course-net
Search
Close this search box.

Keyword Planner Adalah : Pengertian dan Cara Pembuatan

Minet

April 19, 2023

Cara Mendaftar Keyword Plan di Google

Keyword Planner Adalah : Pengertian dan Cara Pembuatan – Jika sekarang ini Anda tengah mencari suatu alat riset keyword yang punya beragam fitur menarik, maka Google Keyword Planner dapat menjadi pilihan yang direkomendasikan. Alat ini secara mudah akan membantu dalam melakukan riset keyword guna kebutuhan Google Ads serta SEO.

Kelebihan dari penggunaan alat ini adalah pengguna dapat menggunakannya secara gratis. Lantas bagaimana caranya? Berikut akan dijelaskan pada artikel di bawah ini.

Keyword Planner Adalah ? Simak Penjelasannya

Pengertian Keyword Planner

Keyword Planner Adalah ? Simak Penjelasannya

Google Keyword Planner adalah salah satu aplikasi yang disediakan oleh Google dengan tujuan untuk memudahkan pelaku SEO dan juga pengiklan Google Ads dalam meriset kata kunci yang paling banyak dicari dengan mesin pencarian Google.

Dengan menggunakan layanan aplikasi dari Google tersebut, pengguna tidak perlu lagi untuk bersusah payah dalam rangka mencari kata kunci yang potensial guna dijadikan keyword pada iklan yang ditampilkan oleh pengiklan nantinya.

Pebisnis online dan juga pelaku advertiser sering kali melupakan poin penting yakni riset kata kunci. Padahal dengan melakukan riset kata kunci tersebut dapat membantu pebisnis dan advertiser tersebut dalam menemukan peluang untuk mendatangkan pelanggan.

Maka, keyword planner ini memang dibuat untuk memudahkan pengguna dalam rangka melakukan aktifitas yang berkaitan dengan riset kata kunci secara mudah.

Karena banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh, di mana salah satunya dapat mengetahui kata kunci yang paling banyak dicari oleh setiap pengguna mesin pencarian Google.

Tidak hanya itu, bagi pengguna Google Adwords bisa juga menentukan harga yang diberikan untuk setiap satu kliknya dengan memanfaatkan saran dari Google secara mudah. Penggunaan layanan tersebut juga dapat digunakan untuk memantau kompetitor yang sering juga menggunakan kata kunci serupa.

Meskipun berbeda dengan Google Trend, namun di antara keduanya dapat dikolaborasi agar saling bekerja antara satu dengan yang lain. Dengan menggunakan Google Trends, pengguna dapat mengetahui kata kunci yang banyak dicari ketika hari itu atau saat realtime.

Dengan hal itu, pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan yang nantinya digunakan untuk meriset kembali kata kunci pada Keyword Planner Google.

Adapun layanan Planner untuk keyword ini disediakan secara gratis untuk pengguna. Dengan hanya mengakses Google Ads Keyword Planner nantinya akan tampil halaman dari planner. Ataupun juga dapat dilakukan lewat menu tools pada Google.

Cara Mendaftar Keyword Plan di Google

Cara Mendaftar Keyword Plan di Google

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mendaftar pada layanan perencanaan kata kunci dari Google. Bila pengguna berniat untuk menggunakan antara Google Keyword Planner dan juga Google AdWords, pengguna dapat langsung membuat Google AdWords terlebih dahulu.

Namun, untuk pembuatan layanan perencanaan kata kunci dari Google ini dapat dilakukan dengan mendaftar terlebih dahulu pada panduan di bawah ini:

  • Buka terlebih dahulu Google Ads, lalu pilihlah menu Tools dan selanjutnya pilih Keyword Planner.
  • Buatlah akun baru yang digunakan untuk Google Ads dengan cara mengklik New Google Ads Account.
  • Memilih tujuan dari Google Ads, dengan cara mengarahkan pencari untuk menelepon bisnis yang sedang dijalankan. Kedua dengan mengarahkan pencari ke alamat website bisnis. Dan ketiga mengarahkan pencari untuk mendatangi lokasi bisnis yang dijalankan.
  • Masukkan informasi yang terkait dengan bisnis. Isilah informasi yang berkaitan dengan website bisnis.
  • Menentukan jangkauan konsumen
  • Menentukan target pencarian terkait dengan iklan apa saja yang nantinya muncul. Jika bisnis yang akan digeluti yakni toko buku, maka pencarian dilakukan berkaitan dengan buku.
  • Membuat headline dan juga deskripsi
  • Menentukan budget
  • Melakukan review iklan yang telah dibuat. Pastikan informasi yang dimasukkan untuk iklan benar.
  • Pilih metode pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan dengan memilih metode baik itu konvensional ataupun secara transfer bank. Namun bila tidak melakukan pembayaran, maka iklan tidak akan aktif dan fitur Google Ads keyword planner tersebut tidak bekerja.

