course-net
Search
Close this search box.

Home >

5 Aplikasi Mengolah Data yang Wajib Digunakan & Paling Populer

Tuesday, 14 May 2024 2:24 PM

5 Aplikasi Mengolah Data yang Wajib Digunakan & Paling Populer

5 aplikasi mengolah data yang wajib digunakan dan paling populer adalah Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, PostgreSQL dan Word Perfect. Di setiap aplikasi pengolahan data umumnya dipakai untuk mengolah data untuk membuat buku, surat, brosur, majalah poster dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fungsi aplikasi pengolah data adalah pelaksana proses aritmatika serta logis untuk data, pemrosesan dan penyimpanan program data, pengambil program input data dan bisa dipakai sewaktu-waktu.

Penggunaan aplikasi mengolah data juga dapat meminimalisir kesalahan memasukkan data karena dikerjakan secara otomatis menggunakan mesin maupun komputer. Nah, di bawah ini ada 5 aplikasi pengolah data terbaik yang bisa Anda gunakan.

Daftar 5 Aplikasi Mengolah Data yang Wajib Digunakan

5 rekomendasi aplikasi pengolah data terbaik beserta fungsinya yang bisa Anda coba adalah:

Microsoft Word
Source : Suara

1. Microsoft Word

Microsoft Word atau Ms Word adalah software pengolah data yang dibuat oleh sebuah perusahaan yang bernama Microsoft. Aplikasi pengolah data satu ini sangat populer digunakan untuk membantu penggunaannya dalam menyelesaikan sejumlah pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen, pembuatan teks, tulisan dan lainnya. Pekerjaan yang masih berkaitan dengan dokumen ini bisa berupa menyunting, membuat dan memformat sebuah dokumen khusus.

Hasil dokumen yang dibuat dari Microsoft Word umumnya dapat disimpan dengan bentuk file lunak maupun softcopy sebelum Anda mencetaknya dengan bentuk hard copy atau print. Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pengolah data terbaik paling populer di dunia. Hal ini bisa terjadi sebab aplikasi ini mempunyai fitur yang beragam untuk membantu penggunanya.

Selain bisa memasukkan huruf dan angka, aplikasi pengolah data ini juga telah mendukung untuk penggunaan tabel, gambar, penomoran, Word Art dan sebagainya. Beberapa fitur yang terdapat di

Microsoft Word dan bisa Anda gunakan adalah:

  • Spell Check
    Fitur ini digunakan untuk mengecek ejaan pengetikan di dokumen untuk menghindari typo atau kesalahan penulisan di dokumen digital.
  • WYSIWYG
    Fitur ini singkatan dari What You See Is What You Get, yang merupakan fitur untuk mengetahui secara jelas apa yang ditampilkan di layar monitor merupakan apa yang akan ditampilkan setelah dicetak nantinya.
  • Autocorrect
    Fitur ini digunakan untuk memperbaiki kesalahan penulisan otomatis tanpa harus Anda perbaiki secara manual.
  • Fitur Tingkat Teks
    Fitur ini digunakan untuk mengubah tingkatan teks sesuai kebutuhan.
  • MailMerge
    Fitur ini digunakan untuk membuat sejumlah dokumen sekaligus dengan menggunakan informasi yang tersimpan pada databse, spreadsheet maupun daftar.

Microsoft Word merupakan salah satu dari ke 5 aplikasi mengolah data yang wajib digunakan dan paling populer dipakai oleh masyarakat.

Microsoft Excel
Source : One Directory

2. Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah software yang didesain untuk mengolah angka dan dilengkapi dengan sejumlah fitur kalkulasi serta pembuatan grafik. Microsoft Excel termasuk aplikasi pengolah data yang kerap dipakai untuk komputer mikro sampai sekarang. Bahkan program Ms Excel saat ini yang paling dicari oleh banyak pihak.

Microsoft Excel biasanya dipakai di komputer yang memakai program Windows, namun untuk sistem operasi lainnya masih belum mendukung sebab aplikasi di dalamnya mempunyai kriteria tertentu supaya bisa digunakan dengan baik. Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan di Microsoft Excel adalah:

  • Ribbon
    Ribbon adalah fitur dengan kumpulan tab yang telah disusun sesuai dengan kategori tertentu, seperti insert, home formulas dan page layout. Di setiap tab berisi sejumlah kelompok perintah misalnya alignmeny, font dan number.
  • Quick Access Toolbar
    Quick Access Toolbar adalah kumpulan tombol pintasan yang dipakai untuk perintah umum, seperti pengurangan atau penambahan sel sampai menu default (undo, save dan redo).
  • Name Box
    Name box merupakan fitur yang berguna untuk menampilkan lokasi maupun “nama” sel yang Anda pilih.
  • Title
    Title merupakan fitur yang berguna untuk menampilkan dokumen yang sedang Anda buka.
  • Row
    Row merupakan sekumpulan sel yang bergerak dari kiri ke kanan halaman dan diidentifikasi dengan nomor.
  • Cell
    Cell merupakan setiap persegi panjang di lembar kerja atau persimpangan antara baris dan kolom.

