course-net
Search
Close this search box.

Implementasi Machine Learning Kredit Scoring pada Fintech: Perkiraan Utang Berbasiskan Data

Minet

May 5, 2019

Implementasi Machine Learning Kredit Scoring pada Fintech: Perkiraan Utang Berbasiskan Data – Bukan mustahil data science mempunyai peranan serta efek yang besar di bidang industri fintech. Diantaranya dihadapi oleh Amartha, perintis fintech peer-to-peer lending di Indonesia. Di balik pencapaiannya yang sudah menolong lebih dari 100 ribu entrepreneur mikro dan mempunyai tingkat keberhasilan pembayaran lancar sebesar 97.78%, di tahun awal operasinya Amartha sudah sempat kesukaran dalam memastikan penilaian utang untuk borrowersnya.

Perjalanan Amartha dari awalannya memakai proses manual sampai sukses meningkatkan kredit scoring berbasiskan data di Android diuraikan pada pekerjaan bedah masalah yang diselenggarakan di kantor Amartha di wilayah Kemang.

Peningkatan Perekonomian Negara Melalui Misi Sosial

Ibu-ibu serta pedesaan. Dua elemen berikut sebagai tujuan Amartha. Dengan kasat, ke-2 hal itu tentu mempunyai rintangan yang besar untuk diurus, lebih harus dihubungkan dengan teknologi. Pastinya dapat dipikirkan, beberapa hal yang perlu dikerjakan dengan manual lebih dalam proses data collecting. Amartha membidik beberapa lokasi pedesaan dengan skala ekonomi masyarakat yang masih rendah.

Pergi dari misi sosial untuk tingkatkan perekonomian negara lewat peningkatan desa, Amartha pilih ibu-ibu jadi tujuan peminjam atau borrowers. Faktanya, berdasar pada hasil analisa internal Amartha, ibu-ibu mempunyai karakter basic tanggung jawab yang besar tidak cuma untuk dianya dan juga untuk keluarganya. Dengan begitu, bila kita mensejahterakan satu orang ibu, berati kita sudah mensejahterakan semua keluarganya. Efeknya, jelas bisa memengaruhi perekonomian desa bahkan perekonomian negara.

Keperluan Membuat Kredit Scoring Sendiri

Terdapatnya latar dan keperluan yang bermacam, Amartha sudah sempat kesukaran dalam memastikan nilai utang yang wajar untuk diserahkan kepada calon borrowers. Ini sebab pertama, ketentuan untuk ajukan credit di desa umumnya dengan jadi anggota koperasi. Selain itu, banyak koperasi yang tidak pas buat mereka sebab latar yang tidak pas, hingga menyusahkan mereka untuk memperoleh permodalan.

Ke-2, bila mereka ingin meminjam uang ke bank, mereka harus mempunyai tabungan terlebih dulu, sesaat banyak ibu-ibu yang tidak mempunyai tabungan di bank. Ke-3, memerlukan agunan sperti motor atau rumah, serta prosedurnya lumayan lama. Ke empat, terdapatnya potongan utang diawalnya.

“Sudah minjamnya Hanya 3 juta tetapi potongannya dapat 100-200 ribu. Mereka Hanya bisa 2.9 juta lalu diminta balikin 4 juta atau plus kriteria totalnya. Ini yang menggugah Amartha agar bisa membantu beberapa orang itu lewat cara yang lebih layak”, papar Farkhan Novianto, Business Intelligent Lead Amartha.

“Tujuan kita berubah ke data ialah jika kelak waktu ibu-ibu ingin meminjam uang bertambah mudah. Jadi ibu-ibu akan isi data di handphone, lalu akan keluar output berbentuk kredit scoring atau pilihan pinjamannya”, lanjut pria yang akrab dipanggil Aan ini.

Produk Awal dengan Memaksimalkan Teknologi Simpel

Awalannya, skema peminjaman di Amartha itu harus melalui team petugas lapangan Amartha, selanjutnya petugas lapangan kita akan mengarahkan untuk isi formulir untuk di setujui oleh petugas cabang, lalu petugas cabang akan laporan ke pusat, baru di setujui. Proses ini kira-kira sampai 1 minggu.

Aan akui, waktu awal proses pembuatan kredit scoring di Amartha cukuplah susah serta banyak masalah yang memengaruhi. “Yang pertama prosedurnya panjang, perlu waktu yang lama untuk dapat lihat hasilnya. Ke-2, data yang dipunyai seadanya. Ke-3, ada banyak proses yang perlu dikerjakan dengan manual di lapangan seperti isi di kertas serta catat tangan hingga kita banyak memperoleh data kotor”, papar Aan.

Lamanya proses pembuatan kredit scoring, Amartha pada akhirnya berinisiatif membuat beberapa prototype.

Faedah Kredit Scoring buat Fintech Startup

Vice President Amartha, Aria Widyanto memberikan tambahan, sebelum memakai skema kredit scoring ini, proses pertama kalinya berhubungan dengan beberapa calon borrowers sampai di setujui pinjamannya memerlukan waktu sampai 1 bulan.

“Setelah membuat algorithma serta kredit scoring semacam itu, sebetulnya ketetapan approve ataukah tidak cuma perlu waktu seputar 20 – 30 menit. Sebab saat sesudah usai interview di aplikasi dengan petugas lapangan kita, disana telah langsung bisa terlihat berapakah kredit scoringnya. Hingga waktu itu kita langsung bisa katakan, ibu wajar untuk memperoleh utang sebesar 4jt rupiah”, papar Aria.

Bukan sekedar menyingkat waktu prosedurnya, kredit scoring menyingkat pengisian formulir. “Kita simplify proses manual seperti nama, alamat, umur, dan lain-lain itu harus input manual serta begitu melelahkan” tuturnya memberikan tambahan.

Diluar itu, keperluan kredit scoring ini untuk memberi transparansi pada pendana urban (investor). sebab bila kredit scoring tidak valid, susah buat pendana urban untuk pilih preferensi resiko mereka. Peranan pendana urban di Amartha bertindak penting sebab manfaat Amartha yang menyambungkan “perempuan-perempuan kuat” pedesaan dengan pendana urban.

Aria akui Untuk dapat membuahkan mode kredit scoring yang pas, diperlukan kompetensi tehnik pemrosesan data yang andal serta kerja sama team yang solid. Potensi seperti masalah solving pola pikir, aplikasi tehnik pemrosesan data, tehnik analisa data dengan bermacam projek industri yang bisa mendukung karier jadi data scientist ini diantaranya bisa dipelajari di program belajar data science.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!