course-net
Search
Close this search box.

Bagaimana Cara Worm Menginfeksi Komputer?

Minet

August 27, 2020

Bagaimana Cara Worm Menginfeksi Komputer?

Bagaimana Cara Worm Menginfeksi Komputer? – Tahukah Anda, Worm sangat mirip dengan virus komputer secara fungsi dan desainnya. Bisa dianggap worm adalah sub-kelas dari virus komputer. Worm juga dapat menyebar dari komputer ke komputer yang lain, tetapi tidak seperti virus, worm memiliki kemampuan untuk menyebar tanpa harus ada tindakan dari pengguna atau user.

Bagaimana Cara Worm Menginfeksi Komputer?

Inilah Penyebab Utama Adanya Worm

Karena sifat worm yang memiliki kemampuan menyalin dirinya sendiri dan mampu menyebar tanpa tindakan maka untuk kasus-kasus sistem yang terinfeksi worm akan banyak mengkonsumsi terlalu banyak sistem memori atau bandwidth jaringan, menyebabkan web server crash, server jaringan juga dapat terganggu, dan bisa saja masing-masing sistem komputer dapat berhenti merespon atau loading lambat.

Baca Juga : Jaringan Komputer Adalah : Pengertian, Fungsi, Macam, dan Topologi

Sekarang telah muncul worm terbaru yang diberi nama worm Blaster, worm jenis ini sudah banyak dibicarakan di dunia maya. Jenis worm ini dirancang untuk mampu masuk ke celah keamanan sistem pada komputer dan memungkinkan pembuat worm dapat mengontrol komputer Anda dari jarak jauh.

Faktanya, Worm adalah program komputer yang memiliki kemampuan untuk menyalin dirinya sendiri dari komputer ke komputer yang lain. Worm akan menggunakan sumber daya dan bandwidth jaringan pada komputer targetnya ketika melakukan proses duplikasi dirinya sendiri.

Terkadang kinerja komputer akan terasa lambat padahal hanya menjalankan 1 program. Worm pertama kali muncul pada tahun 2001 dan disebarkan melalui internet.

Sedikit catatan untuk Anda, worm yang berhasil lolos akan mengeksploitasi celah keamanan pada software-software yang kita instal. Sebagai bukti, kasus Worm yang parah terjadi pada tahun 2003, worm ini diberi nama worm Slammer. Worm Slammer ini mampu menembus sistem keamanaan pada Microsoft SQL server pada sebuah website berita. Kemudian setelah ditelusuri, ternyata worm Slammer ini hanya berukuran sangat kecil, yaitu sebesar 376 byte.

Baca Juga : Cara Membuat Database MySQL Di phpMyAdmin

Bagi Anda yang ingin mempelajari kemanan komputer lebih dalam lagi seperti mempelajari bagaimana malware bekerja membobol komputer. Anda dapat mengetahuinya dengan mengikuti kelas hacker di Course-Net. Dengan mengikuti kelas ini, Anda akan menjadi white hat hacker profesional karena akan diajarkan langsung oleh praktisi yang memiliki sertifikasi tingkat internasional.

Hubungi tim kami untuk dapatkan info lebih lanjut kelas ini dan promo menarik hari ini, klik tombol dibawah ini sekarang juga.
Klik WA

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print