course-net
Search
Close this search box.

Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

Minet

August 18, 2022

Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

Perbedaan SEO dan SEM , Bagi anda pelaku bisnis digital pastinya sudah tidak asing dengan istilah – istilah tersebut. Namun pasti diantara anda ada yang belum mengetahui perbedaan dari keduanya. Disini saya akan mencoba untuk menjelaskan kepada anda tentang keduanya.

Disini saya akan menjelaskan secara mendasar kepada anda , tentang pemahaman apa itu SEO dan SEM. Disamping itu saya akan menjelaskan kepada anda tentang perbedaan dari keduanya yang harus anda ketahui.

Apa Itu SEO ( Search Engine Optimization ) ?

Apa Itu SEO

SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan proses mengoptimasi terhadap website beserta seluruh aspeknya agar bisa memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari salah satunya adalah Google.

Jika anda ingin mendapatkan pengunjung lebih banyak, SEO merupakan salah satunya. Dimana dengan mengetikan keyword di mesin pencari google dan website anda berada di halaman 1 google ini memberikan potensi website anda untuk di klik oleh calon customer , Sehingga ini bisa mendatangkan traffik kedalam website anda.

SEO merupakan bagian dari SEM ( Search Engine Marketing) itu sendiri. Aturan dan algoritma SEO selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun ada beberapa aspek SEO yang tetap konsisten yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Ini merupakan komponen inti dari SEO.

SEO On-Page

SEO On-page adalah praktik yang mengoptimalkan konten pada halaman suatu website agar website bisa mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari google sehingga mudah ditemukan oleh pengguna. Pada dasarnya SEO Onpage adalah teknik dasar membuat konten yang SEO Friendly , Sehingga konten yang kamu buat bisa mengalahkan kompetitor anda.

Ada beberapa hal SEO Onpage yang harus kamu perhatikan :

  • Meta Description
  • URL title
  • ALT Text Untuk Gambar
  • Tag Title
  • Internal Link
  • Site Speed

Dimana semua aspek ini harus bisa dimaksimalkan dengan baik sehingga bisa memberikan peringkat yang baik di mesin pencar.

SEO Offpage

Berbicara SEO Onpage lebih dominan ke internal website , SEO offpage justu lebih fokus ke eksternal website. Dimana SEO Offpage merupakan aktivitas yang dilakukan untuk mengoptimalkan website dari luar.

Dimana SEO Offpage bisa dibilang adalah cara mempromosikan website dengan memanfaatkan link building, backlink dan sebagaiannya. Backlink adalah sebuah link yang ditanam di website lain dan akan mengarah ke website kita sehingga memberikan efek terhadap website yang kita miliki

Tapi dalam mencari backlink harus berhati hati. Jangan sampai terlalu banyak dan dianggap SPAM oleh Google.

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang merupakan bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri.

SEM mencakup taktik SEO yang sebelumnya kita bahas diatas. Selain pengoptimaan mesin pencari, SEM juga menyertakan penelusuran berbayar. Apa saja contohnya ? Bisa seperti PPC dan iklan semacam Google Ads.

Perbedaan SEO Dan SEM Yang Harus Kamu Ketahui

SEO meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat web ini muncuk di peringkat teratas mesin pencari. SEM adalah pemasaran melalui mesin pencari melalui hasil organik dan non-organik. Jadi SEM mencakup kegiatan SEO serta taktik pemasaran dimesin pencari lainnya.

Nah itulah merupakan perbedaan dari keduanya. Dimana optimasi mesin pencari (SEO) adalah bagian dari pemasaran mesin pencari SEM.

Berikut ini adalah pembedanya

1. Terdapat Ikon “Iklan” Di Hasil Pencarian SEM

Hasil pencarian dari penerapan SEM dan SEO itu sangatlah berbeda.Iklan Berbayar akan muncul dari penerapan SEM dianggap sebagai iklan. Seementara hasil pencari dari SEO tak ada embel embel iklan dibawahnya.

