March 7, 2023

RDP Adalah Protokol Jaringan Penting Untuk Windows

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

RDP Adalah Protokol Jaringan Penting Untuk Windows – RDP adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah kecepatan internet, layanan ini juga pas bagi yang ingin coba mengakses perangkat PC dari jauh dengan kinerja yang terjaga. Di mana saja letaknya, Anda dapat menjalankan program komputer lain meski dari lokasi berbeda. Agar lebih jelasnya, Anda bisa simak pembahasan berikut.

RDP Adalah ? Simak Penjelasannya

Apa Yang Dimaksud Dengan RDP?

Lebih jelasnya, apa itu RDP yaitu protokol jaringan komunikasi punya Microsoft yang bisa membuat penggunanya terhubung ke perangkat komputer lain secara remote, bukan hanya sekadar untuk melakukan transfer data, melainkan bisa melihat juga tampilan layar dan bisa mengoperasikan berbagai fungsi-fungsi desktop.

RDP Adalah Protokol Jaringan Penting Untuk Windows

Protokol satu ini khusus untuk menjalankan Windows sehingga dapat membuat sambungan secara jarak jauh memakai PC Windows lewat penginstalan yang mampu mendukung server Windows server. Walau demikian, bukan semua versi Windows bisa menggunakannya secara Full.

Contohnya sistem Windows 10 – Home saja yang bisa digunakan menjadi komputer client supaya terhubung ke dalam sistem Remote Desktop Windows lainnya.

Fungsi RDP Adalah

Setidaknya ada 2 macam fungsi dasar dari protokol remote desktop:

  1. Perangkat implementasi

Kegunaan protokol remote desktop yaitu menjadi perangkat implementasi dan administrasi jarak jauh dengan dasar VNC untuk sistem kerjanya. Aplikasi VNC mampu memanfaatkan internet sehingga bisa memungkinkan dari satu klien atau mesin untuk mengontrol mesin yang lain meski jaraknya jauh.

  1. Mengirim data

Fungsi free rdp juga mampu mengirimkan data seperti apa saja misal sinyal serial perangkat, informasi lisensi, data presentasi, dan data yang terenkripsi antara klien dan remote server. Tapi pada dasarnya protokol remote desktop berguna untuk mengirimkan monitor remote server menuju klien.

Manfaat RDP

Manfaat RDP

Lalu mengapa protokol remote desktop harus digunakan? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan protokol satu ini dan membuatnya lebih unggul dibandingkan sistem Remote Desktop yang lainnya. Manfaat-manfaat RDP adalah kurang lebih seperti berikut:

  1. Memfasilitasi pengguna dengan internet cepat

Kecepatan akses internet yang dapat digunakan bisa mencapai angka 1.000 Mbps bahkan bisa lebih saat menggunakan protokol remote desktop, hal ini tergantung kecepatan server network remote desktop itu sendiri. Dengan manfaat colab rdp satu ini, maka sangat berguna jika Anda biasa mengunduh dan upload data-data besar.

  1. Menjalankan aplikasi yang selalu berjalan

Di dalam sistem protokol remote desktop, koneksi satu ini tak akan terputus walau komputer dimatikan. Pengguna tetap dapat membiarkan aplikasi atau pun bot menyala tapi prosesnya harus tidak sampai melampaui bandwidth server.

  1. Bisa digunakan sesuai server penunjang

Memakai protokol remote desktop hanya bisa jika Anda punya server yang mampu menunjangnya. Dengan begitu, maka Anda bisa memilih mana server sesuai spesifikasi yang diinginkan.

Sistem Kerja RDP

Kebutuhan dari sistem RDP adalah yaitu perangkat PC server serta klien, contohnya seorang pengguna meminta sambungan protokol remote desktop yaitu klien yang dapat memakai perangkat macOS, Windows, iOS atau Android untuk remote pengontrol server PC.

Lalu setelah itu, harus dipastikan kedua komputer, yaitu komputer klien dan komputer Windows terinstal protokol remote desktop sesuai tugas yaitu sebagai server atau client. Dengan seperti itu, maka perangkat lunak klien yang memakai protokol remote desktop bisa memungkinkan terhubung menuju komputer mana saja yang memproses sistem Windows atau pun sistem operasi yang lain asal kompatibel.

