course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Google Analytics: Pengertian, Manfaat dan Panduan Menggunakannya

Monday, 26 September 2022 9:11 AM

Google Analytics: Pengertian, Manfaat dan Panduan Menggunakannya

Google analytics adalah merupakan fasilitas yang digunakan untuk melihat jumlah pengunjung di blog perusahaan maupun pribadi hingga sosial network lainnya dengan bentuk data statistik. Biasanya layanan ini dimanfaatkan untuk meninjau performa situs web sehingga bisa terpantau. Tools ini biasanya jadi acuan dalam strategi bisnis sehingga perusahaan mudah dalam memahami audiens.

Bagi Anda yang penasaran cara memakai tools ini, maka simak dahulu penjelasan di bawah ini.

Pengertian Tentang Google Analytics Adalah ?

Google Analytics: Pengertian, Manfaat dan Panduan Menggunakannya

Google Analytics adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk menampilkan statistik pengunjung pada sebuah situs web. Bisa dipahami bahwa tools ini adalah salah satu tools yang dipakai untuk memantau dan menganalisa web maupun platform apa saja yang terhubung online dan diberikan secara gratis oleh Google. Perlu Anda ketahui, tools satu ini juga merupakan layanan yang dapat menampilkan presentase pengunjung situs web.

Itulah sebabnya Google analytics adalah salah satu layanan yang sangat membantu pemilik website atau blog dalam menganalisa situs sesuai dengan data-data yang ditampilkan. Sampai sekarang, tools ini merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh pemilik website, digital marketer dan juga seorang SEO untuk memperoleh data statistik pengunjung dari suatu situs web.

Tidak heran jika tools satu ini dapat digunakan oleh para marketer hingga webmaster untuk memperoleh insights mengenai aktivitas pengunjung di situs mereka. Insight ini nantinya bisa dipakai untuk membuat keputusan supaya bisa meningkatkan hasil bisnis melalui situs web. Jadi, fungsi Google Analytics itu sendiri bisa disimpulkan untuk mengetahui pertambahan jumlah pembaca, pengunjung di web atau blog yang terhubung dengan Google.

Baca Juga : Google AdWords Adalah: Definisi, Fungsi hingga Cara Penggunaannya

Manfaat-manfaat

Ada sejumlah manfaat dari Google analytics atau tools ini adalah :

  1. Mengukur dan Optimalkan Kinerja Website

Salah satu manfaat dari tools ini adalah untuk mengukur dan optimalkan kinerja website dengan baik. Cara perhitungan dasar dari upaya pemasaran digital marketing umumnya adalah dari berapa banyak pengunjung yang mengunjungi website dan bagaimana tujuan bisnis yang dijalankan sesuai dengan jumlah pengunjungnya.

  1. Menentukan Efektivitas Strategi Pemasaran

Tools ini juga bermanfaat untuk menentukan tingkat efektivitas strategi pemasaran sehingga tahu berapa besar presentasi data dari perusahaan atau jika Anda memproduksi konten yang baru. Biasanya, tools satu ini akan membantu Anda untuk menentukan apakah budget pemasaran yang telah dikeluarkan sudah sesuai atau lebih baik jika fokus dengan cara yang lainnya.

Sejumlah data dasar yang dapat membantu strategi pemasaran digital atau membantu untuk mengembangkan bisnis, seperti jangka waktu, jumlah user, minat dari penelusuran keyword, waktu yang dihabiskan oleh pengunjung pada halaman, situs perujuk dan juga lokasi geografis.

  1. Meningkatkan Penempatan di Halaman Mesin Pencarian

Google analytics ini juga dapat meningkatkan penempatan di halaman mesin pencarian. Anda bisa terbantu untuk memahami seperti apa cara pengguna mengakses website Anda. Contohnya adalah jika user sering mengakses melalui perangkat seluler, maka Anda bisa memilih fokus dengan anggaran desain web supaya situsnya lebih optimal lagi.

Begitu juga dengan lokasi user dapat membantu Anda untuk menjangkau dan menentukan user melalui konten dengan memakai bahasa tambahan yang Anda tawarkan. Pada sisi konten, Anda bisa memilih mengubah situs web jadi video sehingga bisa tahu seberapa sering orang menonton konten video dan apakah videonya dilihat hingga akhir bisa ditunjukkan oleh metrik.

