course-net
Search
Close this search box.

Home >

Universitas Belajar Data Science Yang Tepat, Ada Kampus Kamu Ga Nih ?

Tuesday, 22 August 2023 10:33 AM

kampus data science

Universitas Belajar Data Science Yang Tepat, Ada Kampus Kamu ? Perkembangan era digital secara signifikan mempengaruhi model dan juga tata kerja dalam perusahaan. Saat ini hampir semua perusahaan, terlebih lagi perusahaan start up hampir selalu memanfaatkan pengolahan data berbasis komputer untuk mengelola database perusahaan. Karena inilah semakin banyak orang tertarik masuk ke jurusan data science yang banyak membuka peluang.

Apakah data science itu? Secara umum data science diketahui sebagai sebuah ilmu yang mengombinasikan keahlian dalam bidang ilmu khusus, seperti ahli dalam bidang matematika, statistika, dan yang berkaitan dengan pemrograman. Ini berarti memiliki tujuan untuk melakukan proses ekstraksi suatu ilmu atau informasi yang berasal dari data.

kampus data science

Cari Universtas Belajar Data Science ? Pilih Yang Tepat Untuk Berkarir Jadi Data Scientist

Pentingnya Menguasai Data Science

Data science saat ini telah menjadi hal yang penting dan sangat bagus untuk dipelajari sebagai upaya untuk memperluas wawasan dan tentunya kesempatan di dunia kerja. Ini karena banyak sekali bisnis dengan berbagai skala memiliki ketergantungan terhadap data science.

Bagi Anda yang saat ini mulai menyadari dan tertarik untuk masuk ke universitas belajar data science, mungkin Anda akan memerlukan banyak informasi mengenai jurusan data science di Indonesia yang tentunya akan memberikan Anda referensi yang detail dan bisa membantu Anda untuk menentukan pilihan.

Rekomendasi Universitas Belajar Data Science

Berikut ini adalah beberapa universitas di Indonesia yang membuka jurusan di bidang data science. Silakan Anda simak ulasannya hingga selesai supaya bisa menemukan yang terbaik untuk Anda.

1. Universitas IPB

Universitas Institut Pertanian Bogor yang berlokasi di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Indonesia membuka jurusan atau peminatan data science yang masuk dalam program studi statistika. Ini adalah langkah yang ditempuh oleh IPB sebagai jawaban atas banyaknya kebutuhan atau permintaan masyarakat akan pentingnya ilmu data science yang sangat bermanfaat bagi banyak aspek.

Kondisi semacam itu membuat IPB memutuskan untuk membuka program studi Data Science dan Statistika pada masa penerimaan mahasiswa baru bagi semua strata pendidikan sejak tahun 2020 lalu. Sebagai tambahan informasi, jurusan tersebut masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau FMIPA.

2. Universitas Airlangga/Unair

Menjadi salah satu Universitas ternama dan unggulan di Indonesia, Unair juga menjadi salah satu Universitas yang menyediakan jurusan atau peminatan untuk teknologi data science. Universitas yang berlokasi di Surabaya ini ternyata sadar akan banyaknya minat dan kebutuhan masyarakat atas jurusan yang satu ini.

Terlebih perkembangan teknologi juga banyak dimanfaatkan di perusahaan besar, sehingga masuk ke jurusan data science di Unair akan sangat membantu menambah kompetensi dan daya saing di dunia kerja. Jurusan ini masuk ke dalam FTTM atau Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin di Unair.

Di awal semester para mahasiswa akan diberikan kewajiban untuk mengikut mata kuliah yang berhubungan dengan data science, yaitu seperti bahasa pemrograman R dan juga bahasa pemrograman Phyton yang sedang naik daun belakangan ini. Maka sepertinya kita juga bisa sepakat bahwa Unair termasuk yang memberikan pilihan jurusan data science terbaik di Indonesia

3. Universitas BINUS

Selanjutnya adalah salah satu kampus atau universitas swasta yang termasuk popular dan banyak menjadi incaran mahasiswa. Universitas Bina Nusantara atau BINUS yang berlokasi di Semarang juga menyediakan jurusan teknologi data science yang sedang popular belakangan ini.

Jurusan teknologi data science ini masuk dalam bagian School of Computer Science di Universitas BINUS. Adanya data science sebagai salah satu jurusan yang tersedia di BINUS seolah memberitahu kita bahwa Universitas swasta Semarang ini memang ingin berkontribusi dalam menghadirkan ahli data science yang banyak dibutuhkan akhir-akhir ini.

4. Universitas Nusa Mandiri

Pilihan berikutnya adalah Universitas Nusa Mandiri yang berlokasi di Jakarta. Universitas ini memang diketahui menyediakan banyak jurusan yang berkaitan dengan teknologi atau IT, dan salah satunya tentu saja data science. Langkah ini adalah sebuah gagasan untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba digital.

5. Universitas Teknologi Yogyakarta

Tidak hanya dikenal sebagai kota budaya atau Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki banyak Universitas unggulan yang menjadi tujuan para calon mahasiswa dalam meneruskan jenjang pendidikan, termasuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang teknologi atau data science.

Universitas Teknologi Yogyakarta atau UTY adalah salah satu universitas ternama yang menyediakan jurusan data science di Indonesia. Sebagai Daerah Istimewa, wilayah ini juga tak luput dari perkembangan teknologi yang seolah tak bisa dibendung.

6. Universitas Telkom

Jika berbicara tentang jurusan data science, rasanya tidak akan lengkap jika tidak memasukkan Universitas Telkom dalam daftar. Menyandang nama salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Universitas ini juga tak ingin ketinggalan dalam menunjukkan dedikasinya untuk meningkatkan kecerdasan bangsa dalam bidang IT terutama data science.

Universitas Telkom juga diketahui memiliki banyak cabang di beberapa kota besar di Indonesia. Pada perkuliahannya, universitas ini menitik beratkan pada ilmu mengenai penanganan big data.

Itulah beberapa Universitas belajar data science ternama di Indonesia baik negeri maupun swasta yang menyediakan jurusan teknologi data science. Ini adalah langkah dari lembaga pendidikan Indonesia untuk menumbuhkan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang IT. Saat ini IT adalah sebuah bidang atau keahlian yang harus dikuasai di era globalisasi saat ini.

Anda akan bisa bertahan dan memiliki kesempatan yang luas untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang tinggi. Nah, selain belajar di jurusan teknologi data science, Anda juga bisa mengikuti kursus data science terbaik di Course-Net.

Artikel Terkait

Data Science
Dion

Apa Itu Microstrategy? Penjelasan dan Fiturnya

Fitur Microstrategy membantu perusahaan mengoptimalkan penggunaan data mereka, mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang operasi mereka, dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang

Read More »

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Data Scientist? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?