course-net
Search
Close this search box.

Home >

Microsoft Word Adalah: Penjelasan, Fungsi dan Cara Downloadnya

Thursday, 7 March 2024 5:00 PM

Cara Download MS Word

Microsoft Word Adalah: Penjelasan, Fungsi dan Cara Downloadnya – Seperti yang telah diketahui bahwa Microsoft Word merupakan aplikasi yang sangat penting digunakan pada saat ini. Dalam dunia pekerjaan, MS Word membantu pekerja dalam mengolah kata menjadi dokumen digital yang praktis dan rapi.

MS Word juga digunakan dalam dunia pendidikan untuk keperluan tugas mahasiswa maupun pelajar. Meskipun menggunakan aplikasi dari Microsoft Office ini setiap waktu, namun tidak sedikit yang belum mengetahui penjelasan dari MS Word ini.

Berikut dipaparkan penjelasan seputar pengertian, fungsi beserta cara mengunduhnya secara lengkap di artikel di bawah ini.

Microsoft Word Adalah ? Berikut Penjelasannya

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word Adalah ? Berikut Penjelasannya

Microsoft Word adalah suatu layanan perangkat lunak untuk pengolahan kata yang diproduksi dan dikembangkan oleh Microsoft. Ini adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah kata untuk menjadi teks, dokumen maupun laporan.

Dengan MS Word, seseorang dapat membuat dokumen, mengedit, dan juga melakukan format dokumen dalam bentuk digital. Hasil dari dokumen yang terbentuk itu dapat disimpan dalam bentuk softcopy maupun hardcopy.

Dokumen yang dihasilkan dari olah kata Microsoft Word dapat berupa laporan, buku, jurnal, surat dan lainnya.

Sebagai peringkat lunak yang digunakan untuk mengolah kata yang populer dan terbaik, MS Word telah dapat diakses di berbagai sistem operasi. Baik itu Microsoft Windows, MacOS, Android maupun iOS.

Pihak pengembang Microsoft sendiri juga terus mengembangkan program itu hingga mencapai titik kulminasinya. Sekarang ini pihak Microsoft telah menghadirkan versi yang terbaru dari MS Word yakni MS Word 2019, yang mana telah banyak terinstal di perangkat digital dengan sistem seperti Windows maupun MacOS.

Fitur Unggulan Microsoft Word

Sebagai layanan perangkat lunak pengolah data yang digunakan di hampir sebagian besar sistem operasi di laptop. Microsoft Word pastinya memiliki fitur yang diunggulkan supaya dapat memudahkan pengguna dalam membuat, mengubah maupun mengatur dokumen.

Beberapa fitur unggulan yang dihadirkan dalam MS Word ini antara lain:

1. AutoCorrect

Fitur pertama yang jadi unggulan adalah AutoCorrect. Fitur ini berguna untuk memperbaiki kesalahan yang tidak disengaja dilakukan oleh pengguna pada saat mengetik kata. Sebagai contoh, pengguna ingin menuliskan kata “good”, namun yang diketik yakni “goood”.

Maka fitur tersebut akan secara otomatis memperbaiki kata tersebut dan menggantinya dengan kata yang benar dan sesuai.

Baca Juga : Memahami Peran Microsoft Excel untuk Data Analisis

2. Add-ins

Selanjutnya ada fitur Add-ins yang mana berguna untuk mendukung aplikasi pihak ketiga seperti PDF Reader maupun Grammarly. Pada fitur ini memudahkan pengguna dalam membuka dokumen Word pada aplikasi lain seperti PDF Reader maupun Grammarly.

3. Mail Merge

Fitur yang diunggulkan dalam MS Word yang lain adalah Mail Merge. Fitur ini memudahkan pengguna dalam menghasilkan banyak surat, amplop, label dan yang sejenisnya dengan menggunakan informasi yang telah tersimpan pada database maupun spreadsheet.

4. Resume Assistant

Fitur ini termasuk fitur terbaru dari MS Word yang disediakan untuk pelanggan Microsoft 365. Adanya fitur ini untuk membantu pengguna supaya dapat menyusun resume menjadi lebih menarik untuk dilihat.

5. Turn Text to Speech

Fitur terbaru lainnya adalah fitur Turn Text to Speech, yang mana cukup berguna untuk meninjau hasil tulisan yang telah diketik. Umumnya bagi para content writer, fitur ini berguna untuk meninjau tulisan apakah sudah sesuai atau belum.

