course-net
Search
Close this search box.

4 Kampus ini Bisa Belajar Big Data lebih Mendalam

Minet

October 1, 2020

4 Kampus ini Bisa Belajar Big Data lebih Mendalam

4 Kampus ini Bisa Belajar Big Data lebih Mendalam – Tahukah Anda, ada quote yang sedang viral di era industri 4.0 ini “Siapa yang menguasai data, maka dia akan menguasai dunia.”

Saat ini di era yang serba digital, data merupakan salah satu elemen utama dalam menentukan langkah selanjutnya. Perkembangan digital membuat banyak sekali data beredar secara cepat di berbagai media seperti website, email hingga video. Hal inilah yang dikenal dengan istilah big data. Peranan big data kini dinilai penting dalam berbagai aspek, seperti dalam membuat keputusan penting dari segi bisnis hingga kebijakan.

Kebutuhan akan tenaga profesional dengan kemampuan mengolah dan menganalisis data pun kian hari semakin tinggi. Namun cukup disayangkan, Indonesia masih sangat minim program studi dan lulusan dengan konsentrasi pengolahan big data.

4 Kampus ini Bisa Belajar Big Data lebih Mendalam

Dan untuk menjawab kebutuhan tenaga profesional dalam mengolah data, beberapa perguruan tinggi pun membuka program studi yang berhubungan dengan Big Data. Dilansir dari halaman kompas.com, Course-Net merangkum 4 Perguruan tinggi yang membuka program studi Big Data.

1. Universitas Indonesia (UI)

4 Kampus ini Bisa Belajar Big Data lebih Mendalam
Universitas Indonesia

Kampus yang termasuk ke dalam salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia ini menyediakan mata kuliah yang membahas mengenai big data melalui kelas dengan mata kuliah Big Data dan Komputasi Kognitif di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), yang dibuka sejak Februari 2018 lalu.
Universitas Indonesia menghadirkan mata kuliah ini atas kerja sama dengan perusahaan teknologi IBM Indonesia. Dengan adanya mata kuliah ini diharapkan mahasiswa FEB UI dapat mempunyai kemampuan data analytic (analisis data) yang tinggi.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada

UGM menjadi salah satu kampus negeri yang memberikan materi kuliah mengenai big data, yaitu berupa mata kuliah Analisis Big Data yang dihadirkan pada program studi S2 dan S3. Tujuan dari pemberian mata kuliah ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang definisi, lingkup, komponen, dan arsitektur big data. Fokusnya adalah pada pemanfaatan teknologi dan proses analisa big data untuk membantu penelitian.

3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta
Universitas Negeri Jakarta

UNJ juga menghadirkan mata kuliah ini dengan tujuan agar para mahasiswa/i dapat mengetahui tentang pemrograman di bangku perkuliahan. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengembangkan ilmunya dan bersaing dalam dunia kerja yang saat ini menuntut untuk mempunyai kemampuan pemrograman.

4. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

4 Kampus ini Bisa Belajar Big Data lebih Mendalam
Universitas Multimedia Nusantara

Apabila sebelumnya beberapa kampus hanya membuka mata kuliah yang berhubungan dengan big data, berbeda dengan UMN yang membuka program studi Sistem Informasi dengan peminatan Business Intelligence. Bidang keahlian dari jurusan ini yang dapat dilakukan antara lain Data Analyst, Data Warehouse, Data Mining, Data Visualization, dan Decision Support Systems.

Kehadiran dari program studi ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang profesional dalam mengolah informasi dengan jumlah banyak dan menyajikan dalam bentuk yang lebih mudah dipahami oleh orang awam.

Kesimpulan 4 Kampus ini Bisa Belajar Big Data lebih Mendalam

Saat ini, Big data telah banyak digunakan oleh para perusahaan besar guna mendapatkan keputusan atau kebijakan terbaik untuk laju pertumbuhan bisnis. Bagi Anda yang ingin mempelajari Big data tidak hanya dibangku kuliah saja, Anda dapat mengikuti kursus data science di Course-Net.

Kami menyediakan pelatihan big data untuk mahasiswa dan karyawan yang ingin mendalami bidang satu ini. Anda akan diajarkan dari dasar bagaimana mendapatkan data, menyortir data hingga menganalisa data yang ada guna mendapatkan keputusan terbaik. Semua itu akan Anda dapatkan di kelas data science Course-Net.

Tersedia juga sertifikasi internasional yang telah diakui oleh banyak perusahaan, jika Anda lulus dalam ujian. Tenang saja, saat proses belajar akan ditemani oleh Coach profesional yang sudah malang melintang dibidang Data. Bila Anda belum paham pun Anda masih bisa mengulang kelas dan GRATIS.

Segera amankan kursi Anda sekarang juga!!
Klik WA

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!