course-net
Search
Close this search box.

Home >

10 Rekomendasi SEO Tools Free yang Bisa Digunakan Untuk SEO Performance

Monday, 20 May 2024 11:11 AM

10 Rekomendasi SEO Tools Free yang Bisa Digunakan Untuk SEO Performance

Ibarat membangun rumah, Anda sudah pasti akan memerlukan alat-alat bantu seperti gergaji, palu, dan sebagainya untuk membuat rumah semakin kokoh berdiri. Begitu pula dengan SEO di mana setidaknya Anda membutuhkan 10 rekomendasi SEO Tools free yang bisa digunakan.

Rekomendasi Tools SEO Gratis untuk Anda Manfaatkan

Tools SEO penting dalam mempermudah penerapan optimasi situs sehingga mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. Tanpa bantuan tools, Anda juga tidak akan mengetahui trafik, mencari kata kunci dan topik, informasi user, kecepatan website, dan sebagainya. Selain itu kamu juga harus berani mengikuti pelatihan, seperti bootcamp digital marketing di Course-Net.

Berikut setidaknya 10 SEO tools terbaik yang dapat Anda manfaatkan secara gratis:

1. Google Trends

Google Trends
Source : Glints

Merupakan tools yang bisa digunakan untuk melacak topik-topik apa yang sedang viral atau ramai dibicarakan. Melalui tools ini, Anda dapat memperoleh berbagai informasi pendukung seperti kata kunci, topik dan tren, hingga volume pencariannya.

Google memang menjadi mesin pencari dengan jumlah terbanyak di dunia dengan pencarian desktop mencapai lebih dari 81%. Dengan demikian, Google memiliki data yang sangat luas sehingga mempermudah Anda mendapatkan informasi tren yang sedang berkembang.

Google Trends mempunyai fitur-fitur yang dapat digunakan secara gratis, mulai dari Trends Time Capsule untuk memuat tren sejak 25 tahun lalu, Explore By Language untuk mencari tren berdasarkan bahasa, hingga Comparing untuk membandingkan beberapa topik tertentu.

Website : https://trends.google.com/trends/

2. Google Analytics

Google Analytics
Source : Glints

Google Analytics yang dapat dipakai untuk mengetahui trafik sekaligus perilaku pengguna. Melalui tools tersebut, Anda akan memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan website.

Bisa dibilang, kombinasi antara SEO dan Google Analytics terbilang lebih efektif untuk mendatangkan pengguna. Hal ini karena tools tersebut memungkinkan Anda untuk memantau kinerja situs dan memberikan beragam informasi yang dapat digunakan untuk perbaikan.

Adapun fitur yang dapat digunakan secara gratis seperti fitur konversi dan peristiwa yang dapat digunakan untuk melihat interaksi dan tindakan pengguna secara spesifik, impor data untuk menggabungkan data, hingga measure lead untuk memahami apa yang disukai oleh pengguna.

Website: https://marketingplatform.google.com/about/analytics/

Google Search Console Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan

3. Google Search Console

Merupakan tools SEO yang dapat membantu pemilik web dalam mengelola dan memantau performa kata kunci, halaman, hingga tautan yang disematkan. Alat ini terbilang sangat penting dalam SEO karena berkaitan dengan bagaimana Google melakukan indeks halaman.

Proses indeks ini akan memaksimalkan situs web muncul di mesin pencarian. Jika situs tersebut belum terindeks oleh mesin pencari, tentu akan mustahil mendapatkan pengunjung. Oleh karena itu, penting menambahkan situs Anda pada webmaster tools tersebut.

Website: https://search.google.com/search-console/about

4. Google Keyword Planner

Keyword planner

Google Keyword Planner yang dikenal efektif dalam membantu optimasi SEO secara on page. Dengan demikian, kualitas konten yang dibuat akan semakin meningkat, sekaligus trafik blog.

Dengan tools ini, Anda dapat menemukan kata kunci baru hingga melakukan riset kata kunci tersebut pada website. Semuanya dapat dilakukan melalui fitur utama yang dimilikinya, yakni Discover New Keyword serta Get Search Volume and Forecast.

Melalui kedua fitur tersebut, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci dan domain untuk melihat sejumlah informasi penting seperti kata kunci yang relevan, volume pencarian, hingga tingkat kompetisi setiap keyword yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan ads atau iklan.

Website : https://ads.google.com/intl/id_id/home/tools/keyword-planner/

Baca Juga: Keyword Planner Adalah : Pengertian dan Cara Pembuatan

5. Ahrefs

Ahrefs Keyword Generator

Ahrefs menjadi salah satu SEO tools serbaguna yang harus Anda manfaatkan. Tidak hanya karena fiturnya relatif lengkap, Ahrefs juga terbilang nyaman digunakan karena disertai dengan interface yang intuitif dan memiliki informasi panduan penggunaan.