Pengguna dapat melihat konten pada layar meski dari jauh, termasuk kegunaan RDP adalah mengontrol fungsi dari komputer tersebut seperti sedang memakainya langsung.

Keunggulan RDP Adalah

Ada pun beberapa keunggulan dari protokol remote desktop ini yang perlu diketahui, berbagai keunggulan RDP adalah seperti beberapa hal berikut ini:

  1. Bisa melakukan BOT, hitleap, juggling, penggunaan untuk kata sandi, dan memproses download atau upload dengan file berukuran besar
  2. Proses download dan upload bisa berlangsung sangat cepat
  3. Protokol yang dapat dipakai untuk unduh data situs torrent dengan aman tanpa takut terdapat pelanggaran internet
  4. Bisa selalu nyala meski sudah tidak lagi terkoneksi aplikasi protokol remote desktop itu sendiri
  5. Bisa digunakan sebagai server pada game online

Langkah-langkah Mengaktifkan RDP Pada Windows

Agar bisa mengaktifkan fungsi dari protokol remote desktop sebenarnya cukup mudah. Anda cukup menerapkan beberapa langkah-langkah di bawah ini:

  • Anda bisa awali dengan membuka menu setting dengan memilih menu dialog start, kotak ini berada di bagian paling kiri bawah
  • Selanjutnya pilih Settings yang terdapat gambar gerigi, bisa juga Anda memakai fitur Search
  • Selanjutnya pilihlah System, dan cari opsi Remote Desktop
  • Kalau sudah, langsung saja aktifkan rdp gratis dengan memindahkan slider sampai posisinya ON.

Langkah-Langkah

Harus diketahui semua perangkat PC Windows beserta server Windows telah memiliki tools RDC atau Koneksi Remote Desktop yang ada secara default di Windows. Jika Anda ingin coba menghubungkan akses Remote Desktop Windows memakai perangkat PC Windows yang lain, gunakan RDC tersebut.

Tapi jika terhubung ke PC lain memakai jaringan lokal, perlu menemukan terlebih dahulu hostname atau IP lokal terlebih dulu. Anda bisa mengaturnya dengan mengklik Windows Setting lalu pilih Network&Internet dan cari opsi View network properties agar dapat melihat informasi detail mengenai remote PC termasuk IP local dan hostname.

Berikut Caranya

Di bawah ini ada langkah-langkah menghubungkan server Windows atau Remote Desktop Windows dengan sistem RDP:

  • Tekan logo Windows+R bersamaan pada keyboard Anda
  • Nantinya akan muncul kotak Run, Anda bisa ketik mstsc di sana
  • Pilih OK dan Anda akan diarahkan menuju Remote Desktop Windows Connection
  • Anda bisa mengetikkan alamat IP Remote Desktop Windows Anda di text box Computer, lalu setelah itu bisa pilih Show Option
  • Ketikkan username perangkat yang ingin dihubungkan pada bagian username
  • Lalu tekan Connect di kotak dialog yang tersedia
  • Kalau tidak bisa tersambung lalu muncul notifikasi tidak bisa autentikasi karena ada masalah sertifikat keamanan, Anda bisa klik Yes supaya tetap dapat menyambungkan

Ada pun cara agar bisa menerima akses remote Windows PC dengan akses RDP adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol keyboard, Windows+R
  • Akan ada dialog box Run, lalu ketik mstsc pada box tersebut
  • Pilihlah OK dan Anda menuju jendela koneksi remote desktop nantinya
  • Pilih opsi Allow dan setelah itu akan ada tampilan System Properties
  • Pilih tab remote, dan ke menu Remote Desktop
  • Anda bisa centang opsi Allow yang ada di sana dan Pilih OK

Demikian saja informasi kali ini, RDP adalah protokol yang sangat penting untuk efisiensi penggunaan sistem Windows. Untuk lebih jelas mengenai RDP dan bidang teknologi lain, Anda bisa coba ikut pelatihan Course-Net.

Ada banyak pelatihan mulai dari kursus studio android, android programming, networking, sampai cyber security ada di Course-Net. Semoga bahasan di atas bisa bermanfaat.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO EARLY BIRD
DISKON IDR 1.000.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 5 Juni 2023

Share Artikel Ini

Artikel Terbaru

Gabung Newsletter Course-Net

Dapatkan tips update dan informasi terkini serta promo menarik melalui newsletter kami.