course-net
Search
Close this search box.

Home >

Belajar UI/UX Dengan Mudah Bersertifikat

Tuesday, 20 February 2024 11:10 AM

ui ux

Siapa yang suka lihat tampilan pada website atau aplikasi yang begitu menarik, bagaimana caranya agar tampilan pada aplikasi maupun website itu bisa terlihat menarik dan membuat calon customers suka terhadap website maupun aplikasi anda. hal ini dapat anda pelajari sebagai UI maupun UX.

Belajar UI/UX Dengan Mudah Bersertifikat

 

Apa itu UI/UX

Arti User Interface (UI) adalah proses di mana seorang desainer membuat antarmuka pengguna pada suatu perangkat agar terlihat menarik bagi pengguna. Namun, UI designer tidak hanya memikirkan keindahan tampilan produknya saja. Produk yang dibuat juga perlu mempertimbangkan banyak aspek agar pengguna merasa produk yang digunakannya sangat mudah digunakan. Saat ini, desainer UI tidak hanya bekerja pada komputer tetapi juga memperluas pekerjaan mereka ke situs web, aplikasi seluler, teknologi yang dapat dikenakan, perangkat rumah, dan lain-lain.

Arti UX adalah istilah yang berarti pengalaman pengguna. Tugas desainer UX adalah menyatukan semua aspek interaksi pengguna akhir dengan perusahaan serta layanan dan produknya. Seorang desainer UX juga memikirkan kesan pengguna saat menggunakan produk secara keseluruhan.

Jadi bisa dikatakan bahwa desainer UX bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan dapat memenuhi harapan penggunanya dan pada saat yang sama pengguna dapat dengan mudah menggunakan produk tersebut.

Perbedaan UI/UX

User Interface (UI) Secara umum, user interface berguna untuk menciptakan antarmuka pengguna yang memudahkan, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sistem yang sedemikian rupa sehingga memberikan hasil yang diinginkan. Hal ini secara umum berarti bahwa operator harus memberikan masukan minimal untuk mencapai hasil yang diinginkan dan sistem juga harus meminimalkan keluaran yang tidak diinginkan. Memiliki tujuan untuk bisa membuat tampilan produk dengan lebih menarik dengan fokus pada kenyamanan tampilan website. Untuk elemen yang digunakan yaitu terdapat seperti warna, video, typography, dan animasi.

User Experience (UX) memiliki tujuan untuk dapat memberikan kenyamanan saat menggunakan produk, dengan fokus kepada kenyamanan pengguna dalam menggunakan website. Dan untuk elemen yang digunakan terdapat interaction design, struktur desain, navigasi, dan lain-lain.

Tugas dan Tanggung jawab UI/UX

User Interface

Memiliki tanggung jawab untuk bisa meningkatkan kualitas tampilan dan pencetakan produk manufaktur. Analisis respons pelanggan dan data lalu lintas situs web untuk mengetahui mengapa satu halaman memiliki lebih banyak lalu lintas dibandingkan halaman lainnya Buat jajak pendapat media sosial untuk mengumpulkan masukan pengguna Rancang tata letak produk, pilih warna, font, dan elemen visual lainnya.Bertanggung jawab untuk mengawasi elemen interaksi manusia-komputer (HCI) dalam sebuah desain. Buat papan cerita untuk mengonsep desain dan menyajikannya kepada klien.

User Experience

Memiliki tanggung jawab untuk bisa meningkatkan kualitas tampilan dan pencetakan produk manufaktur. Analisis respons pelanggan dan data lalu lintas situs web untuk mengetahui mengapa satu halaman memiliki lebih banyak lalu lintas dibandingkan halaman lainnya Buat jajak pendapat media sosial untuk mengumpulkan masukan pengguna Rancang tata letak produk, pilih warna, font, dan elemen visual lainnya. Bertanggung jawab untuk mengawasi elemen interaksi manusia-komputer (HCI) dalam sebuah desain. Buat papan cerita untuk mengonsep desain dan menyajikannya kepada klien.

Fungsi UI/UX

UI UX berfungsi untuk menciptakan produk yang sesuai dengan selera visual umum pengguna dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang diperlukan. Produk yang tampilannya menyesuaikan selera dan kebutuhan penggunanya tentu akan lebih digemari. Interaksi mikro adalah elemen detail yang memiliki fungsi tertentu dan melibatkan pengguna. Produk dengan tampilan menarik dan penanganan mudah memberikan kesan pertama yang baik bagi penggunanya. Tidak diragukan lagi, kesan pertama yang baik akan membuat pengguna merasa puas dan terus menggunakan produk bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.

Baca Juga: Belajar UI UX Untuk Pemula: Tips dan Aspek Pentingya

Skill UI/UX

Untuk menjadi seorang User Interface maka anda harus menguasai beberapa skill, yaitu dengan meningkatkan tampilan dan kualitas cetak produk manufaktur. Analisis respons pelanggan dan data lalu lintas situs web untuk mencari tahu mengapa satu halaman memiliki lebih banyak lalu lintas dibandingkan halaman lainnya. Buat jajak pendapat di jejaring sosial untuk mengumpulkan umpan balik pengguna. Rancang tata letak produk, pilih warna, font, dan elemen visual dari yang lain. Bertanggung jawab untuk memantau. Elemen interaksi manusia-komputer (HCI) dalam satu desain. Buat papan cerita untuk mengonsep desain dan menyajikannya kepada pelanggan Anda.

Sedangkan untuk user experience keterampilan yang harus dikuasai antara lain keterampilan penelitian yang baik dan keterampilan logika yang tinggi. Kemampuan riset tersebut tentunya akan menghasilkan produk dengan desain teknologi terkini. Dan kemampuan logika yang tinggi memudahkan desainer UX dalam menganalisis dan memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam proses pengembangan produk.

Tools UI/UX

tols ui/ux

Desainer UI akan lebih mengandalkan aplikasi desain seperti Adobe Illustrator, Flinto, Prinsip, Frames X, dll. Penggunaan aplikasi di atas didukung oleh penggunaan aplikasi tambahan seperti ikon interaksi unik, transisi sederhana, aset dan kit UI, dll. Sedangkan untuk UX designer ada beberapa aplikasi yang digunakan untuk prototyping yaitu Sketch, InVision, Figma, Adobe XD, Axure, dll.

Kesimpulan 

Dalam membuat tampilan website atau aplikasi yang menarik user sangat diperlukan sebagai seorang UI maupun UX, dengan design yang elegan dan nyaman untuk dilihat ini juga memiliki pengaruh terhadap minat customers. Jadi setelah anda tau perbedaan dan tools yang digunakan keduanya maka anda dapat lebih siap untuk menjadi seorang UI/UX anda juga dapat mempersiapkan hal tersebut dengan mengikuti Kursus UI/UX untuk meningkatkan skill anda sebagai IT People. 

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!