course-net
Search
Close this search box.

Scraping Adalah : Pengertian, Teknik, Dan Manfaatnya

Minet

February 27, 2024

Teknik Scraping Web Adalah

Scraping Adalah  – Bila kalian menjalani bisnis online, maka kalian mungkin perlu mengenali scraping ini, sebab manfaatnya itu sangatlah besar lho. Dari melakukan hal tersebut kalian bisa melakukan riset pasar sampai ke riset kompetitor untuk bisa mendapat hasil yang maksimal. Untuk melakukannya sendiri ada banyak tekniknya, dan kalian perlu untuk memahaminya dengan baik terlebih dahulu.

Kami rasa sangat penting untuk melakukan ini dalam berbisnis online, supaya kalian bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa hal mengenai Scraping ini termasuk nilai pentingnya dan juga pengaruhnya.

Apa Itu Scraping Web?

Pertama-tama tentunya kalian perlu tahu dulu mengenai apa itu Web Scraping adalah sebelum bisa melakukannya dengan baik. Bila kalian mencari informasi mengenai kompetitor secara mendalam dan mencatatnya, maka itu sudah menjadi salah satu langkahnya. Jadi Web Scraping adalah proses pengambilan data dari suatu website tertentu termasuk data kompetitor bisnis online kalian.

Metode yang digunakan dalam melakukan hal ini pun sebenarnya ada 2 yakni manual dan juga otomatis. Berikut penjelasannya.

  1. Manual

Metode manual ini berarti kalian melakukan copy paste untuk menyalin data dari suatu website tertentu.

  1. Otomatis

Metode otomatis berarti menggunakan koding, aplikasi atau extension browser untuk mendapatkan data dari website tersebut.

Jadi pada dasarnya bila kalian mengambil data tertentu dari suatu website tertentu baik itu manual atau otomatis bisa dianggap sebagai Scraping.

Teknik Scraping Web Adalah

Teknik Scraping Web Adalah

Teknik dalam melakukan hal ini sendiri sebenarnya cukup banyak lho, salah satu teknik yang bisa digunakan yakni Web Scraping Python. Yang terbaik sampai saat ini masih menggunakan metode manual atau dengan menggunakan sistem koding tertentu. Berikut ini kami akan jelaskan pilihan teknik yang bisa dipakai untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Menyalin Data Manual

Teknik yang pertama dan mungkin yang masih paling efektif dan efisien untuk digunakan yakni dengan menyalin data secara manual. Meskipun ini cara yang sederhana, tapi cara ini memang memakan waktu yang cukup lama untuk bisa menyelesaikannya. Jadi kalian perlu mengambil dan kemudian menyimpan informasinya satu per satu dari website yang kalian pilih.

Metode ini merupakan metode yang paling akurat dalam pengumpulan data, karena kalian sudah tahu letak informasi yang ingin disalin. Tapi teknik manual ini memang disarankan dilakukan bila jumlah website yang akan kalian saring itu tidak terlalu banyak.

  1. Memakai Reguler Expression

Metode berikutnya yakni Reguler Expression yang mungkin bukan merupakan metode yang sederhana untuk dilakukan. Reguler Expression sendiri adalah baris kode yang digunakan dalal algoritma pencarian data yang ingin kalian dapatkan pada suatu website. Penggunaan Web Scraping With Python biasanya menggunakan Reguler Expression, karena konsistensi Syntax dalam berbagai bahasa pemrograman.

Bisa dibilang ini merupakan metode yang cukup fleksibel untuk digunakan karena bisa dipakai di semua bahasa pemrograman. Selain itu pencarian Reguler Expression ini bisa dipakai untuk mencari data berdasarkan nama produk, harga, dan lain sejenisnya.

  1. Menganalisa DOM

DOM atau Document Object Model menjadi metode ketiga dalam melakukan scraping yakni menganalisa DOM ini. DOM sendiri merupakan representasi struktur dari sebuah halaman website yang dikode atau ditulis memakai HTML. Ini mungkin menjadi alternatif ketika Parsing HTML tidak berhasil, karena DOM dari halaman website biasanya dimuat terlebih dahulu.

  1. Parsing HTML

Berikutnya ada metode Parsing HTML yang mana akan ada proses pengiriman HTTP request kepada server untuk menyimpan data. Teknik ini memungkinkan kalian melakukan data Scraping pada website yang statis atau juga yang dinamis. Parsing HTML ini pun memungkinkan kalian untuk menyimpan atau juga menyalin data dalam jumlah yang besar dalam waktu singkat.

Kelemahan dari Parsing HTML ini yakni mudah untuk dicegah dengan proteksi yang ada pada website. Bisa jadi juga kalian akan diblokir bila terlalu sering melakukan hal tersebut pada suatu situs. Jadi kalau ingin mempergunakan metode parsing HTML ini untuk melakukan Scraping pada website, pastikan tidak terlalu sering dilakukan.

  1. Menggunakan XPath

Berikutnya ada metode Xpath yang merupakan bahasa query yang digunakan untuk memilih node dari struktur file XML dan HTML. Implementasinya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dari analisa DOM untuk mencari data dari struktur file halaman. Metode ini pun bisa dipakai untuk mencari data teks pada file XML dan HTML dengan cepat.

Hal ini tentu saja menjadi pilihan alternatif lainnya untuk melakukan Scraping Data ketika metode DOM atau Parsing HTML tidak berhasil dilakukan.