Cara Menggunakan Layanan Perencanaan Kata Kunci Google

Setelah melakukan konfirmasi email nantinya akan secara langsung diarahkan ke dashboard Google Ads. Untuk menggunakan perencanaan kata kunci tersebut, klik terlebih dahulu Tools pada bagian pojok kanan atas dan pilihlah Keyword Planner.

Ada dua fitur yang mana dapat digunakan dalam Keyword Plan tersebut. Di antaranya yakni Discover New Keywords dan Get Search Volume and Forecast. Adapun penggunaan kedua fitur tersebut antara lain:

  • Discover New Keywords

Terdapat dua cara untuk menemukan kata kunci yang ada di Planner Keyword tersebut. Pertama yakni dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin diteliti. Selanjutnya masukkan kata kunci yang ada kaitannya dengan topik pada website.

Semisal, jika pengguna ingin memasukkan kata kunci seperti website, hosting dan domain. Maka layanan keyword planner akan membatasi maksimalnya 10 kata kunci. Setelah memasukkan keyword lalu klik Get Result.

Nantinya akan ada informasi yang disediakan oleh Google yang mana antara lain sebagai berikut:

  • Average Monthly Search: yakni rata-rata kata kunci yang dicari setiap bulannya
  • Competition: tingkat kesulitan guna memenangkan kata kunci tersebut
  • Top of page bid (low range): yakni harga terendah yang pengiklan ajukan
  • Top of page bid (high range): yakni harga tertinggi yang pengiklan ajukan
  • Broaden your search: yakni saran kata kunci yang ada kaitannya dengan keyword yang dimasukkan sebelumnya.

Cara selanjutnya dalam rangka menemukan kata kunci pada Google Ad Keyword Planner adalah dengan memasukkan alamat website yang digunakan. Nantinya Google Planner Keyword akan melakukan analisa kata kunci yang berkenaan dengan website Anda.

  • Get Search Volume and Forecast

Fitur selanjutnya dari Keyword Planner untuk Keyword adalah Get Search Volume and Forecast. Fitur ini fungsinya yakni memberikan dua informasi, yakni historical metrics dan forecast.

Guna memulai fitur ini, pertama masukkan terlebih dahulu keyword yang akan dilakukan riset. Selanjutnya, akan tampil hasil informasi yang masuk kategori forecast, yakni sebagai berikut:

  • Impression: perkiraan banyaknya impression yang diperoleh
  • Clicks: jumlah klik yang diperoleh
  • CTR: perkiraan jumlah click through rate yang diperoleh
  • Cost: perkiraan biaya yang dibutuhkan guna pemasangan iklan pada kata kunci itu
  • Average position: perkiraan letak iklan pada hasil pencarian
  • Average CPC: jumlah kira-kira biaya untuk setiap klik nya.

Adapun untuk hasil dari historical metric yakni hampir sama dengan fitur Discover New Keywords yang sebelumnya. Informasi yang dihasilkan dari historical metrics antara lain:

  • Average monthly searches: perkiraan pencarian kata kunci selama sebulannya
  • Top of page bid (low range): jumlah dari harga terendah yang mana diajukan oleh pengiklan
  • Top of page bid (high rangeI: jumlah harga tertinggi yang mana diajukan oleh pengiklan

Nah, bagi Anda yang tertarik menggunakan Google Keyword Planner untuk meriset kata kunci dapat langsung memanfaatkan dengan memperhatikan penggunaannya. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar SEO, dapat langsung mengunjungi website Course-Net dan mengikuti kursus seo yang menyediakan layanan kursus Digital Marketing dari coach profesional terbaik.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!