course-net
Search
Close this search box.

PostgreSQL Adalah: Pengertian, Kelebihan, Panduan Instal dan Perbandingan dengan MySQL

Minet

February 16, 2023

PostgreSQL Adalah: Pengertian, Kelebihan, Panduan Instal dan Perbandingan dengan MySQL

PostgreSQL Adalah: Pengertian, Kelebihan, Panduan Instal dan Perbandingan dengan MySQL – Manajemen database dengan baik bisa membantu proses pengolahan data jadi lebih hemat waktu dan aman dengan PostgreSQL. Database management system ini merupakan salah satu solusi yang tepat. Database management system ini mempunyai banyak fitur yang canggih dan Anda bisa instal secara gratis juga.

Bagi Anda yang masih pemula, database management system satu ini sangat cocok digunakan karena mempunyai banyak kelebihan, seperti gratis dan bisa dipakai multi platform. Database management system ini juga telah mendukung dengan berbagai tipe data. Agar lebih jelas mengenai jenis database management system satu ini, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud PostgreSQL?

PostgreSQL adalah relational database management system (DRBMS) yang open source. Sistem manajemen berbasis data ini memakai bahasa query utamanya SQL dan sama seperti MySQL. Database management system ini dikembangkan oleh Berkeley Computer System Department dan telah dipercaya sebagai database yang terbaik selama hampir 30 tahun.

Ini cukup banyak dipakai di sejumlah aplikasi mobile, aplikasi analytics hingga web app. Database management system satu ini juga dapat mengolah data pada tabel yang memiliki hubungan satu dengan yang lainnya.

Jenis database management system ini mendukung sejumlah bahasa pemrograman yang cukup populer, seperti PHP, Java, Javascript, Python, C/C++ dan yang lainnya dengan fitur yang unggulan.

Fungsi Utama dari PostgreSQL

Sebagai salah satu jenis database management system, fungsi utamanya tentu sebagai lokasi penyimpanan data yang menggunakan query bahasa SQL. Nah, fungsi-fungsi lain dari database management system yang satu ini diantaranya:

  1. Memanipulasi Value Data

Salah satu fungsi dari PostgreSQL adalah untuk memanipulasi value data. Di suatu waktu Anda bisa mengubah maupun memanipulasi isian maupun value data dengan mudah. Nah, cara kerja dari database management system satu ini adalah dengan memakai Data Manipulation Language dan memakai query, seperti INSERT, UPDATE dan DELETE.

  1. Mengelola Transaksi

Database management system satu ini juga bisa membantu Anda untuk mengelola transaksi pada database. Fungsi tersebut dijalankan dengan memakai Data Control Language (DCL) dan memakai query, seperti COMMIT, REVOKE dan GRANT.

  1. Membuat dan Manipulasi Tabel

Fungsi yang terakhir adalah untuk membuat dan juga memanipulasi tabel secara mudah. Untuk melakukan fungsi satu ini, database management system ini memakai Data Definition Language (DDL) dan query, seperti CREATE, ALTER dan DROP. Anda bisa mencoba PostgreSQL create table untuk membuat dan manipulasi tabelnya.

Begitulah fungsi-fungsi lain dari PostgreSQL yang harus Anda ketahui supaya lebih paham dan bisa mencobanya.

Kelebihan-kelebihan PostgreSQL Paling Umum Adalah

Kelebihan-kelebihan PostgreSQL Paling Umum Adalah

Database management system ini selain memiliki fungsi untuk mengelola database, namun juga bisa melakukan sejumlah fungsi lainnya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Anda bisa install PostgreSQL Ubuntu secara mudah dan gratis. Nah, kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh jenis database management system satu ini, yaitu:

  1. Mudah Direplikasi

Apabila Anda menggunakan database management system yang satu ini, Anda bisa melakukan migrasi data secara mudah. Contohnya Anda tidak usah melakukan upgrade server maupun mengembangkan sistem yang serupa lagi di tempat lainnya. Dengan database management system ini, Anda dapat melakukannya secara efektif dan efisien.