2. SEM Berbayar Dan SEO Gratis

SEM adalah iklan bentuk PPC, Sehingga anda harus punya anggaran untuk SEM agar bisa tampil terus. Sedangkan SEO merupakan strategi yang bisa anda terapkan tanpa harus mengeluarkan biaya

3. SEM Bisa Memilih Target Audience Yang Sesuai

Memang baik SEO dan SEM bertujuan agar bisa memahami audiens lebih baik. Tapi hanya bisa memilih target audiens dengan SEM. Pada dasarnya SEM bisa memilih pencarian ditampilkan untuk audiens berdasarkan umurnya, lokasi dan masih banyak lainnya.

4. Hasil SEM Lebih Cepat Dibandingkan SEO

Memang SEM tak langsung muncul ketika anda memasangnya, Karena semua ini butuh proses dan persaingan dengan pemasangan iklan. Proses SEM lebih cepat dibandingan dengan SEO.

Selain itu SEM bisa anda matikan sewaktu waktu dan anda bisa menghidupkannya sesuka anda. Sedangkan SEO merupakan strategi yang membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya dan bisa membaik atau memperburuk seriring waktu.

5. SEO Bagus Untuk Jangka Panjang

SEM itu hanya aktif selama anda membayar iklan untuk tampil di mesin pencarian. Sekali anda mematikan iklan tersebut, Maka strategi SEM anda sudah berakhir. SEO justru sebaliknya , Dimana SEO adalah strategi yang terus berkembang seiring hasil yang bisa bertahan dengan lama tanpa harus mengeluarkan BIAYA.

Kesamaan SEO Dan SEM

Walaupun berbeda, SEO dan SEM ternyata sangat mirip satu sama lainnya. Oleh karena itu banyak orang yang suka kebingungan dengan istilah dari keduanya.

Lalu apa saja kesamaanya :

  • Keduanya membantu website muncul di mesin pencari
  • Keduanya bertujuan untuk meningkatkan traffik
  • Keduanya membutuhkan pemahaman Audiens agar sukse
  • Keduanya memperlukan riset keyword yang populer

SEO vs SEM mana Yang Lebih Baik

Kedua bahasa ini sering sekali di perdebatkan, Dimana ada yang berpendapat bahwa SEO Organik adalah pendekatan yang terbaik.

Mengapa Demikian ? Dimana SEO sesungguhnya tidak bisa berjalan dengan baik tanpa menggunakan teknik SEO yang organik. Untuk teknik SEO sendiri memiliki beberapa teknik yaitu White Hat , Grey Hat Dan Black Hat.

Mungkin anda akan tergiur dengan teknik Black Hat SEO, Yang hasilnya bisa instan tapi apalagi resiko penalti dari google yang bisa kamu terima bisa menghancurkan website anda.

Selain itu ada banyak situasi atau kasus PPC lebih masuk akan dibandingkan SEO. Logikannya lebih cepat dan lebih efektif membuat campaign PPC. Mengapa ? Karena kampanye ini membutuhkan waktu kurang dari aktivitasi SEO.

Walau SEO organik membutuhkan waktu lebih lama, Pada akhirnya akan lebih murah jika kamu mengembangkan kredibilitas website kamu dimesin pencarian.

jadi anda harus bisa perhatikan hal dibawah ini :

  • Pertimbangkan pesaing anda
  • Seberapa anda tahu mengenai industri yang anda geluti
  • Pertimbangkan biaya
  • Pertimbangkan umur website anda

Mau Belajar SEO & SEM Gimana ?

Course-net yang merupakan salah satu tempat kursus digital marketing , menyediakan metode pembelajaran SEO dan SEM yang bisa anda ikuti. Beberapa metode pelatihan bisa anda lihat disini. Anda akan diajari oleh Coach yang sudah berpengalaman dibidangnya. Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa mengisi form dibawah ini untuk mengikuti kursus digital marketing.

Demikianlah informasi yang kami sampaikan yang berkaitan dengan perbedaan SEO dan SEM. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan menambah pengalaman anda khususnya dibidang Digital Marketing.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print