6. Translate Text

Fitur yang terbaru dari MS Word selanjutnya adalah Translate Text. Di mana fungsinya yakni menerjemahkan teks dokumen dari bahasa satu ke bahasa lain. Semisal dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, begitu pun sebaliknya. Sehingga hal ini dapat membantu pengguna yang akan menggunakannya untuk olah kata bahasa asing.

Manfaat dan Kegunaan dari Microsoft Word

Setelah mengetahui tentang pengertian Microsoft Word, sejarah serta fungsinya. Maka kita juga perlu untuk mengetahui apa manfaat dan kegunaan dari Microsoft Word ini sendiri. Adapun manfaat dan kegunaan yang diberikan oleh Microsoft Word tersebut, seperti kemudahan mengolah kata, meminimalisir kesalahan penulisan dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkap, berikut ulasannya.

1. Dapat Mengolah Kata dengan Mudah

Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pengolahan kata yang paling banyak digunakan oleh semua orang. Bukan karena fiturnya saja, program aplikasi ini memang menawarkan kemudahan untuk para penggunanya dalam melakukan pengolahan kata, termasuk pembuatan dokumen berbasis teks, hingga mendukung penambahan fitur gambar dan tabel dalam aplikasinya.

Dengan kemudahan yang ditawarkan, aplikasi ini tentu bermanfaat dalam menunjang aktivitas pekerjaan pengolahan kata dalam segala bidang. Terlebih, saat ini aplikasi Microsoft Word sudah dapat digunakan dalam berbagai perangkat, mulai dari komputer hingga ponsel dengan berbagai sistem operasi yang menunjang. Dengan begitu, kita dapat membuat dokumen di mana saja dan kapan saja melalui perangkat yang kita miliki.

2. Mampu Meminimalisir Kesalahan dalam Penulisan

Sebelum Microsoft Word dan aplikasi pengolah kata lainnya diluncurkan, manusia menggunakan mesin ketik atau tulisan tangan langsung sebagai media penulisannya. Hal ini tentu sulit dilakukan terlebih jika menemukan adanya kesalahan penulisan dalam dokumen yang kita buat. Karena tak bisa mengoreksinya, maka mau tidak mau kita harus menulis ulang tulisan tersebut.

Namun, dengan adanya aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word ini, kita tidak perlu lagi khawatir ketika menemukan kesalahan penulisan dalam dokumen yang kita buat. Sebab, aplikasi ini memungkinkan kita untuk menyunting dokumen tersebut sebelum membuatnya dalam versi cetak. Apalagi, program ini dilengkapi fitur bernama AutoCorrect yang dapat memperbaiki kesalahan secara otomatis.

3. Meminimalisir Penggunaan Kertas

Penggunaan Microsoft Word dalam membuat dokumen digital membuat kita dapat meminimalisir penggunaan kertas yang terbuat dari serat pohon. Tentu saja ini menjadi manfaat lain yang penting mengingat kondisi bumi yang semakin menurun dari tahun ke tahunnya.

4. Penggunaan yang Lebih Fleksibel

Program Microsoft Word membuat kita bisa mengolah kata menjadi data dengan format yang berbagai macam di mana pun dan kapan pun. Hal ini memudahkan kita dalam pekerjaan karena dapat digunakan secara lebih fleksibel. Selain itu, aplikasi ini juga sangat praktis dan efisien dalam menjalankan tugasnya sebagai sebuah aplikasi pengolahan kata dan data.

5. Memiliki Panel Navigasi yang Mudah untuk Pemula

Dengan fitur yang beragam, aplikasi ini juga memiliki panel navigasi yang beragam. Meskipun demikian, panel navigasi ini masih mudah dipahami dan tidak membuat bingung penggunanya terlebih untuk para pemula yang baru mempelajari Microsoft Word.

6. Dapat Menghemat Waktu dan Tenaga

Aplikasi ini tentu berkaitan dengan kegiatan pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan dokumen. Tetapi, dibanding dengan menulis secara manual seperti menulis dalam buku atau sejenisnya, aplikasi ini dapat membuat pekerjaan kita lebih cepat dan efektif karena dapat menghemat waktu dan tenaga.

Kita cukup membuat dokumen dan mengetik apa yang ingin dicatat, lalu simpan dokumen tersebut. Ini tentu lebih mudah dan cepat jika dibanding dengan cara yang manual.

Fungsi MS Word

Pada dasarnya, fungsi utama dari Microsoft Word yakni mengolah kata. Secara garis besarnya, segala kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan kata dikerjakan dengan menggunakan MS Word ini.