  1. Mengarahkan Keputusan Produk dan juga Konten

Tools ini juga bermanfaat untuk mengarahkan sejumlah orang untuk mengoptimalkan pencarian melalui keyword yang Anda buat. Hal seperti ini tentu saja bisa membuat situs web Anda lebih sering keluar di halaman pertama pada mesin pencarian user.

Cara Daftar Google Analytics

daftar google analytics

Khusus bagi Anda yang ingin menggunakan tools yang satu ini, maka harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Nah, langkah atau cara daftar tools ini adalah :

1. Kunjungi situs Google analytics

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk daftar dan menggunakan tools ini adalah dengan mengunjungi situs resminya yang tersedia di browser. Anda bisa daftar melalui PC atau smartphone sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mengunjungi website google analytics yaitu https://analytics.google.com/

2. Pilih “Create an Account”

Pilihlah menu “Create an Account” yang sudah tersedia di website resmi atau pilih “ Sign in” pada bagian pojok kiri.

3. Isi data

Isilah semua data yang diminta dengan lengkap dan setelah itu Anda bisa masuk ke “Access Google Analytics”. Pilihlah drop-down menu untuk pembuatan properti.

4. Isi URL nama website Anda

Isilah URL nama website yang Anda miliki untuk menggunakan tools yang satu ini.

5. Sesuaikan pengaturan

Selanjutnya Anda tinggal menyesuaikan pengaturan dan contohnya adalah memilih industri yang sesuai dengan website yang Anda miliki, seperti shopping, blog dan yang lainnya. Anda juga harus mengatur zona waktu yang sesuai dan kemudian baru memilih “Get Tracking ID”.

Terakhir adalah tinggal download Tracking ID di website yang Anda miliki.

Seperti itulah beberapa cara daftar melalui tools ini dengan mudah sehingga Anda bisa login Google Analytics dan melihat jumlah pengunjung yang mengunjungi website Anda.

Panduan Menggunakan

Setelah Anda berhasil daftar, kemudian tinggal menggunakan tools ini dan panduannya adalah :

  1. Copy dan paste kodenya

Langkah pertama untuk menggunakan tools ini adalah Anda tinggal copy dan paste kode secara langsung yang ada di dalam template website.

  1. Membuat nama file

Anda harus membuat nama file “analyticstracking.php” melalui kode tracking dan tambahkan juga dengan <?php include_once(analyticstracking.php”)?>setelah <body>.

  1. Mengecek Web Host, Builder atau Blog

Apabila Anda suah melakukan hal tersebut kemudian tinggal mengecek web host, web builder maupun blog untuk memeriksa jika GA sudah terintegrasi dengan halaman situs web atau belum. Apabila tahapan tersebut dirasa sulit, Anda bisa memakai website, seperti Blogger atau Squarespace yang nanti akan dihubungkan dengan tools ini secara otomatis.

Masukkan saja tracking ID yang sudah Anda dapatkan saat membuat akun tadi.

  1. Selesai

Nah, setelah melalui tahapan ini Anda berhasil menggunakan tools ini dengan baik dan silahkan dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan.

Istilah-istilah Penting di Google Analytics

Ada beberapa istilah penting yang terdapat di Analytics Google ini yang wajib Anda ketahui, yaitu :

  • Organization

Organization merupakan metode pengukuran metrik dan juga produk dengan jumlah banyak. Metode ini biasanya akan mengelompokkan seluruh data dalam satu folder. Melalui metode ini, Anda bisa menggunakan layanan Google yang lainya, seperti, Optimize, Tag Manager dan Analytics.

  • Properties

Properties merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan pemantauan metrik pada objek Analytics. Objek ini bisa berupa device, website dan juga aplikasi ponsel.

  • Accounts

Accounts merupakan akses poin ke dalam layanan Analytics sehingga Anda bisa memantau dan memakai metrik dari tools ini.

  • Views

Views merupakan istilah yang menggambarkan data secara spesifik pada sebuah properti.

Seperti itulah penjelasan tentang pengertian, manfaat, cara daftar dan menggunakan Google analytics dengan baik.

Mau Belajar Digital Marketing ? Yuk Daftar Di Course-Net

Buat kamu yang mau belajar digital marketing , kamu bisa mengenali fitur-fitur yang tersedia di Google Analytics juga. Kamu bisa mengisis form register dibawah ini :

Kamu juga bisa memperdalam skill ini dengan mengikuti pelatihan kursus digital marketing. Daftarkan diri anda , Nikmati promo menarik setiap bulannya yang ada di Course-Net.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Data Scientist? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?