Baca Juga : Rumus Excel , Tips Belajar Microsoft Excel Yang Wajib Kamu Tahu

Microsoft Power Point
Source : PCMag

3. Microsoft Power Point

5 aplikasi mengolah data yang wajib digunakan berikutnya adalah Microsoft Power Point, yang merupakan software yang digunakan untuk pengolah presentasi dokumen maupun suatu karya dengan bentuk slide. Aplikasi pengolah data satu ini biasanya dikerjakan pada halaman slide dan tampilan slidenya tersedia dengan sejumlah desain template yang menarik.

Microsoft Power Point juga termasuk aplikasi presentasi yang banyak dipakai di Indonesia. Kelebihan Micosoft Power Point adalah mempunyai tampilan interface user friendly dan juga mudah digunakan oleh pemula. Sejumlah fitur yang tersedia di aplikasi pengolah data Microsoft Power Point adalah:

  • Layout
    Fitur ini berguna untuk memilih desain layout yang sesuai dengan keinginan atau materi yang akan Anda presentasikan.
  • Slide
    Fitur ini berguna untuk memilih ukuran yang sesuai dengan tujuan. Contohnya Anda ingin membuat materi tentang pembelajaran untuk bahan presentasinya, jadi bisa memilih slide size yang telah disetting otomatis 16.9.
  • Template Warna
    Fitur ini berguna untuk memilih template warna sesuai dengan keinginan.
  • Slide Master
    Fitur ini berguna untuk mengatur warna serta font yang ingin digunakan pada materi yang ingin disampaikan.
PostgreSQL
Source : Digitalias

4. PostgreSQL

PostgreSQL adalah sistem manajemen database yang mampu mengolah data pada tabel dengan relasi satu dengan lainnya dan juga bisa digunakan secara gratis. PostgreSQL juga termasuk manajemen database yang mempunyai keamanan tinggi, performa stabil dan fitur yang banyak.

Aplikasi pengolah data satu ini juga sering digunakan di aplikasi mobile, web app dan juga aplikasi analytics. Bagi Anda yang sedang membutuhkan aplikasi pengolah data lebih kompleks bisa mencoba PostgreSQL. Nah, beberapa fitur yang dimiliki PostgreSQL adalah:

  • Data Integrity
    Fitur ini mendukung Foreign Key, Primary Key dan yang lainnya.
  • Ansyncrhonous Replication
    Fitur ini berguna untuk menggandakan database dengan asinkron.
  • Locking Mechanism
    Fitur ini berguna untuk melakukan pengamanan pada database.
  • Inheritance
    Fitur ini berguna untuk mewariskan karakteristik objek untuk ke objek keturunannya.

Word Perfect

5. Word Perfect

Word Perfect adalah aplikasi pengolah data yang populer sebab ketersediaannya di sejumlah besar komputer serta sistem operasi. Aplikasi ini juga tidak kalah menariknya dengan Microsoft Word. Kemampuan yang dimiliki aplikasi pengolah data ini adalah bisa menciptakan sejumlah jenis dokumen yang dibutuhkan di rumah maupun kantor, seperti laporan, surat menyurat, bagan, tabel dan yang lainnya.

Kelebihan yang dimiliki Word Perfect adalah bisa mengubah atau mengedit dokumen dalam bentuk pdf tanpa harus memakai program tambahan. Selain itu, aplikasi pengolah data ini juga bisa dipakai sebagai perancang gambar. Di Word Perfect mempunyai aplikasi email, word processing, note-taking, spreadsheet dan aplikasi grafis.

Kesimpulan

Nah, itulah dia rekomendasi 5 aplikasi mengolah data yang wajib digunakan dengan fitur serta keunggulannya yang dimiliki. Kamu tertarik belajar tentang data ? Apa mau berkarir menjadi data scienctist ? Tenang, Di Course-Net kamu bisa belajar mengolah data dengan mengikuti kursus data science. Ga perlu takut kalau belum punya basic IT, Karena kamu akan di bimbing dengan coach praktisi aktif kelas dunia yang berpengalaman lebih daru 5 tahun.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Data Scientist? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?