course-net
Search
Close this search box.

Search Encrypt Adalah: Pengertian, Cara Install serta Kelebihan yang Dimiliki

Minet

March 7, 2024

Search Encrypt Adalah: Pengertian, Cara Install serta Kelebihan yang Dimiliki

Search Encrypt Adalah: Pengertian, Cara Install serta Kelebihan yang Dimiliki – Salah satu mesin pencari yang saat ini banyak digunakan sebagai alternatif Google ialah Search Encrypt. Nah, di sini akan dibahas pengertian serta beberapa hal menarik yang masih berkaitan dengan search engine atau mesin pencari ini! Tentunya search engine ini bisa dijadikan alternatif lain jika kita bosan menggunakan Google untuk mendapatkan informasi.

Berbicara mengenai mesin pencari maka yang terlintas di pikiran sebagian besar orang ialah Google. Google sendiri merupakan mesin pencarian yang sangat populer hingga saat ini. Padahal sebenarnya banyak mesin pencarian yang memiliki fungsi sama dengan Google.

Search Encrypt Adalah: Pengertian, Cara Install serta Kelebihan yang Dimiliki

Search Encrypt Adalah ? Simak Penjelasannya

Pengertian Search Encrypt

Seperti halnya Google, Search Encrypt adalah sebuah plugin yang ada pada Browser, di mana plugin tersebut bisa digunakan untuk mengakses berbagai hal umum yang sering dicari di berbagai browser internet. mesin pencari enkripsi ini memberikan perhatian yang lebih pada keamanan dan privasi dari data pengguna. Hal yang perlu kita ketahui bahwa Search Encrypt menggunakan kombinasi dari AES-256 dan SSL yang sangat bagus untuk perlindungan.

Fungsi

Sebelum mengetahui cara untuk menginstall encrypt search, maka terlebih dahulu kita mengetahui berbagai fungsi dan kelebihan yang dimiliki oleh Search Encrypt. Dengan mengetahui berbagai fungsinya maka kita bisa mengaksesnya dan memanfaatkan berbagai fiturnya secara optimal. Adapun untuk fungsinya sendiri, ialah:

1. Sebagai sarana untuk mendapatkan atau mencari informasi

Fungsi yang pertama dari mesin pencarian terenkripsi yaitu sebagai sarana untuk mendapatkan dan mencari informasi. Hal ini karena kapasitas dari mesin pencarian yang sangat besar sehingga dapat memberikan informasi yang berbeda dengan menggunakan bahasa yang berbeda dalam waktu yang singkat.

2. Efektif digunakan untuk browsing

Selain sebagai sarana untuk mencari informasi, mesin pencarian ini juga efektif digunakan untuk melakukan browsing. Dengan menggunakan Search Encrypt maka kita tidak perlu menelusuri situs web satu persatu yang dapat menghabiskan waktu.

3. Memudahkan melakukan pencarian situs web

Seiring dengan bertambahnya pengguna internet, mesin pencarian ini juga memiliki berbagai jenis informasi yang dibutuhkan dengan sangat mudah dicari, baik informasi yang berasal dari blog maupun dari website.

Baca Juga : Enkripsi Adalah : Definisi , Kegunaan, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Kelebihan

Sementara itu untuk beberapa kelebihan yang dimiliki oleh search+encrypt, di antaranya yaitu:

1. Menyediakan berbagai sumber informasi

Kelebihan yang dimiliki oleh mesin pencarian terenkripsi ini ialah menyediakan berbagai sumber informasi yang lengkap. Adapun sumber informasi ada yang berasal dari blog, forum, ensiklopedia serta berbagai platform lainnya. Banyaknya sumber informasi ini memungkinkan siapa pun yang mencari informasi sangat mudah untuk dilakukan.

2. Membantu mengatur agar informasi bisa tersebar di halaman yang sama

Kelebihan lainnya ialah dapat mengatur agar informasi dapat tersebar ke berbagai halaman web yang sama, dengan begitu informasi yang sama dapat terorganisir dengan baik, sehingga akan membantu kita mendapatkan informasi secara rapi dan jelas.

3. Memberikan hasil pencarian yang lebih akurat

Kelebihan selanjutnya dari mesin pencarian terenkripsi ialah dapat memberikan hasil pencarian yang lebih akurat. Hal ini akan sangat membantu pengguna dalam mendapatkan informasi yang sesuai dengan apa yang sedang di cari.

4. Mampu melakukan pencarian dari berbagai sumber web

Informasi yang ditampilkan biasanya tidak hanya dari satu sumber saja, melainkan dari berbagai sumber. Dengan begitu kita bisa memilih sumber yang memiliki informasi yang paling mendekati dengan informasi yang sedang kita cari.

