course-net
Search
Close this search box.

Cache Adalah : Pengertian Cache , Fungsi, dan Cara Menghapusnya

Minet

March 15, 2023

Cache Adalah : Pengertian Cache , Fungsi, dan Cara Menghapusnya

Cache Adalah : Pengertian Cache , Fungsi, dan Cara Menghapusnya – Cache Adalah : Pengertian Cache , Fungsi, dan Cara Menghapusnya – Ketika sedang berusaha menyelesaikan suatu masalah saat berselancar di internet menggunakan browser, cache tentu menjadi salah satu yang paling diperhatikan. Biasanya, kita akan diarahkan untuk menghapusnya supaya kendala yang sedang dialami bisa diatasi.

Meskipun istilah ini sudah sering kali terdengar, namun apakah Anda sudah benar-benar memahaminya? Sebab, masih banyak yang belum paham mengenai apa itu cache. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas mengenai pengertian, manfaat, dan cara menghapusnya secara lengkap.

Cache Adalah ? Yuk Pelajari Pengenalan & Definisinya

Apa Itu Cache?

Cache Adalah : Pengertian Cache , Fungsi, dan Cara Menghapusnya

Saat kita mengakses sebuah website melalui perangkat apa saja, maka perangkat tersebut nantinya akan menyimpan informasi yang dikirim oleh server website. Nah, informasi yang tersimpan itulah yang dinamakan dengan cache.

Jadi, cache adalah data yang disimpan secara sementara pada perangkat yang berguna untuk mempercepat proses loading sebuah aplikasi atau website. Data tersebut berupa teks, file. gambar, serta multimedia yang disimpan pada perangkat setelah Anda mengunjungi situs atau membuka aplikasi untuk pertama kalinya.

Data tersebut nantinya berguna untuk mengumpulkan informasi, sehingga setiap kali kita mengunjunginya kembali, maka waktu untuk membuat aplikasi atau website menjadi lebih cepat. Meski begitu, terlalu banyak cache juga bisa menjadi masalah karena kecepatan browser akan menurun dan kinerja perangkat hardware akan terganggu.

3 Manfaat Penggunaan Cache Pada Perangkat Komputer atau Smartphone

3 Manfaat Penggunaan Cache Pada Perangkat Komputer atau Smartphone

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cache artinya berguna untuk menyimpan data-data atau informasi. Penggunaannya pada perangkat komputer atau smartphone tentu sangat penting. Lalu, apa saja manfaat utamanya? Berikut penjelasan manfaat utama penggunaan tersebut.

  1. Mempercepat Performa Sistem

Penggunaan cache berguna untuk meningkatkan performa sistem Anda. Adanya cache memang akan membuat kinerja dari komputer dan browser menjadi lebih ringan. Bayangkan saja apabila setiap permintaan data harus selalu menuju server, maka prosesnya tentu akan lebih lama.

Belum lagi, jika ada banyak permintaan yang berbeda di waktu saja, sementara resource perangkat Anda terbatas. Tentu hal ini harus dilakukan dengan bergantian dan waktu yang dibutuhkan pun akan menjadi lebih banyak. Untuk itulah, cache berperan untuk membantu mempercepat performa sistem.

  1. Menghemat Data Internet

Manfaat cache yang selanjutnya adalah mampu menghemat data. Dengan adanya cache, maka sistem tidak harus meminta informasi yang sama kepada server secara berulang kali. Untuk pemakaian pada browser yang memerlukan akses internet, tentunya hal ini akan menghemat data.

Lebih dari itu, pada penggunaan di perangkat smartphone yang biasanya sebagian besar aplikasi selalu dalam kondisi aktif, kebutuhan data tanpa adanya cache tentu juga akan semakin besar. Oleh karena itu, adanya cache ini akan membantu data internet lebih hemat.

  1. Memudahkan Akses

Untuk aplikasi yang hanya bisa diakses secara online, cache akan membantu mempermudah penggunaan aplikasi tersebut, terutama ketika koneksi internet terputus. Beberapa aplikasi Progressive Web App (PWA) bisa berjalan meskipun pada keadaan offline, seperti Trivago, OLX, dan Twitter. Hal ini bisa terjadi akibat aplikasi tersebut menyimpan data-data pada cache.

Apakah Cache Perlu untuk Dihapus?

Sebaiknya, cache memang perlu dihapus. Anda dapat membersihkan cache pada perangkat secara berkala. Mengapa? Cache memang memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya, namun keberadaan cache juga bisa menjadi masalah, sehingga harus dibersihkan secara berkala.