  1. Menggunakan Google Sheet

Metode yang terakhir menggunakan aplikasi dari Google yakni Google Sheet yang biasa dipakai untuk membuat Spreadsheet. Kalian mungkin hanya perlu browser dengan fitur inspect element, dan kemudian Copy Expression Path. Import ke dalam IMPORTXML yang merupakan salah satu fitur dari Google Sheet untuk menyalin data dari web yang kalian akan salin datanya.

Fungsi web scraping

Perlu diketahui kalau fungsi utama web scrapping sebagai pengumpul data dan informasi. Selain itu, ada fungsi lain dari web scrapping yang tidak kalah penting.

  • Monitoring harga di pasaran

Adanya web scrapping bisa memonitoring harga produk yang sama di pasaran. Jika mempunyai produk tertentu, maka bisa dengan mudah melihat perbandingan harganya dengan memakai web scrapping.

  • Analisa competitor

Bukan hanya bisa mengetahui harga produk yang serupa dari competitor. Adanya web scrapping juga bisa memberitahukan dengan dalam berbagia macam informasi perusahaan lain.

Web scrapping akan melakukan analisa competitor. Data tersebut akan berguna dalam pengambilan keputusan dan merencanakan strategi yang tepat dalam berbisnis.

  • Mendapatkan informasi yang akurat dan actual

Anda dapat menggunakan beberapa tools dalam melakukan Web Scraping seperti Google Spreadsheet, Octoparse dan lainnya. Adanya web scrapping bisa mengetahui berbagai macam tren yang kini beredar di masyarakat. Selain itu juga bisa memantau berbagai macam informasi yang akurat dan terpercaya dari website dengan memakai web scrapping. Itulah pengertian dari web scrapping dan fungsinya. Web scraping adalah suatu metode yang memudahkan untuk menjalankan sebuah bisnis, terutama bisnis online. Selain itu, ada juga fungsi lainnya yang bisa mmebantu untuk menyukseskan bisnis.

Manfaat Scraping Web Adalah

Manfaat Scraping Web Adalah

Melakukan pengumpulan data website ini pada dasarnya sangat penting dan tentunya bisa memberikan beberapa manfaat yang mungkin cukup menarik. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika melakukan hal ini dengan baik dan benar.

  1. Optimasi harga produk dan atau layanan

Manfaat yang pertama itu kalian bisa melakukan optimasi harga produk dan layanan dengan baik saat berjualan online. Dari melakukan langkah Scraping ini kalian bisa tahu harga yang ditawarkan oleh kompetitor itu seperti apa. Jadi nantinya penentuan harga yang kalian lakukan pun akan bisa bersaing dan akhirnya bisa lebih ramai pengunjung atau pembeli.

  1. Mendapatkan Leads

Manfaat yang berikutnya dari scraping adalah mendapatkan Leads untuk bisnis baru, jadi tidak ada salahnya mendekati follower dari kompetitor. Untuk memudahkan biasanya akan ada salin informasi pelanggan dari kompetitor yang pasti sangat penting dan bermanfaat. Bisa juga mengambil data demografi follower untuk menjadi bahan segmentasi pasar nantinya.

  1. Membandingkan Review atau Ulasan dalam Jumlah yang Besar

Manfaat yang ketiga yakni mempercepat proses dokumentasi data dari ulasan sebuah produk yang sangat berguna bagi perusahaan. Dari ulasan ini kalian akan bisa mengetahui kebutuhan konsumen dengan lebih baik dan juga lebih jelas. Bila kalian sudah mengetahui kebutuhan dari para konsumen, maka kalian bisa membuat produk yang solutif sesuai kebutuhan.

  1. Mencari Informasi Sebuah Perusahaan

Manfaat yang terakhir yakni untuk mencari informasi sebuah perusahaan, dan ini tentunya merupakan poin yang sangat penting. Mencari informasi tersebut menjadi salah satu langkah untuk mengetahui bagaimana kompetitor kita mulai dari harga dan lain sebagainya.

Contoh Web Scraping

Beberapa contoh web scraping yang umum dilakukan yaitu:

1. Detail produk e-commerce

Web scraping dapat digunakan untuk mengekstrak detail produk, harga, deskripsi, dan ulasan dari website e-commerce. Dengan mengambil data ini dari beberapa toko online, bisnis dapat melakukan analisis persaingan, memantau tren harga, dan membuat keputusan harga yang tepat.

2. Analisis sentimen media sosial

Web scraping juga dapat digunakan untuk mengumpulkan posting dan komentar media sosial yang terkait dengan merek atau produk tertentu. Data ini kemudian dapat dianalisis untuk mengukur sentimen publik, mencari tahu pendapat pelanggan, dan mendapatkan informasi tentang preferensi pelanggan.

3. Headline dan artikel

Web scraping berita membantu mengumpulkan headline, ringkasan artikel, dan URL dari berbagai sumber berita. Data gabungan ini dapat digunakan untuk kurasi konten, pemantauan media, dan analisis tren.

4. Daftar real estate

Web scraping dapat digunakan untuk mengekstrak daftar real estate dari website properti. Dengan mengamati detail properti seperti harga, lokasi, dan fasilitas, calon pembeli atau investor dapat membandingkan penawaran dan membuat keputusan yang tepat.

Demikianlah pengertian mengenai pengumpulan data yang lebih mudah. Kalian bisa dengan mudahnya mempelajari mengenai scraping ini di Course-Net yang menyediakan materi yang lengkap untuk memahaminya dengan baik.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!