course-net
Search
Close this search box.

Home >

7 Alasan Pentingnya Ikut Pelatihan Data Analyst

Tuesday, 17 October 2023 1:10 PM

Pelatihan Data Analyst

Saat ini, pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan data dan informasi menjadi salah satu profesi yang populer. Salah satunya yaitu Data Analyst. Banyak orang yang mulai tertarik untuk mengikuti pelatihan data analyst karena profesi tersebut dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Perusahaan membutuhkan pekerja yang mampu mengolah data secara efisien dan efektif. Dengan kemampuan analisis data yang terampil, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih baik.

Apa itu data analyst dan apa alasan Anda harus ikut pelatihan data analyst? Simak ulasan berikut ini!

Pengertian Data Analyst

Data analyst adalah orang yang melakukan riset dan analisis data perusahaan dengan menggunakan tools tertentu. Seorang Data Analyst bertanggung jawab untuk mengolah dan menerjemahkan data, lalu membuat visualisasi dari hasil analisis tersebut agar mudah dipahami oleh orang lain.

Untuk melakukan pengambilan keputusan di sebuah perusahaan, diperlukan hasil analisis data yang akurat. Hasil keputusan tersebut dapat membantu untuk pemasaran, strategi penjualan, dan sebagainya. Hal tersebut sangat penting karena keputusan yang dibuat dapat menjadi salah satu faktor keberhasilan suatu perusahaan.

Faktor inilah yang menyebabkan profesi Data Analyst sangat dibutuhkan karena tren dan perilaku masyarakat selalu berubah dengan cepat. Data Analyst dapat mengumpulkan datanya dari mana saja, baik dari internal seperti data yang sudah ada di perusahaan maupun data external seperti wawancara dan survey.

Mengapa Anda Harus Ikut Pelatihan Data Analyst

Pelatihan data analyst merupakan program yang dirancang untuk membantu seseorang mengembangkan keterampilan untuk menganalisis dan mengolah data secara efektif dan efisien. Anda juga akan memahami betapa pentingnya data untuk mengambil keputusan besar.

Dengan ikut pelatihan data analyst, Anda akan menguasai materi dan skill, seperti :

1. Penggunaan Tools

Dengan mengikuti pelatihan, tentunya Anda juga akan mempelajari tools yang digunakan untuk menganalisis data. Salah satu tools yang biasanya digunakan yaitu bahasa pemrograman seperti SQL, Python, dan R.

SQL digunakan untuk berbagai tugas berbasis data seperti mengambil, memperbarui, menghapus data, atau memasukkan data baru. Phyton digunakan untuk melakukan perhitungan statistik, membersihkan data, membuat visualisasi data, dan machine learning. R digunakan untuk mengolah data dan grafik, terutama untuk analisis statistik.

2. Pemahaman Dasar Data

Memiliki pemahaman dasar mengenai data merupakan hal utama yang perlu dipelajari sejak awal pelatihan. Anda harus mengetahui apa itu data, jenis data seperti data terstruktur dan data tidak terstruktur, serta bagaimana data dapat diakses dan disimpan.

3. Kemampuan Analisis

Seorang Data Analyst harus memiliki kemampuan berpikir analitis yang kuat. Dengan begitu, Anda dapat mengidentifikasi pola dan tren dalam data. Hasil analisis tersebut penting untuk memecahkan masalah serta dapat menjadi solusi dalam tumbuh kembangnya perusahaan.

Pengambilan keputusan dalam rapat bersama stakeholder dapat diambil berdasarkan analisis data yang telah dilakukan. Dari hasil analisis, pihak pengambilan keputusan dapat mengetahui segmentasi pasar dengan lebih baik sehingga tahu apa yang harus dilakukan untuk langkah selanjutnya.

4. Statistik

Dalam analisis data, pemahaman statistik sangatlah penting. Menganalisis sesuatu tidak dapat dilakukan secara asal, melainkan berdasarkan perhitungan seperti statistik. Anda akan mempelajari konsep seperti probabilitas, regresi, distribusi, dan pengujian hipotesis.

5. Visualisasi Data

Hasil analisis akan dibicarakan di rapat dengan stakeholder. Seorang Data Analyst harus mempresentasikan hasil analisis kepada para pengambil keputusan.

Untuk membuat hasil analisis yang mudah dimengerti oleh orang lain, Anda akan mempelajari visualisasi data, yang dimana data tersebut diolah menjadi gambaran. Contohnya yaitu grafik, diagram, bagan, dan sebagainya.

6. Pemahaman Bisnis

Tujuan menganalisis data perusahaan yaitu untuk mengambil keputusan yang dapat berpengaruh dengan berkembangnya suatu perusahaan. Sebagai Data Analyst, Anda harus memiliki pemahaman tentang bisnis dan tujuannya, agar dapat mengarahkan analisis data ke arah yg bermanfaat dan relevan.

7. Keamanan Data

Data perusahaan merupakan aset yang penting dan rahasia. Sebagai seorang Data Analyst Anda akan dilatih untuk memahami prinsip keamanan data dan privasi. Anda harus menjaga agar data tersebut tidak bocor dan diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Terdapat berbagai macam pelatihan data analyst, seperti program sertifikasi, kursus online maupun offline, ataupun pelatihan di tempat kerja. Beberapa pilihan tersebut dapat Anda pertimbangkan sebagai tempat untuk mengembangkan keterampilan Anda. Mungkin Anda bingung untuk mencari dimana tempat pelatihan yang berkualitas dan terpercaya.

Jangan khawatir! Di Course-Net, Anda dapat mengikuti kursus data analyst dan mempelajari materi yang terstruktur dengan bimbingan Coach kelas dunia. Dengan mengikuti pelatihan di Course-Net, Anda akan menguasai hal yang berhubungan dengan data dan analisis.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!