Jika sudah terlalu banyak cache di perangkat Anda, maka kecepatan browser bisa menurun. Hal ini tentu saja akan mengganggu kinerja dari perangkat tersebut. Itulah sebabnya kenapa Anda harus rajin-rajin menghapus cache yang sudah tak diperlukan lagi. Dengan begitu, maka ruang penyimpanan akan menjadi lega, namun tidak akan membuat informasi data menghilang.

Cara Menghapus Cache Paling Praktis dan Efektif Adalah

Setelah membahas mengenai pengertian cache dan manfaatnya, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghapusnya. Hal ini mengingat bahwa cache yang menumpuk bisa berdampak buruk untuk kinerja perangkat. Berikut ini adalah beberapa cara menghapus cache di laptop dan smartphone secara praktis dan efektif.

  1. Cara Menghapus Cache Aplikasi di Smartphone Android

Jika ingin mengosongkan ruang memori dengan cara menghapus data cache pada ponsel android, cara yang harus dilakukan sangat mudah. Hanya butuh beberapa langkah saja agar cache yang sudah tidak digunakan pada ponsel android bisa dihapus. Yuk, ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Masuk ke menu “Setting” atau “Pengaturan”.
  • Silahkan pilih opsi “Koleksi Aplikasi”, kemudian klik “Pilih Aplikasi.
  • Lanjutkan proses ini dengan memilih salah satu aplikasi yang ingin Anda bersihkan cache-nya dari daftar aplikasi yang muncul.
  • Klik aplikasi yang ingin kamu bersihkan, kemudian gulir ke bawah sampai menemukan informasi lebih lanjut mengenai aplikasi tersebut.
  • Pilih menu “Hapus Data”, lalu klik “Bersihkan Cache” dan pilih “OK”.

Proses penghapusan cache selesai. Sekarang ruang memori di ponsel android Anda telah bertambah sejumlah data-data cache yang sudah terhapus. Ponsel android Anda akan menjadi semakin meningkat kinerjanya dengan semakin banyaknya cache yang terhapus.

  1. Cara Menghapus Cache Aplikasi di Smartphone iPhone

Cache pada HP iPhone juga bisa dihapus atau dibersihkan dengan cara yang mudah dan sederhana. Hanya butuh beberapa langkah saja agar data-data tersebut bisa dibersihkan. Caranya juga tidak jauh berbeda dengan cara clear cache pada HP android. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu “Settings” di HP iPhone Anda.
  • Pilih menu “General”, lalu klik “iPhone Storage”.
  • Muncul daftar beberapa aplikasi yang terinstal pada ponsel Anda, kemudian pilih salah satu dari aplikasi yang cache-nya ingin dihapus.
  • Klik tombol “Offload App” yang muncul pada informasi detail aplikasi.
  • Konfirmasi langkah tersebut dengan cara menekan klik pada tombol “Offload App”.

Cache pada aplikasi tersebut sudah berhasil dihapus atau dibersihkan. Sekarang, ruang memori pada iPhone Anda akan bertambah. Lakukan hal yang serupa terhadap aplikasi-aplikasi lainnya supaya ruang memori yang tersisa semakin banyak.

  1. Cara Menghapus Cache Pada Browser Chrome

Selain pada aplikasi, cache pada browser Chrome juga bisa dibersihkan atau dihapus. Langkah ini bisa dilakukan menggunakan smartphone dengan cara yang sangat mudah. Langkah-langkah membersihkan cache pada browser Chrome adalah sebagai berikut:

  • Buka browser Chrome di ponsel Anda.
  • Masuk ke menu “Settings”, lalu pilih “Privacy and Security”.
  • Setelah itu, klik opsi “Clear browsing data”.
  • Jangan lupa berikan tanda ceklis di menu “Clear cache images and files”.
  • Lanjutkan dengan mengklik tombol “Clear data”.
  • Silahkan pilih website mana saja yang ingin Anda hapus juga riwayatnya. Tenang saja, ini bukanlah menghapus data login serta file yang telah Anda download.
  • Jika sudah, silahkan klik “Clear”.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan cache selesai dilakukan.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, maka Anda akan mendapati bahwa cache pada browser Chrome tersebut berkurang, yaitu lebih kecil dari 1 MB. Sebaiknya, lakukan langkah ini secara berkala, misalnya setiap minggu agar data cache tidak semakin menumpuk. Cara membersihkan cache di laptop juga hampir sama seperti langkah-langkah di atas.

Itu dia penjelasan tentang apa itu cache, manfaat, serta cara menghapusnya. Mengingat sekarang Anda sudah paham bahwa cache memang penting untuk dibersihkan, sebaiknya lakukan penghapusan cache secara berkala. Selain itu, jangan lupa untuk ikuti terus informasi terbaru tentang IT dan join kelas IT dari Course-Net agar pengetahuan Anda tentang dunia digital semakin bertambah.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!