Cara Melakukan Instalasi Search Encrypt dan Uninstall

Seperti yang kita ketahui bahwa Search Encrypt adalah mesin pencarian yang lebih berfokus pada keamanan atau privasi. Hal ini menjadikan mesin tersebut dapat melindungi data pengguna serta tetap menjaga riwayat pencarian menjadi lebih tertutup dibandingkan dengan aplikasi mesin pencarian lainnya.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini maka kita perlu menginstallnya terlebih dahulu. Adapun berikut ini beberapa cara untuk menginstall Search Encrypt install, yaitu:

1. Cara install ke Google Chrome

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menginstall mesin pencarian terenkripsi ke Google Chrome yaitu:

  • Buka Google Chrome, lalu pilih mode ekstensi, scroll ke bawah kemudian pilih opsi lebih banyak ekstensi
  • Langkah selanjutnya yaitu mencari tentang search terenkripsi lalu klik pada tanda + ke dalam Google Chrome
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga aplikasi mesin pencarian tersebut telah masuk ke dalam sistem.

2. Cara install pada Mozilla Firefox

Selain menggunakan Google Chrome, kita juga bisa menginstal mesin pencarian ini pada Mozilla Firefox. Adapun beberapa caranya yaitu:

  • Masuk ke Mozilla Firefox. Lalu pilih pada opsi Add-ons pada menu utama Firefox
  • Klik pada opsi ekstensi
  • Pilihlah mesin pencarian terenkripsi untuk dimasukkan ke dalam Mozilla Firefox
  • Pada opsi pencarian, pilih opsi install lalu opsi tersebut akan otomatis masuk pada Mozilla Firefox.

Cara Kerja Search Encrypt

Berikut ini cara search enrcypt bekerja:

  • Search encrypt memeriksa URL setiap situs web yang kamu kunjungi.
  • Demi privasi pengguna, search encrypt akan menghadang permintaan saat itu ada di daftar situs yang mungkin melacak.
  • Search encrypt mengenkripsi pencarian pengguna, dengan menggunakan enkripsi AES-256 standar industri.
  • Pencarian terenkripsi lokal pengguna akan dikirimkan dengan aman ke server search encrypt.
  • Agar memberi pengguna hasil yang paling relevan, search encrypt kemudian mendekripsi istilah penelusuran kamu dan meminta hasil dengan aman dari mitra penelusuran & konten mereka.
  • Search encrypt kemudian mengumpulkan hasil yang paling relevan, lalu menampilkannya dengan aman kepada penggunanya.
  • Untuk keamanan tambahan, riwayat penelusuran lokal pengguna untuk penelusuran apa pun yang search encrypt lindungi, akan kedaluwarsa serta hilang setelah 30 menit jika tidak aktif atau tidak ada aktivitas.

Alasan Menggunakan Mesin Pencarian Terenkripsi

Selain memiliki fungsi dan kelebihan yang cukup banyak manfaatnya, masih banyak alasan yang mengharuskan kita menggunakan mesin pencarian terenkripsi. Adapun beberapa alasannya yaitu:

1. Bersifat privasi

Bagi kita yang memprioritaskan privasi, maka aplikasi ini merupakan suatu pilihan yang tepat. Hal ini karena mesin pencari ini tidak menyediakan fitur riwayat karena data yang masuk ke dalam riwayat pencarian tidak bisa sembarangan untuk ditampilkan. Bagi para pengguna yang ingin privasi nya lebih terlindungi maka alangkah baiknya jika menggunakan mesin pencari ini. Dengan begitu data pribadi akan aman karena tidak ada yang meretasnya.

2. Bisa menghilangkan crosscheck

Alasan lainnya menggunakan mesin pencarian terenkripsi Search Encrypt ialah kita bisa menghilangkan crosscheck pada suatu kolom check yang ada di ekstensi. Adapun cara yang dilakukan untuk menghilangkan crosscheck, yaitu:

  • Langkah pertama buka Google Chrome, lalu klik pada menu
  • Selanjutnya klik pada opsi More Tools
  • Kemudian klik pada opsi Extensions
  • Lalu klik pada ikon bergambar kotak sampah yang berada di sebelah mesin pencarian
  • Langkah berikutnya klik remove pada pop up dialog yang muncul
  • Maka ekstensi mesin pencarian telah terhapus dari Google Chrome.

Ya, itulah beberapa ulasan singkat dan padat seputar mesin pencarian terenkripsi, di mana mesin pencarian ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang khawatir akan keamanan data pribadi. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita tidak perlu khawatir akan terjadi kebocoran data yang diretas hacker. Hal ini karena mesin pencarian terenkripsi ini tidak akan sembarangan dalam memberikan datanya karena sistemnya yang bersifat tertutup.

Demikianlah beberapa hal terkait dengan Search Encrypt serta berbagai cara untuk menginstallnya. Bagi kita yang ingin mengakses mesin pencarian dengan tingkat privasi yang lebih aman maka Search Encrypt ini bisa dijadikan alternatif selain search engine Google.

Untuk bisa mempelajari mengenai hal ini maka bisa mengikuti les kursus di Course-Net seperti kursus data science. Di sana kita akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kemajuan teknologi, sehingga kita tidak akan menjadi manusia yang buta akan perkembangan teknologi!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!