Aplikasi Coding Terbaik di PC dan Laptop

Aplikasi Coding Terbaik di PC dan Laptop – Ketika mengerjakan proyek aplikasi, programmer bertugas untuk menyusun barisan kode untuk membentuk sebuah aplikasi baru. Kegiatan ini disebut sebagai coding dengan mengusung bahasa pemrograman tertentu. Developer biasanya menggunakan aplikasi coding untuk membantu dalam menyusun kode-kode sesuai ketentuan coding dari bahasa pemrograman yang digunakan.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk mempermudah coding ini cukup banyak dengan fitur yang berbeda-beda. Ada yang disediakan dengan fitur sederhana dan beberapa ada yang disediakan dengan fitur yang lengkap. Berikut ini daftar aplikasi terbaik untuk coding yang bisa Anda gunakan.

Yuk Belajar Aplikasi Coding Terbaik

Rekomendasi Aplikasi untuk Windows, Linux, dan Mac OS

Biasanya programmer menggunakan aplikasi dengan bahasa pemrograman yang lengkap. Namun yang terpenting adalah aplikasi tersebut harus sesuai dengan OS dari perangkat komputer yang digunakan. Anda mungkin bisa menggunakan beberapa pilihan aplikasi untuk membantu pekerjaan coding berikut yang sudah support untuk beberapa OS.

  • Notepad++

Notepad++ adalah salah satu aplikasi coding yang cukup familiar bagi para programmer. Aplikasi ini banyak digunakan terutama untuk programmer pemula yang baru belajar coding.

Notepad sendiri merupakan aplikasi bawa dari Windows tetapi untuk Notepad++ dapat didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas dan sudah ditambahkan dengan banyak plugins.

Beberapa fitur yang ada di Notepad++ antara lain macro recording, text-shortening, shortcut customization, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dapat digunakan untuk coding dengan dukungan berbagai bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, HTML, Python, C++, XML, CSS, C#, Pascal, Ruby, VB, SQL, Shell, dan Perl.

  • Visual Code Studio

Aplikasi Coding Terbaik di PC dan Laptop

Aplikasi besutan Windows ini memiliki tampilan yang cukup sederhana tetapi menarik. Deretan fitur yang ada tersedia di Visual Code meliputi keyboard shortcut, Zen Mode, fitur otomatis untuk melengkapi barisan kode, dan lain-lain.

Memiliki 20.000 ekstension lebih yang didistribusikan gratis dan open source. Aplikasi ini dapat diakses melalui Windows, Linux, dan juga macOS. Visual code dapat memudahkan pekerjaan programmer karena dapa meneliti dan mencari kesalahan pada barisan kode secara otomatis dengan menggabungkan Git dan debugging.

  • Atom

Aplikasi Coding Terbaik di PC dan Laptop

Aplikasi desktop ini dapat bekerja di perangkat Windows, Linux, maupun macOS. Memiliki tools yang dapat membantu programmer menulis coding lebih cepat dengan tools pelengkap otomatis. Jadi, tidak kalah mudah dengan membuat aplikasi Android tanpa coding karena di Atom fitur perlengkapan otomatis ini dapat bekerja dengan cerdas dan fleksibel.

Anda juga tidak perlu membeli lisensi produk tertentu karena Atom ini termasuk aplikasi open resource. Bisa dihubungkan langsung dengan proyek yang Anda miliki di Github.

  • Sublime text

Sublime text menjadi salah satu aplikasi coding yang bisa digunakan pada berbagai OS. Namun untuk coding, aplikasi ini memang paling cocok untuk OS Linux. Tampilan yang sederhana namun menarik dengan beragam fitur.

Fitur yang ada di aplikasi ini antara lain customize anything, command palette, instant project switch, multiple selection, dan masih banyak lagi. Sublime Text adalah aplikasi andalan bagi programmer terutama web developer.

  • Brackets

Berikutnya ada aplikasi Brackets yang dikembangkan oleh Adobe. Aplikasi ini sangat membantu untuk coding dan pengeditan text jenis HTML, JavaScript, dan CSS. Bracket bisa digunakan pada perangkat Windows, Linux, dan Mac OS.

Aplikasi yang memiliki tampilan jernih ini juga bisa diubah menjadi mode gelap. Tampilan aplikasi bahkan bisa diatur dengan tema tambahan yang bisa dimasukkan melalui extension manager. Hadir dengan banyak fitur seperti mode no distraction, keyboard shortcuts, split screen, live preview, dan lain-lain.

  • Bluefish

Bluefish adalah aplikasi coding yang cukup hebat dengan beragam fitur. Di dalamnya memiliki tools yang dapat membantu programmer untuk menambahkan tabel, melakukan pencarian otomatis, memformat baris kode, dan undo-redo.

Bluefish tidak hanya untuk menulis kode pemrograman aplikasi tetapi juga mudah untuk digunakan menulis situs web dan script. Aplikasi yang dirilis dengan lisensi GNU GPL ini merupakan aplikasi pengembangan open source.

  • Emacs

Salah satu aplikasi coding Android yang banyak digunakan programmer terutama pengguna Linux adalah Emacs. Aplikasi ini dibuat oleh Richard Stallman ini diberi nama Emacs yang merupakan singkatan dari Editor MACroS.

Richard Stallman juga mengembangkan aplikasi GNU Emacs yang mendukung berbagai jenis file. Aplikasi-aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman C dan Lisp. Dilengkapi dengan fitur file manager untuk mengatur dan mengedit teks, pembaca surat dan berita, rencana proyek, tampilan email, dan lain sebagainya.

  • Komodo edit

Aplikasi yang kompatibel untuk segala sistem operasi ini sudah diluncurkan pada 2007 silam. Banyak programmer yang mengandalkan Komodo Edit untuk keperluan coding.

Mendukung beberapa bahasa pemrograman, meliputi SQL, CSS, PHP, HTML, Python, dan Ruby. Fiturnya pun cukup lengkap untuk menemani programmer membangun aplikasi menggunakan perangkat Mac, Windows, dan Linux.

  • Ultraedit

Ultraedit merupakan salah satu aplikasi coding yang memiliki banyak tema yang dapat dikonfigurasi. Aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows, Linux, maupun Mac OS.

Aplikasi Ultraedit dilengkapi dengan integrasi OS untuk ekstensi shell dan berbaris perintah. ini dapat diterapkan dengan mudah untuk mengedit baris kode. Beberapa fitur yang dihadirkan pada aplikasi Ultraedit meliputi disk based text editing, multiline fine and replace, spell checker, large file handling, Unicode support, hingga 64 bit file handling.

  • Geany

Berikutnya adalah aplikasi coding ringan yang bisa digunakan untuk banyak bahasa pemrograman. Geany, aplikasi yang mendukung bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, C, C++, C#, PHP, Perl, Python, Pascal, dan Haskel.

Jenis file yang didukung aplikasi Geany termasuk file SQL dan file Diff-output. Aplikasi ini termasuk gratis yang bisa digunakan untuk berbagai perangkat komputer pada semua sistem operasi.

Mau Jago Coding ? Yuk Gabung Di Kelas Coding Course-Net

Kini anda bisa mengikuti kursus coding yang tersedia di Course-net , Dengan mengisi form pendaftaran yang tersedia dibawah ini :

Segera isi form diatas, sehingga anda bisa menikmati kursus full stack yang tersedia di Course-Net.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo end of year

    Artikel Rekomendasi