Fitur utama yang dimilikinya terdiri dari Site Audit untuk mengoptimasi performa SEO On Page, Site Explorer untuk menganalisis kompetitor dan menampilkan data trafik, Content Explorer untuk menemukan konten populer hingga analisis kerja konten, dan sebagainya.

Website: https://www.ahrefs.com/

6. SEMrush

semrush adalah

SEMrush yang dapat digunakan untuk kebutuhan online marketing. SEMrush juga cocok bagi Anda yang ingin melakukan optimasi SEO, baik dalam ranah On Page maupun Off Page.

Data analisis pada tools ini terbilang cukup lengkap dan ditampilkan pada tabel yang ringkas dan informatif. Navigasi yang dimiliki juga terstruktur dan intuitif sehingga cocok digunakan oleh semua pengguna, baik yang masih pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Melalui tools ini, Anda dapat memanfaatkan beberapa fitur penting seperti Competitive research untuk melihat performa domain dan analisis trafik, Keyword research untuk melacak keyword yang relevan, hingga Link building untuk membangun, melakukan analisis, dan audit backlink.

Website: https://www.semrush.com/

7. PageSpeed Insights

PageSpeed Insights
Source : Search Engine Land

Sesuai namanya, PageSpeed Insights dapat dimanfaatkan untuk mengetahui seberapa cepat halaman website Anda. Dengan demikian, Anda akan mengetahui seberapa cepat suatu halaman dapat dimuat sejak pengguna membuka atau melakukan klik pada link tersebut.

Manfaatkan saja fitur-fitur gratis yang dimiliki oleh tools ini, mulai dari fitur metrik untuk melihat indeks kecepatan dan interaksi, fitur audit untuk mendapatkan informasi peningkatan pengalaman pengguna, hingga Lab Diagnostics untuk menganalisis URL.

Website: https://pagespeed.web.dev/

Baca Juga : 5 Langkah Meningkatkan User Experience untuk Performance SEO

8. Ubersuggest

Uber suggest

Merupakan salah satu tools SEO yang lengkap dan serbaguna untuk membantu optimasi On Page dan Off Page. Terdapat tiga fitur utama yang dapat digunakan mulai dari Keyword Analyzer, SEO Explorer, hingga Competitive Analysis untuk memberi info lengkap SEO.

Melalui tools ini, Anda dapat menganalisis kekuatan kata kunci yang dibuat, membandingkan data SEO dari beberapa kompetitor, hingga merangkum semua informasi terkait SEO. Anda juga dapat memperoleh laporan backlink yang mengarah ke situs bisnis Anda tersebut.

9. Screaming Frog

Screaming Frog
Source: Internet Republica

Salah satu dari 10 rekomendasi SEO Tools free yang bisa digunakan lainnya yakni Screaming Frog yang dapat digunakan untuk menganalisis dan mengaudit keseluruhan isi website. Dalam konteks SEO, alat ini bekerja dengan mengumpulkan data penting pada situs.

Beberapa data seperti struktur URL, meta tag, gambar, dan berbagai hal lainnya akan dianalisis untuk kemudian dapat diketahui bagian mana saja yang harus ditinjau ulang. Data-data tersebut dapat diketahui dari fitur-fiturnya seperti Find Broken Links, Analyze Page, hingga Review.

Website : https://www.screamingfrog.co.uk/seo-spider/

10. Mobile-friendly-test

Mobile-friendly-test
Source: Pinterest

Sesuai namanya, tools ini digunakan untuk mengecek apakah sebuah situs dapat ditampilkan secara baik pada perangkat mobile. Perlu dipahami jika situs yang dapat diakses dari perangkat mobile akan memiliki peringkat yang baik karena dinilai responsif.

Alat ini memungkinkan Anda melakukan analisis dan identifikasi terhadap berbagai masalah penggunaan perangkat mobile, pengecekan responsivitas, hingga berbagai saran perbaikan. Melalui fitur Properly Size Image, Anda juga dapat mengoptimalkan gambar atau media di web.

Itulah 10 rekomendasi SEO Tools free yang bisa digunakan dan bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan SEO web Anda. Setiap tools memang dapat diakses gratis, namun beberapa di antaranya menerapkan batasan tertentu sehingga perlu dilakukan upgrade. Dengan begitu, Anda dapat menikmati berbagai fiturnya secara lebih lengkap.

Tertarik Dengan Dunia SEO? Ambil Kursus Digital Marketing Sekarang Di Course-Net

Guna memaksimalkan pengetahuan Anda mengenai SEO, manfaatkan materi dan praktik terbaik dari CourseNet. Anda akan dibimbing oleh para pakar dengan teori dan kurikulum terkini. Segera hubungi Course-Net.com dan dapatkan harga spesial! Ikuti kursus SEO yang menjadi bagian dari silabus Digital Marketing yang tersedia di Course-Net.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?