atau orang yang membutuhkannya.

Semoga saja penjelasan mengenai big data kali ini dapat memberikan manfaat untuk kalian semua. Selalu jaga kesehatan diri kalian dan juga keluarga ya.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO EARLY BIRD
DISKON IDR 1.000.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 5 Juni 2023

Share Artikel Ini

Artikel Terbaru

Gabung Newsletter Course-Net

Dapatkan tips update dan informasi terkini serta promo menarik melalui newsletter kami.