  1. Gratis

PostgreSQL merupakan database management system yang secara gratis dan tidak akan memakan biaya apapun untuk menggunakannya. Anda tidak khawatir harus membeli biaya lisensi maupun memakai versi demi apabila tidak ingin beli versi secara lengkapnya. Sejumlah source code dari program satu ini bisa Anda pakai dan modifikasi sesuai keinginan.

  1. Aman Dipakai

Database management system satu ini juga aman untuk dipakai karena termasuk jenis database yang tidak dimiliki serta dikendalikan satu entitas komersial saja. Itulah sebabnya database management system ini aman untuk dijual maupun dimanfaatkan oleh pihak tertentu dan hingga saat ii masih dikendalikan oleh perusahaan dan sifatnya masih open source.

  1. Skalabilitas Besar

Database management system ini juga dapat dipakai untuk sistem yang berskala besar. Hal ini akan memungkinkan karena jenis database uni bisa mengatasi banyak transaksi data dengan mudah dan sekaligus. Contohnya di aplikasi yang berbasis Geographical Information System atau GSI.

Jenis database ini mempunyai fitur PostGIS yang memungkinkan pengolahan data spasial bisa berjalan dengan lancar tanpa harus mengorbankan performa dari kinerja sistemnya.

  1. Mempunyai Dokumentasi Lengkap

Bagi Anda yang ingin memakai database management system ini, tidak usah khawatir jika terjadi masalah saat pengoperasiannya. Hal ini karena database ini mempunyai dokumentasi lengkap dan panduan langkah yang lengkap juga.

Seperti itulah beberapa contoh kelebihan yang dimiliki oleh PostgreSQL yang harus Anda ketahui.

Panduan Download PostgreSQl di Ubuntu

Panduan PostgreSQL download di Ubuntu termudah adalah:

  1. Install

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan untuk menginstal database management system satu ini adalah harus update server Ubuntu terlebih dahulu menggunakan perintah. Setelah itu, akan lanjut ke proses instalasinya dan masukkan perintahnya juga. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

  1. Jalankan

Cobalah jalankan database management system tersebut melalui server Ubuntu.

  1. Pengaktifan

Setelah database tersebut berjalan di server Anda, kemudian Anda tinggal melakukan pengaktifan dengan perintah.

  1. Mengecek Versi

Langkah terakhir adalah mengecek versi database management system satu tersebut yang telah terinstal di server dan Anda bisa memakai perintah juga.

Nah, itulah penjelasan tentang cara download database management system dengan mudah. Nah, setelah berhasil melakukan instalasi biasanya Anda perlu melakukan sejumlah konfigurasi dasar supaya penggunaan database management system satu ini pada Ubuntu jadi lebih mudah.

Perbandingan PostgreSQL dan MySQL Adalah

Perbandingan PostgreSQL dan MySQL Adalah

Perbandingan antara PostgreSQL dan MySQL bisa dilihat dari beberapa hal, seperti:

  1. Dukungan platform

Keamanan enkripsi data

Database management system satu ini didukung lebih banyak platform seperti HP-UX OS dan Unix-OS, dimana platform tersebut tidak tersedia pada MySQL.

  1. Dukungan komunitas

Dukungan komunitas dari DBMS mempunyai fokus yang berbeda, dimana komunitas MySQL fokus untuk pemeliharaan fitur, sementara itu satunya lagi fokus dengan peningkatan fitur.

  1. Keamanan Enkripsi Data

Kedua jenis DBMS ini mempunyai keamanan enkripsi data yang berbeda juga. MySQL mempunyai fitur keamanan bawaan dan satunya lagi memiliki fitur SSL.

  1. Implementasi Sistem

MySQL lebih cocok pada sistem yang hanya perlu transaksi data saja seperti contohnya adalah sistem akademik. Sedangkan satunya lagi lebih cocok dipakai untuk sistem dengan query yang lebih kompleks seperti contohnya GIS.

  1. Pengembangan Program

MySQL biasanya jarang merilis fitur yang baru dan berbeda dengan satunya lagi karena kerap menghadirkan fitur-fitur yang baru.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai pengertian PostgreSQL, fungsi, kelebihan, cara instal dan juga perbedaannya dengan MySQL dan jika Anda ingin belajar database bisa coba melalui Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!