Namun selain itu, ada fungsi lain yang dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Office Word ini. Di antaranya:

1. Menyusun dokumen

Fungsi pertama yakni sebagai perangkat untuk membuat dokumen yang berisi tentang gambar, teks, grafik maupun tabel. Adapun dokumen yang bersangkutan seperti laporan, surat, jurnal maupun buku.

2. Mengedit dokumen

Selain membuat dokumen, MS Word juga dapat dimanfaatkan untuk mengedit dokumen seperti membuat huruf menjadi tebal, miring ataupun diberi garis bawah. Selain itu, dokumen juga dapat diedit dengan diubah pengaturan header ataupun footer-nya.

3. Mencetak dokumen

Setelah dokumen berhasil dibuat, MS Word ini dapat digunakan untuk mencetak dokumen dengan menggunakan perangkat lain seperti printer untuk mencetaknya. Pengguna tinggal memilih dokumen atau tulisan mana saja yang akan dicetak lewat printer.

Cara Download MS Word

Cara Download MS Word

Mengunduh Microsoft Word ini cukup mudah untuk dilakukan bagi pengguna laptop maupun komputer. Bagi pengguna yang ingin mengunduhnya, berikut cara download Microsoft Word secara mudah.

  • Kunjungi terlebih dahulu website Microsoft Office dan masuklah ke akun yang telah terhubung dengan langganan Office.
  • Selanjutnya klik Install Office Apps atau Install Office. Opsi instalasi akan disesuaikan dengan jenis akun yang dipergunakan saat masuk.
  • Lalu klik Install atau dapat juga memilih Office untuk memastikan proses penginstalan. Sebagai catatan opsi pilihan tersebut berbeda tergantung dari akun yang digunakan. Bila menggunakan Office 365 maka akan muncul tombol “Install”.
  • Ikuti petunjuk yang tampil pada layar guna mengunduh berkas pemasangan. Pengguna nantinya perlu mengklik tombol “Save File” maupun “OK” guna memulai proses unduhan.
  • Pasang Microsoft Office pada Windows dengan mengikuti petunjuk yang tampil pada layar guna penyelesaian proses instalasi. Sedangkan pada MacOS, buka folder Download dan klik dua kali pada berkas pemasangan untuk mengikuti petunjuk yang nantinya diberikan dari file ekstensi Microsoft tersebut.

Cara Kerja MS Word Online

Umumnya, Microsoft Word akan hadir dengan versi yang berbayar. Namun sekarang ini terdapat layanan Microsoft Office yang gratis. Layanan tersebut berbentuk online yang terdiri dari aplikasi dari Microsoft Office. Salah satunya adalah Microsoft Word Online.

MS Word online tersbeut merupakan aplikasi yang disediakan secara praktis tanpa pengguna harus menginstalnya terlebih dahulu di perangkat. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet untuk dapat membuat dokumen atau mengedit dokumen tersebut secara online.

Kelebihan dari layanan online ini adalah, pengguna dapat mengaksesnya baik itu melalui PC maupun mobile. Selain itu, pengguna dapat mengaksesnya ke mana saja dan kapan saja selama pengguna tersambung dengan koneksi internet.

Adapun untuk masalah penyimpanan, dokumen yang telah selesai dibuat dapat disimpan dengan menggunakan fitur komputasi awan atau cloud. Di mana dengan cloud tersebut pengguna dapat mengakses file secara lebih mudah tanpa perlu memori eksternal.

Demikian tadi informasi seputar Microsoft Word beserta penjelasan dan fitur terbaru hingga fungsi dan layanan dari MS Word Online.

Ketahui informasi lain seputar jaringan internet, Data Science dan Digital Marketing pada layanan kursus Course-Net yang memberikan jaminan pembelajaran 100%.

Kursus IT di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Di Course-Net kamu Belajar Langsung Oleh Coach Praktisi Aktif Berpengalaman

Play Video about kursus IT

Tertarik mau berkarir dibidang IT? Tapi Ga punya SKill IT? Atau Karir IT kamu stuck gini gini aja ?Tenang, Kamu akan dibimbing langsung oleh Coach Praktisi Aktif Kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU LIHAT PROGRAM KURSUS DI COURSE-NET

Yuk, Akselerasi Karir IT mu untuk berkarir dengan apa yang kamu mau. Eiits jangan lupa, Berkarir di bidang IT bisa GAJI 2 Digit Loh, Ga percaya ? Yuk Daftar Sekarang Di Course-Net Indonesia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang IT? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?